Manfaat Asuransi Secara Umum

Advertisement
Manfaat Asuransi Secara Umum – Asuransi sangat cocok untuk anda jika anda begitu khawatir dengan apa-apa yang anda miliki, asuransi akan memberikan keamanan dan jaminan seperti yang anda harapkan selama ini. Tentunya ada banyak sekali hal-hal yang mungkin ingin anda lindungi, mulai dari harta benda, kesehatan, pendidikan, atau bahkan jiwa anda, di sinilah asuransi akan sangat bermanfaat.

Dengan asuransi pula, anda dapat terhindar dari kekhawatiran, kecemasan, ketakutan akan kerugian yang mungkin akan menimpa anda kelak. Di samping itu, saat ini juga sudah ada begitu banyak perusahaan yang menawarkan asuransi dengan premi yang ringan dengan syarat & ketentuan yang begitu mudah, sehingga tak heran jika ada banyak pihak yang sudah memanfaatkan asuransi sebagai pelindung mereka.

Satu hal yang sudah pasti, bahwa kita bukanlah Tuhan, sehingga apapun kondisi, musibah, dan bencana dapat kapan saja menimpa kita, dalam artian bahwa apapun yang akan menimpa kepada kita penuh dengan ketidak pastian, kerugian dapat menimpa kita kapan saja dan di mana saja. Namun masalah ini dapat kita selesaikan dengan cara yang ampuh, yaitu dengan asuransi. Manfaat asuransi begitu banyak, hampir setiap resiko yang anda hadapi dapat di selesaikan dengan asuransi. Nah, tahukah anda apa saja manfaat asuransi itu? Simak ulasannya berikut ini.

Sebelumnya, baca juga cara kerja asuransi

Manfaat Asuransi Secara Umum
Perlindungan Dari Resiko-resiko Yang Anda Hadapi
Seperti yang telah saya singgung di atas bahwa asuransi dapat mengatasi resiko-resiko yang anda miliki. Dengan asuransi, anda tidak perlu lagi khawatir dengan hal-hal yang anda miliki seperti harta benda, kesehatan, pendidikan, dan jiwa. Ambil contoh asuransi pendidikan, dengan anda menjadi nasabah asuransi maka anda tidak perlu risau dengan mahalnya pendidikan buat keluarga anda kelak, tentu pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk keluarga, jadi sekiranya patut untuk menjadikan pendidikan sebagai hal yang harus keluarga anda miliki, terutama untuk pendidikan masa depan anak-anak anda.

Asuransi kesehatan, dengan adanya asuransi maka setiap kali anda menderita sakit, perusahaan asuransi dapat menanggung semua biaya pengobatan. Seperti yang kita tahu bersama bahwa saat ini biaya pengobatan sangat mahal, sehingga akan menjadi beban tersendiri jika di masa depan kita harus menderita menyakit yang berat, sedangkan kebutuhan hidup semakin hari juga semakin mahal.

Asuransi harta benda, ini adalah asuransi untuk barang-barang mewah anda, seperti pesawat pribadi, mobil, motor, rumah, bangunan toko atau ruko, dan lain-lain. Barang kesayangan tentu harus anda sayang, namanya saja kesayangan. Apalagi jika berkaitan dengan nafas dari bisnis kita seperti toko dan ruko, tentu hal-hal seperti ini butuh pengamanan yang baik. Lain halnya jika asuransi jiwa, asuransi ini untuk menjamin anda jika suatu ketika anda tertimpa musibah yang fatal atau kematian atau cacat permanen.
Advertisement


Pengelolaan Keuangan Yang Baik
Dalam asuransi, anda sebagai nasabah akan diwajibkan untuk membayar premi tertentu yang sudah di tetapkan oleh perusahaan asuransi di awal, mungkin sekilas ini akan seperti menjadi beban anda karena harus mengeluarkan uang tambahan, tapi sebenarnya tidak demikian. Asuransi jika di lihat lebih dalam malah justru akan membantu anda dalam mengatur keuangan keluarga, kok bisa? Asuransi itu seperti halnya menabung, anda membayar premi (anggap saja untuk menabung) untuk kebutuhan di masa yang akan datang.

Mungkin timbul pertanyaan, kenapa harus asuransi? Kenapa kok tidak menabung sendiri saja? Jawabannya sangat mudah, yaitu karena membayar premi asuransi diwajibkan, sehingga anda akan rutin dan disiplin. Berbeda jika anda menabung sendiri, apa anda yakin bisa rutin? Bisa disiplin? Bisa konsisten? Sedangkan godaan untuk belanja sangatlah menggiurkan.

Keefisienan dan Keefektivitasan
Manfaat asuransi selanjutnya berkaitan dengan efisiensi dan efektivitas, kita sudah tahu bahwa tujuan adanya asuransi adalah untuk menjamin resiko yang kita miliki. Asuransi menawarkan kepada kita kemudahan dan juga biaya yang rendah, sehingga akan lebih efisien dan efektif dalam menjamin resiko. Bandingkan jika kita harus menanggung sendiri semua resiko yang ada, bukankah akan sangat merepotkan? Ambil contoh jika semisal toko anda runtuh karena gempa bumi, daripada anda harus membangun toko lagi yang memerlukan biaya tidak sedikit, mending dari awal kita jaga-jaga dengan mengasuransikan toko tersebut, akan lebih efektif dalam menjaga dan lebih efisien dalam biaya.

Banyak orang berpikiran terlalu optimis bahwa belum tentu diri mereka akan tertimpa musibah, daripada membuang-buang uang untuk membayar premi asuransi yang nantinya belum tentu ada klaim, mending untuk kebutuhan yang lainnya. Alhasil ketika musibah benar-benar terjadi, mereka mengalami kerugian yang lebih besar. Padahal kita tidak tahu apa yang akan menimpa kita, kenapa kita tidak cari aman, apa salahnya jika kita berjaga-jaga menjamin masa depan.

Kemudahan Dalam Mengajukan Pinjaman Di Bank
Manfaat asuransi akan sangat anda rasakan jika anda saat ini memiliki usaha dan akan mencari pinjaman di bank. Pihak bank biasanya akan lebih mudah memberikan pinjaman jika asset usaha anda sudah di asuransikan. Dalam memberikan pinjaman, bank tentu butuh jaminan dari asset yang anda miliki, seperti gedung, mesin, kendaraan, dan asset-aset lainnya. Logikanya jika asset anda belum  di asuransikan, dan mengalami musibah yang menyebabkan asset tidak berguna lagi, sedangkan anda tidak bisa membayar hutang kepada bank, maka nantinya apa yang akan di sita oleh bank? Pihak bank tentu akan berpikir demikian, mereka juga memiliki kepentingan, jika anda tidak bisa membayar hutang maka bank harus menyita asset anda. Jika kebergunaan asset anda pun di ragukan, bagaimana bank dapat memberikan pinjaman untuk anda? Untuk itulah sekiranya penting mengasuransikan asset-aset yang anda miliki.

Jangan lewatkan: Manfaat asuransi untuk bisnis anda.

Alat Investasi
Anda ingin investasi sekaligus melakukan proteksi, jawabannya adalah asuransi unit-link. Di asuransi unit-link, anda dapat melakukan investasi dan juga proteksi secara bersama-sama. Nantinya premi yang anda bayarkan akan di alokasikan untuk proteksi dan juga investasi, investasi akan di lakukan oleh perusahaan di reksadana, anda boleh memilih mau investasi di reksadana saham, reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, atau reksadana campuran. Dalam asuransi ini, premi yang harus di bayarkan paling tinggi jika di bandingkan dengan asuransi lainnya, dan juga yang perlu anda perhatikan adalah nilai proteksi yang tidak terlalu besar, yaitu maksimal hanya Rp. 250 juta.

Baca juga: Resiko dan keuntungan investasi reksadana
---
Yosh, mungkin hanya itu saja ulasan seputar manfaat asuransi yang dapat saya berikan kepada anda semuanya. Semoga ulasan mengenai manfaat asuransi di atas dapat membantu dan memberikan informasi yang lebih luas.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon