Cara Membuka Toko Baju/Pakaian Online, Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan?

Advertisement
Cara Membuka Toko Baju/Pakaian Online, Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan? – Baju dan pakaian merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia, zaman saat ini merupakan zaman modern, pakaian berupa baju dan celana sudah menjadi kewajiban untuk dimiliki oleh setiap insan manusia, ditambah lagi aksesoris pakaian untuk mempercantik tampilan, jelas ini merupakan peluang usaha yang harus dimanfaatkan. Toko offline saja tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang selalu ingin tampil modis, ini bukan karena jumlah toko offline kurang, tapi ini lebih berkaitan dengan kemudahan akses, keinstanan, dan kepraktisan.

Masalah waktu dan tenaga di jaman saat ini sangat menjadi prioritas. Membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak untuk memilih baju, celana, dan aksesoris, itupun tidak menjamin akan menemukan model yang diinginkan. Jadi bisa disimpulkan, toko baju/pakaian online lebih mudah berkembang daripada toko offline.

Untuk anda yang juga ingin membuka usaha toko baju/pakaian, saya sarankan untuk membuka toko baju/pakaian secara online terlebih dahulu sebelum membuka secara offline. Selain karena alasan yang sudah disebutkan di atas, membuka bisnis toko baju/pakaian online lebih menghemat daripada offline, dengan online juga akan mempermudah meluaskan pangsa pasar dengan biaya yang minim. Setelah anda merasa sukses dengan toko baju online nya, dan mendapat keuntungan berkali-kali lipat, baru deh anda bisa membukanya secara offline (walaupun membuka toko pakaian offline tidak harus anda lakukan).

Membuka toko online saat ini sangat mudah, baik toko baju/pakaian, elektronik, serta barang dan jasa lainnya, medianya pun cukup beragam, mulai dari media sosial hingga membuat website. Nah, bagi anda yang sudah enggak sabar ingin segera membuka toko baju online, berikut ini saya berikan tips-tips dalam membukanya.

Sebelumnya, baca juga: Tips menjual produk kurang laku di toko online.

Cara Membuka Toko Baju/Pakaian Online

Tentukan Target dan Supplier
Saya tahu, anda saat ini ingin menjual baju, celana, dan pakaian lainnya, namun sebelum melangkah lebih jauh lagi, terlebih dahulu tentukan dengan jelas baju seperti apa yang akan anda jual, celana seperti apa, aksesoris seperti apa? Menentukan jenis ini juga akan berpengaruh pada target anda. Tentu saja anda boleh mengambil 2 atau lebih jenis baju, celana, dan pakaian lannya, bebas berapa jumlahnya terserah anda, namun perhatikan apakah anda mampu mencari dan menemukan suppliernya, atau apakah anda bisa memproduksinya sendiri?

Mudah jika anda bisa memproduksinya sendiri, tinggal pilih kualitas, design dan tentukan harga. Beda jika ingin mencari supplier, cari ini sebenarnya gampang-gampang susah, jika anda punya jaringan yang luas maka akan sangat menguntungkan. Lalu bagaimana cara mendapatkan supplier? Kalau anda tanya ke temen anda yang juga jualan pakaian, atau ke penjual lainnya, mungkin anda tidak akan mendapatkan jawaban yang memuaskan karena mungkin hal tersebut dianggap rahasia bagi mereka, solusinya adalah mencari sendiri.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan supplier, salah satunya adalah dengan cara berikut ini:
  • Mencari di internet. Cara ini yang paling mudah dan praktis, anda bisa mencarinya di mesin pencari seperti Google, Yahoo, ataupun Bing. Misalkan anda ingin mencari supplier celana jeans, cari saja di mesin pencari tersebut dengan menuliskan “supplier celana jeans” maka akan ada banyak yang menjual celana jeans grosiran dan borongan. Selain mencari di mesin pencari, anda juga bisa mencarinya lewat media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.
  • Mencari lewat pameran dan bazar. Di mana pun sering sekali diadakan pameran pakaian dan bazar. Kalau di pameran, anda akan cenderung menemukan produk-produk baju, celana dan pakaian yang sudah terkenal. Sedangkan kalau di bazar, walaupun akan ada juga brand terkenal namun juga akan terdapat banyak brand-brand baru. Di pameran dan di bazar itulah anda bisa menjalin kerjasama dengan pemiliknya.
  • Tanya kepada penjual bahan baku pakaian. Baju, celana, dan pakaian lainnya terbuat dari kain, benang, dan bahan lainnya, di sini anda bisa menanyakan kepada penjual kain, benang, dan bahan pembuat pakaian lainnya, siapa yang membeli bahan tersebut? Dalam artian yang membeli bahan tersebut sudah tentu akan memproduksi pakaian (pengusaha pakaian yang bisa jadi akan menjadi supplier anda), kemudian anda tanyakan detail kontak para pengusaha yang membeli bahan baku tersebut kepada penjual bahan bakunya.
Rencanakan Konsep Toko Online
Toko online bisa banyak macamnya, contoh, toko online berbasis website, berbasis media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. Semuanya bagus dan cukup efektif, namun akan lebih powerful lagi jika anda bisa mengkolaborasikannya, yaitu membuka toko online dengan website dan juga media sosial. Jangan kuatir, membuat website toko online saat ini mudah sekali, hanya beberapa menit juga sudah kelar dengan memanfaatkan jasa-jasa pembuat website toko online yang harganya sangat terjangkau sekali.
Advertisement


Harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp. 50.000/bulan hingga Rp. 1.000.000/bulan. Selain itu, ada banyak fitur yang bisa anda manfaatkan, seperti banyak pilihan desain website yang tinggal upload saja, metode pembayaran yang disesuaikan dengan milik anda, notifikasi sms jika anda penjualan atau pembayaran, ebook panduan untuk mengelola website, dan masih banyak lagi. Yang jelas, toko baju/pakaian anda akan terlihat professional dan terpercaya dengan hadirnya website toko online. Kalau anda kesulitan dalam mengelola, anda tinggal menyerahkannya kepada pemberi jasa tersebut.

Pengen terlihat professional dan terpercaya? Saya punya rekomendasi untuk anda jika ingin membuatnya, servisnya bagus, fitur lengkap, dan harganya murah meriah, silahkan daftar dan order toko online anda di Jejualan.com.

Lakukan Promosi
Setelah anda sudah mendapatkan supplier dan menentukan konsep toko baju/pakaian online anda, kini saatnya anda melakukan pemasaran dan promosi. Pemasaran dan promosi bisa dilakukan dengan cara berbayar maupun gratisan.

Baca juga: Tips jualan di Facebook.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan toko baju anda, salah satunya lewat Facebook tersebut. Selain itu, anda juga bisa menggunakan teknik SEO atau search engine optimalization, yaitu cara agar toko onlinemu dapat lebih cepat ditemukan dalam halaman pencarian di search engine (mesin pencari) seperti Google, Yahoo, dan Bing. Seperti yang anda tahu, kebiasaan seseorang pasti akan searching terhadap sesuatu hal yang dibutuhkan, termasuk dalam mencari baju, celana, dan pakaian lainnya. Jika toko baju online kamu bisa muncul di halaman pertama mesin pencari, maka besar kemungkinan toko online mu akan dikunjungi, semakin banyak dikunjungi maka semakin besar pula potensi penjualan yang dapat dilakukan. Beda jika toko pakaian online mu hanya berada di halaman kedua, ketiga atau seterusnya, kemungkinan besar akan diabaikan oleh pengunjung.

Nah, ini adalah tantangan bagi anda untuk bertarung dalam hal SEO, jika anda order toko online seperti yang saya rekomendasikan di atas, anda akan di bantu dalam hal SEO, jadi kemungkinan untuk memaksimalkan penjualan akan sangat besar buat anda.

Pertahankan Pelanggan
Mempertahankan pelanggan lebih sulit daripada mendatangkan pelanggan. Ini penting untuk anda perhatikan, karena dengan adanya pelanggan yang setia maka akan berdampak baik untuk toko baju online anda. Penjualan akan menjadi semakin mudah dengan kuantitas yang meningkat pula, alhasil omzet anda juga akan selalu meningkat. Ada beberapa cara untuk membuat pelanggan betah dan setia, hal ini sudah saya bahas pada postingan sebelumnya.

Jika anda tertarik, silahkan baca: Cara mempertahankan pelanggan.

Kelola dan Kembangkan
Tetep pertahankan apa yang sudah anda capai sembari pelan-pelan untuk mengembangkannya. Apa sajakah yang perlu diperhatikan? Selain pelanggan, ada lagi yang lainnya, seperti:
  • Keunikan produk. Dalam arti berusahalah untuk menciptakan atau menghadirkan produk yang unik yang dapat memikat pelanggan anda.
  • Tampilan toko online dan informasi yang terkandung. Anda harus memperhatikan tampilan website toko online anda, apakah sudah bagus jika tampil di PC, tablet, atau smartphone, kemudian perhatikan kecepatan loadingnya, gambar baju, celana, atau aksesoris yang terkait. Dan jangan lupa, berikan informasi selengkap-lengkapnya, seperti harga, bahan dasar pakaian, ketersediaan variasi, ukuran, dan info-info lainnya.
  • Cermati kompetitor. Bukan untuk menjatuhkan mereka, namun anda boleh mempelajari apa yang dilakukan oleh kompetitior dan mengembangkannya.
  • Komunikasi yang baik. Jangan abaikan pelanggan yang bertanya, jawablah sejelas mungkin dan secepat mungkin. Jangan ikut resek jika menghadapi pelanggan yang resek, bawel, dan cerewet. Bersabarlah, karena ini dunia bisnis bung, bukan dunia impian yang bisa kita modifikasi sesuka hati.
----
Oke, itulah sedikit ulasan tentang cara membuka toko baju online yang dapat saya berikan. Semoga pembahasan mengenai cara memulai toko pakaian online di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk bisnis baju dan pakaian anda semuanya, sukses selalu. Thanks.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon