Waralaba Bakso Kota Cak Man, Rajanya Bakso Indonesia

Advertisement
Waralaba Bakso Kota Cak Man, Rajanya Bakso Indonesia - Siapa yang tidak mengenal bakso? Meatball yang disiram kuah panas ini, diminati semua lapisan masyarakat. Dari anak kecil hingga dewasa, dengan segala latar belakang. Ada dua macam bakso yang dikenal masyarakat, yaitu bakso Solo dan bakso Malang. Perbedaannya ada pada varian isinya, campuran yang menyertai bakso serta guyuran kuah kaldunya.

Bakso Solo tampilannya lebih sederhana, sedangkan bakso Malang, varian isinya lebih banyak. Ada bakso urat, bakso halus, pangsit rebus, pangsit goreng, tahu, bakwan dan telur. Salah satu brand bakso Malang yang terkenal di Indonesia adalah Bakso Kota Cak Man. Pendirinya adalah Abdurahman Toekiman, yang biasa disapa Cak Man.

Baca juga: Waralaba Primagama, bisnis pendidikan yang memiliki potensi besar.

Waralaba Bakso Kota Cak Man, Rajanya Bakso Indonesia
via farizahaqie.blogspot.co.id
Sejarah Bakso Kota Cak Man
Cak Man memulai usahanya sebagai tukang bakso pikulan. Ia menjajakan baksonya dengan berkeliling kota Malang, hingga juragannya mengalami kebangkrutan. Kemudian Cak Man bekerja dengan juragan lain, sebagai pedagang bakso gerobak. Ia bekerja dengan tekun, dan berhasil mempelajari seluk-beluk bakso. Mulai dari cara memilih bahan yang baik, hingga meracik bumbu bakso.

Ia memiliki keinginan yang kuat untuk mandiri. Tahun 1984, tekadnya bulat untuk membuka usaha sendiri, dengan modal Rp 77.000. Awalnya Cak Man menyewa sebuah warung bakso, yang udah kosong. Untuk mengenang perjalanan hidupnya, dari Trenggalek (desa) dan mengadu nasib di Malang (kota), Cak Man menamakan baksonya sebagai Bakso Kota Cak Man.

Bakso Kota Cak Man bisa dibilang sebagai ikon kuliner kota Malang. Semua orang yang ke Malang, selalu menyempatkan mampir untuk mencicipi Bakso Kota. Di Malang sendiri, gerai Bakso Kota sudah mencapai 6 gerai. Sekitar tahun 2013-2014, gerai Bakso Kota Cak Man sudah menjangkau sekitar 33 kota. Gerai-gerai ini berhasil mencapai BEP dalam waktu setahun. Sehingga Anda bisa menikmati Bakso Kota Cak Man di Tangerang, Yogyakarta, Kediri dan Samarinda. Anda yang sedang mencari bisnis, bisa mendaftar sebagai salah satu patner Cak Man. Sebagai pemilik brand, Cak Man sangat memperhatikan gerai-gerai waralabanya. Mulai dari sebelum gerai dibuka, hingga ketika gerai Bakso Kota mulai beroperasi.

Kelebihan Bergabung Waralaba Bakso Kota Cak Man
Cak Man sangat memperhatikan kualitas baksonya. Beliau akan turun langsung melakukan survey untuk lokasi waralaba, dan menilai cocok atau tidak sebagai gerai baksonya. Apakah lokasi usahanya potensial atau tidak? Ia tidak ingin patnernya mengalami kerugian. Selain survey tempat, Cak Man juga survey pemasok bahan-bahan yang sesuai dengan standarnya. Ia meracik bumbu yang sesuai dengan selera masyarakat setempat. Begitupun dengan harga jual, akan disesuaikan juga. Dengan demikian, Anda yang membeli waralaba Bakso Kota Cak Man, akan tenang menjalankan bisnis. Tidak perlu khawatir dengan pengembalian modal yang terlalu lama.
Advertisement


Cara Bergabung dan Investasi
Untuk bergabung sebagai patner Bakso Kota, Cak Man menetapkan beberapa persyaratan, seperti:
  1. Anda haruslah seorang muslim, karena Cak Man ingin memastikan bahwa produk baksonya halal. 
  2. Mengajukan surat permohonan pada tim manajemen Bakso Kota Cak Man.
  3. Tim manajemen akan melakukan survey terhadap lokasi yang diajukan.
Lalu berapa investasi yang harus Anda siapkan untuk membeli waralaba Bakso Kota Cak Man? Setelah permohonan disetujui, Anda harus membayar 50 juta rupiah sebagai franchise fee selama 5 tahun. Kemudian membayar sebesar 50 juta untuk modal awalnya. Setelah gerai Bakso Kota buka, Anda harus menyetorkan royalti fee sebesar 5% dari Omzet setiap bulannya.

Prospek ke Depannya
Bagaimana prospek Bakso Kota Cak Man ke depannya? Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai bakso. Walaupun banyak makanan yang masuk dari luar, tapi rasa khas yang segar dari bakso, susah digantikan oleh makanan lain. Apalagi untuk Bakso Kota ini, yang sudah mempunyai penggemar setia. Berbagai menu baru yang masuk ke Indonesia, umumnya hanya menarik minat pasar di awalnya saja. Sedangkan Bakso Kota Cak Man, kenikmatannya selalu mengundang selera. Membuat pengunjung ingin datang lagi dan lagi.

Beberapa gerai Bakso Kota Cak Man juga mengisi mall-mal di Jakarta dan sekitarnya. Ini membuktikan bahwa Bakso Kota Cak Man, mampu bersaing dengan makanan lain, baik dari dalam maupun luar negeri.

Bakso Kota Cak Man mempunyai tampilan yang khas, dibanding bakso-bakso lainnya. Tersedia 14 macam pilihan produk bakso yang bisa dipilih pengunjung. Mengusung konsep prasmanan, Cak Man menjanjikan keuntungan sebesar 40% dari omzet setiap harinya. Dengan perhitungan BEP maksimal selama 2 tahun. Ini sudah dibuktikan oleh beberapa patner Bakso Kota Cak Man sebelumnya. Ada beberapa patner yang mengajukan permohonan waralaba untuk gerai kedua. Ini dilakukan setelah gerai pertamanya dianggap cukup stabil omzetnya. Apalagi Bakso Kota memiliki ciri khas sendiri di varian isi dan kuahnya. Bagi Anda yang ingin membuka gerai Bakso Kota Cak Man, silakan berkunjung ke Ruko Depan SMPN 5, Jl. WR. Supratman C1 Kav. 13-14 Malang, M A L A N G - JAWA TIMUR, Telepon (0341) 336017

Setelah mempelajari seluk-beluk Bakso Kota Cak Man di atas, Anda sudah bisa memutuskan langkah yang mau diambil. Membeli bisnis waralaba memang memudahkan Anda membuka bisnis, namun tetap membutuhkan keahian dan ketekunan. Tetapi, sebagus apapun konsep dan pendampingan dari pemilik waralaba, tetap saja memerlukan perhatian dan ketekunan Anda. Jangan sampai Anda lengah, sehingga gerai yang diharapkan akan mendatangkan keuntungan, malah menanggung kerugian. Bekerjasama yang baik, dengan pemilik waralaba agar gerai yang dibuka, berjalan sesuai harapan, sehingga kedua belah pihak sama-sama diuntungkan. Sudah siap membuka bisnis waralaba?

Selanjutnya: Cara dan syarat sewa tempat di depan Indomaret dan Alfamart.
----
Oke ya, itulah sedikit ulasan tentang waralaba bakso kota Cak Man. Semoga ulasan waralaba di atas bermanfaat dan menambah motivasi kalian untuk berwirausaha. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya guys, thanks dan salam sukses.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon