Cara Memenangkan Persaingan Bisnis di Era Modern

Advertisement
Cara Memenangkan Persaingan Bisnis di Era Modern - Persaingan dalam dunia bisnis memang akan selalu ada, sebuah persaingan bisnis merupakan gambaran roda perekonomian yang berjalan normal. Jika anda adalah seorang pengusaha, maka bersiap-siaplah menghadang ombak persaingan yang akan menerjang.

Persaingan bisnis merupakan hal yang wajar dan anda pasti juga akan mengalaminya, jika anda tidak merespon gelombak persaingan yang menerjang dengan baik, disitulah anda akan kalah. Datangnya pesaing baru mungkin akan menimbulkan rasa jengkel, apalagi jika pesaing tersebut memiliki produk yang inovatif, tentu hal itu akan mengancam bisnis anda, tapi di sini anda tidak perlu panik dan tetaplah tenang, pikirkan dengan baik sebuah strategi untuk membelah gelombang pesaing tersebut.

Datangnya pesaing tidak selalu berdampak negative terhadap bisnis anda, dengan adanya persaingan memang akan membuat anda kerja ekstra keras, tapi disisi lain persaingan juga akan membuat anda lebih produktif serta meningkatkan kemampuan, alhasil akan memperkuat lini bisnis anda sendiri. Tapi yang terpenting, jangan mau kalah dan mengibarkan bendera putih kepada pesaing, tetep lakukan perlawanan dan pantang menyerah.

Nah, bagi anda yang saat ini sedang menghadapi persaingan bisnis, atau bersiap-siap menanti jika pesaing baru datang, berikut ini ada beberapa teknik ampuh cara memenangkan persaingan bisnis, simak ulasannya di bawah ini.

Sebelumnya, baca juga: Cara mencari investor untuk memodali usaha kita.

Cara Memenangkan Persaingan Bisnis di Era Modern

Pastikan Bahwa Produk Anda Memiliki Kelebihan
Dalam hal ini anda harus menciptakan sebuah alasan kenapa konsumen harus membeli produk yang anda miliki. Sebuah kelebihan dapat berasal dari berbagai sudut, misalnya harga yang lebih murah dengan kualitas yang bersaing, atau bisa juga harga lebih mahal namun kualitas jauh lebih baik dari pesaing, bisa juga dari segi pelayanan yang lebih cepat, responsive, dan ramah. Masing-masing segi ini sangat krusial untuk menarik minat konsumen, semakin banyak anda memiliki kelebihan semakin berkuasa pula anda di pasaran.

Jika saat ini produk anda masih memiliki kelebihan yang minim sekali, ada baiknya anda lebih inovatif untuk menciptakan kelebihan-kelebihan lainnya. Tapi ingat, jika anda ingin menciptakan kelebihan dari segi harga, anda harus hati-hati, penentuan harga yang tidak tepat malah dapat menyebabkan kegagalan bisnis.

Baca selengkapnya: Cara menentukan harga jual produk yang tepat.

Tingkatkan Kualitas Produk
Sebuah harga menentukan sebuah kualitas, itulah salah satu pepatah dalam dunia bisnis. Memang seperti itulah hukum bisnis dalam menentukan harga jual produk. Seringkali ketika seorang pengusaha ingin meningkatkan kualitas produknya, pasti akan terbentur oleh masalah harga. Karena itulah, disini anda harus pintar-pintar menekan biaya ketika ingin meningkatkan kualitas. Meningkatkan kualitas ini sangat erat kaitannya dengan kelebihan, karena kualitas yang meningkat otomatis juga akan menambah kelebihan yang dimiliki oleh produk anda.

Tapi ada banyak bagian kualitas yang dapat anda tingkatkan, selain harus itung-itungan masalah dampaknya terhadap harga, anda juga harus mempertimbangkan bagian mana yang harus anda tingkatkan terlebih dahulu, cobalah untuk mendahulukan bagian yang krusial terhadap minat konsumen anda.
Advertisement


Pelajari dan Lakukan Modifikasi
Terkadang, ada pesaing baru yang muncul dengan membawa inovasi produk yang dapat menarik konsumen dengan sangat-sangat meledak, artinya ada sebuah trobosan baru. Contohnya, dulu nokia itu sangat merajai dunia Handphone, lalu kemudian blackberry muncul dengan inovasi yang sangat meledak, kemudian Apple muncul dengan inovasi yang merevolusi dunia Handphone, kemudian muncullah istilah Smartphone yang saat ini konsep awal Apple tersebut ditiru oleh semua brand perusahaan Smartphone. Namun saat ini Apple menghadapi pesaing-pesaing baru yang bermunculan, karena perusahaan-perusahaan Smartphone lainnya merespon dan bereaksi terhadap perubahan yang dibawa oleh Smartphone.

Jika suatu saat atau saat ini anda sedang mengalami situasi perubahan bisnis, anda harus cepat-cepat merespon dan bereaksi terhadap perubahan tersebut, jangan sampai perubahan yang dibawa oleh pesaing mengalahkan anda, kalau bisa andalah yang harus membawa perubahan tersebut. Perubahan besar-besaran ini juga bisa terjadi bukan hanya pada kualitas produk, tapi bisa juga pada strategi bisnis, misalnya strategi pemasaran, strategi penjualan, strategi produksi, atau strategi lainnya, disini anda harus peka terhadap perubahan-perubahan tersebut.

Jangan Pernah Menjelekkan Pesaing
Satu tindakan tidak etis yang sering terjadi dalam dunia bisnis adalah saling menjelekkan produk milik pesaing, bahkan tindakan tidak etis ini sering dipertontonkan di Televisi dalam bentuk iklan yang disiarkan di seluruh pencuru negeri, ini jelas mencontohkan budaya bisnis yang tidak patut anda tiru. Tindakan menjelek-jelekkan pesaing ini hanya sebuah luapan emosi saja, sulit bersaing maka emosi pun muncul, atau mereka kira ini adalah strategi yang jitu, padahal konsumen di jaman modern seperti ini bukanlah konsumen yang bodoh, tindakan tidak etis seperti itu malah akan menghinakan diri mereka sendiri, malah akan menjadi bahan guyonan masyarakat.

Konsumen Baru dan Membangun Merk
Cara memenangkan persaingan bisnis berikutnya adalah dengan memperluas pangsa pasar dan melambungkan merk dagang anda. ini adalah cara yang ampuh untuk menghadapi pesaing, sebelum pesaing masuk dipasaran tertentu anda sebaiknya masuk pada pasaran tersebut terlebih dahulu. Disini anda harus benar-benar jitu dalam mencari pangsa pasar yang potensial terhadap produk anda. Kalau bisa, jangan sampai konsumen mengenal produk pesaing sebelum konsumen mengenal produk anda terlebih dahulu, ini jelas akan sangat mempengaruhi preferensi pilihan konsumen.

Pemasaran Yang Tepat
Jangan lupa, anda juga harus memikirkan bagaimana anda memasarkan produk anda secara tepat, artinya pemasaran yang anda lakukan sebisa mungkin langsung tertuju pada target anda. Pemasaran yang tepat yang efektif dan efisien jelas akan mempermudah anda dalam mengenalkan produk kepada konsumen, alhasil akan meningkatkan penjualan.

Baca juga: Cara memasarkan produk baru.

Evaluasi Kinerja
Sebuah tindakan evaluasi kinerja sangat perlu anda lakukan secara rutin, minimal seminggu sekali. Ini berguna untuk menilai seberapa besar kemajuan yang dialami oleh usaha dan bisnis anda, target penjualan, kesesuaian dengan rencana, mengetahui jika anda kesalahan-kesalahan krusial, serta hal-hal lainnya yang tak kalah penting. Dengan melakukan evaluasi kinerja tersebut, anda akan mengetahui bagian mana yang tidak seperti anda harapkan, kemudian anda pun dapat melakukan perbaikan secepat mungkin sebelum terlambat.
----
Oke, itulah beberapa cara memenangkan persaingan bisnis yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga ulasan tentang cara memenangkan persaingan bisnis diatas dapat membantu dan meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta wawasan anda semuanya. Thanks.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon