Tips Supaya Klaim Asuransi Diterima, Ini Yang Harus Anda Lakukan

Advertisement
Tips Supaya Klaim Asuransi Diterima, Ini Yang Harus Anda Lakukan – Tidak ada seorang pun yang mengharapkan bahwa klaim asuransinya akan ditolak oleh perusahaan asuransi. Setiap individu yang membeli asuransi pasti memiliki harapan bahwa suatu saat ketika dibutuhkan, asuransi dapat menjadi jalan terang bagi mereka, karena memang tujuan utama asuransi adalah untuk memback up kebutuhan-kebutuhan di masa yang akan datang.

Namun nyatanya, asuransi yang semula menjadi rencana untuk melindungi diri dari risiko-risiko tertentu, malah hanya menjadi rencana isapan jempol semata karena klaim asuransi yang diajukan ternyata ditolak oleh perusahaan asuransi. Sedih, sakit, kecewa,dan macam-macam rasanya jika mengalami hal tersebut, sudah bayar premi mahal tapi ZONK manfaatnya.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab klaim asuransi anda ditolak, mohon maaf tapi biasanya yang menjadi penyebabnya adalah karena kesalahan anda sendiri, atau bisa juga karena ketidaktahuan anda. Hampir tidak mungkin perusahaan asuransi menggunakan trik-trik kotor untuk mengelabuhi anda, apalagi trik yang melanggar hukum. Hanya saja, perusahaan asuransi pasti akan menerapkan kebijakan-kebijakan atau polis asuransi yang tidak mungkin akan menyebabkan mereka mengalami kerugian. Jadi di sini, pahamilah kebijakan-kebijakan dan polisnya dari perusahaan asuransi tersebut.

Selama anda memahami kebijakan-kebijakan dan polis asuransi dengan baik dan mematuhinya, serta tidak melakukan kecurangan-kecurangan maka kemungkinan besar permohonan klaim asuransi anda akan diterima dengan mudah. Lalu apa poin-poin pentingnya? Ada banyak, setidaknya ada beberapa tips penting yang harus anda perhatikan, berikut ulasannya:

Baca juga: Pentingnya asuransi untuk bisnis anda.
Tips Supaya Klaim Asuransi Diterima
Bayarlah Premi Tepat Waktu
Kita tidak akan pernah tahu kapan musibah dan risiko-risiko tertentu menimpa kita, kapan dan di mana saja musibah dapat terjadi. Dengan membayar premi tepat waktu, anda dapat memastikan bahwa polis asuransi akan selalu aktif sehingga suatu waktu anda dapat melakukan klaim asuransi. Jangan sampai anda lupa dengan jatuh temponya asuransi karena ini akan membuat asuransi anda tidak aktif dan menyebabkan gagalnya klaim.

Untuk menghindari masalah lupa bayar premi ini, solusi terbaiknya adalah dengan membayar premi secara autodebet dari rekening tabungan anda.

Pahami Risiko Apa Saja Yang Dicover dan Pengecualian-pengecualian Yang Ada
Anda harus paham bahwa tidak semua risiko dapat dicover oleh perusahaan asuransi, terdapat suatu keadaan dan kondisi tertentu di mana resiko tidak dapat diklaim. Jika anda mencoba melakukan klaim yang tidak dicover atau dikecualikan, ya tentu saja klaim anda akan ditolak karena dalam polis asuransi pasti sudah diterangkan akan hal tersebut. Dengan memahami hal di atas, anda dapat mengelola potensi risiko yang akan anda hadapi nantinya.

Setiap perusahaan asuransi mungkin akan berbeda-beda dalam hal ini, jadi sebelum anda membeli asuransi ada baiknya bandingkan dulu asuransi dari perusahaan lainnya.
Advertisement


Siapkan Syarat dan Dokumen Yang Diperlukan Ketika Akan Klaim Asuransi
Sebelum melakukan klaim asuransi, anda harus menyiapkan beberapa dokumen. Dokumen umum biasanya berupa KTP dan data diri lainnya. Dokumen khusus tergantung dengan produk asuransinya, misalkan jika asuransi kendaraan maka butuh dokumen seperti STNK dan SIM. Asuransi kesehatan seperti surat keterangan dari dokter dan sebagainya.

Perhatikan Masa Tunggu dan Batas Waktu Klaim Asuransi
Asuransi memiliki masa tunggu dan batas waktu klaim yang harus anda perhatikan dengan seksama. Jika anda ingin melakukan klaim asuransi, maka lakukanlah sesegera mungkin sebelum batas waktunya. Jika anda melakukan klaim asuransi setelah masa jangka waktu klaimnya habis, sudah bisa dipastikan bahwa klaim anda akan ditolak oleh perusahaan.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan masa tunggunya, masa tunggu adalah masa di mana anda tidak diperbolehkan mengajukan klaim, ini biasanya diawal-awal ketika polis asuransi disetujui, umumnya 30-60 hari setelahnya. Misalnya polis asuransi disetujui tanggal 1 januari dengan masa tunggu selama 30 hari, maka anda baru bisa mengajukan klaim asuransi pada tanggal 31 januari.

Patuhi Hukum dan Jangan Melakukan Kecurangan
Ada banyak kasus di mana klaim asuransi tidak diterima karena terdapat unsur melanggar hukum dan melakukan kecurangan-kecurangan. Misalkan pada asuransi kendaraan, jika anda melakukan klaim kerusakan kendaraan karena kecelakaan, dan penyebab kecelakaan tersebut karena anda melanggar lalu lintas maka jelas klaim anda tidak akan diterima.

Ada pula pihak yang sengaja merusak property atau barang berharganya untuk mendapatkan klaim asuransi, hal tersebut jelaslah tidak dapat diterima. Perusahaan asuransi juga memiliki tim khusus untuk melakukan investigasi dan menganalisis apa yang sebenarnya terjadi, mereka berpengalaman dalam hal ini sehingga kemungkinan besar kecurangan-kecurangan akan terendus oleh tim khusus tersebut.
----
Nah itulah beberapa tips supaya klaim asuransi diterima dengan mudah. Semoga tips di atas bermanfaat dan menambah wawasan anda, serta dapat membantu anda ketika akan mengajukan klaim asuransi. Thanks.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon