Pentingnya Karyawan Wanita di Perusahaan Kalian, Buruan Cari!

Advertisement
Pentingnya Karyawan Wanita di Perusahaan Kalian, Buruan Cari! – Seperti yang para lelaki katakan (kebetulan saya juga laki-laki nih, hehe) bahwa wanita itu adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling indah, apalagi kalau wanita itu merupakan wanita yang cerdas, lembut namun berkarakter kuat. Dalam dunia bisnis, menurut penelitian para ahli ternyata karyawan bergender wanita ini juga sangat positif keberadaannya.

Masalah gender ini memang selalu menjadi isu untuk berbagai sektor di dunia ini, di dunia bisnis sendiri belakangan ada isu di mana wanita selalu sulit untuk masuk di lingkungan kerja, apalagi untuk naik jabatan. Tapi, saat ini saya rasa jenis kelamin sudah tidak terlalu timpang lagi, buktinya sekarang banyak sekali wanita-wanita karir yang memiliki jabatan cukup strategi di berbagai perusahaan ternama.

Mungkin karena penelitian yang baru-baru ini muncul bahwa kehadiran wanita di perusahaan sangat positif dampaknya. Nah, bagi kalian para pengusaha, tidak ada salahnya untuk menerima pegawai wanita di posisi yang netral, posisi netral artinya posisi yang bisa di isi oleh pria maupun wanita.

Lalu, apa saja sih sebenarnya dampak positif dan pentingnya karyawan wanita di perusahaan itu? Berikut ulasannya:

Sebelumnya, baca juga: Tips ikut pameran bisnis untuk mempromosikan bisnis kalian.

Pentingnya Karyawan Wanita di Perusahaan Kalian, Buruan Cari!

*PERHATIAN: ULASAN INI TIDAK DIMAKSUDKAN UNTUK MEMOJOKKAN SALAH SATU PIHAK BERDASARKAN GENDER. SEGERA TINGGALKAN HALAMAN INI JIKA ANDA MERASA TERPOJOKKAN DENGAN ULASAN DI ARTIKEL INI!

Ampuhnya Sentuhan Seorang Wanita
Pada tahun 2011 kemarin, sebuah organisasi bernama Catalyst melakukan penelitian terkait keberadaan wanita di sebuah perusahaan, dan hasilnya cukup mengejutkan. Disebutkan bahwa rata-rata perusahaan yang memiliki karyawan wanita sebanding deng pria ternyata penjualan yang dicapai perusahaan terkait lebih tinggi ketimbang perusahaan yang didominasi oleh pria. Tentu ini bukan berarti keahlian pria kalah dengan wanita, hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal.

Seperti yang kalian ketahui bagi para pria, mungkin dengan kehadiran wanita yang lebih “beranekaragam” mampu menciptakan suasana yang berbeda ketimbang dengan kebanyakan pria. Dari sisi wanita sendiri, tak bisa dipungkiri bahwa wanita sering memiliki cara pandang yang berbeda, fresh, dan kedisiplinan luar biasa.

Karyawan wanita mungkin identik dengan kecantikan dan kemolekannya, namun sebenarnya tidak hanya itu saja. Di sisi lain, saya rasa wanita memiliki sentuhan magis ketika melakukan aktivitas bisnis, contohnya ketika melakukan negosiasi, presentasi bisnis, dan lain sebagainya.

Dari hasil penelitian organisasi Catalyst ini, sekiranya menjadi dasar pertimbangan untuk kalian agar tidak ragu untuk menerima karyawan wanita. Tapi, tentu saja tidak dilakukan secara berlebih, lakukan sewajarnya saja setidaknya jumlahnya kurang lebih sebanding dengan jumlah karyawan pria.
Advertisement


Terbukti, Semua Karyawan Menjadi Lebih Nyaman
Berbeda lagi dengan fakta lain yang diungkapkan oleh banyak ahli human resources bahwa perusahaan yang memiliki karyawan wanita dengan jumlah tidak terlalu timpang dengan karyawan pria, menunjukkan tingkat kenyamanan bekerja yang lebih tinggi. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya jumlah karyawan yang keluar (berhenti bekerja) dari perusahaan. Logikanya, kalau karyawan yang keluar sedikit, tentu para karyawan nyaman bekerja di perusahaan tersebut, betul tidak?

Kenyamanan ini tidak hanya akan dirasakan oleh para karyawan pria saja karena secara otomatis wanita juga akan berinteraksi dengan banyak lawan jenis, sehingga ini juga bisa membuat karyawan wanita menjadi nyaman.

Lalu sekarang pertanyaannya, apa untungnya kalau karyawan itu nyaman bekerja di perusahaan dan yang keluar rendah? Well, ada banyak tentunya manfaat dan keuntungan yang didapat oleh perusahaan. Pertama, kalau kalian nyaman mengerjakan sesuatu, kira-kira hasilnya lebih baik atau malah lebih buruk? Secara normal tentu akan lebih baik, begitu pula kinerja dari karyawan tersebut yang akan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Yang kedua, ini berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Kalau karyawan yang keluar itu rendah, tentu perusahaan tidak perlu mencari penggantinya lagi, dalam artian perusahaan akan menghemat biaya karena tidak melakukan rekrutmen. Perlu kamu tau, biaya rekrutmen itu gede juga lho, misalnya biaya memasang lowongan kerja baru, biaya wawancara, pelatihan, biaya pesangon, dan biaya-biaya lainnya.

Bisnis Semakin Mudah Berkembang
Pada tahun 2008-2010, ada sebuah penelitian juga yang dilakukan oleh McKinsey&Company. Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa perusahaan yang memiliki karyawan wanita dengan perbandingan wajar mampu memberikan tingkat pengembalian modal yang lebih besar, juga mampu memberikan penghasilan yang lebih besar pula.

Dengan tingkat pengembalian modal dan penghasilan yang lebih besar, tentu hal ini akan mempermudah perusahaan dalam mengembangkan sayap-sayap bisnisnya.

Selanjutnya: Pemasaran ala Lazada, tirulah ini!

Nah, dengan adanya penelitian-penelitian yang membuktikan bahwa wanita di perusahaan itu sangat penting dan besar dampak positifnya, apa keputusan kamu? Semoga kalian bisa mengambil keputusan secara bijak.
----
Oke ya, itulah ulasan dari saya tentang pentingnya karyawan wanita di perusahaan, semoga ulasan di atas bermanfaat. Oh iya, jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon