Waralaba TIKI: Bisnis Jasa Pengiriman Yang Semakin Menggiurkan - Pernah mengirim atau menerima paket? Tentu pernah, bukan. Apalagi zaman online shop seperti sekarang. Online shop juga membuat jasa ekspedisi makin berkibar. Salah satunya adalah TIKI. Tiki berawal dari tahun 1970-an, tepatnya 1 September 1970 oleh H.Soeprapto dan Hj Nuraini membentuk CV. Titipan Kilat yang berkantor di jalan Raden Saleh Raya no 2 Jakarta Pusat.
Perusahaan ini melihat peluang bisnis tingginya volume barang dan dokumen dibandara yang membludak. Saat itu hanya memiliki 2 cabang yaitu cabang semarang dan cabang pangkal pinang. Seiring dengan perkembangan perusahaan, TIKI mengalami perkembangan yang pesat hingga mempunyai cabang diseluruh Indonesia. Dua puluh tiga tahun kemudian, tanggal 31 Desember 1993 CV. Titipan Kilat menjadi perusahaan Perseroan Terbatas dengan nama PT. Citra Van Titipan Kilat.
Sebelumnya, baca juga: Tips memilih waralaba yang baik.
Biaya Yang Diperlukan Bila Ingin Menjadi Agen
TIKI membuka peluang bagi yang mau membuka usaha jasa pengiriman paket dan dokumen. Biaya yang di perlukan untuk membuka waralaba TIKI sebesar 17.500.000. Biaya tersebut meliputi biaya deposit pendirian gerai sebesar 10.000.000, dan 7.500.000 untuk biaya pengurusan izin atribut dan barang-barang logistik.
Selain itu, ada pula persyaratan administratif yang meliputi photo copy KTP, surat keterangan domisili usaha, surat ijin usaha perusahaan, NPWP Perusahaan, photo 4x6 sebanyak 4 lembar, sertifikat SIPJT (surat izin pengusahaan jasa titipan), photo lokasi dan spesifikasi bangunan, serta surat pernyataan tidak bekerja sama dengan perusahaan pengiriman lain.
Persyaratan Lokasi dan Gerai Yang Dianjurkan
Untuk membuka sebuah gerai TIKI, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
1. Minimal lulusan SMA dan minimal 2 orang karyawan
2. Wajib mengikuti training yang disediakan
3. Mau melakukan penjemputan barang kepada pelanggan disekitar gerai atau agen
4. Berpenampilan menarik, bersedia menggunakan seragam TIKI serta sehat jasmani dan rohani
Jam buka operasional TIKI
Senin-Jumat : 08.00-21.00
Sabtu : 08.00-17.00
Informasi mengenai marketing dan keagenan dapat menghubungi: Divisi Marketing dan Agen. Jl. Pemuda Kav 710-711 Rawamangun Jakarta Timur 13220. Tlp: 021-4704979/Fax; 021-47882480
Advertisement
Pelayanan TIKI
Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan, TIKI tidak pernah berhenti untuk terus selalu berinovasi, apa saja inovasi TIKI?
1.TIKI Mobile Apps
Aplikasi TIKI dapat akses melalui smartphone sehingga konsumen lebih gampang untuk mengecek tarif dan layanan cek barang atau dokumen
2.TIKI Drive Thru
Layanan ini di peruntukan bagi konsumen yang ingin mengirimkan paket barang atau dokumen tanpa harus parkir kendaraan.
3. TIKI Tooz member
Tooz member ini berupa voucher diskon dan kupon berhadiah, yang dapat ditukarkan secara online.
Produk-produk TIKI Antara Lain:
Saat ini TIKI mempunyai 500 kantor cabang yang tersebar dipelosok Indonesia. Tersedianya call center selama 24 jam yang dapat dengan mudah melakukan pengecekan pengiriman pada 9 titik sales counter. Memiliki sistem jaringan dengan dilengkapi komputerisasi sehingga dapat dimonitor dari awal barang dikirim hingga sampai penerimaan barang. Sumber daya manusia yang ramah dan berjiwa melayani telah disiapkan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.
Prospek Bisnis Dimasa Yang Akan Datang
Indonesia yang memiliki jumlah penduduk kurang lebih sebesar 250 juta jiwa, urutan ke-4 di dunia, merupakan pangsa pasar yang potensial untuk memasarkan barang maupun jasa. Terlebih 100 juta penduduknya merupakan pengguna setia smartphone dan sangat gandrung berbelanja online.
Perdagangan elektronik atau yang kita kenal dengan sebutan e-commerce banyak bermunculan bak cendawan di musim hujan. Melihat pasar yang beralih ke internet marketing, perusahaan jasa pengiriman memiliki pangsa pasar yang luas.Terlebih pelayanan jasa pengiriman barang ini telah tersedia melalui aplikasi smartphone dan mudah digunakan. Pangsa pasar TIKI masih terbuka lebar dengan banyak bermunculan onlineshop dan munculnya perdagangan elektronik atau e-commerce yang semakin berkembang pesat.
Selanjutnya: Waralaba Indomaret, cara bergabung dan persyaratannya.
----
Oke ya, itulah sedikit informasi tentang waralaba tiki salah satu perusahaan jasa pengiriman terbaik di indonesia. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah semangat serta ide-ide bisnis kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Perusahaan ini melihat peluang bisnis tingginya volume barang dan dokumen dibandara yang membludak. Saat itu hanya memiliki 2 cabang yaitu cabang semarang dan cabang pangkal pinang. Seiring dengan perkembangan perusahaan, TIKI mengalami perkembangan yang pesat hingga mempunyai cabang diseluruh Indonesia. Dua puluh tiga tahun kemudian, tanggal 31 Desember 1993 CV. Titipan Kilat menjadi perusahaan Perseroan Terbatas dengan nama PT. Citra Van Titipan Kilat.
Sebelumnya, baca juga: Tips memilih waralaba yang baik.
Biaya Yang Diperlukan Bila Ingin Menjadi Agen
TIKI membuka peluang bagi yang mau membuka usaha jasa pengiriman paket dan dokumen. Biaya yang di perlukan untuk membuka waralaba TIKI sebesar 17.500.000. Biaya tersebut meliputi biaya deposit pendirian gerai sebesar 10.000.000, dan 7.500.000 untuk biaya pengurusan izin atribut dan barang-barang logistik.
Selain itu, ada pula persyaratan administratif yang meliputi photo copy KTP, surat keterangan domisili usaha, surat ijin usaha perusahaan, NPWP Perusahaan, photo 4x6 sebanyak 4 lembar, sertifikat SIPJT (surat izin pengusahaan jasa titipan), photo lokasi dan spesifikasi bangunan, serta surat pernyataan tidak bekerja sama dengan perusahaan pengiriman lain.
Persyaratan Lokasi dan Gerai Yang Dianjurkan
Untuk membuka sebuah gerai TIKI, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
- Lokasi Gedung, diutamakan berlokasi di pinggir jalan dan tersedia tempat parkir mobil minimal 2 kendaraan.
- Standar Gedung, bangunan permanen berukuran minimal 3x3 meter
- Gerai sesuai standar dari kebijakan TIKI
- Memiliki jaringan telepone, fax dan alat tulis kantor, timbangan Digital kapasitas 30 kg dan timbangan Kasar kapasitas 150 kg
- Tersedia minimal 1 unit komputer dan printer
- Tersedia modem dan USB
- Punya alamat e-mail sebagai penanggung jawab
- Tersedia mesin elektronik data capture beberapa bank terkenal seperti Bank BCA, BRI, Mandiri dan BNI
1. Minimal lulusan SMA dan minimal 2 orang karyawan
2. Wajib mengikuti training yang disediakan
3. Mau melakukan penjemputan barang kepada pelanggan disekitar gerai atau agen
4. Berpenampilan menarik, bersedia menggunakan seragam TIKI serta sehat jasmani dan rohani
Jam buka operasional TIKI
Senin-Jumat : 08.00-21.00
Sabtu : 08.00-17.00
Informasi mengenai marketing dan keagenan dapat menghubungi: Divisi Marketing dan Agen. Jl. Pemuda Kav 710-711 Rawamangun Jakarta Timur 13220. Tlp: 021-4704979/Fax; 021-47882480
Pelayanan TIKI
Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan, TIKI tidak pernah berhenti untuk terus selalu berinovasi, apa saja inovasi TIKI?
1.TIKI Mobile Apps
Aplikasi TIKI dapat akses melalui smartphone sehingga konsumen lebih gampang untuk mengecek tarif dan layanan cek barang atau dokumen
2.TIKI Drive Thru
Layanan ini di peruntukan bagi konsumen yang ingin mengirimkan paket barang atau dokumen tanpa harus parkir kendaraan.
3. TIKI Tooz member
Tooz member ini berupa voucher diskon dan kupon berhadiah, yang dapat ditukarkan secara online.
Produk-produk TIKI Antara Lain:
- SDS (Same Day Service). Layanan pengiriman paket atau barang paling cepat sampai dan pada hari itu juga.
- Service INT (International). Layanan pengiriman paket atau dokumen keluar negeri
- Service ONS (Over Night Service). Layanan pengiriman paket atau dokumen dalam waktu sehari
- TDS (Two Days Service). Layanan pengiriman paket atau dokumen yang sampai ketempat tujuan dalam waktu 2 hari
- HDS (Holiday Delivery Service). Layanan pengiriman paket atau dokumen pada hari libur
- REG (Regular). Layanan pengiriman paket atau dokumen yang sampai ke tempat tujuan antara 3-4 hari
- ECO (Economy). Layanan pengiriman paket atau dokumen dengan tarif termurah dan terjangkau
- Jempol (Jemput Online). Layanan penjemputan barang atau paket yang diakses melalui website dan aplikasi
- Asuransi. Biasanya yang diasuransikan berupa barang elektronik dan dokumen penting.
- Packing. Packing pengiriman berupa amplop, kayu untuk barang pecah belah atau kardus.
- Repack. Pelayanan jasa kemasan yang kurang baik menjadi lebih aman dan eye catching.
Saat ini TIKI mempunyai 500 kantor cabang yang tersebar dipelosok Indonesia. Tersedianya call center selama 24 jam yang dapat dengan mudah melakukan pengecekan pengiriman pada 9 titik sales counter. Memiliki sistem jaringan dengan dilengkapi komputerisasi sehingga dapat dimonitor dari awal barang dikirim hingga sampai penerimaan barang. Sumber daya manusia yang ramah dan berjiwa melayani telah disiapkan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.
Prospek Bisnis Dimasa Yang Akan Datang
Indonesia yang memiliki jumlah penduduk kurang lebih sebesar 250 juta jiwa, urutan ke-4 di dunia, merupakan pangsa pasar yang potensial untuk memasarkan barang maupun jasa. Terlebih 100 juta penduduknya merupakan pengguna setia smartphone dan sangat gandrung berbelanja online.
Perdagangan elektronik atau yang kita kenal dengan sebutan e-commerce banyak bermunculan bak cendawan di musim hujan. Melihat pasar yang beralih ke internet marketing, perusahaan jasa pengiriman memiliki pangsa pasar yang luas.Terlebih pelayanan jasa pengiriman barang ini telah tersedia melalui aplikasi smartphone dan mudah digunakan. Pangsa pasar TIKI masih terbuka lebar dengan banyak bermunculan onlineshop dan munculnya perdagangan elektronik atau e-commerce yang semakin berkembang pesat.
Selanjutnya: Waralaba Indomaret, cara bergabung dan persyaratannya.
----
Oke ya, itulah sedikit informasi tentang waralaba tiki salah satu perusahaan jasa pengiriman terbaik di indonesia. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah semangat serta ide-ide bisnis kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
No comments:
Post a Comment
Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.