Cara dan Syarat Sewa Tempat di Depan Indomaret dan Alfamart untuk Berdagang

Advertisement
Cara dan Syarat Sewa Tempat di Depan Indomaret dan Alfamart untuk Berdagang - Saat ini dunia kewirausahaan di Indonesia sedang berkembang dengan pesat. Makin banyak orang yang beralih profesi menjadi seorang enterpreneur. Ada yang memang berniat dari awal untuk mendirikan usaha sendiri namun tak sedikit pula yang rela meninggalkan bangku perkantoran agar fokus mengurus bisnisnya.

Menjadi enterpreneur memang tidak sepenuhnya menjanjikan, banyak pengusaha yang mengalami kebangkrutan dan akhirnya segala modal usaha yang telah dikeluarkan ludes dengan sia – sia. Profesi yang satu ini memang mengandung risiko yang besar, namun juga peluang yang dihadirkan tak kalah besar. Jatuh bangun sebuah usaha sudah menjadi hal yang wajar bagi seorang enterpreneur.

Tentu bukan hal yang mudah dalam mendirikan sebuah usaha, dibutuhkan modal yang cukup besar. Bukan hanya untuk biaya produksi, melainkan juga untuk kebutuhan lainnya seperti tempat, operasional, marketing, dan untuk menggaji karyawan. Bagi yang memiliki modal tak terlalu besar, biasanya seorang enterpreneur lebih memilih untuk menerapkan sistem join atau kerjasama dalam usahanya. Ada pula yang memilih untuk melakukan peminjaman atau penyewaan untuk meminimalisasi pengeluaran. Salah satu contohnya adalah sewa tempat. Salah satu hal yang dipertimbangkan dalam menyewa sebuah tempat adalah keterjangkauan lokasi. Tempat yang akan kita sewa haruslah strategis agar dapat menarik banyak pengunjung.

Salah satu lokasi strategis yang biasa dijadikan tempat usaha adalah depan gerai minimarket yang saat ini sudah banyak menjamur atau biasa dikenal dengan sebutan sewa teras (tenant). Salah satu alasan kenapa memilih lokasi tersebut adalah karena perusahaan waralaba minimarket yang bersangkutan pasti sudah melakukan survei lokasi terlebih dahulu saat memutuskan membuka cabang di lokasi tersebut sehingga sudah dapat dipastikan lokasi yang akan kita pakai berpeluang besar ramai pengunjung dan pastinya berada di tempat yang strategis. Contoh dari minimarket yang cukup terkenal adalah Indomaret dan AlfaMart. Kedua perusahaan retail ini memang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Kita dapat menemukan tokonya di berbagai lokasi, mulai dari daerah perkotaan hingga pedesaan sekalipun.

Sebelumnya, baca juga: Cara mendapatkan sertifikat halal dari MUI.
Cara dan Syarat Sewa Tempat di Depan Indomaret dan Alfamart untuk Berdagang
via www.maschun.com
Keunggulan Sewa Tempat di Depan Indomaret dan Alfamart
Harga sewanya lebih murah, umumnya sekitar 200 ribu hingga 500 ribu tergantung daerahnya.
Seperti yang saya singgung di atas, sewa tempat di depan indomaret dan alfamart jelas memiliki tingkat keramaian konsumen yang tinggi. Dengan begitu, potensi penjualan dari lapak kamu juga akan tinggi.

Tidak akan kena gusur. Ketika kamu menyewa tempat di depan indomaret dan alfamart untuk berbisnis/berdagang, maka izin pemakaian tempat usaha kamu sudah ikut izin di mana indomaret dan alfamart tersebut berdiri, jadi pihak lain tidak akan berani menggusur lapak kamu selama izin dari indomaret maupun alfamart tersebut baik-baik saja. Tidak seperti pedagang di pinggir-pinggir jalan yang sewaktu-waktu bisa digusur oleh satpol pp meskipun sudah sewa di depan rumah orang lain misalnya.

Persyaratan Sewa Tempat di Depan Indomaret dan Alfamart  
Untuk dapat membuka usaha atau sewa teras di minimarket, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah persyaratan dan prosedur yang diterapkan pada AlfaMart dan Indomaret:

A. AlfaMart
Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi jika ingin menyewa teras di salah satu perusahaan retail yang memiliki warna brand merah ini, yaitu:
  • Sewa teras bisa dilakukan jika sebuah usaha yang dimiliki tidak menjual barang yang sama dengan yang dijual di AlfaMart. 
  • Jam buka usaha pun harus mengikuti jam buka AlfaMart 
  • Gerobak usaha yang dijalankan harus berukuran 1.5m x 1m.
  • Maksimal luas area dagang adalah 2x3 m2
  • Ada beberapa jenis usaha yang tidak diperbolehkan yaitu jualan pulsa, service HP, dan cetak foto
  • Jika Anda ingin mendirikan usaha kuliner maka hanya sistem take away yang diperbolehkan. Anda tidak diizinkan melayani konsumen yang ingin makan di tempat. Hal ini dikarenakan dapat memunculkan space yang lebih besar dan akan mengganggu pengunjung lain, khususnya pengunjung AlfaMart yang bersangkutan.
Untuk prosedurnya sendiri, Anda bisa langsung menghubungi pihak marketing dari masing-masing branch AlfaMart yang ada di kota tempat Anda mendirikan usaha. Buatlah perjanjian dan jangan lupa untuk menyiapkan fotokopi KTP dan materai 6000 rupiah untuk keperluan pembuatan surat perjanjian. Harga yang ditawarkan bisa jadi berbeda pada setiap lokasi. Hal ini bergantung pada seberapa strategis lokasi tersebut.
Advertisement


B. Indomaret
Sebenarnya persyaratan dan prosedur sewa teras di Indomaret tidaklah jauh berbeda dengan AlfaMart namun untuk segala informasi mengenai sewa teras di Indomaret dapat Anda peroleh di website resmi Indomaret yaitu www.indomaret.co.id. Anda dapat mengunduh formulir penyewaan teras seperti yang tertera di bawah ini.

Anda juga dapat mencari info nomor kontak narahubung sewa teras di website tersebut. Narahubung yang disediakan Indomaret di setiap kota berjumlah lebih dari satu sehingga dapat memudahkan Anda dalam berkomunikasi.

Cara Sewa Tempat di Depan Indomaret dan Alfamart
Prosedur dan caranya secara garis besar sama antara indomaret dan alfamart. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menjangkau website tersebut maka Anda bisa langsung mendatangi Indomaret atau AlfaMart yang Anda ingin ajak kerjasama lalu mintalah formulir sewa teras kepada kasir yang ada. Isilah formulir tersebut dan kembalikan kepada kasir. Jangan lupa untuk mengisi lengkap keterangan usaha Anda dengan jelas dan mencantumkan foto gerobak usaha Anda. Biasanya pihak Alfamart atau Indomaret akan menghubungi Anda dalam waktu 3x24 jam untuk melakukan verifikasi.

Kebanyakan usaha yang didirikan adalah waralaba atau franchise seperti produk minuman, kebab, dan lainnya. Hal ini dikarenakan sistem usaha franchise lebih minim risiko karena sudah memiliki branding yang cukup kuat di kalangan konsumen. Selain itu, strategi pemasaran dan produksi sudah ditentukan oleh induk waralaba sehingga kita tinggal menjalankan usaha saja tapi banyak juga para pemilik usaha yang merintis usahanya sendiri dari awal, seperti minuman jus buah, gorengan, dan cemilan yang saat ini sedang cukup digemari oleh masyarakat.

Jenis Usaha Yang Paling Tepat
Menurut pemantauan saya, jenis usaha yang paling tepat untuk dijual di depan indomaret dan alfamart adalah produk makanan. Ya, produk makanan dan minuman memang mendominasi deretan tenant yang ada di Indomaret dan AlfaMart. Setiap pengunjung minimarket tersebut yang sudah selesai berbelanja pasti tergiur membeli produk jajanan tersebut, apalagi jika Anda adalah orang tua yang sedang membawa si kecil turut serta berbelanja. Jangan heran kalau anak Anda tergoda berbagai produk usaha tenant yang menggiurkan tersebut.

Apapun jenis dagangan Anda, yang terpenting adalah seberapa besar usaha yang Anda lakukan. Strategi marketing yang kuat harus Anda ciptakan agar usaha Anda memiliki nilai tambah yang menjadikannya berbeda dari usaha lain yang sejenis. Jangan lupa untuk memberikan penawaran dalam bentuk promosi agar menarik pengunjung untuk dapat ke tenant Anda.

Selanjutnya: 10 sekolah bisnis terbaik di Indonesia.
----
Oke ya, itulah ulasan tentang cara dan syarat sewa tempat di depan indomaret dan alfamart untuk berdagang. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu kamu untuk menemukan lokasi lapak yang terbaik. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya guys, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon