HOT Banget

Thursday 23 March 2017

Waralaba MELIA Laundry: Jasa Pencucian Terbaik Di Indonesia

Advertisement
.
Waralaba MELIA Laundry: Jasa Pencucian Terbaik Di Indonesia - Usaha laundry merupakan salah satu jenis usaha yang berkembang dengan pesat. Perubahan gaya hidup masyarakat, yang memiliki segudang aktivitas, membutuhkan kemudahan dalam mencuci pakaian. Laundry tidak hanya dibutuhkan oleh para ibu, melainkan juga oleh anak-anak mahasiswa dan karyawan. Hal ini dilihat sebagai sebuah peluang bisnis oleh MELIA Laundry, yang kemudian merintis usahanya di 9 Maret tahun 1996.

Bisnis laundry merupakan bisnis jasa yang mengandalkan rasa percaya. Bagaimana konsumen mempercayakan pakaiannya untuk Anda cuci . Untuk itu pelayanan terhadap konsumen merupakan poin penting yang tidak bisa diganggu gugat. Banyak bisnis laundry yang akhirnya gulung tikar, karena pelayanan pada konsumennya kurang bagus, misalnya ada pakaian yang rusak atau hilang. Jika konsumen sudah merasa dirugikan, tidak mungkin ia datang lagi.

Sebelumnya, baca juga: Waralaba Klenger Burger, franchise kuliner yang menjanjikan.

Sejarah MELIA Laundry
Awalnya Fen adalah seorang karyawan pabrik Semen Gresik. Ia meninggalkan zona nyamannya sebagai karyawan, dan melirik dunia bisnis. Bisnis yang dipilihnya adalah laundry. Pilihannya ini karena mengamati lingkungan tempat tinggalnya di Yogyakarta. Dengan bermodalkan uang hasil penjualan rumahnya yang ada di Jakarta, Fen memulai suksesnya dengan mendirikan Melia Laundry & Dry Cleaning pada tanggal 9 Maret 1996 di kota Yogyakarta.

Waralaba MELIA Laundry: Jasa Pencucian Terbaik Di Indonesia

Menempati lokasi usaha yang saat itu sangat sederhana, Fen sengaja memilih “Melia” sebagai brand bisnisnya karena kata tersebut memiliki arti mengalir. Harapan Fen kelak bisnisnya dapat mengalir tanpa hambatan apapun seperti halnya arti dari kata Melia yang dipilihnya.

Namun, tidak mudah untuk mendapatkan pelanggan. Tiga bulan pertama, tak satupun pelanggan yang datang ke MELIA Laundry. Fen berusaha keras, menjelaskan tentang jasa laundry, pada masyarakat. Ia membuka counter di depan suparmarket Hero, biar lebih mudah menjangkau konsumen. Perlahan, masyarakat mulai melirik laundry-nya, dan mulai menggunakan jasa MELIA Laundry.

Banyaknya bisnis laundry yang bermunculan, tidak membuat Fen khawatir. Ia berusaha memberikan pelayanan yang eksklusif bagi setiap konsumennya, dengan membangun loyalitas konsumennya dan memberikan pelayanan terbaik bagi mereka. Setelah permintaan pasar semakin tinggi, Fen memperluas pasar dengan membuka kemitraan atau franchise, setelah 8 tahun melewati pasang surut usahanya.

Keunggulan MELIA Laundry
Apa yang membedakan MELIA Laundry dibanding jasa laundry lainnya? Sebagai calon pewaralaba, Anda harus mengetahui keunggulan MELIA Laundry, diantaranya adalah:
  • Layanan 1 machine 1 customer, sehingga pakaian customer tidak tercampur dengan pakaian customer lainnya.
  • Sistem waralaba dengan manajemen yang telah teruji sejak 1996
  • Tidak menggunakan matahari sebagai alat pengeringan, melainkan mesin pengering dengan kapasitas besar.
  • Sistem IT untuk proses transaksi dan pelaporan ke kantor pusat.
  • Chemical Laundry yang digunakan berkualitas premium, dan ramah lingkungan.
  • Standarisasi pengecekan pakaian untuk antisipasi pakaian rusak, tertukar atau hilang.
  • Pakaian bisa diantar-jemput oleh petugas laundry.
Cara Bergabung Sebagai Patner MELIA Laundry
Sebagai sebuah bisnis yang di-waralaba-kan, MELIA Laundry juga memiliki beberapa ketentuan bagi calon pewaralaba. Diantaranya adalah calon pewaralaba mempunyai ketertarikan terhadap bisnis laundry sehingga memiliki semangat untuk berwirausaha, tidak gampang menyerah, mau meluangkan waktu untuk mengembangkan laundry, bersedia menjalankan bisnis MELIA Laundry sesuai dengan Standart Operating Prosedur (SOP) serta mau melaksanakan kewajiban terhadap brand MELIA Laundry sesuai dengan perjanjian waralaba.
Advertisement


Selain itu calon pewaralaba memiliki kemampuan financial sesuai dengan jenis investasi yang dipilih. Ada syarat yang lebih spesifik untuk masing-masing investasi. Calon pewaralaba cukup mengisi form  permohonan waralaba yang terdapat pada website resminya: http://melialaundry.com/register-franchise/

Investasi Yang Diperlukan
Ada beberapa pilihan paket investasi yang bisa Anda pilih. Diantaranya adalah:
- Paket Workshop
Syaratnya memiliki lokasi dengan luas bangunan minimal 150 m2, dan memiliki kapasitas parkir minimal 2 mobil. Mempunyai daya listrik minimal 10.000 watt, dan berlokasi di jalan utama dan strategis. Jangka waktu kerjasama adalah selama 5 tahun, dengan royalti fee sebesar 8%. Untuk mengetahui besaran investasi dan franchise fee-nya, Anda bisa menghubungi hotline 0878 3999 9050 atau MELIA Laundry 0274-7433100. Paket Workshop mendapatkan hak penggunaan nama merek Melia Laundry Drycleaning, Pinjaman 1 Set Manual Standart Operational Prosedure Produksi dan Counter, pelatihan Karyawan, pendampingan usaha, advertising kolektif, serta produk chemical.

- Paket Counter
Syaratnya memiliki lokasi dengan luas bangunan minimal 12 m2, yang bisa parkir minimal 1 mobil. Berlokasi di tempat strategis, dan memiliki kapasitas listrik minimal 450 watt, dan line telepon. Jangka waktu kerjasamanya 3 Tahun, dan perkiraan investasi sebesar 5 juta rupiah. Perkiraan balik modal dalam waktu 1 tahun, dengan sharing fee sebesar 30%. Selain itu ada juga paket MELIA Laundry Hotel, dengan masa kerjasama selama 8 tahun. Tetapi yang ini biasanya pihak hotel sendiri yang mengambil. Masyarakat umum biasanya hanya memilih dua alternatif investasi di atas. Apakah paket workshop atau paket counter.

Prospek MELIA Laundry ke Depan
MELIA Laundry mempunyai prospek ke depan yang sangat bagus. Perkembangan dunia fashion yang sangat cepat, serta perilaku masyarakat yang ingin serba praktis, sangat membutuhkan jasa laundry. Tidak hanya golongan masyarakat menengah ke atas, yang dituntut untuk berpakaian rapi. Masyarakat golongan menengah ke bawah pun mulai menyadari akan kebutuhan untuk tampil rapi dan wangi.

Selain itu, banyaknya pusat keramaian seperti pertokoan, perumahan, perkantoran dan kampus perkuliahan merupakan pasar yang potensial bagi jasa laundry. Mereka yang memiliki segudang aktivitas, hingga tidak mempunyai banyak waktu untuk mencuci pakaian. Oleh karena itu, Anda yang ingin berbisnis, bisa memilih waralaba MELIA Laundry.

Selanjutnya: Ancaman bisnis laundry, wajib kalian ketahui.
----
Referensi:
http://www.laundryonkilos.co.id/
http://kisahsukses818.blogspot.co.id/2013/02/melia-laundry.html
http://melialaundry.com

Itulah sedikit informasi tentang waralaba MELIA Laundry sebagai salah satu perusahaan jasa pencucian terbaik di indonesia. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah semangat kalian untuk berwirausaha. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.