Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Advertisement
Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan – Dijaman serba modern seperti saat ini semuanya menjadi serba mahal, dan salah satunya adalah mahalnya biaya pengobatan. Namun dibalik modernisasi tersebut, walaupun serba mahal namun semuanya menjadi begitu mudah dan praktis. Dalam dunia kesehatan sendiri, tidak perlu dipungkiri bahwa semuanya juga semakin mahal, biaya pengobatan, perawatan, dan lainnya semuanya semakin mahal.

Di sisi lain, kita sebagai manusia sangat rentan terhadap penyakit, banyak hal yang dapat mempengaruhi dan memperburuk kesehatan kita, mulai dari lingkungan kita hidup, makanan dan minuman yang kita konsumsi, semuanya membawa resiko terhadap kesehatan kita, tidak heran jika saat ini manusia lebih mudah terpapar penyakit.

Semakin mudahnya manusia untuk jatuh sakit, mahalnya biaya pengobatan, dan besarnya beban resiko kesehatan yang kita rasakan, alasan-alasan inilah yang memicu adanya asuransi kesehatan saat ini. Asuransi kesehatan saat ini telah menjadi salah satu asuransi paling favorit di dunia, hal ini tidak mengherankan karena disebabkan oleh alasan-alasan yang telah disebutkan diatas, dan juga asuransi kesehatan ini juga dapat membuat seseorang menjadi tenang dan tidak perlu khawatir lagi dengan mahalnya biaya pengobatan, karena jika sewaktu-waktu jatuh sakit maka perusahaan asuransi lah yang akan menanggung semua biaya pengobatan.

Jika anda adalah orang yang begitu khawatir dengan kesehatan, dan tidak yakin dengan kemampuan financial anda untuk membiayai semua biaya pengobatan, mungkin asuransi kesehatan adalah solusi yang cocok untuk anda. Namun perlu diperhatikan, sebelum anda memutuskan untuk menggunakan asuransi kesehatan, ada baiknya anda ketahui secara mendalam terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan asuransi kesehatan? Apa manfaatnya? Dan apa saja jenis-jenisnya? Hal tersebut penting untuk anda lakukan agar anda tidak salah dalam mengambil asuransi. Nah, untuk mempelajari tentang asuransi kesehatan, anda dapat menyimak ulasan tentang pengertian, manfaat, dan jenis-jenis asuransi kesehatan yang saya berikan dibawah ini.

Baca juga: Tips supaya klaim asuransi mudah diterima.
Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Pengertian Asuransi Kesehatan
Pada dasarnya yang dimaksud dengan asuransi kesehatan adalah asuransi yang secara khusus mengatasi resiko atas kesehatan, asuransi kesehatan akan menanggung seluruh biaya yang diperlukan jika anda jatuh sakit, termasuk juga jika sakit disebabkan oleh suatu kecelakaan.

Namun tentunya keuntungan yang anda dapatkan dari asuransi kesehatan ini tidak gratis, jika tidak ada bantuan dari pemerintah atau dari tempat anda bekerja maka anda diwajibkan untuk membayar premi. Besarnya premi ini dapat bervariasi tergantung banyak hal seperti tingkat risiko yang ditanggung dan administratif, dan tentunya berapa premi yang harus anda bayarkan ini juga akan ditentukan oleh perusahaan asuransi.

Asuransi kesehatan ini dapat anda peroleh di berbagai jenis perusahaan asuransi, tepatnya di perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa, atau juga dapat anda peroleh di perusahaan asuransi umum.

Jika anda kesulitan untuk mendapatkan asuransi, pemerintah pusat dan juga beberapa pemerintah daerah juga menyediakan bantuan, bantuan asuransi kesehatan dari pemerintah atau sering disebut Jamkesmas (jaminan kesehatan masyarakat), dan juga jamkesda serta jamkesos untuk bantuan asuransi kesehatan di level pemerintah daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota, namun bantuan ini hanya diberikan kepada mereka yang berpenghasilan rendah saja.
Advertisement


Jenis-Jenis Asuransi
Asuransi kesehatan dapat dibedakan menjadi berbagai macam jenis, maksudnya terdapat beberapa hal yang dapat anda pilih. Diantaranya adalah berdasarkan jenis perawatan, pengelola dana, keikutsertaan anggota, jumlah dana yang ditanggung, pihak tertanggung, dan cara penggantian.

Berdasarkan jenis perawatannya, asuransi kesehatan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment). Sedangkan berdasarkan pengelola dana, dalam asuransi kesehatan terdapat dua pihak, yaitu pemerintah dan swasta. Perlu anda ketahui juga, ada issu bahwa pelayanan yang dikelola pemerintah tidak sebaik yang dikelola oleh swasta, sehingga tidak sedikit nasabah yang merasa kecewa atas pelayanan yang pemerintah berikan, hal ini mungkin bisa anda pertimbangkan jika akan mengambil asuransi kesehatan.

Berdasarkan keikutsertaan anggota, dalam asuransi kesehatan dapat dilakukan atas dasar kewajiban maupun secara sukarela. Dalam perusahaan-perusahaan besar terkadang mewajibkan karyawannya untuk mengikuti program asuransi kesehatan dimana pembayaran premi dilakukan dengan cara pemotongan gaji, sehingga mau tidak mau karyawan harus mengikuti aturan perusahaan, ini tentu berbeda dengan orang yang bebas mau beli atau tidak asuransi kesehatan sesuai dengan keinginannya sendiri. Sedangkan jika dilihat berdasarkan jumlah dana yang ditanggung, dapat dibedakan menjadi dua yaitu yang pertama seluruh biaya ditanggung oleh perusahaan asuransi dan yang kedua perusahaan asuransi hanya menanggung biaya yang tinggi saja, sehingga biaya-biaya rendah yang timbul tidak ditanggung.

Dalam asuransi kesehatan, pihak yang ditanggung juga dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu individu dan juga kelompok. Perusahaan asuransi dapat memberikan perlindungan kesehatan terhadap orang perorang secara individu asalkan mereka berwarga Negara Indonesia. Selain itu, dapat juga diberikan secara kelompok, misalkan diberikan kepada suatu organisasi, perusahaan, atau dapat juga diberikan kepada sebuah keluarga, dengan syarat umumnya dalam kelompok tersebut minimal harus terdapat 5 orang. Sedangkan jika dilihat berdasarkan cara penggantiannya, asuransi kesehatan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pengajuan ganti rugi menggunakan kartu anggota dan juga pengajuan ganti rugi dengan cara nasabah membayar seluruh pengobatan terlebih dahulu, baru kemudian akan diganti oleh perusahaan asuransi.

Manfaat Asuransi Kesehatan
Tabungan kesehatan, asuransi kesehatan dapat menjadi tabungan kesehatan anda, melalui pembayaran premi yang anda lakukan dalam suatu periode akan sangat bermanfaat buat anda kelak ketika hal-hal yang tidak diinginkan menimpa. Tidak semua orang dapat menabung, kebanyakan tabungan akan habis untuk keperluan yang tidak penting, alhasil kebutuhan pokok seperti kesehatan terlupakan. Namun dengan membayar premi asuransi kesehatan, anda seperti halnya dipaksa untuk menabung secara teratur dan displin karena anda diwajibkan membayar premi tersebut.

Meringankan beban, kebutuhan pokok manusia tidak hanya kesehatan saja, masih banyak lagi kebutuhan-kebutuhan pokok lainnya, ada baiknya jika kita sedikit demi sedikit mengurangi beban hidup, dan salah satu caranya adalah dengan mengikuti program asuransi kesehatan. Jika dimasa yang akan datang anda mengalami musibah, maka anda tidak perlu khawatir dengan biaya yang diperlukan, sehingga anda dapat menggunakan dana yang anda miliki untuk keperluan lainnya yang tidak kalah penting.

Hidup yang nyaman dan tentram, saya yakin anda sayang dengan diri anda sendiri, dengan istri/suami anda, dengan anak-anak dan keluarga yang anda miliki, sekuat tenaga kita berkeinginan melindungi mereka yang kita sayang, apalagi hidup ini terasa penuh dengan ancaman yang membuat kita selalu was-was. Namun begitu, untungnya ada asuransi kesehatan, dengan asuransi kesehatan setidaknya kita dapat menjamin bahwa perawatan dan pengobatan yang maksimal dapat diberikan oleh orang-orang yang kita sayangi, dengan begitu rasa khawatir dapat berkurang, hidup terasa lebih nyaman dan tentram.
---
Oke, mungkin hanya itu saja ulasan tentang pengertian, manfaat, dan jenis-jenis asuransi kesehatan yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga ulasan tentang pengertian, manfaat, dan jenis-jenis asuransi kesehatan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semuanya.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon