Ini 7 Tips Menggaet Konsumen Wanita Untuk Toko Online Anda

Advertisement
Ini 7 Tips Menggaet Konsumen Wanita Untuk Toko Online Anda – Kalau anda saat ini memiliki toko online, dan konsumen utama anda adalah wanita, maka sekarang anda perlu menerapkan trik-trik khusus untuk menggaet mereka. Ini perlu anda lakukan karena anda sedang berhadapan dengan rajanya belanja. Yap, wanita adalah rajanya belanja, bukan dari segi kuantitas namun yang mengerikan itu adalah kualitasnya. Seorang wanita tidak akan semudah pria dalam menentukan pilihannya, wanita akan lebih detail dalam memilih, memperhatikan segala aspek, dan selalu mempertimbangkan alternative-alternatif lainnya. Beda dengan pria, pria tidak akan sesulit wanita untuk menentukan pilihannya, lebih simple, dan enggak begitu ribet. Jadi, bersiaplah anda untuk menerapkan tips-tips khusus untuk menggaet konsumen wanita di toko anda.

Kalau anda menerapkan strategi, tips dan trik penjualan dengan tepat, bukan tidak mungkin penjualan anda akan meningkat tajam, alhasil juga akan berdampak pada perkembangan toko online anda. Saat ini, jumlah konsumen wanita sangat banyak jumlahnya, dilihat dari jumlah penduduknya saja itu sudah kelihatan. Tapi, tetap saja trik sederhana dan biasa-biasa saja tidak akan mempan menggaet konsumen wanita, kalaupun mempan mungkin belum maksimal. Ini bukan mitos, tapi bener-bener nyata.

Nah, bagi anda yang saat ini sedang mengembangkan toko online, baik yang berbasis website, media sosial, dan sebagainya, serta target konsumen anda adalah wanita, mungkin beberapa tips menggaet konsumen wanita berikut ini dapat anda coba, berikut ulasannya:

Sebelumnya, baca juga: Tips jualan di Facebook.

Ini 7 Tips Menggaet Konsumen Wanita Untuk Toko Online Anda
Informasi Produk Yang Jelas
Sudah saya katakan sebelumnya bahwa wanita itu adalah makhluk yang sangat detail dalam menentukan pilihannya. Jadi wajar jika mereka akan mencari info produk sebanyak-banyaknya, tanya sana sini, dan sebagainya. Anda sebagai owner toko online, wajib menyediakan kebutuhan wanita ini, berilah mereka informasi produk sebanyak-banyaknya, bisa info spesifikasi, bahan, garansi, ketahanan dan review. Ribet memang, tapi percayalah ini sangat berpengaruh terhadap minat wanita untuk menjatuhkan pilihannya.

Perlu anda pahami, pelaku e-commerce itu bukan hanya anda saja, tapi masih banyak lagi. Konsumen khususnya wanita memiliki pilihan-pilihan lain yang dapat dijadikan alternative. Bisa anda bayangkan jika mereka akan mengabaikan produk yang anda tawarkan hanya karena informasi yang kurang memadai, padahal bisa saja kualitas produk anda itu memiliki kualitas seperti yang mereka harapkan. Sayang, bukan?

Kualitas dan Keorisinalitas
Konsumen wanita itu juga pengen produk yang mereka beli memiliki kualitas dan  keaslian, serta orisinil, bukan KW. Bagi wanita, produk berkualitas dan asli itu bergengsi banget, mereka jelas akan lebih pede memakai produk yang WAH dan orisinil. Karena itulah, wanita akan dengan cermat mengamati kualitas dan keaslian dari produk yang anda tawarkan, apalagi jika anda sudah mengatakan bahwa produk anda memiliki kualitas tinggi dan asli.

Selain itu, ini juga termasuk apakah produk anda itu legal atau illegal (slundupan). Tidak ada satupun manusia yang dengan senang hati membeli produk illegal, apalagi wanita. Jika mau pun mungkin hanya terpaksa karena keadaan bukan karena tuntunan hati.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kualitas dan keaslian produk sangat penting bagi wanita. Nah, sekarang tinggal bagaimana anda membuat konsumen wanita tersebut percaya kepada anda, percaya pada kualitas dan keasliannya.
Advertisement


Diskon, Diskon, Diskon
Enggak cuma wanita saja sih yang sering tertarik pada diskon, pria juga begitu. Tapi, pria cenderung lebih dapat mengontrol dirinya, kalau mereka tidak butuh maka tidak akan dibeli juga. Beda banget kalau wanita, kalau mereka hanya berniat jalan-jalan di mall dan ternyata melihat diskon,tahu sendirilah apa yang akan terjadi, pasti dibeli apalagi kalau diskonnya gede, padahal mereka tidak terlalu membutuhkannya, mungkin hanya merasa sayang aja kalau dilewatkan, buat koleksi juga bisa.

Kalau enggak butuh aja dibeli, bagaimana kalau yang ada diskon itu adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh wanita, tentu peluang dibelinya sangat besar. Nah sekarang tinggal bagaimana anda menerapkan diskon tersebut kepada konsumen wanita anda. Saya tahu, tidak mungkin anda akan memberikan diskon terus menerus, pastikan aja bahwa diskon yang anda berikan masih memberikan keuntungan bagi anda.

Jangan lewatkan: Mengatasi konsumen yang suka membandingkan harga.

Buat Visualisasi Yang Menarik
Untuk dapat menggaet konsumen wanita dengan sukses, anda juga perlu memberikan visualisasi terhadap produk yang anda jual dengan baik. Visualisasi dapat berupa beraneka macam bentuk, misalnya memberikan gambar berkualitas tinggi dengan berbagai sudut, atau bisa juga dengan membuatkan video agar wanita dapat melihatnya secara langsung (enggak hanya gambar). Percaya atau tidak, dengan anda memberikan visualisasi yang baik, konsumen anda akan lebih puas daripada sekedar membaca informasi produk yang anda berikan.

Dengan kepuasan yang mereka peroleh, potensi penjualan anda juga akan meningkat karena si konsumen sudah mendapatkan informasi yang jelas dari produk yang anda tawarkan. Daripada mereka membeli di tempat lain yang belum tentu sebaik produk anda, bukankah lebih lega jika mereka membeli di tempat anda?

Berikan Banyak Varian Produk
Ribetnya lagi, konsumen wanita juga cenderung ingin melihat atau membanding-bandingkan produk lainnya. Kalau anda bisa menyediakan varian produk yang banyak, anda akan berhasil menggaet konsumen wanita tersebut, dalam artian mereka tidak akan pergi dari toko anda untuk mencari produk-produk lainnya. Varian produk itu bisa macam-macam, mulai dari varian warna, motif, kualitas dan harga, serta masih banyak lagi.

Selain varian-varian seperti di atas, kalau anda punya produk serupa namun beda, bisa juga anda tawarkan kepada mereka, misalnya produk yang beda merek. Hal ini akan efektif karena wanita sangat sensitive pula dengan masalah differensiasi merek.

Keamanan Dalam Transaksi
Kalau masalah ini sudah tidak diragukan lagi, ini berlaku untuk semua orang tidak hanya wanita saja. Anda harus mampu meyakinkan para konsumen bahwa toko online anda bebas dari penipuan dan kejahatan-kejahatan lainnya. Anda juga harus mampu meyakinkan kepada mereka bahwa toko online anda terpercaya dan professional, mulai dari kesesuaian barang yang dibeli, pengiriman barang yang terjamin, ketepatwaktuan pengiriman, dan sebagainya.

Pelayanan Yang Baik
Satu lagi yang gak kalah penting, berikanlah mereka pelayanan yang baik sebaik-baiknya. Terkadang apa yang anda jelaskan kepada konsumen belum memuaskan mereka, sehingga mereka masih memiliki pertanyaan-pertanyaan seputar produk, dan di sini anda harus memberikan penjelasan dengan baik, sabar, dan ramah.

Selain itu, anda juga patut memikirkan kenyamanan konsumen, misalkan jika toko online anda berbasis website, maka di sini anda wajib memberikan navigasi yang mudah dimengerti, responsive, bisa dibuka di segala macam device mulai dari PC, laptop, ataupun smartphone. Ini akan memudahkan mereka dalam menjelajah produk-produk atau informasi lainnya di website anda.

Baca juga: Cara meningkatkan penjualan produk.
----
Nah, itulah sedikit ulasan mengenai 7 tips menggaet konsumen wanita untuk toko online yang dapat saya berikan. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan konsumen wanita anda. Salam sukses.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon