7 Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Advertisement
7 Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa dan Pelajar – Memiliki usaha atau bisnis sendiri memang cukup membanggakan, begitu juga dengan para mahasiswa dan pelajar yang cenderung lebih suka untuk mandiri dengan mencoba mencari uang dengan melakukan usaha dan bisnis kecil-kecilan. Tapi memang tidak semudah yang dibayangkan, yang menjadi kendala utama adalah apa yang akan dikomersilkan? Bagaimana mengkomersilkannya?

Jika kalian belum tahu bisnis apa yang memungkinkan bagi anda untuk dijalankan, tiru saja apa yang orang lain komersilkan, mungkin bisnis tersebut cocok buat anda, sebenarnya untuk berbisnis dengan meniru apa yang telah dilakukan orang lain bukanlah suatu dosa, asal anda memiliki kreatifitas dengan melakukan pembeda pada produk atau jasa yang ditawarkan, agar tampil beda.

Atau kalau kalian tidak mau meniru bisnis orang lain, dan pengen merintis bisnis yang berbeda, mungkin  ide bisnis berikut ini cocok untuk kalian para mahasiswa dan pelajar.

Baca juga: Cara membangun mental bisnis yang kuat.

7 Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Bisnis Online – Blogging
Bisnis online dengan blogging sampai artikel ini dibuat saya pribadi masih menjalankannya, dan hasilnya cukup lumayan. Dari pengalaman saya didunia blogging, bisnis ini sangat mudah untuk dilakukan, bukan hanya mudah namun modal juga sangat minim sekali, modal yang diperlukan hanya computer/laptop dan koneksi internet (kalau tidak ada, bisa diwarnet).

Dalam blogging, kalian bisa menghasilkan uang melalui iklan, afiliasi, dan yang lainnya. Jika ingin menghasilkan uang dengan iklan, kalian dapat bergabung dengan google adsense, innity, adstars, adplus, atau perusahaan lain yang kalian anggap menjanjikan. Sedangkan jika ingin berafiliasi, konsepnya sama dengan beriklan, yaitu kalian harus menentukan perusahaan mana yang akan dijadikan partner afiliasi anda.

Untuk memulai bisnis ini, kalian perlu menyiapkan sebuah blog atau website, membuat blog sangatlah mudah dan cepat, bisa gratis atau berbayar, untuk pemula mungkin gratisan dulu. (searching di google : bagaimana caranya membuat blog), setelah blog telah dibuat dan diisi dengan apa yang kalian inginkan serta traffic cukup banyak, kalian bisa pasang iklan dan afiliasi di blog kalian, dan tunggu uang mengalir ke kantong kalian para mahasiswa dan pelajar.

Update: Gurihnya mencari uang di Youtube.

Bisnis Jasa Bimbingan Belajar
Saya rasa bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa dan pelajar karena saat ini banyak sekali orangtua yang mencari guru privat buat putra putri mereka,sedangkan kalian tentu sudah sangat menguasai ilmu sesuai dengan bidang yang kalian pelajari. Dalam bisnis bimbingan belajar, kalian dapat menargetkan siswa/siswi SD, SMP, atau SMA.

Bisnis ini memiliki resiko yang sangat-sangat kecil, tantangan paling besar anda hanyalah masalah kepuasan pelanggan, jadi pastikan bahwa pelanggan puas dengan bimbingan yang kalian berikan, untuk itu kalian harus benar-benar menguasai materi yang diajarkan, sabar, lemah lembut, dan murah senyum.
Advertisement


Bisnis Jasa Penulisan
Anda tentu sebagai mahasiswa dan pelajar sudah sering menulis suatu naskah, makalah, tugas dan sebagainya. Tentu anda sendiri pasti terkadang merasa lelah ketika menulis, dan mencoba untuk mencari bantuan, tapi sayangnya orang yang dimintai bantu sering enggan membantu, itu karena tidak menerima imbalan. Hal tersebut sebenarnya dapat dimanfaatkan menjadi sebuah bisnis yang cukup menjanjikan untuk mahasiswa dan pelajar, ketika teman kalian merasa malas atau lelah dalam menulis artikel, meresume, dan sebagainya, disitu kalian dapat menawarkan sebuah jasa, tentu dengan imbalan yang sewajarnya sesuai dengan tingkat kesulitan.

Bisnis Pulsa
Bisnis lain yang sederhana dan mudah yang dapat dijalankan adalah bisnis pulsa, dijaman sekarang ini siapa sih yang tidak membutuhkan pulsa, bahkan anak SD pun tidak jarang yang membutuhkannya, apalagi pelajar setingkat mahasiswa. Karena saking banyaknya yang membutuhkan, hal ini menyebabkan terbukanya pasar yang luas bagi semua pihak, termasuk anda. Anda tentu memiliki banyak teman dalam perkuliahan, atau teman main, nah teman-teman kalian itu bisa ditawari dengan jasa pulsa anda. “kalo butuh pulsa, SMS aja” sangat praktis, simple, dan cepat, hal ini cenderung membuat orang yang mengenal anda memakai jasa yang anda tawarkan.

Bisnis Jasa Pemandu Tour
Nah keuntungan kalian menjadi pelajar mahasiswa adalah memiliki waktu luang yang banyak, mungkin kalian seperti saya yang menghabiskan waktu luang dengan mengunjungi tempat-tempat terkenal dikota anda. Pengalaman akan tempat-tempat terkenal (termasuk penginapan, makanan) bisa dijadikan sebuah bisnis, carilah wisatawan yang membutuhkan pemandu wisata kemudian tawarkan jasa anda, kalau anda pintar bahasa inggris maka wisatawan luar negeri sangatlah menjanjikan.

Untuk memulai bisnis jasa pemandu tour ini, kalian dapat memulainya dengan membuat brosur yang menerangkan tentang jasa yang kalian tawarkan, kemudian kalian sebar di tempat-tempat yang strategis. Atau kalian bisa juga memasarkannya dengan cara mulut ke mulut.

Bisnis Penjualan Online : Dropshipping
Dropshipping merupakan penjualan online yang sangat mudah sekali, dimana si penjual tidak harus menyiapkan produk, hanya tinggal mencari calon pembeli dan menjualnya. Dalam melakukan bisnis ini, kalian harus memiliki partner, semisal sebuah perusahaan toko online, ketika perusahaan tersebut menawarkan dropshipping, anda pun mendaftar, kemudian kalian memilih produk dari perusahaan tersebut untuk kalian jual, setelah memilih produk kemudian kalian menjualnya, setelah itu anda hanya perlu melapor ke perusahaan partner anda data dari pembeli anda tersebut, perusahaan partner pun akan segera mengirim barang yang telah dipesan oleh pembeli anda.

Bisnis Angkringan – Tempat Nongkrong Lesehan
Saya hidup di kota gudeg, Yogyakarta, disini angkringan adalah tempat asyik untuk ngobrol sambil menikmati jajanan. Saking enaknya jajanan model angkringan, pelanggan pun membludak sehingga orang yang terjun ke bisnis angkringan semakin banyak tiap harinya. Bisnis ini sangat mudah untuk dijalankan, modal yang dibutuhkan sekitar 3 jutaan, sedangkan untuk makanan yang akan dijual bisa bikin sendiri atau mencari orang yang ingin menjual makanannya di angkringan kita. Selama saya hidup hingga sekarang, saya tidak pernah melihat sebuah angkringan itu sepi, hal ini menandakan bahwa bisnis ini cukup menjanjikan. Angkringan bener-bener bisnis yang cocok untuk mahasiswa dan pelajar karena bukan hanya mudah, namun modal yang diperlukan relative kecil, serta pelanggan juga cukup banyak. Patut untuk dicoba!

Baca juga: Cara memulai usaha
---
Jangan khawatir untuk gagal ketika akan memulai sebuah bisnis dan usaha, pepatah kuno mengatakan bahwa kegagalan adalah awal dari keberhasilan, karena dalam proses kegagalan tersebut terdapat sebuah ilmu yang sangat berharga, yaitu pengalaman.

Oke, mungkin hanya itu saja yang dapat saya share tentang ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa dan pelajar, semoga ide-ide bisnis diatas salah satunya dapat cocok buat anda.
Advertisement
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Arham
AUTHOR
8 November 2016 at 14:20 delete

Bicara tentang investasi untuk mahasiswa saya jadi teringat tentang layanan investasi peer to peer lending yang sedang happening. Amartha.com

Mereka memberikan layanan khusus bagi ibu ibu pedesaan dan itu juga berarti memberikan nilai lebih dari investasi yang diberikan, bukan saja membuka peluang investasi modal kecil bagi mahasiswa tapi juga investasi berdampak sosial.

Reply
avatar

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon