Inilah 17 Produk Reksadana Terbaik Di Indonesia

Advertisement
Inilah 17 Produk Reksadana Terbaik Di Indonesia – Hal yang wajar jika anda berusaha untuk memilih reksadan terbaik sebagai alat investasi yang akan anda lakukan. Dengan memilih reksadana terbaik diharapkan akan mampu memberikan keuntungan yang tinggi. Memang perlu diakui, reksadana yang berkinerja baik akan selalu diminati oleh para calon investor seperti anda ini, karena itulah para perusahaan manajer investasi berlomba-lomba untuk membuat produk reksadananya lebih unggul dari produk reksadana yang dikelola oleh perusahaan manajer investasi lainnya. Walaupun tidak selamanya reksadana akan memberikan keuntungan, namun hal tersebut jelas akan memberikan keyakinan yang cukup kepada anda bahwa manajer investasi akan mengelola dana anda dengan sungguh-sungguh.

Perlu diketahui, perusahaan manajer investasi juga akan mendapat keuntungan dari reksadana anda jika memang ada keuntungannya. Selain itu, dengan produk reksadana yang dikenal berkinerja baik, hal tersebut juga akan memancing investor baru sehingga akan lebih banyak lagi investor yang menanamkan dananya ke reksadana yang dikelola manajer investasi. Jadi di sini ada hubungan timbal balik yang saling menguntungkan.

Sebelumnya, baca juga: Resiko dan keuntungan investasi reksadana.

Nah, bagi anda yang ingin berinvestasi di reksadana, berikut ini saya sajikan 17 produk reksadana terbaik di Indonesia versi Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) dan Bloomberg. Sumber ini sangat bisa dipercaya karena dipilih sendiri oleh Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) yang berkolaborasi dengan Bloomberg, jadi tidak ada unsur manipulasi karena penilaian bersifat independen tanpa pengaruh dari pihak lain selain penilai, dan penilaian ini berdasarkan data-data yang faktual. Berikut ini daftarnya:

Inilah 17 Produk Reksadana Terbaik Di Indonesia
APRDI-Bloomberg Indonesia Fund Awards 2015
Kategori Nama ReksadanaManajer Investasi
Best Islamic Fund (Equity)Cipta Syariah EquityPT Ciptadana Asset Management
Best Islamic Fund (Fixed Income)MNC Dana SyariahPT MNC Asset Management
Best Islamic Fund (Mixed Allocation)SAM Syariah BerimbangPT Samuel Aset Manajemen
Best Thematic FundMega Asset Greater InfrastructurePT Mega Asset Management
Best Fixed Income Dollar Denominated FundDanamas DollarPT Sinarmas Asset Management
Best Index FundRHB OSK LQ45 TrackerPT RHB OSK Asset Management
Best Equity Fund (AUM<=100 billion)Pratama EquityPT Pratama Capital Assets Management
Best Equity Fund (AUM<=500 billion)Pratama SahamPT Pratama Capital Assets Management
Best Equity Fund (AUM>500 billion)SAM Indonesian Equity FundPT Samuel Aset Manajemen
Best Fixed Income Fund (AUM<=60 billion)GAP Fixed Income Fund IIPT Gap Capital
Best Fixed Income Fund (AUM<=200 billion)Syailendra Fixed Income FundPT Syailendra Capital
Best Fixed Income Fund (AUM>200 billion)Danamas StabilPT Sinarmas Asset Management
Best Money-Market Fund (AUM<=100 billion)Mega Dana KasPT Mega Capital Investama
Best Money-Market Fund (AUM>100 billion)Manulife Indonesia Money Market FundPT Manulife Aset Manajemen Indonesia
Best Mixed Allocation Fund (AUM<=50 billion)Nikko BUMN PlusPT Nikko Securities Indonesia
Best Mixed Allocation Fund (AUM<=150 billion)Kresna FleximaPT Kresna Asset Management
Best Mixed Allocation Fund (AUM>150 billion)Danamas FleksiPT Sinarmas Asset Management
Advertisement


Jika anda kurang mantap atau ragu dengan penilaian dari Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) dan Bloomberg dalam memilih reksadana terbaik, anda pun juga bisa memilih berdasarkan penilaian anda sendiri.

Mau beli reksadana: Ini 7 tempat beli reksa dana murah 100ribu.

Bagaimana Memilih Reksadana Terbaik?
Setidaknya ada beberapa kriteria yang bisa digunakan untuk menilai sebuah reksadana yang berkinerja baik, diantaranya adalah:
  • Umur Reksadana. Umur reksadana merupakan faktor yang cukup penting untuk mengetahui ketahanan reksadana terhadap kondisi pasar. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kondisi pasar tidak selalu stabil, kadang juga mengalami kondisi yang buruk, inflasi, krisis, dan sebagainya.
  • Tingkat Return Reksadana. Dalam dunia investasi, tingkat return atau tingkat pengembalian menjadi daya tarik tersendiri, seringkali para pemodal lebih tertarik dengan investasi yang dapat memberikan return yang tinggi, hal ini wajar karena memang tujuan investasi adalah mendapatkan keuntungan.
  • Dana Kelolaan Reksadana. Pada umumnya, semakin besar dana kelolaan maka menandakan bahwa kepercayaan masyarakat pemodal kepada perusahaan manajemen investasi semakin tinggi.
  • Management Fee. Saat anda akan berinvestasi ke dalam reksadana, anda akan di kenai beberapa biaya, selain biaya untuk membeli reksadana itu sendiri anda juga akan di kenai biaya pembelian (fee pembelian), biaya penjualan (fee penjualan), dan juga biaya kelola.
Pembahasan kriteria pemilihan reksadana terbaik di atas belum lengkap. Baca selengkapnya: Memilih reksadan terbaik.
----
Oke, itulah sedikit ulasan tentang 17 produk reksadan terbaik di Indonesia yang dapat saya berikan. Semoga pembahasan mengenai reksadana terbaik di Indonesia di atas bermanfaat dan menambah wawasan anda. Thanks.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon