Ini Dia Cara "WOW" Memasarkan Produk Baru Anda

Advertisement
Cara Memasarkan Produk Baru – Tantangan anda selanjutnya dalam merintis usaha adalah memasarkan produk anda. Memasarkan atau mempromosikan produk tidak boleh asal jadi, namun butuh suatu strategi yang jitu agar efektif dan efisien. Menghasilkan laba adalah tujuan anda, untuk meraih tujuan tersebut dibutuhkan suatu penjualan, dan untuk melakukan penjualan tentunya anda perlu untuk mengenalkan produk yang anda miliki kepada konsumen dengan cara memasarkan dan mempromosikannya. Lalu pertanyaan yang akan muncul adalah bagaimana cara memasarkan produk baru kepada konsumen?

Pertama kita harus menyadari terlebih dahulu bahwa kita adalah pengusaha baru, yang baru saja merintis usaha, kita hanya memiliki anggaran yang pas-pasan, untuk itu kita harus benar-benar pintar dalam mengelola keuangan kita untuk memasarkan produk baru kepada konsumen dengan cara seefektif dan seefisien mungkin. Barang kali cara memasarkan produk baru di bawah ini dapat anda jadikan pertimbangan ketika akan mempromosikan produk anda.

Sebelumnya, baca juga: Tips menggaet konsumen wanita.

Kenali Produk dan Target Anda
Sebelum memasarkan produk baru anda, seharusnya anda kenali terlebih dahulu produk yang akan di promosikan, kenalilah apakah produk anda masih di butuhkan oleh konsumen, mungkinkah produk yang “seperti ini” akan di beli oleh masyarakat, dan kenalilah apakah secara rasional dan logis produk anda akan bermanfaat untuk konsumen dan masyarakat. Hal ini sangat penting untuk mengetahui kelayakan produk yang akan di tawarkan dan di kenalkan kepada konsumen masyarakat, jangan sampai anda mengenalkan produk anda namun konsumen dan masyarakat tak mau kenal dengan produknya, sia-sia’kan.

Kemudian tentukan juga target dari produk anda, target haruslah jelas, tentukan siapa yang akan menjadi sasaran, apakah anak-anak, remaja, dewasa, atau orang tua, atau bisa juga anda mentargetkan beberapa target, semisal target untuk remaja dan dewasa, atau anak-anak dan orang tua. Sesuaikanlah produk dengan target. Menentukan target penting dilakukan karena untuk menyesuaikan tempat di mana anda akan memasarkan produk, dan untuk menyesuaikan harga yang cocok untuk si target.

Cara Memasarkan Produk Baru

Pilih Media Iklan Yang Tepat
Cara memasarkan produk yang selanjutnya ini sangat berkaitan dengan target anda, yaitu di mana dan bagaimana anda akan memasarkan produk. Berkaitan dengan hal tersebut, ada berbagai macam media yang dapat di gunakan untuk mempromosikan produk anda sesuai dengan minat kecenderungan target. Semisal media iklan online seperti Google Adwords dan Facebook, beriklan di media ini sangat tertarget sekali berdasarkan minat konsumen sehingga sangat bagus untuk mempromosikan produk baru anda, ada banyak sekali tutorial dalam beriklan dengan Google Adwords dan Facebook jika anda Searching di Google atau Ask atau Bing. Saya sarankan anda pelajari cara-cara mempromosikan produk dengan media di atas.

Kenapa saya menyarankan demikian, semisal dengan Google Adwords, seperti yang kita ketahui bersama, mesin pencari Google saat ini sangat popular sehingga jika seseorang membutuhkan informasi maka akan mencari informasi menggunakan mesin pencari Google, hal ini dapat anda manfaatkan. Misal, ada seseorang yang membutuhkan informasi seputar “gelas yang tidak mudah pecah”, maka orang tersebut akan mencarinya di mesin pencari Google, sehingga jika anda telah melakukan iklan dengan kata kunci “gelas yang tidak mudah pecah” maka iklan anda akan di temukan oleh orang yang membutuhkan informasi tersebut, dan orang tersebut pastinya sangat berpotensi untuk membeli produk anda, sangat efektif bukan?
Advertisement


Begitu juga jika mempromosikan produk dengan menggunakan media Facebook, sangat tertarget pula. Semisal anda akan menggunakan Facebook untuk memasarkan produk, kemudian anda membuat fanpage, maka fan page anda akan terlihat oleh semua orang atau akan di like oleh banyak orang berdasarkan minat mereka. Misal dengan minat olahraga, jika seseorang telah like fanpage anda, kemudian anda membuat postingan yang menawarkan seputar alat-alat olahraga, maka orang tersebut akan berpotensi untuk membeli produk yang anda tawarkan. Seperti itulah prinsipnya jika mempromosikan di media Google Adwords dan Facebook. Patut anda coba!

Baca juga: Tips pemasaran dan penjualan via facebook.

Atau jika anggaran anda minim sekali, cobalah untuk promosi produk pada kegiatan-kegiatan yang ada di sekitar anda, semisal kegiatan bazzar di kampus, seringkali sebuah universitas melakukan bazar sehingga anda dapat memanfaatkan hal tersebut. Walaupun sebenarnya iklan di Google Adwords dan Facebook juga tidak terlalu mahal kok, bisa di cek deh di Facebook, bahkan hanya Rp. 100.000 sudah bisa beriklan.

Lakukan Permainan Pelayanan
Cara ini bukan berarti anda mempermainkan pelayanan terhadap pelanggan anda, bukan itu! Tapi ini adalah cara memasarkan produk baru anda dengan strategi yang sedikit nakal tanpa merugikan dan melecehkan pelanggan. Perlu diketahui sebelumnya, dalam proses mempromosikan dan memasarkan produk anda, bukan berarti anda belum bisa melakukan penjualan, mungkin seorang konsumen telah mengenal produk anda dari promosi yang sebelumnya telah anda lakukan, permainan ini di mulai dari proses tersebut.

Saya contohkan bagaimana permainan pelayanan ini dilakukan, semisal saya adalah pengusaha baru dengan produk gelas yang tidak mudah pecah, kemudian saya melakukan promosi kepada para konsumen, dalam proses pemasaran produk tersebut saya mengkampanyekan bahwa jika ada gelas yang retak atau pecah dalam kotak gelas yang di beli, maka akan saya ganti dengan 2 kotak gelas secara gratis, kemudian jika ada konsumen yang membeli produk saya, saya sengaja menaruh 1 atau 2 gelas yang retak dan pecah di dalam kotak gelas. Sehingga konsumen akan protes jika telah mengetahui jika di dalam kotak gelas ada 1 atau 2 gelas yang retak dan pecah, sehingga konsumen pun akan meminta ganti 2 kotak gelas tanpa membayar lagi, kemudian saya pun akan menggantinya sesuai dengan apa yang telah saya kampanyekan.

Namun ingat, lakukan permainan ini diawal-awal saja. Permainan ini mungkin akan merugikan anda di awal, namun lihat bahwa pelayanan kita akan di nilai baik oleh konsumen sesuai dengan apa yang dikampanyekan. Bukan hanya itu, konsumen yang telah merasakan bentuk tanggung jawab dari pelayanan kita berpotensi menceritakan pengalaman membeli produk kita kepada teman-temannya dan orang yang mereka kenal, sehingga konsumen diharapkan akan merekomendasikan untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Berilah Permainan Diskon
Ketika anda memulai suatu usaha, anda tak perlu tergesa-gesa mencari keuntungan, bersabar dahulu dan utamakan pengembangan usaha terlebih dahulu. Berkaitan denga itu, anda dapat menggunakan cara memasarkan produk ini, yaitu dengan permainan diskon, permainan diskon mungkin akan mengurangi keuntungan anda, namun efek dari cara ini mungkin dapat anda pertimbangkan karena efeknya cukup positif.

Cara ini dapat anda lakukan dengan memberikan efek diskon kepada konsumen, anda menaikkan harga namun juga memberikan diskon, semisal harga normal produk anda adalah 50 ribu, anda naikkan menjadi 100, dan anda berikan diskon 50%, pada akhirnya harga tetap saja 50 ribu. Kenapa begitu? Kita lihat, pernahkah anda menemani belanja pacar anda, perhatikan cara memilih harga mereka, semisal mereka akan membeli baju, kemudian mereka memilih baju A dengan harga 100 ribu, tapi mereka tidak jadi membeli dengan alasan harga dianggap mahal, kemudian mereka mencari baju lain dan memilih baju B, baju B harga 200 ribu dengan diskon 50%, kemudian mereka memutuskan membeli baju B dengan alasan “aduh, sayang banget nih kalau tidak di beli, ada diskon 50%”. Padahalkan pada akhirnya harga tetap sama saja yaitu 100 ribu.

Itulah efek dari adanya diskon, mungkin cara ini dapat anda coba untuk memasarkan produk baru anda agar lebih mudah di kenal oleh konsumen.

Selanjutnya: Cara promosi dengan brosur.
---
Oke, sekian tips cara memasarkan produk baru dalam artikel ini, saya harap cara mempromosikan produk baru di atas dapat membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Semoga sukses.
Advertisement
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Harysukasuka
AUTHOR
31 December 2014 at 01:06 delete

waahhh,,, benar2 WOW,,, hee

Reply
avatar
Siti Mursilah
AUTHOR
31 December 2014 at 17:07 delete

Iya, semoga bermanfaat =D

Reply
avatar

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon