10 Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia tahun 2017

Advertisement
10 Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia tahun 2017 - Seiring dengan pesatnya pertumbuhan penduduk di Indonesia, perkembangan dunia bisnis pun mengalami kemajuan yang signifikan. Hal ini bisa dilihat dari munculnya berbagai ide bisnis kreatif  sehingga  membuat persaingan di antara kalangan pelaku bisnis semakin ketat. Diperlukan usaha maksimal dan  strategi pemasaran yang unik agar sebuah bisnis dapat diminati dan berhasil.  

Semua orang tentu ingin mencapai kesuksesan dalam hidupnya terutama dalam bidang bisnis, namun bagaimana memulainya? Mark Zuckerberg, CEO Facebook yang telah berhasil menjalankan kerajaan bisnis di usia mudanya pernah berkata  "Saya pikir aturan sederhana dalam bisnis adalah melakukan hal yang paling sederhana terlebih dahulu. Setelah itu barulah kau bisa melakukan banyak kemajuan."

Pendidikan merupakan hal paling mendasar dan sederhana yang dimiliki setiap orang. Untuk dapat memiliki skill dan kompetensi yang diperlukan dalam mencapai kesuksesan, kita harus menempuh jalur pendidikan yang tepat. Sekolah bisnis saat ini sedang marak berkembang di Indonesia, berikut adalah rangkuman dari sekolah sekolah bisnis terbaik yang ada di Indonesia:

Sebelumnya, baca juga: Pengertian dan jenis-jenis surat izin usaha.

10 Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia tahun 2017

1. Universitas Telkom
Meski belum banyak yang mengenalnya, namun Universitas Telkom telah memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis  sejak tahun 1990. Pada awal mula berdiri, FEB masih bernama Master in Business Administrassion (MBA) dan merupakan program MBA pertama yang ada di Provinsi Jawa Barat. MBA menerapkan sistem pendidikan yang ada di AIM (Asian Institute of Management Philipines) atau yang lebih dikenal dengan Harvard Business School Asia. Saat ini FEB memiliki tiga program studi yaitu S1 Akuntansi dengan akreditasi B, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dengan akreditas A, S1 Manajemen Kelas Internasional dan 1 prodi S2 Magister Manajemen dengan akreditasi A.

2. Universitas Prasetya Mulya
Didirikan oleh 70 pengusaha nasional, sekolah bisnis yang terkenal dengan nama Prasmul ini memang sudah tidak asing lagi terdengar oleh warga Jakarta, khususnya bagi para pecinta bisnis tanah air. Universitas yang memiliki arti “janji mulya” ini didirikan pada 6 September 1982. Terdapat 5 program studi di jenjang sarjana yaitu Manajemen Bisnis, Manajemen Marketing, Manajemen Finansial, Akuntansi, Manajemen Event, dan 9 program studi baru yaitu Teknik Software, Teknik Komputer, Teknik Energi, Matematika Bisnis, Bisnis Pariwisata, dan Bisnis Ekonomi.
Selain itu, ada 3 program studi pasca sarjana yang bisa Anda ambil yaitu MM reguler, Eksekutif Manajemen Bisnis, dan Manajemen Strategik.

3. Universitas Trilogi
Universitas yang berdiri pada tahun 1988 ini merupakan sekolah bisnis terbaik ke-7 di Indonesia. Berada di bawah Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia Jakarta (YPPIJ), universitas ini merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan dan Perbankan Indonesia (STIEKPI). Program studi yang ada di Universitas Trilogi adalah Manajemen Reguler, Studi Telematika, Akuntansi Reguler, Akuntansi Ekstensi, Manajemen Ekstensi, Bio Industri, Industri Kreatif, dan Magister Manajemen.

4. Universitas Ciputra
Sekolah yang didirikan oleh pemilik kerajaan bisnis Ciputra ini bertujuan untuk menciptakan pengusaha nasional yang dapat bersaing dalam dunia bisnis di taraf global. Bertempat di Surabaya, kampus ini memiliki beberapa program studi diantaranya Bisnis Desain Fashion, Bisnis Kuliner, Sistem Informasi Bisnis, dan Bisnis Pariwisata sehingga lulusan universitas yang berada pada urutan ke-5 sekolah bisnis terbaik di Indonesia ini diharapkan dapat menjadi seorang entrepreneur yang ahli dalam bidangnya masing – masing.
Advertisement


5. Binus Business School
Walaupun terkenal di bidang IT, namun Binus ternyata juga memiliki berbagai program studi andalan di bidang bisnis. Terletak di Jakarta, kampus yang berada pada urutan keempat sekolah bisnis terbaik di Indonesia ini memiliki berbagai program Magister yang bergengsi yaitu MM Manajemen Bisnis, MM Eksekutif, MM Strateji Marketing, dan masih banyak lagi yang sayang untuk Anda lewatkan.

6. Young Entrepeneur Academy Indonesia (YEA)
Dengan metode kurikulum 30% teori dan 70% praktik langsung, sekolah bisnis yang terletak di Bandung ini berhasil menarik minat anak muda yang tertarik dunia bisnis untuk belajar di sini. Survey membuktikan bahwa 90% lulusan YEA berhasil menjadi entrepenur muda yang memiliki bisnis yang sukses. Sebagai satu-satunya akademi entrepreneur di Indonesia, YEA bukanlah sebuah lembaga pendidikan formal yang memberikan gelar melainkan adalah sebuah lembaga pendidikan non formal yang bertujuan menciptakan entrepeneur muda sukses, tangguh, dan mandiri.
Sekolah yang dikepalai oleh Kukuh Indra Prasena sebagai Direktur ini menjadi proyek percontohan pengembangan kewirausahaan dan rujukan bagi beberapa universitas terkemuka di Indonesia.

7. Bong Chandra School of Billionares
Sama seperti Yong Entrepeneur Academy Indonesia, Bong Chandra School of Billionaires merupakan lembaga pendidikan non formal yang berlangsung selama kurang lebih 6 bulan. Selain bisnis dan manajemen, siswa juga akan diajarkan mengenai public speaking dan leadership yang terangkum dalam 7 kurikulum berbeda dan tidak dimiliki sekolah bisnis lainnya.
Sekolah ini didirikan oleh Bong Chandra, seorang entrepenur di bidang property yang sukses menjadi milyarder pada umur 24 tahun dan juga merupakan seorang motivator yang sudah menerbitkan berbagi buku best seller.

8. Universitas Gadjah Mada
Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, UGM menghadirkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang memiliki 3 departemen yaitu Akuntansi, Ekonomi, dan Manajemen dengan berbagai prodi mulai dari jenjang sarjana hingga doktoral. Fakultas yang didirikan pada tahun 1955 ini terletak di Jogjakarta.

9. Universitas Indonesia
Berlokasi di Depok, Jawa Barat, Universitas Indonesia memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang baru saja mendapat peringkat ke-39 dari 150 sekolah bisnis terbaik di Asia oleh  The Eduniversal Best Business School Ranking. Sebagai salah satu FEB yang memiliki program studi Ekonomi Syariah di Indonesia, FEB UI juga digadang memiliki program magister manajemen dengan kurikulum terlengkap di Indonesia.

10. Sekolah Bisnis Manajemen ITB
SBM ITB tentu sudah dikenal orang sebagai salah satu sekolah bisnis terbaik di Indonesia. Keunggulan sekolah bisnis yang satu ini terletak pada jaringan koneksinya yang tersebar luas sehingga para mahasiswa dapat melakukan berbagai pembelajan langsung ke berbagai perusahaan dan bisnis terkemuka baik dari dalam maupun luar negeri. Selain itu, mahasiswa SBM ITB juga terkenal memenangkan berbagai kompetisi bisnis bergengsi, salah satunya adalah L’Oreal Brandstorm International.

Selanjutnya: Waralaba Bakmi GILA, bisnis mie yang makin merajalela.
----
Demikianlah sepuluh daftar sekolah bisnis terbaik yang ada di Indonesia. Semoga dengan makin banyak didirikannya sekolah bisnis di Indonesia, makin banyak pula bermunculan generasi muda di Indonesia yang menjadi entrepeneur sukses hingga di kancah internasional.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon