Rahasia Sukses Orang Jepang Yang Patut Kita Tiru

Advertisement
Rahasia Sukses Orang Jepang Yang Patut Kita Tiru – Jepang adalah salah satu negara paling maju di dunia, dengan tingkat kesejahteraan rakyat yang tinggi. Hal ini terbukti dengan rendahnya tingkat kemiskinan dan pengangguran di negara yang terkenal dengan teknologinya tersebut. Sejak jaman perang dulu, jepang memang sudah menjadi negara adidaya hingga saat ini.

Keberhasilan negara jepang ini tak lepas dari peran masyarak di dalamnya. Dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak, jepang mampu melampaui kemajuan negara-negara yang memiliki jumlah penduduk lebih banyak. Selain itu, jepang juga tak kaya akan sumber daya alam, tapi mampu melampaui negara yang memiliki sumber daya alam lebih banyak.

Lalu kenapa jepang bisa menjadi negara kaya dan semaju itu? Padahal penduduk dan sumber daya alamnya tak sebanyak negara lain. Well, jepang membuktikan bahwa kuantitas bukanlah segalanya, mereka lebih fokus memaksimalkan kualitas yang dimilikinya. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan potensi penduduk. Ya, jepang adalah negara dengan kualitas penduduk yang sangat tinggi. Hal inilah yang menjadikan negara jepang tangguh, maju dan kaya raya.

Pertanyaan selanjutnya, kenapa penduduk jepang bisa memiliki kualitas yang tinggi? Apa rahasia sukses orang jepang tersebut? Nah, hal inilah yang akan saya bahas dengan kalian, bagi kalian yang penasaran, bisa simak bahasan di bawah ini:

Sebelumnya, baca juga: Alasan kenapa bisnis orang Tionghoa selalu sukses.

Rahasia Sukses Orang Jepang Yang Patut Kita Tiru
Orang Jepang Gemar Bekerja Keras
Ada semacam kebiasaan buruk yang hampir selalu dilakukan oleh masyarakat jepang, yaitu bekerja terlalu lama. Yap, menjadi rahasia umum bahwa orang-orang jepang ini sering bekerja lebih dari 8 jam kerja, menurut info bahkan ada banyak pekerja yang sampai kehilangan nyawa karena terlalu lama bekerja. Seperti tak ada rasa lelah, mereka selalu bekerja keras untuk mencapai hasil yang maksimal.

Tapi saya kira masyarakat jepang mulai lebih menyadari akan bahaya bekerja terlalu lama seperti itu, sehingga mereka mulai mengatur waktu dengan lebih baik. Misalnya, dengan tidak membuang-buang waktu kerjanya. Kalau kita bandingkan dengan pekerja di indonesia, nampaknya indonesia masih kalah jauh karena saya lihat masih banyak yang tidak memanfaatkan waktu kerja dengan baik, sering kali waktu terbuang untuk bermain-main dengan gadget yang dimilikinya, melamun, atau bahkan ditinggal ngobrol dengan teman kerjanya.

Pemborosan waktu seperti itu tidak akan kalian temui di negara jepang, mereka benar-benar memanfaatkan waktu kerja dengan baik, tahu kapan bermain dan kapan untuk bekerja demi mencapai prestasi yang bisa mereka banggakan.

Memiliki Budaya Malu Yang Sangat Tinggi
Apakah kalian pernah dengar istilah Harakiri? Harakiri adalah tradisi orang jepang jaman dulu untuk bunuh diri dengan menyobek perut karena gagal dalam menjalankan tugas, atau karena melakukan kesalahan yang memalukan. Budaya tersebut selalu dilakukan oleh masyarakat jepang karena rasa malu tidak bisa menjalankan tugas dan aib yang dimilikinya, maka mereka lebih memilih untuk melakukan Harakiri.
Advertisement


Budaya malu yang dimiliki oleh orang jepang tersebut, bahkan sampai saat ini masih ada walaupun tidak dilakukan dengan Harakiri. Di jaman modern seperti saat ini, masyarakat jepang biasa mengundurkan diri ketika gagal melakukan pekerjaan di kantornya, bahkan akan sangat merasa terhina jika lalai dalam melakukan pekerjaan. Sehingga, apapun yang terjadi mereka akan selalu giat bekerja untuk mencapai maksud dari pekerjaannya tersebut.

Kalian sendiri tentu juga sering dengar, bahwa banyak pejabat di negeri matahari terbit ini yang mengundurkan diri karena di duga melakukan korupsi. Ya, hanya di duga saja mereka sudah merasa memalukan dan lebih memilih mengundurkan diri dan menganggap dirinya tak pantas lagi bekerja di instansi terkait.

Nah, budaya malu seperti ini sangat penting untuk kalian miliki, dengan begitu kamu akan termotivasi untuk meraih kesuksesan seperti yang orang jepang raih.

Mandiri Sejak Kecil
Di negara jepang, kemandirian adalah suatu keharusan bagi anak yang sudah lulus SMA ke atas. Hal ini salah satu wujud budaya malu mereka, mereka akan malu ketika tidak bisa hidup secara mandiri setelah lulus SMA. Tentu kemandirian ini tidak secara mendadak dilakukan, tapi memang sistem belajar mengajar di jepang dibuat agar siswa-siswinya belajar untuk mandiri sejak dini.

Di tingkat TK (taman kanak-kanak) para siswa diajari untuk mandiri dengan cara disuruh membawa tas sendiri, peralatan bermain sendiri, dan bebas dari pantauan orang tua. Di tingkat SD hingga SMA, para siswa bahkan disuruh bersih-bersih area sekolah, mulai dari toilet hingga semua area, jadi jangan harap ada tukang kebersihan di sana.

Dengan adanya didikan semacam itu, jelas akan menciptakan orang yang tangguh kedepannya. Hal ini nampak jelas dari kegigihan orang-orang jepang meraih kesuksesan.

Memiliki Loyalitas dan Totalitas Yang Tinggi
Bercermin dari sejarah jepang yaitu para pejuang samurai, orang jepang hingga kini terkenal dengan totalitas dan loyalitasnya yang begitu tinggi. Dulu, para samurai tersebut, sangat berbakti dan menghormati tuannya, bahkan jika tuannya kehilangan kehormatan maka mereka akan menganggap bahwa kehormatannya juga hilang.

Dalam masa modern seperti saat ini, jiwa loyalitas dan totalitas seperti inilah yang sangat dibutuhkan, baik dalam bekerja maupun dalam merintis bisnis. Tanpa loyalitas, kamu akan mudah bimbang dan menjadi semakin ragu. Tanpa totalitas, kamu akan mudah menyerah dan tumbang, dalam hal apapun.

Selalu Berinovasi dan Mengevaluasi
Negara jepang bukanlah negara penemu, sangat jarang orang jepang yang dikenal menemukan dan berkontribusi terhadap ilmu pengetahuan. Tapi kenapa mereka bisa sangat berkembang dan maju seperti saat ini? Jawabannya adalah karena inovasi yang baik dan mampu mengevaluasi dengan tepat. Ya, mereka mampu menginovasi ilmu pengetahuan yang ditemukan orang lain, dan dengan tepat mampu mengevaluasi ilmu pengetahuan maupun kekurangan dalam inovasinya.

Kita lihat sekarang, kemajuan apa yang tidak ada di jepang? Jangankan ada, mereka justru menjadi produsennya, padahal bukan mereka yang mengawali atau menemukannya.
Advertisement


Menjunjung Tinggi Budaya Mereka
Rahasia sukses orang jepang selanjutnya adalah karena faktor budaya. Yang paling penting bukan karena budaya mereka yang lebih baik dari budaya lain, tapi karena kehebatan orang jepang dalam mempertahankan budaya mereka sendiri di tengah-tengah gempuran gaya hidup yang semakin ngawur. Kenapa mempertahankan budaya mereka bisa menjadi rahasia sukses orang jepang?

Bagaimana tidak, lha wong budaya mereka itu kebetulan sangat positif kok, misalnya budaya malu yang udah dijelaskan sebelumnya, budaya membca yang akan dijelaskan di bawah, budaya menghormati sebagai bentuk restu kesuksesan, budaya makan yang sehat hingga kualitas mereka tetap terjaga, dan masih banyak lagi budaya-budaya positif yang hingga saat ini masih mereka pertahankan.

Bagaimana dengan budaya di Indonesia? Coba pikirkan, indonesia punya budaya yang tidak kalah dari jepang, coba bayangkan jika budaya indonesia masih lestari di pertahankan dan dipraktekkan sampai sekarang, jelas indonesia tidak akan menjadi negara yang kalah dari jepang.

Orang Jepang Terkenal Gemar Membaca
Hobi kok baca, ya bermanfaat banget lah. Inilah kebiasaan orang jepang yang secara tidak sadar mampu membawa mereka ke tangga kesuksesan. Apapun bacaannya yang penting bermanfaat, pasti akan membawa manfaat pula. Kita lihat, disela-sela kesibukan mereka, entah kenapa aktivitas membaca itu sangat sering dijumpai, baik di kereta api, di jalan dan hampir dimanapun.

Dan yang paling penting, dari aktivitas membaca tersebut, mereka mampu mengembangkan dengan inovasi-inovasi mereka, sehingga tidak terpaku dengan apa yang ada dibuku dan mampu menciptakan sesuatu yang baru.

Hemat dan Jauh dari Hedonisme
Apa yang terlintas dari pikiranmu ketika kita membahas negara jepang, modern, kekinian, dan semuanya serba maju, bukankah begitu? Tapi tahukah kamu kalau orang jepang sendiri itu lebih nyaman hidup sederhana? Percayalah, walaupun dilingkupi dengan teknologi serba canggih, nyatanya masyarakat jepang tidak menyukai hidup penuh dengan keglamouran.

Hal tersebut sangat nampak dari kehidupan sehari-hari mereka, sebut saja dalam hal transportasi. Di sana, transportasi umum lebih banyak digunakan daripada kendaraan pribadi, bahkan mereka juga lebih menyukai jalan kaki daripada naik kendaraan.

Kesederhanaan seperti itu juga berimbas terhadap tingkat kesuksesan mereka. Mereka tidak akan terlalu larat jika bisnisnya mulai berkembang, malah semakin fokus. Mereka juga lebih “pintar” fokus dalam bekerja daripada sibuk memamerkan hartanya.

Mengedepankan Kerjasama Tim
1 orang profesor jepang mungkin akan kalah dengan 1 profesor dari amerika. Tapi, 10 orang profesor jepang yang saling bekerjasama, tidak akan kalah dengan 10 orang profesor dari amerika. Itulah pepatah yang menggambarkan kekompakan dari kerjasama tim orang-orang jepang. Benar saja, nyatanya bahwa orang jepang lebih suka bekerjasama daripada hanya mengandalkan kemampuannya sendirian. Dan ya, hal ini sangat bermanfaat untuk kesuksesan mereka.

Selanjutnya: 10 sekolah bisnis terbaik di Indonesia.
----
Oke ya, itulah beberapa rahasia sukses orang jepang yang patut kita tiru. Semoga ulasan beberapa rahasia di atas bermanfaat dan menambah motivasi kalian untuk menggapai kesuksesan. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon