Syarat dan Cara Menjadi Agen Laku Pandai Bank

Advertisement
Syarat dan Cara Menjadi Agen Laku Pandai Bank – Program laku pandai merupakan program dari pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memperluas jangkauan akses keuangan masyarakat dalam rangka keuangan inklusif. Program ini melibatkan bank sebagai lembaga keuangan, kemudian bank membutuhkan siapa saja yang bersedia menjadi agen laku pandai.

Misalnya kalian menjadi agen laku pandai, kalian nanti bisa membuka bank di rumah sendiri, keren bukan? Bagi yang berpikiran bisnis, program ini tentu menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Pasalnya dengan menjadi agen laku pandai, si agen akan mendapatkan komisi dari pihak bank.

Ya, keuntungannya berasal dari komisi, setiap ada yang membuka rekening melalui bank kalian, ada yang nabung, mencairkan uang, beli pulsa listrik atau telepon, dan aktivitas lainnya, kalian sebagai agen akan mendapatkan komisi dari pihak bank di mana kalian menjadi agennya. Besaran komisinya berbeda-beda tergantung jenis aktivitasnya, besarannya mulai dari Rp. 1.000 hingga Rp. 5.000 per aktivitas.

Kalau di daerah kalian masih banyak yang awam dengan bank, ini sangat bagus untuk menjadi agen pasalnya banyak yang sungkan untuk datang langsung di bank-bank umumnya, alasannya ada yang malu, gak punya pakaian bagus, males antri, dan sebagainya. Sedangkan kalau di bank kalian kan tentu tidak semegah bank pada umumnya, pakai sandai jepit pun jadi, koloran atau gak pake baju pun oke.

Selain menyasar masyarakat yang sungkan pergi ke bank, menjadi agen laku pandai juga bisa menyasar masyarakat yang tidak awam dengan bank lagi karena bisa saja mereka malas untuk keluar jauh, butuh dana cepat, atau alasan-alasan lainnya.

Nah, bagi yang tertarik untuk menjadi agen laku pandai, pelajari dahulu syarat dan caranya karena walaupun siapa saja bisa bergabung, tentu ada kriteria minimum yang harus dimiliki oleh si calon agen. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

Sebelumnya, baca juga: Alasan kenapa bisnis orang Tionghoa selalu sukses.

Syarat dan Cara Menjadi Agen Laku Pandai Bank

Syarat Menjadi Agen Laku Pandai
Adapun syarat-syaratnya untuk menjadi agen laku pandai adalah sebagai berikut:

1. Untuk perorangan
  • Status penduduk setempat yang sudah dikenal baik masyarakat sekitarnya.
  • Calon agen harus sudah menjadi nasabah bank yang bersangkutan (minimal 2 tahun) dan dipercaya bank.
  • Mempunyai usaha utama yang telah berjalan sekurang-kurangnya 2 tahun dengan lokasi usaha yang tetap dan strategis.
  • Yang bersangkutan harus memiliki kemampuan, kredibilitas, reputasi, dan integritas yang baik.
  • Jika agen Laku Pandai juga merupakan salah satu nasabah kredit, maka ada syarat tambahan lagi yaitu, tidak boleh mengalami keterlambatan pembayaran cicilan kredit selama 6 bulan terakhir.
  • Syarat umum administratif (KTP dan Kartu Keluarga).
Advertisement


Itulah syaratnya yang berlaku di semua bank baik bank Mandiri, BRI, BCA, dan bank lainnya yang ikut program Laku Pandai ini. Mungkin setiap bank punya syarat tambahan untuk hal-hal yang lebih spesifik lagi, tapi saya kira syarat tambahannya tidak akan memberatkan, untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi bank terkait.

Sedangkan persyaratan untuk badan hukum yang ingin ikut program laku pandai adalah sebagai berikut:

2. Untuk badan hukum
  • Harus berbadan hukum Indonesia
  • Punya jaringan outlet
  • Memiliki usaha di satu lokasi dan masih berlangsung minimal dua tahun
  • Punya teknologi informasi memadai
  • Mampu melakukan manajemen likuiditas sesuai yang dipersyaratkan bank
  • Menyediakan sumber daya manusia yang punya kemampuan teknis untuk mendukung Laku Pandai
  • Punya reputasi, kredibilitas dan kinerja yang baik.
Perlu diingat, kalau kalian menjadi agen laku pandai secara perorangan, kalian hanya bisa bekerjasama dengan satu bank saja, tidak boleh lebih dari satu. Tapi berbeda kalau menjadi agen secara badan hukum, dalam hal ini bisa bekerjasama dengan beberapa bank sekaligus. Namun tetap saja, dalam satu outlet hanya bisa bekerjasama dengan satu bank, jadi kalau mau bekerjasama dengan bank lain harus membuka outlet baru lagi.

Cara Menjadi Agen Laku Pandai
Untuk menjadi agen laku pandai, pertama pastikan kalian memenuhi persyaratan diatas (tak kurang satu pun). Kemudian datanglah ke bank pilihan yang ikut program laku pandai ini, misalnya di Bank BRI atau mandiri. Pihak bank tentu akan melakukan seluruh assesment (penilaian), serta fit and proper test yang diperlukan.

Rincian Komisi Yang Akan Kalian Dapatkan
  • Aktivitas tarik tunai dari nasabah, agen mendapatkan komisi sebesar Rp. 1.000
  • Nasabah menabung = Rp. 500
  • Pembayaran listrik pra bayar maupun pasca bayar dari nasabah = Rp. 1.250
  • Nasabah beli voucher pulsa telepon maupun listrik = Rp. 2.500
  • Calon nasabah membuka rekening tabungan baru = Rp. 5.000
*Setiap bank bisa saja memberikan komisi dengan besaran yang berbeda-beda, informasi komisi di atas diambil secara random.

Selanjutnya: Inilah peluang bisnis yang tidak akan ada matinya, cekidot!
----
Oke, itulah ulasan mengenai cara dan syarat menjadi agen laku pandai di suatu bank. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan semoga kalian sukses menjadi agen tersebut. Oh iya, jangan lupa juga untuk share artikel ini ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon