Cara Jitu Promosi Produk Secara Online Agar Cepat Laku

Advertisement
Cara Jitu Promosi Produk Secara Online Agar Cepat Laku – Media online saat ini menjadi salah satu media promosi dan pemasaran yang sangat efektif, miliaran orang sudah menggunakan internet sebagai tempat “main” nya, bahkan internet sekarang lebih menarik daripada hiburan lain seperti televisi, radio, ataupun majalah. Di Indonesia sendiri sudah lebih dari 60 orang aktif menggunakan internet, ini tentu angka yang tidak main-main dan perlu kita manfaatkan sebaik mungkin.

Lagian siapa saat ini yang tidak kenal internet dan kegiatan online? Hampir semua orang baik pria wanita, anak-anak maupun dewasa sudah mengenalnya, kecuali balita dan manula yang mungkin belum terbiasa menggunakannya. Dengan banyaknya orang yang melakukan kegiatan online, ini tentu menjadi kesempatan yang baik untuk memasarkan produk yang kamu miliki.

Efektifkah melakukan promosi dan pemasaran secara online? Dengan cara yang tepat, tentu saja promosi dan pemasaran yang kamu lakukan akan sangat efektif, sesuai dengan target incaran dan akan meningkatkan penjualan. Saya sendiri yakin bahwa promosi produk secara online dengan cara yang tepat akan lebih efektif ketimbang promosi di TV.

Promosi di TV mungkin mampu di lihat oleh orang lebih banyak ketimbang online, tapi ingat kalau dilihat oleh orang yang tidak membutuhkan produknya ya sama saja gak bakalan meningkatkan penjualan. Beda dengan media internet yang bisa benar-benar sesuai dengan minat seseorang jika dilakukan secara tepat.

Lalu bagaimana cara jitu promosi produk secara online? Sangat mudah, berikut ini ulasannya:

Sebelumnya, baca juga: Cara memasarkan produk baru.

Cara Jitu Promosi Produk Secara Online Agar Cepat Laku

Buat Blog/Website
Sebelum kamu mulai melakukan promosi produk, lebih baik kamu membuat blog atau website sebagai tempat bernaung, maksudnya agar konsumen bisa melihat keberadaan kamu dan sebagai tempat tujuan dari promosi yang kamu lakukan. Di blog dan website ini, kamu bisa mendeskripsikan secara jelas tentang produk yang kamu miliki. Saya sarankan untuk membuat blog atau website yang bukan gratisan agar di mata konsumen terlihat lebih professional dan terpercaya.

Membuat website tidaklah sulit, juga cukup murah. Hanya dengan uang kurang dari 1 juta saja sudah mampu menghasilkan website yang sangat bagus. Silahkan kamu search di Google bagaimana cara membuat website, sudah ada banyak ulasannya.

Setelah website jadi, lalu apa? Yang harus kamu lakukan adalah mengisi web tersebut dengan informasi-informasi yang mampu meningkatkan profesionalitas dan kepercayaan, seperti identitas dari bisnis, macam-macam pelayanan atau produk, info lengkap tentang produk termasuk spesifikasi dan harga, serta hal-hal lain yang dirasa penting.

Setelah semuanya sudah siap, kini saatnya bagi kamu untuk mulai melakukan promosi. Untuk melakukannya, kamu bisa menggnakan cara-cara di bawah ini.

Manfaatkan Mesin Pencari Google
Mesin pencari Google akan membantu mendatangkan pengunjung yang tertarik dengan produk yang kamu miliki. Pertama, setelah kamu membuat web maka buatlah artikel tentang produk kamu, maka artikel yang kamu buat tersebut sangat mungkin untuk muncul di halaman search google.

Logikanya begini, ketika seseorang butuh untuk membeli sesuatu, biasanya dia akan search di mesin pencari, ketika dia search dan artikel kamu ada di halaman pertama Google, maka orang tersebut berpotensi mendatangi web kamu, dan kemungkinan akan terjadi penjualan.



Untuk dapat tampil di halaman pertama Google search, kamu perlu belajar ilmu SEO (Search Engine Optimization), suatu ilmu untuk memaksimalkan blog/website agar meningkatkan keterlihatannya di mesin pencari. Silahkan belajar ilmu SEO tersebut, coba search aja di Google, sudah banyak pula yang membahasnya.
Advertisement


Promosi Dengan Google Adwords dan Periklanan Lain
Google adwords merupakan system periklanan yang dikelola oleh perusahaan IT terbesar di dunia, yaitu Google. Ini merupakan media berbayar, enggak gratis kayak cara sebelumnya, tapi cara ini dijamin sangat efektif dan tertarget. Kamu bisa mengatur jumlah anggaran yang akan kamu gunakan untuk beriklan, kalau kamu punya uang 5 juta, maka dengan uang 5 juta juga sudah bisa beriklan di adwords, ini benar-benar tergantung dengan anggaran yang kamu punya.

Setelah kamu beriklan di adwords, maka produk kamu akan tampil nomor satu di halaman Google search tanpa harus mempelajari SEO, kalau kamu masih bingung dengan SEO maka beriklan di Adwords merupakan keputusan yang bagus.



Selain tampil di Google search, promosi dari produk kamu juga bisa tampil di web-web yang menjadi publisher Google Adsense.


Untuk info lengkapnya dan untuk mulai beriklan di Google Adwords, silahkan kunjungi link berikut ini: http://www.google.co.id/adwords/

Promosi di Media Sosial
Salah satu yang menyebabkan orang betah berlama-lama melakukan kegiatan online adalah karena adanya media social seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan medsos lainnya. Mengasyikkan memang, dan karena itulah banyak orang yang menggunakannya, bahkan hampir setiap hari tidak bisa lepas dari medsos. Karena banyak digandrungi itulah medsos saat ini juga digunakan sebagai media promosi yang sangat ampuh meningkatkan penjualan.

Ada dua macam promosi yang bisa kamu lakukan yaitu promosi berbayar dan promosi gratis, mana yang lebih efektif? Ya tentu saja yang berbayar dong, selain lebih efektif juga akan menghemat waktu dan tenaga.

Di Facebook, kamu bisa mempromosikan sebuah fan page atau sebuah link yang menuju web kamu. Kalau kamu mempromosikan fan page maka nanti akan memperoleh banyak “like” di fan page yang dipromosikan dalam waktu yang sangat cepat, itu bukan robot tapi benar-benar manusia. Dengan banyaknya like, maka kamu akan mudah dalam menawarkan produk kepada calon konsumen.

Baca: Tips jualan di Facebook.

Gunakan Fitur Gratis Dari Web lain dan Toko Online
Cara ini juga cukup efektif, namun perlu waktu dan tenaga yang ekstra. Dengan cara ini kamu bisa promosi lewat forum-forum dan toko online. Forum yang paling populer adalah kaskus, di situ kamu bisa menjual dan menawarkan produk andalan yang kamu miliki.

Kalau toko online ada banyak sekali yang bisa digunakan, seperti tokopedia, bukalapak, lazada, mataharimall, dan sebagainya, bahkan kamu juga bisa menggunakan situs semacam olx untuk menjual sekaligus mempromosikan produk kamu, gratis namun tak kalah efektif.

Selanjutnya: Tips menggaet konsumen wanita.
----
Oke ya, di atas adalah ulasan cara jitu promosi produk secara online agar cepat laku yang dapat saya berikan. Semoga ulasan tentang cara mempromosikan produk secara online di atas bermanfaat dan membantu meningkatkan penjualan. Salam sukses.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon