Waralaba Indomaret: Cara Bergabung, Persyaratan, dan Modal Yang Diperlukan

Advertisement
Waralaba Indomaret: Cara Bergabung, Persyaratan, dan Modal Yang Diperlukan - Sebagai salah satu toko ritel di Indonesia, Indomaret memiliki jaringan yang sangat luas. Minimarket ini menyediakan berbagai macam kebutuhan masyarakat, mulai dari kebutuhan primer hingga kebutuhan tersier. Hampir semua daerah di Indonesia, terjangkau oleh Indomaret. Berbagai fasilitas pun, digagas untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

Satu hal yang membuat Indomaret menyebar dengan cepat ke seluruh Indonesia, adalah karena sistem waralaba yang mereka jalankan sejak 1997. Indomaret membidik calon pengusaha setempat untuk berinvestasi. Sehingga makin banyak masyarakat, yang mengambil hak waralaba dari Indomaret. Track record yang panjang, ditunjang dengan sistem bisnis yang baik, membuat Indomaret memiliki nilai plus sebagai sebuah bisnis waralaba.

Sebelumnya, baca juga: Kelemahan dan keunggulan waralaba.

Waralaba Indomaret: Cara Bergabung, Persyaratan, dan Modal Yang Diperlukan
www.dmidgroup.com
Kelebihan Indomaret
Anda yang ingin mempunyai bisnis, bisa memilih Indomaret sebagai waralaba. Bisnis retail minimarket, seperti Indomaret ini terus berkembang, sesuai kebutuhan masyarakat. Berikut beberapa kelebihan Indomaret, seperti:

1. Sistem sudah terbangun. Salah satu keuntungan mengambil bisnis waralaba adalah sistem bisnisnya sudah terbangun dengan baik.

2. Menentukan pasar. Tim Indomaret akan melakukan survey terhadap lokasi yang diajukan, memenuhi persyaratan atau tidak untuk dibuka Indomaret.

3. Tidak membutuhkan alokasi waktu yang banyak. Karena sistemnya sudah berjalan dengan baik, maka pembeli waralaba hanya perlu duplikasi sistem.

4. Minim Resiko. Dengan diadakan survey sebelumnya, gerai Indomaret memiliki resiko yang sangat minim untuk gagal.

Jenis Investasi Indomaret
Untuk membuka gerai Indomaret, ada dua jenis investasi yang bisa dipilih yaitu:

1. Pembukaan gerai baru
Calon pe-waralaba yang ingin membuka gerai baru harus melewati berbagai tahapan, seperti presentasi awal tentang keinginan membuka gerai, survey kelayakan tempat usaha, perjanjian pengikatan & pembayaran franchise fee, pengukuran dan evaluasi, pengurusan izin gerai, pembangunan fisik gerai atau renovasi dan terakhir adalah pembukaan gerai.

2. Take over atau mengambil alih.
Sedangkan untuk mengambil alih kepemilikan biasanya dilakukan jika calon pe-waralaba yang belum memiliki lokasi. Setelah melakukan presentasi proposal gerai, pembayaran franchse fee dan mengurus izin gerai, baru kemudian proses take over dilakukan.

Besar Investasi Yang Diperlukan
Biaya investasi untuk pembukaan gerai baru sekitar 394 juta, terbagi atas biaya-biaya berikut ini:
- Franchise fee untuk 5 tahun sebesar 36 juta
- Promosi dan persiapan gerai sebesar 9, 5 juta
- Renovasi dan penambahan daya listrik sebesar 170, 5 juta
- Peralatan elektronik dan non elektronik sebesar 178 juta

Namun investasi sejumlah itu belum termasuk sewa gedung atau ruko. Apalagi jika pe-waralaba ingin membangun gedung atau ruko sendiri. Tentu biayanya menjadi lebih besar. Tetapi keuntungannya adalah gedung menjadi milik sendiri. Sedangkan untuk investasi take over, biayanya lebih besar. Mulai dari 600 juta, termasuk sewa gedung selama 5 tahun.
Advertisement


Prospek Waralaba Indomaret ke Depan
Kebutuhan masyarakat yang terus berkembang, membuat keberadaan toko ritel seperti Indomaret sangat diperlukan. Perubahan gaya hidup, juga membuat peluang pasar waralaba Indomaret, terbuka lebar. Masyarakat butuh kemudahan berbelanja kebutuhan rumah tangga. Selain itu, bisnis retail seperti Indomaret juga tergolong cukup aman terhadap dampak inflasi. Cash flow-nya cenderung stabil, sehingga cocok dijadikan investasi. Sistemnya yang sudah terbangun baik, memudahkan Anda menjalankan bisnis. Selain itu, Indomaret juga memiliki kemampuan untuk bersaing dengan retail sejenis. Dengan segala inovasinya, yang terus berkembang setiap waktu.

Inovasi Yang Terus Dilakukan Indomaret
Untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, Indomaret terus melakukan inovasi. Bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Bank Mandiri dan BCA, Indomaret memberikan fasilitas ATM di gerainya. Ada juga layanan pengiriman dan penerimaan uang dari Western Union. Pembelian tiket kereta api, tiket pesawat, voucher dan token,  I-paket, I-payment, virtual, rekening ponsel dan T-Cash.

Layanan ini memudahkan pelanggan yang ingin membayar tagihan bulanan mereka. Baru-baru ini, Indomaret meluncurkan inovasi baru, yaitu pesan antar ambil Indomaret. Inovasi ini merupakan penyempurnaan layanan jasa Indomaret pada pelanggan, selain layanan member bagi pelanggan setianya. Dengan memberikan voucher dan hadiah, bagi konsumen yang belanja dengan nominal tertentu.

Cara Bergabung/Membeli Waralaba Indomaret
Jika Anda berminat membeli waralaba Indomaret, berikut ini persyaratan yang harus dipenuhi:
  1. Merupakan warga negara Republik Indonesia yang dibuktikan dengan tanda pengenal penduduk atau KTP.
  2. Mempunyai lahan untuk lokasi usaha yang bertempat di daerah komersil. Luas lahan yang disiapkan sekitar 120 hingga 200 meter persegi. 
  3. Mempunyai surat -surat kelengkapan izin usaha, seperti IMB/IPB tempat usaha, SIUP, UUG/HO, TDP, NPWP dan lain-lain. 
  4. Menyediakan dana sesuai dengan jenis investasi yang dipilih. Apakah sebagai pe-waralaba yang membuka gerai Indomaret baru, atau sebagai pe-waralaba yang mengambil alih gerai Indomaret lama.
  5. Memiliki jiwa wirausaha, sanggup bekerja keras sesuai sistem, dan mau mengikuti misi & visi Indomaret. 
Setelah persyaratan di atas lengkap, Anda bisa menghubungi call center Indomaret di 1500-580 atau berkunjung ke websitenya www.indomaret.co.id untuk mengunduh form pendaftarannya. Mungkin akan membutuhkan waktu beberapa lama bagi tim Indomaret, untuk melakukan survey terhadap lokasi yang Anda ajukan.

Wilayah yang dijangkau Indomaret sekarang meliputi Pulau Jawa, Bali, Lombok, Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Samarinda, Makassar, Pontianak dan Manado. Jika hasil survey lokasi tersebut sudah ada, Anda akan segera dihubungi. Sehingga bisa menindaklanjuti hasil survey, dan melangkah ke tahap selanjutnya. Sebaiknya semangat Anda tetap terjaga dengan baik, dalam menjalankan bisninya. Walaupun sistem usahanya merupakan duplikasi, namun jika lengah bisa mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda. Selamat berwirausaha!

Selanjutnya: Waralaba Lekker Crepes, Kuliner lezat!
----
Itulah beberapa informasi terkait waralaba Indomaret, cara bergabung, persyaratan, dan modal yang dibutuhkan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membuka keinginan kalian untuk berwirausaha. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya kawan, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon