5 Cara Terampuh Menghadapi Persaingan Kerja Di Kantor

Advertisement
5 Cara Terampuh Menghadapi Persaingan Kerja Di Kantor – Untuk mencapai prestasi positif apapun, selalu di dahului dengan persaingan, hal ini wajar dan terjadi di bidang apapun, tak terkecuali akan terjadi pula di dunia kerja. Jika disikapi dengan positif, suatu persaingan bukanlah hal yang negatif melainkan positif, karena persaingan ini akan memicu kinerja dari pihak yang terlibat persaingan.

Ada banyak sekali motif kenapa persaingan kerja di kantor itu terjadi, beberapa di antaranya adalah karena ingin naik jabatan, mendapatkan bonus, kenaikan gaji, atau bahkan hanya ingin dianggap lebih berkualitas dari si pesaing. Tapi yang terpenting, apapun itu motifnya jangan lupakan untuk mengadapi persaingan tersebut dengan cara yang baik dan elegan.

Kalau membicarakan masalah cara menghadapi persaingan kerja di kantor itu memang sedikit membuat dilema. Kalian sendiri pasti sadar, ketika kalian berusaha menghadapinya dengan cara yang baik, bukan berarti si pesaing akan melakukan cara yang baik pula, nah di situlah sulitnya.

Saran dari saya, sebaiknya kalian jangan terlalu memikirkan apakah cara yang digunakan pesaing itu baik atau buruk, cukup pikirkan cara-cara terbaik bagi diri kalian sendiri saja. Yakinlah, atasan kamu tidak bodoh, cepat atau lambat atasan kamu itu akan sadar betapa unggulnya diri kamu.

Lalu, cara-cara yang seperti apa yang ampuh untuk menghadapi persaingan kerja di kantor itu? Well, simple banget, berikut ulasannya:

Sebelumnya, baca juga: Efek dan dampak negatif membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah.

5 Cara Terampuh Menghadapi Persaingan Kerja Di Kantor

Percayalah, Persaingan Kerja Itu Positif Untukmu
Banyak orang takut dengan adanya suatu persaingan, mereka lebih memiliki zona nyaman dan tanpa perkembangan yang berarti. Jujur saja pada diri kalian sendiri, apakah kalian takut dengan persaingan kerja di kantor kalian saat ini? Jika tidak takut, beruntunglah kalian karena ini merupakan suatu bentuk kekuatan. Namun jika kalian takut, tetap jangan berkecil hati, hal ini masih bisa diperbaiki.

Jika kalian masih takut, mulai sekarang setting pikiran kalian bahwa persaingan kerja itu BAIK. Kenapa? Ya, karena ini justru akan meningkatkan kualitas diri kalian sendiri. Dengan adanya persaingan kerja, tentu secara otomatis kalian tanpa sadar akan selalu berusaha melakukan yang terbaik, sehingga di sini akan ada pembelajaran dan perkembangan yang berkelanjutan.

Capek, repot, dan bikin males? Tentu saja, kemenangan takkan bisa diraih tanpa hal-hal yang membuat repot, capek, dan bikin males. Kalau pengen enaknya saja, ya sudah silahkan bersantai-santai dan nikmati hidup yang itu-itu saja.

Kualitas Diri Adalah Sesuatu Yang Penting
Di atas, telah dibahas di mana banyak orang yang takut akan adanya persaingan kerja, kira-kira kenapa kok takut? Salah satu jawabannya adalah karena tidak percaya diri dengan kualitas diri mereka sendiri, bener tidak? Nah, di sinilah kenapa kualitas diri itu sangat penting karena menghadapi persaingan kerja di kantor itu tidak hanya butuh keberanian tapi kualitas juga sebagai senjata.

Oleh karena itu, mau tidak mau kalian musti meningkatkan kualitas kerja, ini bisa kalian mulai dari hal yang sederhana namun ampuh, contohnya dengan lebih fokus bekerja, asah keterampilan, jangan malas belajar lagi, maksimalkan hal yang menjadi keunggulan kalian, analisis kelemahan dan cari solusinya, serta hal-hal lainnya.

Saya yakin, jika kualitas dan keberanian kalian miliki dalam diri kalian, persaingan kerja di kantor sudah tidak akan menjadi masalah lagi, percayalah!
Advertisement


Etika Lebih Utama Daripada Kemenangan
Setiap persaingan memang selalu menghadirkan nuansa yang hebat, entah itu baik atau buruk, apalagi di dunia bisnis yang begitu panas persaingannya. Tapi, apapun persaingannya, seketat apapun persaingannya, jangan lupa untuk mengutamakan etika. Etika sangatlah penting dalam segala hal, berat memang menjalankan etika yang baik, karena itulah orang yang beretika itu hebat.

Pernah lihat suatu perusahaan menghina produk pesaingnya? Sungguh hal itu bukanlah hal yang baik. Seperti yang saya katakan, konsumen itu bukan orang bodoh, mereka akan geli sendiri jika ada perusahaan yang melakukan promosi dengan menghina seperti itu. Hal ini sama ketika kalian menghadapi persaingan kerja di kantor, atasan kamu akan lebih mementingkan etika daripada kinerja baik namun meninggalkan etika.

Tetap Menjaga Hubungan Baik Dengan Pesaing
Kita bersaing maka kita adalah musuh, yakin dengan konsep seperti itu? Perlu kamu sadari, permusuhan membuat situasi yang tidak nyaman di tempat kerja, dan ini malah akan berpotensi besar mengganggu kinerja kamu. Jika permusuhan dalam persaingan kerja ini terjadi, maka persaingan tersebut saya kira sudah tidak bisa dikatakan sebagai persaingan yang baik, artinya hal negatif akan lebih banyak kamu dapatkan ketimbang hal positifnya.

Maka, jangan pernah sekali-kali menganggap pesaingmu itu sebagai musuh, tetap bersahabat, respect, dan ciptakan rasa kekeluargaan kepadanya. Nah, permasalahannya, bagaimana kalau mereka yang menganggap kita sebagai musuh? Seperti yang sudah saya singgung di atas, jangan terlalu memikirkan apa dan cara apa yang dilakukan oleh pesaing, cukup fokus dengan apa dan bagaimana kamu memenangkan persaingan dengan baik plus elegan.

Selalu Berusaha Semaksimal Mungkin dan Berdoa
Usaha secara nyata dan secara spiritual itu sangat penting, seperti yang dikatakan oleh seseorang (lupa siapa) bahwa, jangan jadi orang sombong tanpa berdoa seolah-olah tak memerlukan bantuan Tuhan, namun jangan pula jadi orang pemimpi dengan hanya berdoa tanpa usaha, nah looo!!

Ini artinya, sangat powerful jika kalian mampu menyeimbangkan kedua hal tersebut. Percayalah, usaha maksimal pasti akan membuahkan hasil yang maksimal pula. Begitu juga dengan berdoa yang akan memberikan ketentraman, keyakinan, dan kekuatan dalam menghadapi persaingan apapun itu, termasuk dalam menghadapi persaingan kerja di kantor.

Selanjutnya: Tempat kerja online terpercaya di Indonesia, terbaik!
----
Oke ya, itulah sedikit ulasan dari saya tentang cara-cara terampuh menghadapi persaingan kerja di kantor. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu kalian memenangkan setiap persaingan kerja yang sedang kalian hadapi. Jangan lupa share artikel ini juga ya kawan, thanks dan salam sukses.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon