Tips Jitu Cara Mempertahankan Pelanggan

Advertisement
Cara Mempertahankan Pelanggan – Tantangan bagi para pelaku bisnis dan usaha setelah berhasil menarik pelanggan adalah bagaimana mereka mempertahankan pelanggan agar tetap setia memakai produk yang kita tawarkan? Tidak jarang pelanggan akan beralih dan meninggalkan kita, mungkin pelanggan merasa kurang nyaman atau kurang puas membeli produk yang di tawarkan. Ini tentu sangat tidak menguntungkan, karena pelanggan adalah aspek yang begitu penting untuk prospek saat ini maupun masa yang akan datang. Berapa pun pelanggan yang meninggalkan kita, harus menjadi perhatian, sekuat tenaga kita harus dapat mempertahankan pelanggan karena ini adalah penyakit yang menular.

Mungkin anda saat ini mengalami kondisi seperti ini yaitu “di tinggalkan oleh pelanggan”. Jika iya, maka saat ini anda sedang menghadapi penyakit yang berbahaya, anda harus segera mencari dokter yang handal. Seperti halnya tips cara mempertahankan pelanggan berikut ini yang mungkin dapat menjadi obat untuk penyakit yang sedang anda hadapi.

Sebelumnya, baca juga: Tips menggaet konsumen wanita.

Apakah Produk Telah Sesuai Dengan Yang Anda Tawarkan?
Perhatikan! ini sangat penting. Anda mungkin dapat menarik pelanggan sebanyak-banyaknya seperti yang anda harapkan, pelanggan mungkin akan membeli produk anda karena tertarik dengan apa yang anda tawarkan ketika anda menawarkan produk. Sebenarnya ini sangat bagus, seperti kinclongnya emas, namun jika apa yang anda tawarkan ternyata tidak sesuai dengan produk yang anda jual kepada para pelanggan maka bisnis anda akan hancur, seperti kotornya besi karatan. Jika anda melakukan hal ini, bukannya anda melawan penyakit tapi malah mengebom usaha dan bisnis anda dengan penyakit.

Cara-cara yang tidak baik seperti ini harus anda hindari, karena hanya bersifat sementara. Sebaiknya anda tawarkan produk anda sesuai dengan kondisi dan apa adanya, jangan bilang A jika Produk anda adalah B. Sebenarnya anda boleh membuat penawaran semenarik mungkin, tapi ini juga harus di sesuaikan dengan produknya, jangan sampai mengecewakan harapan pelanggan. Jika pelanggan tertarik dengan produk anda, dan ternyata produk sesuai dengan yang di tawarkan, alhasil pelanggan akan puas. Dan tentu saja anda tahu apa yang akan terjadi jika pelanggan merasa puas.

Tips Jitu Cara Mempertahankan Pelanggan

Bagaimana Dengan Produk Yang Anda Tawarkan?
Dalam upaya mempertahankan pelanggan, anda juga harus memperhatikan produk anda terhadap produk pesaing. Tidak di pungkiri bahwa pelanggan juga mencari produk yang menurut mereka yang terbaik, jadi anda harus memperbaiki produk anda agar dapat bersaing dengan pesaing. Bukan hanya dari sisi kualitas, namun juga dari sisi harga, tampilan, inovasi, dan nilai tambah. Semisal jika anda tidak bisa bersaing dari sisi kualitas, maka gunakanlah faktor harga, harga yang murah dan terjangkau juga merupakan keunggulan produk, terkadang yang terbaik menurut pelanggan juga termasuk dari sisi harga.

Dalam hal ini, anda juga dapat melakukan inovasi dan nilai tambah yang tidak di berikan oleh para pesaing, buatlah sesuatu yang unik dan berbeda tanpa menghilangkan kemanfaatannya.

Jangan Hanya Ingin Mencari Pelanggan Baru
Pelanggan baru memang penting, dan kita juga memang seharusnya memperluas jangkauan pelanggan baru. Namun begitu, janganlah anda melupakan pelanggan lama anda, berilah perhatian dan pelayanan yang sama baiknya dengan pelanggan baru. Anda mungkin dalam upaya menarik pelanggan baru membuat promo diskon dan sesuatu hal yang menarik, apa yang anda lakukan ini seharusnya juga anda berikan kepada pelanggan lama anda.
Advertisement


Selain itu, anda juga dapat melakukan komunikasi yang baik dengan mereka, anda dapat memanfaatkan media social seperti Google+, Facebook, Twitter, dan media social lainnya. Gunanya agar anda lebih mudah menjangkau semua yang menjadi pelanggan anda, dan juga pelanggan mungkin akan merasa lega jika mereka telah menyampaikan apa yang menjadi keluh kesah mereka.

Bangun Sistem Keanggotaan
Membangun system keanggotaan tidak mengharuskan anda untuk membuat struktur keanggotaan yang rumit itu, anda hanya perlu membuat kartu member atau kartu anggota saja yang akan anda tawarkan kepada para pelanggan. Nantinya jika pelanggan membuat kartu member, maka pelanggan akan mendapatkan keistimewaan, seperti diskon, bonus, undian berhadiah, atau keistimewaan lainnya. Tentu cara ini akan sangat menarik untuk di lakukan sehingga pelanggan akan betah dan tidak lari dari kita.

Perhatikan Kritik dan Saran Yang Anda Terima
Yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan adalah kritik dan saran yang anda terima. Sekuat tenaga anda harus berupaya memberikan solusi terhadap kritik yang di terima, jangan diabaikan karena terkesan tidak peduli. Jika seandainya anda tidak dapat mengatasi kritikan yang masuk, berilah penjelasan yang logis dan rasional kepada pelanggan.

Begitu juga dengan saran yang anda terima, saran merupakan upaya pelanggan dalam memperbaiki produk ataupun pelayanan menjadi lebih baik, jadi kenapa tidak anda lakukan! Namun sekali lagi, jika anda tidak dapat melakukan saran yang di berikan, maka berilah alasan dan penjelas yang logis serta rasional. Dengan anda menanggapi kritik dan saran (walau anda tidak dapat melakukannya) pelanggan akan merasa di hormati dan di perhatikan, setidaknya ini akan menjadi obat kekecewaan pelanggan.

Berilah Penghargaan Kepada Mereka
Untuk melakukan cara ini, anda tidak perlu memikirkan penghargaan yang terlalu tinggi, hanya sekedar ucapan terimakasih pun sudah menjadi suatu penghargaan kepada mereka para pelanggan. Atau anda juga bisa meranking beberapa pelanggan yang paling aktif dalam melakukan pembelian, kemudian pelanggan tersebut anda kirimi hadiah khusus, pesan khusus, ucapan terimakasih, atau bisa juga anda mengundang mereka untuk hadir di acara-acara tertentu, seperti ulang tahun perusahaan, pembukaan cabang baru, atau acara-acara lainnya yang sekiranya dapat membuat mereka tersanjung.

Selanjutnya: Cara jitu promosi produk secara online.
---
Yuph, mungkin cukup sampai di sini tips jitu cara mempertahankan pelanggan dalam artikel ini, semoga cara mempertahankan pelanggan di atas dapat memberikan nilai lebih buat anda. Salam sukses.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon