8 Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga, Modal Kecil Namun Menjanjikan

Advertisement
8 Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga, Modal Kecil Namun Menjanjikan – Seorang ibu rumah tangga yang jeli dan ulet, memiliki potensi besar untuk sukses dalam berwirausaha. Sering kali, seorang ibu rumah tangga merasa bosan dengan rutinitasnya yang monoton dan membosankan, mencari-cari aktivitas untuk mengisi waktu luangnya, dan berharap memiliki sedikit kesenangan dalam aktivitas hariannya.

Tidak hanya karena merasa bosan, seorang ibu rumah tangga terkadang berpikir keras bagaimana mendapat penghasilan tambahan tanpa harus mengganggu aktivitas mengurus anak dan keluarga. Dan itu benar-benar pemikiran yang hebat.

Selain itu, jika anda perhatikan, di daerah perkotaan anda akan menemukan banyak wanita yang bekerja kantoran. Wanita-wanita ini adalah wanita hebat yang memiliki karir dan pekerjaan yang cemerlang. Hanya saja, sebagian dari mereka terpaksa harus meninggalkan jabatan dan pekerjaannya ketika sudah menikah, apalagi jika sudah memiliki anak.

Saya tahu, awalnya mengurus anak dan keluarga akan begitu menyenangkan bagi para ex-wanita karir. Tapi lama-kelamaan, kesenangan itu akan berubah menjadi kebosanan juga. Mereka ingin aktivitas yang lebih menyibukkan mereka tanpa harus mengganggu aktivitas mengurus anak dan keluarga. Jika mereka ingin kembali ke pekerjaannya sebagai wanita kantoran, mereka justru akan terlalu sibuk.

Banyak ibu-ibu rumah tangga yang mengalami kondisi seperti itu, mereka ingin beraktivitas namun tidak terlalu menyibukkan, dan aktivitas tersebut harus menguntungkan untuk menambah penghasilan. Itu wajar dan merupakan pemikiran yang luar biasa.

Untuk mengatasi masalah tersebut, tak khayal solusi terbaiknya adalah dengan melakukan bisnis rumahan. Bisnis rumahan sering sekali dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk sedikit lebih menyibukkan mereka plus mendapatkan penghasilan tambahan. Tapi yang sering jadi masalah berikutnya, bisnis apa yang akan dijalankan?

Nah, berkaitan dengan hal di atas, bagi anda ibu-ibu rumah tangga yang masih bingung dengan bisnis apa yang akan dijalankan. Ulasan tentang 8 ide bisnis rumahan di bawah ini mungkin akan membantu anda, berikut ulasan lengkapnya.
8 Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga
Bisnis Kosmetik
Kosmetik merupakan hal yang sangat erat dengan wanita, saya kira antara wanita dan kosmetik tak bisa dipisahkan. Saking eratnya antar keduanya, aku yakin anda sangat ahli dalam hal kosmetik, entah itu masalah harga, kualitas, dan sebagainya. Ini merupakan peluang bisnis untuk ibu rumah tangga, karena hampir setiap wanita selalu membutuhkan kosmetik, namun tak jarang mereka tak bisa mendapatkan kosmetik yang paling baik bagi dirinya. Karena itulah anda bisa menjadi solusi bagi mereka yang kesulitan dalam memilih atau mendapatkan kosmetik.

Dalam bisnis ini, anda tak harus memproduksi sendiri kosmetiknya, anda cukup menjual produk kosmetik dari produsen tertentu. Untuk mendapatkan produk kosmetik tersebut, terdapat dua cara yang bisa anda coba. Pertama bisa anda dapatkan langsung dari produsennya, kedua bisa dari tangan kedua, ketiga, dan seterusnya. Jangan khawatir, anda banyak produsen yang menawarkan kerjasama seperti ini, coba deh anda searching di Google.

Setelah anda mendapatkan produk yang ingin dijual, anda tinggal memasankannya kepada kawan-kawan terdekat, misalnya kawan kantor anda dulu, kawan disekitar rumah, kawan media sosial, dan sebagainya.

Bisnis Aneka Makanan
Membuat kue, camilan, atau makanan berat, merupakan salah satu keahlian yang dapat dimiliki oleh seorang wanita. Jika anda memiliki keahlian ini dan terbukti orang-orang menyukai makanan anda, maka ini merupakan peluang bisnis yang sangat baik. Ada banyak target yang bisa anda sasar, ini tergantung dengan lingkungan anda. Misalkan, jika anda adalah ibu rumah tangga yang banyak memiliki aktivitas kumpul-kumpul seperti arisan, pengajian, pesta, dan sebagainya. Di sini anda bisa menjadi pensupply makanan yang dibutuhkan dalam acaran tersebut, karena yang memiliki acara belum tentu mampu menyediakan makanan yang dibutuhkan.

Selain itu, jika rumah anda dekat dengan tempat ramai, seperti kantor, kampus, sekolah, pasar, dan sebagainya, di sini anda juga bisa menjual secara langsung makanan anda tersebut.

Baca: Cara memulai bisnis kuliner.

Bisnis Pakaian
Nah, ini yang lagi ngetrend saat ini. Bisnis pakaian bisa beraneka macam, semisal baju, celana, kerudung, kaos, dan masih banyak lagi. Untuk bisnis ini, peminatnya juga luar biasa, apalagi jika anda mampu menciptakan design pakaian yang bagus, unik, dan tidak pasaran, dijamin deh pasti banyak yang minat. Untuk menyediakan produk ada banyak pilihan seperti halnya bisnis kosmetik, tapi dalam bisnis pakaian andapun sangat mungkin untuk memproduksinya sendiri, seperti yang saya katakan hal ini malah bisa menjadi senjata anda karena design bisa lebih unik dan menarik yang mampu menarik minat pelanggan.
Advertisement


Untuk penjualannya bisa anda lakukan dengan banyak cara, bisa anda jual offline ke temen-temen anda, lewat media sosial, atau bahkan lewat toko online.

Bisnis Pesta Ulang Tahun Anak-anak
Kalau kamu adalah ibu muda dan memiliki anak TK atau PAUD, anda pasti sering kumpul-kumpul dengan ibu-ibu lainnya. Suatu perayaan ulangtahun anak TK dan PAUD memang masih sering dilakukan untuk meriahkan hari lahir sang anak. Bagi seorang ibu-ibu ini sangatlah penting untuk menyenangkan anak-anaknya yang masih kecil. Tapi sayang, tidak semua ibu bisa memfasilitasi acara tersebut, entah itu makanan, peralatan pesta, tempat, dan sebagainya. Ini merupakan peluang usaha yang bagus bagi ibu yang kreatif dalam hal menyusun konsep acara.

Saya tahu semua ibu pasti bisa menyusun konsep pesta ulangtahun, tapi beda dong jika dikerjakan oleh yang kreatif dengan yang kurang kreatif. Di sini anda harus bisa menunjukkan bahwa konsep pesta yang anda susun bener-bener kreatif, setidaknya lebih hebat dari yang ingin mereka susun sendiri. Kalau mereka tertarik, saya yakin mereka akan meminta jasa anda.

Bisnis Online – Blogging, Afiliasi, dan Toko Online
Ada banyak sekali bisnis online yang bisa anda jalankan, contohnya adalah blogging, afiliasi, bahkan toko online. Semua jenis bisnis online di atas sangatlah mudah untuk dilakukan, anda hanya tinggal menyediakan blog/website, kemudian anda optimasi agar banyak dikunjungi oleh target anda. Untuk blog dan atau website, anda bisa membuat secara gratis dan berbayar. Jika ingin yang gratis, saya rekomendasikan di blogger.com, jika berbayar anda harus menyediakan domain dan hosting sendiri dengan membelinya di penyedia.

Kalau anda ingin membuka toko online, saat ini juga sangat mudah karena banyak jasa pembuat toko online yang instan, mudah, dan professional. Pengen terlihat professional dan terpercaya? Saya punya rekomendasi untuk anda jika ingin membuatnya, servisnya bagus, fitur lengkap, dan harganya murah meriah, silahkan daftar dan order toko online anda di Jejualan.com.

Baca selengkapnya: Bisnis Online.

Bisnis Kerajinan Tangan
Bagi ibu-ibu yang suka seni dan kerajinan, biasanya mereka juga senang membuatnya. Kerajinan yang dimaksud tak perlu yang WAH, cukup yang sederhana namun unik dan bernilai seperti gelang, kalung, rajutan, pernak-pernik, tas mini, gantungan kunci, merangkai bunga, dan sebagainya. ini bisa anda jual kemanapun, ke teman, tetangga, atau anda titipkan di toko-toko yang berhubungan dengan kerajinan.

Selain itu, Ini juga sangat cocok jika lokasi anda adalah objek wisata, seperti yang anda tahu bahwa kerajinan-kerajinan unik semacam itu sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Seperti halnya di jogja, ketika anda berwisata di jogja, anda akan banyak sekali menemukan kerajinan tangan yang unik-unik, yang pastinya akan menggoda anda untuk membeli, saya yakin deh.

Bisnis Les Pelajaran Anak Sekolahan
Ibu mudah yang lulusan S1 sangat banyak saat ini, daripada ilmunya nganggur kan lebih baik dimanfaatkan buat tambah-tambah penghasilan. Apalagi jika anda punya skill yang banyak dibutuhkan, misalkan bahasa inggris, ilmu komputer, atau bimbingan konseling. Pasti ibu-ibu muda lainnya yang notabene adalah teman anda sendiri akan membutuhkan bantuan anda untuk mengajari anak mereka. Ini jelas lahan bisnis bagi anda, selain bertujuan utuk tambah-tambah penghasilan, ini juga bisa anda anggap ajang kumpul-kumpul antar ibu-ibu, pasti asyik kan?

Selain itu, anak anda juga akan ikut belajar, sehingga anda tidak perlu lagi mengajarinya. Bukankah ini akan efektif sekali dalam mengatur waktu? Bak sekali dayung, 2-3 pulau terlampaui.

Berpikirlah, Apa Keahlian Anda?
Selain ide-ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga di atas, saya yakin masih anda banyak peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Ide baru ini bisa anda dapatkan dengan memahami apa yang menjadi keahlian anda. Sekarang, cobalah memahami apa yang menjadi keahlian anda saat ini, temukan ide bisnis tersebut kemudian jangan takut untuk merealisasikannya.
----
Oke, itulah 8 ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang dapat saya sampaikan. Semoga ulasan tentang ide bisnis rumahan di atas bermanfaat dan dapat membantu para ibu-ibu rumah tangga untuk lebih meramaikan dunia bisnis, hidup lebih berwarna, dan tentunya lebih mandiri. Thanks.
Advertisement
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
3 April 2016 at 10:04 delete

bagus nih infonya, makasih gan

Reply
avatar
agung mujtaba
AUTHOR
4 April 2016 at 14:25 delete

Sama-sama gan, semoga bermanfaat.

Reply
avatar
Walidin
AUTHOR
3 February 2017 at 15:02 delete

bisnis afiliasi sepertinya paling mudah dilakukan karena tinggal tempel aja link afiliasinya di blog, maka penghasilan sampingan akan terus mengalir

Reply
avatar

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon