Tips Jualan Di Facebook Agar Mudah Laku (Pemasaran Via Media Sosial)

Advertisement
Tips Jualan Di Facebook Agar Mudah Laku (Pemasaran Via Media Sosial) – Lebih dari 60 juta masyarakat di Indonesia sudah menggunakan facebook, mulai dari anak-anak hingga manula sudah menggunakannya, ini artinya facebook merupakan segmen pasar yang menjanjikan. Melakukan pemasaran produk melalui facebook bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu berbayar dan gratisan.

Kalau anda melakukan pemasaran dengan cara berbayar, sudah tentu produk anda akan mendapatkan dukungan langsung dari si empunya facebook, hal ini jelas akan efektif sekali. Tapi untuk pembahasan kali ini, kita hanya akan membahas bagaimana menjual/memasarkan produk di facebook secara gratis namun efektif karena mudah laku dan tidak mengganggu orang lain secara berlebihan, untuk yang berbayar akan dijelaskan pada kesempatan yang lain.

Isu yang paling hangat ketika sedang melakukan pemasaran di facebook adalah masalah efektivitas, privasi, dan keberlanjutan, ketiga hal tersebut benar-benar wajib anda perhatikan. Efektivitas sangat erat kaitannya dengan ketepatan target dan keterlihatan produk, jadi disini anda harus fokus bagaimana menemukan si target dan bagaimana produk anda tersebut dapat diketahui oleh si target. Masalah privasi erat kaitannya dengan cara pemasaran anda yang dianggap mengganggu, anda pernah di “tag” iklannya orang lain? Kalau tag tersebut relevan dan tidak terlalu sering mungkin tidak masalah, tapi bagaimana jadinya jika tag yang benar-benar tidak relevan dan terlalu sering? Bisa jadi anda akan diblokir oleh banyak orang.

Baca juga: Bisnis yang cocok untuk mahasiswa dan pelajar.

Tips Jualan Di Facebook Agar Mudah Laku (Pemasaran Via Media Sosial)

Sedangkan masalah keberlanjutan kaitannya dengan efektivitas dan privasi yang dijelaskan diatas, semakin efektif anda melakukan pemasaran dan menjual produk di facebook, semakin lama pula bisnis anda berdiri, semakin anda menjaga privasi orang lain, semakin lama pula usaha anda dapat berjalan. Lalu, yang jadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana kita menjalankan ketiga cara tersebut? Nah, untuk mengetahui jawabannya, silahkan anda baca tips jualan di facebook yang saya berikan berikut ini.

Mencari Target
Sebelum beralih ke langkah yang lebih jauh, pastikan dahulu bahwa produk yang akan anda pasarkan dan dijual merupakan produk yang banyak memiliki peminat, seperti fashion atau produk kecantikan. Produk yang memiliki banyak peminat jelas akan memudahkan anda dalam menemukan si target, tapi ingat jangan menjual produk yang melanggar hukum dan terdapat unsur penipuannya, itu jelas hanya akan kerugikan diri anda sendiri.

Oke, setelah anda memiliki produk, kini saatnya anda mencari target. Pertama, beritahu terlebih dahulu teman-teman facebook anda bahwa anda memiliki produk yang dapat dibeli oleh mereka, disini anda jangan menggunakan tag dulu karena belum tentu orang yang anda tag merupakan target, cukup dengan membuat status saja atau dapat pula mengirimkan message ke teman yang sedang online. Lakukan pendekatan yang halus, jangan langsung bilang “hey, saya punya produk nih, silahkan dibeli ya!” tapi anda bisa mencoba kata-kata seperti ini “wah, kalau saya lihat difoto-foto kamu, gaya fashionmu keren juga nih, saya juga punya lho produk-produk fashion yang gak kalah keren seperti itu” setelah itu tunggu reaksinya, jika positif maka lanjutkan dengan penawaran-penawaran menggunakan kata-kata yang halus seperti yang dicontohkan diatas.

Kedua, cari fanpage atau group yang sesuai dengan produk anda, kemudian cari target anda di fanpage dan group tersebut. Caranya, misalkan anda memiliki produk baju muslim. Silahkan ketikan kata-kata yang mirip dengan produk anda untuk menemukan fanpage atau group, setelah menemukannya lihatlah siapa saja yang coment, like, atau share dari postingannya, orang-orang tersebut merupakan target yang potensial, apalagi jika mereka comment untuk menanyakan harga atau cara pembeliannya. Jika anda sudah menemukan target, silahkan tambahkan mereka menjadi teman anda. Lihat spoiler!


Tapi ingat, facebook memiliki filter yang dapat mencegah seseorang jika menambahkan teman terlalu banyak dalam waktu yang berdekatan, sehingga disini anda harus hati-hati. Jalan terbaik yang dapat ditempuh adalah anda dapat menambahkan teman yang belum lama memberi like, comment, atau share dari postingan fanpage, misalnya baru 1 atau 2 menit yang lalu, maka kemungkinan orang tersebut masih online (jika dia masih online, bisa juga anda langsung menawarkan produk), sehingga mereka akan lebih cepat dalam menerima permintaan pertemanan anda. Gunakanlah secara bijak agar tidak dianggap spam oleh facebook.
Advertisement


Menentukan Waktu Yang Tepat
Jika anda ingin pasang status, pasti inginnya direspon oleh banyak orang. Konsep ini sama halnya ketika anda ingin jualan di facebook, maka carilah waktu yang sekiranya teman-teman anda sedang online. Dengan begitu, anda tak perlu melakukan tag yang mengganggu orang lain. Dari pengalaman saya, waktu yang paling tepat adalah sore hari, sekitar jam 4 hingga 5.30, serta malam hari mulai jam 8 hingga jam 10. Untuk harinya, dari karakteristik teman-teman facebook saya lebih banyak online pada hari-hari selain weekend, seperti hari senin, selasa, atau rabu.

Anda pun perlu untuk menganalisis kecenderungan teman-teman anda agar penawaran anda banyak yang merespon. Saran saya, dalam satu hari jangan terlalu banyak melakukan penawaran, cukup 2 atau 3 kali saja, itu sudah lebih dari cukup. Tapi jika anda sudah punya fanpage atau group, intensitasnya bisa diperbanyak lagi.

Artikel menarik lainnya: Tips membidik target pasar anak-anak.

Komunikasi Yang Baik
Komunikasi yang baik sangatlah penting dilakukan, mana ada pelanggan yang mau order di penjual yang cuek, jutek, dan gak responsive, kalau ada mungkin hanya karena terpaksa. Anda tidak mau seperti itu kan? Walaupun ada pelanggan yang hanya Tanya-tanya saja tanpa membeli, tetap lakukan komunikasi yang baik, tetap responsive dan jawab dengan jawaban yang mengesankan. Dikemudian hari, orang yang bertanya tersebut bisa anda tawari jika anda memiliki produk baru, karena orang tersebut setidaknya memiliki minat pada produk anda.

Di beberapa kasus, anda juga perlu melakukan penawaran dengan men-tag target anda, misalnya kepada pelanggan yang sebelumnya sudah order, atau hanya sebatas nanya-nanya. Tapi dengan kata-kata yang menarik tanpa ada unsur penipuan. Namun tetap ingat, jangan melakukan tag yang berlebihan, satu kali tag dalam seminggu saja sudah mengganggu apalagi jika setiap hari. Jadi intinya, lakukan tag hanya pada target anda, dan lakukan maksimal 2 minggu sekali saja. Kalau anda punya target 100 orang misalnya, bisa anda bagi-bagi, misalkan 25 orang anda tag pada pertengahan minggu pertama, 25 di akhir minggu pertama, 25 lagi di pertengahan minggu kedua, dan sisanya diakhir minggu kedua.

Selain itu, anda juga bisa mengirim pesan ke target, isinya tidak hanya penawaran saja, tapi bisa percakapan biasa, dengan begitu anda dapat melakukan pendekatan yang baik kepada seluruh pelanggan sehingga jika dia membutuhkan sesuatu lagi seperti produk yang anda jual, kemungkinan besar dia akan order ke anda. Memang terasa basa-basi dan melelahkan, tapi memang seperti itulah strategi gratisan yang paling efektif tanpa ada resiko diblokir oleh pengguna facebook lainnya.

Buat Fanpage dan Group Facebook
Untuk memasarkan produk di facebook, sebuah fanpage atau group sangatlah penting untuk mendekatkan diri kepada para konsumen, selain itu pemasaran dan penjualan anda juga bisa lebih efektif. Beri nama fanpage dan group dengan nama yang menarik, walaupun anda jualan baju muslim misalnya, jangan lantas memberikan nama “jual baju muslim murah” atau nama yang sejenisnya, menurut saya itu kurang menarik, coba saja beri nama seperti ini “Muslim Modern” atau “Muslim Trend”, dengan nama seperti itu saya rasa akan lebih menarik konsumen dan target untuk like dan bergabung. Dan dari fanpage dan group tersebut anda bebas menawarkan produk kepada mereka, tapi ketika menawarkan produk, tetap ingat poin-poin yang dijelaskan sebelumnya.

Jangan lewatkan: Cara mendapatkan uang dari youtube dengan mudah.
----
Oke, itulah sedikit tips jualan di facebook agar mudah laku yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga tips jualan di facebook diatas dapat membantu dan meningkatkan pemasaran serta penjualan produk anda. Salam sukses.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon