Peluang Bisnis Yang Cocok Untuk Para Pensiunan

Advertisement
Peluang Bisnis Yang Cocok Untuk Para Pensiunan – Memasuki masa pensiun memang menjadi ketakutan tersendiri jika dari jauh-jauh hari tidak dipersiapkan dengan baik, apalagi jika tabungan pensiun dirasa tidak mencukupi, ditambah anak-anak kurang bisa menghidupi, duh rasanya kok mengkhawatirkan banget. Jangan salah, kondisi seperti itu banyak terjadi lho, khususnya para pensiunan yang hidup di pedesaan.

Tapi jangan khawatir jika bapak/ibu adalah salah satu dari mereka, anda bisa merintis bisnis mulai saat ini juga, karena kondisi apapun bisa diperbaiki jika anda bersungguh-sungguh. Tapi kalau boleh memilih, tentu lebih memilih merintis usaha sebelum masuk masa pensiun daripada sudah memasukinya, karena akan lebih mudah dan tidak dihantui rasa khawatir yang begitu besar.

Namun apapun kondisi bapak/ibu saat ini, jangan terlalu dirisaukan karena kini yang jadi masalah utamanya  adalah bisnis apa yang akan dijalankan? Kalau bisnis yang akan dijalankan memiliki peluang dan potensi yang baik, maka kemungkinan juga akan memberikan hasil yang baik pula selama dikelola dengan baik.

Nah, berkaitan dengan peluang bisnis apa yang akan dijalankan, saya sudah memikirkan beberapa bisnis yang cocok untuk para pensiunan seperti anda, berikut list dan ulasannya:

Sebelumnya, baca juga: 7 peluang bisnis yang tidak akan ada matinya.

Peluang Bisnis Yang Cocok Untuk Para Pensiunan

Bisnis Pertanian, Ternak, dan Perikanan
Ini sangat cocok untuk para pensiunan di pedesaan yang memiliki lahan, walaupun untuk pensiunan yang ada di perkotaan juga bisa dijalankan namun untuk lahannya sebaiknya mencari bukan di tengah kota. Kalau anda punya lahan warisan, maka modalnya bisa ditekan, jika tidak punya bisa diakali dengan menyewa terlebih dahulu, atau langsung dibeli juga tak masalah kalau anda punya banyak modal, ini sekalian bisa untuk investasi.

Nah, seperti yang anda ketahui juga bahwa bisnis di bidang pertanian, ternak, dan perikanan ini sangat kebal akan kondisi ekonomi global, jadi resikonya tidak terlalu besar. Hanya saja, yang perlu anda waspadai adalah masalah iklim yang sering tidak menentu karena masalah iklim dan cuaca sangat berpengaruh pada bisnis di bidang ini.

Untuk peluangnya sangat besar, ambil contoh ternak sapi atau kambing yang penjualannya tidak pernah sepi, apalagi pas musim qurban di mana sapi dan kambing merupakan yang favorit bagi masyarakat yang ingin berqurban.

Selain itu, di perikanan juga sangat menggeliat, ambil contoh bisnis ikan gurameh, sidat, atau gabus di mana peminatnya tidak hanya di indonesia saja, tapi sampai di ekspor ke negara-negara tetangga. Itupun petani di Indonesia masih belum bisa memenuhi permintaan, jadi di Indonesia ini masih kekurangan produksi ikan.

Bisnis Properti
Bisnis di bidang properti juga sangat menarik, pasalnya dari waktu ke waktu bisnis ini selalu memberikan harga yang tinggi, peminatnya juga tak pernah berkurang. Dalam menjalankan bisnisnya pun tidak terlalu sulit walau kalian perlu berlatih atau setidaknya paham akan kondisi bisnis properti di daerah sekitar. Untuk modal jangan kuatir, bisa diakali kok.

Bisnis properti terlihat memerlukan banyak modal, ya itu betul. Tapi tahukah anda, anda bisa memulai bisnis properti ini tanpa modal sepeserpun lho, kok bisa? Bisa saja, caranya ada tiga, yaitu jadi makelar, jadi developer rekanan, dan sewa-menyewa properti. Walaupun, ya ada biaya dikit lah, kayak biaya administrasi, transportasi, makan, dan lainnya.
Advertisement


Saya sebelumya sudah pernah membahas panjang lebar mengenai bisnis properti tanpa modal, jadi saya tidak akan membahasnya lagi di sini, silahkan anda baca artikel saya tentang bisnis properti tersebut.

Baca: Memulai bisnis properti tanpa modal.

Investasi Reksadana
Investasi dinilai memiliki risiko yang tinggi. Sebenarnya ini tidak semuanya benar, pasalnya kalau masalah risiko semua memilikinya, bisnis juga ada risikonya, seperti halnya investasi bisnis ada yang punya risiko besar ada pula yang risikonya kecil. Kalau tidak mau ada risikonya ya cukup diam dan menonton saja.

Khusus untuk investasi reksadana ini, merupakan salah satu investasi yang dikenal memiliki risiko kecil, tidak seperti saham atau yang lainnya. Selain itu, reksadana juga dikelola oleh manajer investasi yang handal, terlatih, dan profesional, anda hanya perlu menyetor dana ke Manajer Investasi (perusahaan investasi) dan menunggu dengan tenang, dana anda akan dikelola dengan baik.

Baca selengkapnya: Cara investasi reksadana.

Membuka Warung di Rumah Atau di Pasar
Jejualan kebutuhan sehari-hari salah satu bisnis yang cocok untuk para pensiunan seperti anda, mungkin potensi keuntungannya biasa-biasa saja tapi bisnis ini sangat stabil dan mampu mengalirkan kas secara teratur. Jika anda punya ruang kosong di rumah, maka bisa membuka warung di situ, atau kalau tidak ya di pasar yang potensi keuntungannya bisa lebih besar.

Tapi yang perlu diingat ketika anda membuka warung/toko di depan rumah, pastikan bahwa tidak ada pesaing, kalaupun ada pastikan warung anda memberikan barang atau harga lebih baik dari pesaing tersebut. Kalau anda sampai kalah dalam menyediakan barang atau harga lebih mahal, bisa dipastikan warung anda tersebut akan sepi. Kebiasaan masyarakat kalau di desa memang begitu, sangat sensitif dengan kualitas barang dan juga harga.

Bisnis Yang Sesuai Dengan Hobi dan Keahlian
Ini mungkin yang paling cocok untuk anda, kalau berbisnis sesuai dengan hobi atau keahlian pasti akan membuahkan hasil maksimal karena anda suka ketika melakukannya. Di sini anda musti pintar-pintar meng-uang-kan hobi atau keahlian yang anda miliki tersebut.

Kalau anda hobi mancing, buatlah sesuatu berkaitan dengan kegiatan mancing tersebut, anda pasti paham apa yang dibutuhkan seorang pemancing.
----
Oke ya, itulah ulasan dari saya mengenai peluang bisnis yang cocok untuk para pensiunan. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membuka inspirasi bagi bapak/ibu sekalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya pak/buk, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon