Cara Meningkatkan Penjualan Produk Anda

Advertisement
Cara Meningkatkan Penjualan Produk Anda – Sudah kita ketahui bersama bahwa penjualan merupakan nafas keberlanjutan usaha kita, sebaik apapun usaha yang dirintis namun penjualan nol sama saja dengan tidak melakukan usaha, walaupun penjualan bukan satu-satunya faktor yang menentukan perkembangan usaha, namun penjualan lebih dominan dibanding dengan faktor-faktor lainnya, tidak heran jika para pengusaha berlomba-lomba untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

Penjualan sangat erat kaitannya dengan pemasaran, pemasaran yang baik dan tepat seringkali menjadi pendorong meningkatnya penjualan produk. Namun sekali lagi, pemasaran juga bukan satu-satunya faktor yang menentukan penjualan, ada banyak faktor lain seperti kualitas produk itu sendiri, harga produk, kejenuhan konsumen, serta faktor-faktor lainnya.

Tingkat persaingan juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi penjualan, tidak bisa dipungkiri apapun jenis usaha yang dijalankan selalu saja muncul pesaing-pesaing baru. Bahkan usaha yang unik dan kreatif yang hanya anda miliki pun lama kelamaan akan ada pengusaha yang menirunya, celakanya jika mereka meniru dengan ditambah inovasi-inovasi yang dapat menarik pelanggan, jika hal ini terjadi dan anda hanya diam saja tidak melakukan apapun, tentu ini akan menjadi ancaman untuk usaha anda dan besar kemungkinan pelanggan anda akan pergi. Untuk itu anda harus ekstra sensitive demi menjaga penjualan tetap dan terus meningkat.

Nah, bagi anda yang mengalami penjualan tidak meningkat, mentok, atau malah mengalami penurunan, jangan diam, anda harus melakukan sesuatu untuk mengatasi masalah tersebut. Mungkin tips cara meningkatkan penjualan produk yang akan saya berikan ini bisa anda coba sebagai solusi untuk melejitkan penjualan, berikut tipsnya.

Sebelumnya, baca juga: 8 ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga.

Cara Meningkatkan Penjualan Produk Anda
Lakukan Inovasi Pada Produk
Tips cara meningkatkan penjualan produk yang pertama adalah dengan melakukan inovasi pada produk yang anda miliki. Seperti yang saya singgung diatas, jika ada pesaing yang melakukan inovasi dan dapat menarik pelanggan, hal ini akan menjadi ancaman untuk anda sehingga anda juga harus memberikan inovasi yang lebih baik pada produk. Anda harus kreatif dalam memberikan inovasi, pastikan bahwa produk anda lebih menarik dan lebih bermanfaat untuk pelanggan dan konsumen.

Lalu inovasi yang seperti apa yang dapat ditambahkan pada produk? Nah, ini sangat tergantung dengan kekreatifan anda dalam melakukan inovasi. Contohnya, inovasi sangat erat dengan kevariatifan produk, dengan menyediakan produk yang variatif seperti tersedia berbagai macam jenis, bentuk, dan warna, akan membuat konsumen memiliki banyak pilihan sehingga mereka lebih leluasa dalam memilih produk, selain itu usaha anda juga akan dianggap serba ada dan komplit, ini tentu akan menjadi efek yang baik.

Buka Pintu Penjualan Seluas-luasnya
Jangan hanya terpaku dengan cara penjualan secara tradisional, saat ini sudah berkembang teknologi-teknologi modern yang dapat membantu meningkatkan penjualan produk anda. Saat ini sudah berkembang yang disebut “online shop”, online shop atau toko online adalah cara yang sangat ampuh untuk melejitkan penjualan anda. Sekarang bayangkan, jika anda punya toko offline, siapa yang mungkin menjadi pelanggan anda? Tentu hanya orang-orang di kota itu saja, namun dengan online shop, anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas, tidak terbatas oleh kota dan Negara, dengan pasar yang lebih luas tentunya sangat mungkin untuk meningkatkan penjualan produk barang dan jasa yang anda miliki.

Untuk melakukan penjualan secara online, anda dapat melakukannya lewat website atau lewat media lainnya seperti facebook, twitter, forum, atau lewat e-mail. Media-media tersebut sangat mudah dijalankan, misalkan melalui website, dengan media ini tidak perlu ahli dalam bidang website karena saat ini sudah banyak pihak yang menyediakan jasa pembuatan toko online dengan instan, apalagi dengan facebook, twitter, dan media lainnya tentu sangat mudah, anda pasti juga sudah sangat familiar dengan media semacam itu.
Advertisement


Penjualan Jemput Bola
Seperti yang saya bilang, bukalah pintu penjualan seluas-luasnya, dan cara lain untuk membuka pintu penjualan adalah dengan metode penjualan jemput bola. Jemput bola artinya menjual dengan cara mendatangi konsumen, tidak hanya menunggu konsumen untuk datang membeli. Untuk melakukan ini, banyak cara yang bisa dilakukan seperti menyediakan tim sales promotion, bisa juga melakukan penawaran secara langsung dengan konsumen melalui facebook, twitter, atau e-mail, atau bahkan anda juga dapat melakukannya melalui telepon. Selain itu, mungkin ampuh juga jika anda menyediakan fasilitas delivery karena terkadang konsumen malas untuk repot.

Pemasaran Yang Tepat
Pemasaran merupakan salah satu faktor yang dominan dalam meningkatkan penjualan, semakin tepat pemasaran yang dilakukan akan semakin meningkat pula penjualan yang dicapai. Jadi, lakukanlah pemasaran yang tepat dan baik sesuai dengan target pasar anda. Lalu seperti apa pemasaran yang tepat itu? Nah, untuk mengetahui pemasaran seperti apa yang tepat untuk usaha anda, pertama anda harus identifikasi terlebih dahulu target dan pangsa pasar anda, setelah itu tentukan media pemasaran yang sesuai. Misalkan target anda adalah anak kecil atau bayi, dalam hal ini akan lebih efektif jika anda memasarkan kepada ibu dari anak kecil/bayi tersebut, bukan secara langsung kepada anak kecil/bayi.

Ada teman saya bertanya seperti ini “ketika produk saya sudah dikenal oleh banyak masyarakat, apakah saya harus tetap melakukan pemasaran?” jawabannya adalah iya, kenapa? Ya, karena banyak pesaing yang bermunculan yang menawarkan produk yang sama, jika anda berhenti melakukan pemasaran maka lama-kelamaan produk anda akan terlupakan. Coba dipikirkan, kenapa produk aqua, djarum, extra joss, dan lain sebagainya selalu melakukan pemasaran padahal semua orang mengenal produk tersebut. Hal itu dilakukan agar masyarakat lebih familiar dengan nama produk tersebut hingga darah daging mereka , sehingga akan sulit untuk terlupakan.

Jangan lewatkan: Tips pemasaran dan penjualan via facebook.

Bangun Citra Bisnis Yang Baik
Sebuah citra dalam dunia bisnis sangatlah penting, tidak dipungkiri bahwa perlu juga untuk melakukan pencitraan yang baik agar konsumen tertarik. Citra yang saya maksud ini bisa dalam bentuk berbagai macam, tentunya bukan pencitraan dalam dunia politik. Pencitraan seperti halnya berusaha untuk membesarkan nama dari produk anda. Nah, hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, misalkan jika anda memiliki toko online, maka pencitraan dapat dilakukan dengan adanya testimony dari pelanggan, sebuah tulisan yang menggambarkan anda adalah seorang prosefional. Selain itu, cara yang paling sederhana dalam pencitraan adalah dengan memberikan pelayanan semaksimal mungkin, dengan begitu pelanggan akan senang dan berpotensi menceritakannya kepada teman, keluarga, atau orang-orang terdekatnya, tentu hal itu akan menjadi efek yang sangat positif sekali.

Perhatikan Masalah Harga dan Pemberian Diskon
Harga produk barang dan jasa yang mahal identik dengan kualitas yang mengesankan, dengan kualitas yang mumpuni dan harga pokok produksi yang tinggi, wajar jika anda mematok harga yang tinggi pula. Tapi satu hal yang perlu anda pertimbangkan dengan seksama yaitu seberapa besar tingkat keuntungan yang anda inginkan. Jangan sampai tingkat keuntungan yang anda ambil terlalu tinggi sehingga harga jual menjadi terlalu tinggi pula. Dalam hal ini anda harus mampu berkompetisi dengan harga yang ditawarkan oleh pesaing.

Baca juga: Cara menentukan harga jual produk yang tepat.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan dalam pemberian diskon, memang pemberian diskon seringkali dapat mendorong peningkatan penjualan, namun sebenarnya hal tersebut memberikan kesan bahwa produk anda tidak laku, kualitas yang kurang baik, dan kurang diminati, kesan ini dapat memberikan efek buruk kedepannya.

Jalin Hubungan Yang Baik Dengan Pelanggan
Cara meningkatkan penjualan produk yang terakhir adalah dengan menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan. Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan ini dapat anda lakukan dengan berbagai macam cara yang sederhana, misalnya memberikan perhatian yang ekstra kepada pelanggan, menanggapi setiap keluhan dengan sebaik-baiknya, menciptakan komunikasi dua arah yang baik, atau anda juga bisa melibatkan pelanggan dalam inovasi-inovasi baru, misalkan melibatkan pelanggan untuk mencoba produk baru, resep kuliner baru, serta inovasi-inovasi baru lainnya.
---
Oke, mungkin hanya itu saja ulasan tentang tips cara meningkatkan penjualan produk yang dapat saya berikan kepada anda semuanya. Semoga ulasan tentang cara meningkatkan penjualan produk diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan anda. Semoga penjualan anda melejit tajam.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon