Manfaat dan Keuntungannya Memulai Bisnis Di Usia Muda

Advertisement
Manfaat dan Keuntungannya Memulai Bisnis Di Usia Muda – Usia masih belasan atau 20an adalah waktu yang sempurna untuk memulai dan merintis bisnis, kalau kamu masih di usia tersebut maka ini adalah saatnya kamu untuk bergerak. Jangan minder hanya karena kamu kurang pengalaman, kurang pengetahuan, atau kurang modal, semuanya bisa di atasi pada waktunya, yang penting sekarang mulai dulu sebelum terlambat.

Ya, mulai dulu sebelum terlambat. Ini lebih baik daripada tidak sama sekali karena berbisnis di usia muda membawa manfaat dan keuntungan yang besar. Saya tidak mengatakan bahwa mulai usaha di usia tua tidak bermanfaat dan tidak menguntungkan, tapi bagiku untuk memulai bisnis di usia 40-50 tahun keatas merupakan waktu yang tidak ideal.

Beda dengan berbisnis ketika masih umur 20-30 tahun, kamu masih punya banyak waktu dan kesempatan untuk memetik kesuksesan. Apalagi sekarang sudah ada pergeseran jaman, yang dulu berbisnis hanya dilakukan oleh orang yang sudah matang dari segi usia, kini sudah mulai banyak anak-anak muda yang berlomba-lomba berbisnis, bahkan anak SMP pun tak mau kalah.

Daripada masa muda dihabiskan untuk bermain, lebih baik diisi dengan hal yang lebih positif seperti belajar berbisnis. Seperti yang saya katakan di atas, ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan, nah kira-kira apa sajakah manfaat dan keuntungannya itu? Berikut ulasan lengkapnya:

Sebelumnya, baca juga: Cara mencari investor untuk memodali bisnis kita.

Manfaat dan Keuntungannya Memulai Bisnis Di Usia Muda

Memiliki Banyak Kesempatan dan Belajar Dari Kegagalan
Ketika kamu pertama kali memulai bisnis di usia muda, sedikitlah realistis dan bersabar karena akan sulit untuk langsung sukses seperti yang kamu harapkan, apalagi kamu masuk ke industri yang asing bagimu maka 99% kamu perlu pembelajaran yang lebih dan lebih lagi. Tapi jangan khawatir, kamu masih muda dan ada banyak kesempatan.

Masih muda bukan berarti harus gagal, di sini yang ingin saya katakan adalah tentang banyaknya kesempatan yang dimiliki jika kamu masih muda, jangan tergesa-gesa dan bersabarlah. Seperti pepatah yang mengatakan bahwa kegagalan merupakan awal dari keberhasilan. Ketika kamu sudah banyak mengalami kegagalan, tentu kamu memiliki pengalaman yang cukup sehingga ketika kamu memasuki usia matang atau tua, kamu sudah merasakan kesuksesan seperti yang diharapkan.

Lebih Memahami Teknologi
Saat ini merupakan era teknologi, apa-apa bisa diselesaikan dengan bantuan teknologi yang ada, siapa pula sekarang yang tidak kenal dengan smartphone dan internet? Apalagi anak-anak muda, bukan kenal lagi tapi sudah dewanya teknologi dengan selalu up-to-date teknologi-teknologi terbaru, kalian memiliki keuntungan di bidang ini ketimbang orang tua seperti ibu dan ayah kalian.

Keuntungan dengan lebih memahami teknologi inilah yang perlu kamu manfaatkan, salah satunya bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Teknologi akan sangat membantu dalam hal pemasaran, penyediaan layanan yang lebih mudah (dibuat software dan semacamnya), yang dulu offline sekarang punya toko online, atau bisa juga untuk membaca peluang bisnis lain.

Mengenal Trend Dengan Lebih Baik
Anak muda mana yang tidak mengikuti atau setidaknya tahu trend yang lagi ngehits dan kekinian? Saya kira semua anak muda begitu. Trend sangat bisa mempengaruhi bisnis kamu, jika tidak direspon bisa kehilangan kesempatan atau bahkan bisa menenggelamkan bisnis yang kamu rintis.
Advertisement


Ya, kehilangan kesempatan atau bisnisnya tenggelam, kenapa bisa begitu? Kita ambil saja contohnya, kemunculan Go-jek dan semacamnya, para owner applikasi seperti itu sangat jeli dalam melihat trend teknologi di mana semuanya dilakukan secara online menggunakan gadget, jadi mereka tidak kehilangan kesempatan untuk merajai pemesanan transportasi secara online.

Di sisi lain, jika ojek lainnya tidak tahu atau tidak merespon teknologi pemesanan online seperti itu maka sangat mungkin untuk ditenggelamkan, karena tidak terima jika bisnisnya tenggelam alhasil Cuma protes, demo, dan membuat kerusuhan, padahal itu salah mereka sendiri yang tidak merespon dengan cepat trend yang ada, enggak banget’kan?

Memupuk Mental dan Rasa Percaya Diri
Mental dan rasa percaya diri dalam dunia bisnis itu sangat penting untuk meraih kesuksesan. Beruntung kalian yang masih muda yang saat ini mungkin mental dan rasa percaya dirinya kurang, maka dengan mulai merintis usaha saat ini dapat melatih dan memupuk agar mental sekuat baja, serta percaya diri yang tinggi.

Ketika pertama kali mengalami kegagalan mungkin mental kamu akan goyah dan tak percaya diri lagi untuk melanjutkan berbisnis, tapi seiring berjalannya waktu tentu tidak akan seperti itu lagi karena mental bisnis kamu sudah kuat, kepercayaan diri pun sudah meningkat.

Kesempatan Untuk Membangun Networking Yang Lebih Luas
Nah ini, NETWORKING, salah satu hal yang begitu penting dalam dunia bisnis. Bisnis kamu tidak akan berkembang tanpa adanya networking yang kuat. Ini merupakan manfaat dan keuntungan memulai bisnis di usia muda yang begitu nyata.

Di usia muda, kamu memiliki tenaga yang lebih besar, kamu memiliki kesempatan untuk mencari, bersosialisasi, dan berkeliling membangun networking di komunitas bisnis serta acara dan event bisnis. Selain itu, usia muda tentu kamu memiliki hubungan yang masih erat dengan teman-teman yang mungkin bisa menjadi pemasok atau pelanggan.

Dalam dunia bisnis pula, kamu tidak bisa menghindar untuk bertemu orang-orang baru, dan inilah kesempatanmu untuk membangun networking yang luas, apalagi masih muda dan memiliki waktu lebih banyak dan sering untuk bertemu orang baru sembari membangun networking.

Melatih Kepekaan dan Profesionalisme
Di usia muda pula, kamu dapat melatih kepekaan memahami konsumen untuk meningkatkan pelayanan, melatih memahami apa yang diinginkan konsumen dan yang dibenci konsumen. Jelas ini dapat meningkatkan produk barang dan jasa milik kamu agar lebih baik dari milik pesaing.

Selain itu, secara tak sadar kamu juuga akan terbiasa dengan sikap profesionalisme, yang dulu hanya memikirkan diri sendiri dan memikirkan keuntungan semata, kini lebih mementingkan kepuasan konsumen untuk keberlanjutan usaha. Kamu juga akan terbiasa untuk bersikap dewasa ketika melakukan lobi dan negosiasi dengan pihak lain.

Selanjutnya: 5 kebiasaan kecil yang akan membuat kamu sukses.
----
Oke, itulah sedikit ulasan tentang manfaat dan keuntungan memulai bisnis di usia muda. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kemajuan bisnis kalian, jangan lupa share artikel ini, thanks dan salam sukses.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon