Ini 7 Tempat Beli Reksa Dana 100 Ribu Rupiah Bagi Anda Yang Ingin Mencobanya

Advertisement
Ini 7 Tempat Beli Reksa Dana 100 Ribu Rupiah Bagi Anda Yang Ingin Mencobanya – Dengan reksadana, saat ini enggak perlu duit berjuta-juta untuk investasi, cukup menyediakan uang 100 ribu rupiah saja sekarang anda sudah dapat disebut sebagai seorang investor. Bahkan jika anda tidak tahu menahu tentang investasi, anda masih bisa berinvestasi karena ada pihak yang akan menyalurkan dana anda ke instrument yang tepat, pihak tersebut adalah manajer investasi.

Manajer investasi adalah pihak yang akan menyalurkan dana anda ke dalam berbagai instrument, bisa saham, obligasi, pasar uang, dan sebagainya. Tenang, manajer investasi ini adalah pihak yang professional, merekalah ahlinya dalam mengelola dana anda.

Kenapa reksa dana bisa murah sekali? Yakin nih cuma 100 ribu? Yap, yakin sekali, anda bisa membeli reksadana hanya dengan uang 100 ribu. Tapi, hanya tempat-tempat tertentu saja yang seperti ini yang minimalnya hanya 100 ribu rupiah, artinya ada tempat lain yang menjual reksadana dengan pembelian minimum yang jauh lebih mahal, bahkan sampai jutaan.

Reksa dana bisa murah karena reksa dana merupakan wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Jadi sudah jelas bahwa reksadana merupakan suatu wadah yang disediakan oleh manajer investasi untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal, kemudian setelah modal terkumpul akan di investasikan ke dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Dalam mengumpulkan modal tersebut, manajer investasi akan menawarkan unit penyertaan kepada para masyarakat pemodal, sehingga jika masyarakat menanamkan modalnya ke dalam unit penyertaan reksadana yang di tawarkan maka terkumpullah modal dari berbagai masyarakat pemodal.

Ada pula jenis-jenis reksadana yang dapat anda pilih, seperti:
  • Reksa dana saham
  • Reksa dana pasar uang
  • Reksa dana pendapatan tetap
  • Reksa dana campuran
  • Reksa dana indeks
Baca selengkapnya: Pengertian dan jenis-jenis reksa dana.

Nah, bagi anda yang ingin mencoba berinvestasi di reksa dana, berikut ini 7 tempat membeli reksa dana yang dapat anda coba:

Ini 7 Tempat Beli Reksa Dana 100 Ribu Rupiah

1. Commonwealth Bank
Commonwealth Bank adalah bank asal negeri kangguru, Australia. Di Indonesia, bank ini sudah berdiri sejak tahun 1990 yang lalu. Bank ini bukanlah manajer investasi, namun sebagai agen yang menjual reksa dana yang di terbitkan oleh beberapa manajer investasi seperti:
  • PT. Ashmore Asset Management Indonesia
  • PT. Bahana TCW Investment
  • PT. Batavia Prosperindo Aset Manajemen
  • PT. BNP Paribas Investment Partners
  • PT. CIMB Principal Asset Management
  • PT. Danareksa Investment Management
  • PT. Eastspring Investment Indonesia
  • PT. First State Investment Indonesia
  • PT. Mandiri Manajemen Investasi
  • PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia
  • PT. Schroders Investment Management Indonesia
Amankah jika tidak membeli langsung di manajer investasi? Aman, dan anda tak perlu risau. Bank hanyalah perantara, dan yang akan mengelola dana anda tetaplah pihak manajer investasi.

Sebelumnya, baca juga: Resiko dan keuntungan investasi reksadana.

2. CIMB Niaga
CIMB Niaga merupakan salah satu manajer investasi terkenal yang ada di Indonesia. Ada banyak produk reksa dana yang dapat anda beli di tempat ini, mulai dari reksadana saham konvesional dan syariah, reksadana pendapatan tetap dan pasar uang, serta reksa dana campuran. Setiap jenis reksadana tersebut juga memiliki produk yang berbeda-beda, jadi pilihan yang diberikan kepada anda cukup beragam.

Seperti yang saya sebutkan di atas, CIMB Niaga juga menyediakan reksa dana saham syariah, produk syariah ini adalah Reksa Dana CIMB-Principal Islamic Equity Growth Syariah. Kalau anda lebih suka yang syariah (sebenarnya syariah lebih baik) maka ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk anda. kalau produknya syariah, maka dana anda nanti juga akan di investasikan ke saham syariah pula.
Advertisement


3. PT. Danareksa Investment Management (DIM)
Danareksa Investment Management (atau yang dikenal dengan DIM) adalah anak perusahaan dari PT Danareksa (Persero). Didirikan pada tahun 1992, tugas utama DIM saat itu adalah mengelola Sertifikat Danareksa yang menjadi "cikal bakal" Reksa Dana. DIM adalah Manajer Investasi pertama yang meluncurkan Reksa Dana di Indonesia pada Juli 1996 dengan mengeluarkan Danareksa Melati, Danareksa Anggrek, dan Danareksa Mawar.

Saat ini, DIM mengelola lebih dari 30 Reksa Dana dan beberapa Kontrak Pengelolaan Aset Investasi (KPAI) yang dibuat untuk mengakomodasikan berbagai kebutuhan investasi Anda. Selain itu, DIM juga berusaha untuk selalu memberikan kemudahan bagi Investor dalam melakukan transaksi Reksa Dana. Oleh karena itu, Reksa Dana DIM dapat dibeli melalui layanan Danareksa Online yang terdiri dari layanan transaksi Reksa Dana secara online, layanan Call Center, serta agen-agen penjual yang terdiri dari bank serta Sentra Investasi Danareksa yang telah bekerja sama dengan DIM. Segala kemudahan ini dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi Investor dalam berinvestasi Reksa Dana. More info >> http://reksadana.danareksaonline.com/

4. PT. Panin Asset Management (PAM)
Panin Asset Management adalah perusahaan pengelola aset terkemuka yang berspesialisasi pada instrumen investasi yang diterbitkan di Indonesia, baik itu saham, obligasi ataupun instrumen pasar uang. Berpusat di Jakarta, Panin Asset Management melayani investor perorangan, institusi swasta maupun lembaga pemerintahan melalui berbagai bentuk investasi. Panin Asset Management mengelola reksa dana konvensional, reksa dana penyertaan terbatas, reksa dana terproteksi maupun kontrak pengelolaan dana.

Panin Asset Management adalah perusahaan investasi yang berbasis riset. Setiap investasi didukung oleh riset primer yang dilakukan sendiri dan digunakan oleh setiap reksa dana yang dikelola. Panin Asset Management memiliki tim riset internal yang berdedikasi untuk melakukan analisa fundamental, mengidentifikasi risiko dan menilai valuasi daripada investasi. More info >> http://www.panin-am.co.id/

5. PT. Manulife Aset Management Indonesia (MAMI)
PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) hadir di Indonesia pada tahun 1996, dan sejak itu terus mendampingi masyarakat Indonesia – baik individu maupun korporasi – melalui beragam jasa manajemen investasi dan reksa dana. PT Manulife Aset Manajemen Indonesia adalah perusahaan manajer investasi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Kauangan.

Reksa Dana Manulife, Sebagai solusi investasi bagi masyarakat Indonesia, MAMI menawarkan 19 produk reksa dana yang terdiri dari produk reksa dana pendapatan tetap, saham (termasuk reksa dana saham syariah), campuran, dan pasar uang, yang dikelola oleh tim pengelola investasi yang secara rata-rata memiliki pengalaman selama 12 tahun. More info >> https://reksadana-manulife.com

6. PT. Schroders Investment Management Indonesia
Schroders hadir di Indonesia sejak 1991. Schroders adalah perusahaan manajemen aset dan private banking group internasional yang independen, dengan pengalaman lebih dari 200 tahun di bidang jasa keuangan dengan pengelolaan dana sebesar Rp 6541.8 trilyun ($446.5 milyar) per tanggal 30/09/2015.

Schroders mengelola investasi dalam berbagai kelas aset di negara maju dan negara berkembang; hedge funds, ekuitas dan surat hutang, pasar uang, private equities dan properti. Klien Schroders meliputi dana pensiun jumlah besar, pemerintah, yayasan amal, perusahaan, hingga investor pribadi di seluruh dunia. More info >> http://www.schroders.com/id/id/investasi-reksadana/

7. PT. Mandiri Manajemen Investasi
PT Mandiri Manajemen Investasi atau yang lebih dikenal sebagai Mandiri Investasi didirikan pada Desember 2004 setelah memisahkan diri (spin-off) dari PT Mandiri Sekuritas. Mandiri Investasi, yang merupakan bagian dari grup PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, adalah salah satu manajer investasi nasional terbesar yang berpengalaman di bidang pengelolaan portofolio investasi sejak 1993.

Ada banyak sekali penghargaan yang telah diperoleh oleh Mandiri Manajemen Investasi, di tahun 2015 saja ada 3 penghargaan bergengsi yang diperolehnya, diantaranya adalah 1) Best Mutual Fund 2015 – Balanced Fund 1 Year Period Category, 2) Best Mutual Fund 2015 – Fixed Income Fund 5 Year Period Category, 3) Indonesia Middle Class Brand Champion – Consumer Choice Award 2015 Kategori Reksadana. More info >> http://mandiri-investasi.co.id/
----
Nah, itulah 7 tempat beli reksa dana yang dapat anda coba, anda sendiri pilih yang mana? Semoga ulasan di atas bermanfaat dan dapat membantu anda dalam menemukan tempat terbaik untuk berinvestasi di reksa dana. Salam sukses.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon