Pentingnya Pembukuan Akuntansi Untuk Bisnis UMKM

Advertisement
Pentingnya Pembukuan Akuntansi Untuk Bisnis UMKM – Kalau kalian cermati, di bisnis apapun sebenarnya tidak bisa lepas dari yang namanya akuntansi, bahkan untuk bisnis kecil sekalipun seperti ecer pulsa, angkringan, jual gorengan, es, dan sebagainya pasti membutuhkan ilmu akuntansi. Apa kamu tahu, ketika kalian menghitung keuntungan, sebenarnya kalian secara tidak sadar sudah menerapkan ilmu akuntansi, walau mungkin tidak rapi dan hanya kalian yang bisa memahami alur perhitungannya.

Walaupun masih dalam hal-hal yang sederhana, namun perlu diakui bahwa ilmu akuntansi memang perlu digunakan bahkan untuk bisnis kecil sekalipun. Lalu, jika memang akuntansi itu penting, bagaimana untuk pebisnis yang tidak memahami akuntansi? Well, mudah banget, nanti di bawah akan saya berikan solusinya bagi yang tidak memiliki latarbelakang akuntansi, tapi kita membahas manfaat dan pentingnya pembukuan akuntansi untuk bisnis UKM terlebih dahulu saja.

Nah, untuk manfaatnya sendiri banyak banget, bisa dikatakan kalau perkembangan bisnis kalian hampir mustahil dilakukan tanpa adanya pembukuan akuntansi, tidak percaya? Silahkan simak uraiannya berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Pentingnya karyawan wanita di perusahaan kalian, jangan abaikan ini!

Pentingnya Pembukuan Akuntansi Untuk Bisnis UMKM

Memahami Keuangan Perusahaan Dengan Baik
Dalam akuntansi, laporan keuangan terdapat 5 komponen, yaitu laporan laba-rugi, neraca atau laporan posisi keuangan, laporan arus kas, laporan perubahan modal, serta catatan atas laporan keuangan. Kelima komponen tersebut sama pentingnya, khususnya neraca, laba-rugi, dan arus kas yang sulit diketahui tanpa adanya pembukuan yang baik.

Dalam laporan laba-rugi, di sini kalian akan memahami bagaimana laba atau rugi tercipta. Lebih lanjut, kamu dapat mengetahui biaya apa yang paling besar sehingga bisa dimonitor dengan baik. Begitu pula dengan pendapatan atau penjualan apa yang paling berkontribusi, sehingga kedepannya bisa lebih dimaksimalkan.

Untuk neraca sendiri, kamu bisa melihat posisi keuangan dengan jelas yang meliputi posisi total harta yang dimiliki termasuk jumlah uang tunai atau di bank, jumlah persediaan, harta berupa kendaraan, tanah, bangunan dan sebagainya. Selain harta, kamu juga dapat melihat posisi kewajiban yang harus dibayar, termasuk kewajiban jangka panjang maupun jangka pendek. Tidak luput pula, kalian dapat memonitori posisi ekuitas/modal yang kalian miliki di perusahaan.

Sedangkan untuk laporan arus kas, kalian dapat memantau penggunaan dan pemerolehan kas selama periode tertentu. Ada tiga penggunaan dan pemerolehan kas dalam laporan ini, yaitu penggunaan dan pemerolehan kas dari aktivitas operasi, investasi, dan yang terakhir adalah aktivitas pendanaan.

Untuk laporan perubahan modal sendiri akan membantu kamu mengetahui bagaimana modal kalian di perusahaan dapat berubah, misalkan modal bertambah karena adanya laba, atau sebaliknya. Sedangkan catatan atas laporan keuangan dapat membantu kamu dalam memberikan penjelasan terkait penyusunan laporan keuangan terkait, misalkan penjelasan tentang metode yang digunakan, kebijakan-kebijakan, dan lain sebagainya.

Membantu Dalam Pengambilan Keputusan
Sadar tidak kalau kebanyakan keputusan bisnis yang kalian ambil itu didasari pada data keuangan? Bisa dibayangkan, bagaimana keakuratan keputusan yang kalian ambil tersebut jika data dan laporan keuangannya saja berantakan dan kurang bisa diandalkan. Perlu diakui bahwa dengan dengan data dan laporan keuangan yang baik, kalian akan lebih mudah dalam melakukan analisis-analisis yang diperlukan.

Dari kelima komponen laporan keuangan yang sudah saya jelaskan di atas, bisa dibilang itu hanyalah setengah dari manfaat utama laporan keuangan, setengahnya lagi bisa kalian peroleh dari data-data keuangan lainnya. Misalkan dari data penjualan, dari laporan data ini kalian dapat mengetahui produk apa yang paling laris, mengetahui siapa pelanggan paling potensial, atau sebaliknya mengetahui produk dan pelanggan yang perlu dimaksimalkan lagi.
Advertisement


Lebih jauh lagi, dari data-data keuangan yang ada, kalian bisa pula menggunakannya sebagai alat prediksi. Misalnya, dari data harga, dari sini kalian dapat mempelajari trend kenaikan atau penurunan harga penjualan maupun pembelian sehingga kedepannya kalian dapat membuat perencanaan tentang kenaikan atau penurunan yang mungkin akan terjadi.

Nah, dari sini kalian sendiri pasti sudah ada gambaran bahwa pembukuan akuntansi itu begitu penting. Dengan mengetahui data-data keuangan secara rinci, kalian dapat memutuskan sesuatu dengan lebih yakin.

Mempermudah Mendapatkan Pinjaman Dari Bank
Pinjaman dari bank merupakan salah satu pemerolehan pendanaan yang sering diterima oleh para pebisnis, tidak hanya dalam bentuk modal awal saja namun pinjaman bank ini juga bisa digunakan sebagai modal kerja/dana operasional. Nah, perlu kamu tau ya, selama kalian pinjam uang di bank untuk bisnis, kalian akan selalu dimintai laporan keuangan yang dapat mereka pahami, dalam artian tidak bisa menggunakan laporan keuangan versi kalian yang mungkin sedikit sulit dipahami.

Sama halnya dengan kalian menggunakan laporan keuangan untuk analisis, bank juga menggunakannya untuk menganalisis prospek bisnis kalian. Hanya saja, bank tidak membutuhkan data keuangan rincian seperti data penjualan terbaik, biaya terbesar, dan sebagainya, pihak bank biasanya hanya membutuhkan 5 komponen laporan keuangan yang saya sebutkan di atas.

Mudah Pula Untuk Menarik Perhatian Para Investor
Ini sama halnya ketika kalian mencari pinjaman di bank, investor pun lebih sering memerlukan laporan keuangan yang menggambarkan potensi dari bisnis kalian. Cuman, tidak selalu investor membutuhkannya, terkadang startup mampu menunjukkan potensi bisnisnya dari peluang-peluang yang ada, tidak melalui laporan keuangan.

Ini sebenarnya tergantung juga dengan besar kecilnya bisnis yang telah kalian rintis, kalau bisnisnya memang belum lama berdiri maka biasanya investor menilai dari prospek dan peluang dari bisnis tersebut. Sedangkan kalau bisnis sudah lumayan lama dan sedang membutuhkan suntikan dana untuk mengembangkan bisnis, nampaknya investor lebih condong untuk menganalisi laporan keuangannya walaupun tentu saja dengan mempertimbangkan prospek dan peluang dari bisnis itu sendiri.

Solusi Untuk Pembukuan Akuntansi
Setelah kalian membaca betapa pentingnya pembukuan akuntansi untuk bisnis UMKM di atas, saya yakin kalian sudah mulai memikirkannya juga, iya’kan? Kalau iya, jangan ragu untuk mulai melakukan pembukuan akuntansi dengan rapi dan sesuai standar agar pihak lain yang berkepentingan juga mampu memahaminya.

Iya, saya mau, tapi saya tidak bisa melakukan pembukuan akuntansi dengan baik, gimana dong? Well, jangan khawatir, solusinya sangat mudah yaitu dengan menggunakan software akuntansi yang bisa digunakan oleh siapapun juga, bahkan untuk orang yang pendidikannya bukan akuntansi. Software akuntansi ada banyak, tapi saya merekomendasikan software Zahir Accounting.

Kenapa Zahir Accounting dan bukan yang lain? Ini karena saya sendiri sudah sering sekali menggunakannya dan ternyata cara penggunaannya sangat mudah. Software ini merupakan software yang terbukti terbaik untuk UKM, sudah digunakan oleh lebih 60.000 klien di indonesia. Info lengkap: zahiraccounting.com.

Selanjutnya: Ingin sukses? Tirulah sikap nabi Muhammad dalam berbisnis ini!
----
Oke ya, itulah sedikit ulasan dari saya tentang betapa pentingnya pembukuan akuntansi untuk bisnis UMKM. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu kalian dalam mengembangkan bisnis. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon