Bahasa Marketing Yang Terbukti Efektif dan Ampuh Untuk Memasarkan Bisnis

Advertisement
Bahasa Marketing Yang Terbukti Efektif dan Ampuh Untuk Memasarkan Bisnis – Memasarkan produk serta bisnis apa saja dan di mana saja, baik online maupun offline pasti memerlukan bahasa yang baik agar ajakan untuk mengenal dan membeli produk maupun bisnis bisa berjalan efektif dan ampuh. Jika bahasa marketing asal-asalan, tentu akan memakan banyak biaya yang terbuang sia-sia.

Dalam pemasaran, kamu memang dituntut untuk memikirkan cara terefektif, terampuh dan termurah mungkin. Di sini, bahasa marketing akan berperan besar dalam mewujudkan hal tersebut, dengan bahasa marketing yang baik kamu akan menghemat waktu jika pemasaran lewat video, atau menghemat space jika memasarkan lewat banner.

Kalau bahasanya amburadul dan terlalu panjang, sangat mungkin si target akan mengabaikannya karena malas membaca. Tidak hanya di TV dan online saja, bahasa marketing yang baik juga akan membantu pemasaran kamu lebih efektif ketika memasarkan di Baliho di pinggir-pinggir jalan.

Dari segi biaya, kalau beriklan di TV tentu membutuhkan biaya sangat besar, semakin panjang bahasanya maka semakin panjang. Kalau pengen sedikit lebih hemat ya iklan secara online atau di baliho, lebih murah dan tak kalah efektif.

Selain masalah biaya, yang tidak kalah penting itu adalah apakah si target bisa tertarik dengan iklan tersebut? Dalam artian, apakah ajakan kita sudah cukup ampuh menarik mereka untuk membeli atau menggunakan barang dan jasa dari kita? Lagi-lagi, di sini bahasa marketing yang baik sangatlah dibutuhkan.

Penting’kan bahasa marketing itu, masih mau asal-asalan? Jangan ya, kalau bisnis kamu masih sepi padahal kamu rutin promosi, mungkin masalahnya ada di bahasa yang kamu gunakan kawan, coba deh kamu terapkan beberapa bahasa marketing yang terbukti efektif dan ampuh untuk memasarkan bisnis berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Tips jualan di Instagram agar laku laris manis.

Bahasa Marketing Yang Terbukti Efektif dan Ampuh Untuk Memasarkan Bisnis

Pelanggan Akan Nyaman Jika Aman
Penggunaan kata “aman” tidak hanya sekedar kandungan bahan dan gizi saja, lebih jauh tentu akan terkait dengan legalitas, halal-haram, dampak lingkungan, privasi, dan sebagainya. Dalam memasarkan produk, penggunaan kata aman ini tentu akan berbeda-beda tergantung dengan jenis industrinya. Misalnya, dalam bisnis kuliner, tentu kalian harus menggunakan bahasa marketing seperti “bahan alami, halal, higenis, gizi tinggi, dan lain-lain”.

Beda lagi jika di industri aplikasi semacam toko online, layanan chatting, media sosial, dan sebagainya, di sini makna aman adalah data tersimpan secara rahasia, tidak ada yang bisa meretasnya. Selain itu, kalau di toko online, aman juga berarti no tipu-tipu, barang harus bener-bener sampai sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Di sini kamu dituntut untuk memutar otak menggunakan bahasa marketing yang baik agar si target paham bahwa membeli atau menggunakan layanan dari kalian itu aman. Tapi ingat ya, jangan cuman ngomong aman aja, tapi harus benar-benar aman karena nanti bisa saja menjadi senjata makan tua kalau kalian bohong.

Hebatnya Kata GRATIS dan DISKON
Jujur saja, kalian sendiri pasti juga ngiler jika melihat tawaran diskon atau gratis, iya gak? Kalau kalian saja tertarik, maka orang lain juga bisa tertarik. Hal ini memang sudah lumrah, siapa coba yang tidak mau gratisan atau di diskon?
Advertisement


Tapi sekali lagi, jangan membohongi pelanggan, kalau kalian tidak bisa memberikan gratis atau diskon, maka tak usah dipaksakan. Kalau kalian mampu memberikannya, kalian juga harus itung-itungan, jangan sampai nanti malah memberatkan keuangan dan berujung bangkrut.

Di sini yang saya maksud gratis tidak 100% gratis ya, tapi gratis bersyarat, misalnya beli 3 bonus 1, belanja minimal Rp. 400.000 dapet gratis sabun atau lainnya. Nah, pas kalian promosi, bahasa marketing berupa GRATIS dan DISKON ini sangat bisa diandalkan lho, coba deh!

Tak Kalah Hebat Adalah Kata GARANSI
Tidak dipungkiri lagi kalau kata garansi ini benar-benar bisa menarik perhatian si target. Dengan adanya kata garansi ini pula, mereka tidak akan takut untuk mencoba produk atau pelayanan dari kamu. Awalnya coba-coba, kalau mereka suka tentu di kemudian hari mereka akan datang lagi.

Sekarang coba pikirkan, kalau ada iklan bertuliskan GARANSI, apa kalian tidak tertarik? Tentu saja tertarik, bisa buat coba-coba, kalau tidak sesuai dengan yang ditawarkan ya tinggal dikembalikan lagi. Selain itu, dengan memberikan garansi berarti kamu yakin dengan kualitas yang diberikan.

Kata NEW, HOT, TOP, dll Akan Membuat Pelanggan Excited
Bagi orang trendy dan kekinian, tawaran produk baru, hot dan populer merupakan hal yang diidam-idamkan. Saya sendiri yakin akan ada banyak yang tertarik jika kalian menggunakan bahasa marketing yang satu ini, apalagi jika produk kamu itu baru dengan membawa inovasi yang menawan, dijamin produkmu akan mudah populer.

Kalau kamu membuat iklan dengan bahasa marketing seperti ini, dampak yang paling nyata adalah para si pelanggan akan merasa penasaran, kalian tau sendiri bagaimana rasa penasaran itu, dan kesempatan untuk mencobanya bagi pelanggan akan cukup tinggi. Tapi ingat, pastikan produk kamu itu memang baru, kalau cuman omong kosong nanti bisa jadi bumerang untukmu.

Dengan Apa Kamu Akan Memanggil Para Pelanggan?
Ada yang suka dipanggil dengan sebutan “kamu”, ada juga lebih suka dengan “Anda”. Yang suka dipanggil “kamu” ini biasanya anak-anak yang masih remaja hingga umur 20an, kalau sudah dewasa lebih suka dipanggil “Anda”, sesuaikan saja dengan target pelanggan kamu. Ini bahasa marketing kalau dalam bentuk tulisan dan video lho ya, kalau marketing dengan berbicara langsung dua kata tersebut kurang enak dipakai.

Kalau marketingnya dilakukan secara langsung, paling enak ya menggunakan istilah mas, mbak, ibu, atau bapak, ini menurutku yang paling sesuai karena kalau pake kamu atau anda kok rasanya ada yang aneh gitu. Yang perlu diingat, kata ”Anda” ini sangat formal sedangkan “kamu” terkesan lebih santai, tinggal kalian pilih yang paling cucok aja dengan si target.

Selanjutnya: Cara jitu promosi secara online.
----
Nah, itulah beberapa bahasa marketing yang terbukti efektif dan ampuh untuk memasarkan bisnis, silahkan dicoba! Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu kelancaran bisnis kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon