Begini Cara Mencari Investor Untuk Memodali Usaha/Bisnis Kita

Advertisement
Begini Cara Mencari Investor Untuk Memodali Usaha/Bisnis Kita – Halo para pengusaha, sedang bingung cari modal untuk ekspansi bisnisnya ya? Memang perlu diakui bahwa modal merupakan salah satu hal terpenting dalam ekspansi maupun ketika memulai suatu usaha, dan salah satu cara paling ampuh untuk mendapatkan modal adalah dengan mencari investor. Tapi sayangnya, mencari investor tidak semudah membalikkan tangan.

Yap, betul, mencari investor memang gampang-gampang susah, perlu tempat dan cara yang tepat untuk menemukannya, serta kamu juga memerlukan sedikit keberuntungan untuk mendapatkan investor seperti yang diinginkan. Tapi jangan khawatir, kamu pasti bisa menemukan seorang investor dambaanmu.

Mencari investor akan lebih mudah jika sebelumnya kamu sudah merintis usaha yang ingin dikembangkan tersebut, khususnya investor professional. Lalu gimana jika saya belum memiliki usaha, mungkinkah investor professional tertarik? Tentu, masih sangat mungkin, tapi ya itu tadi, sedikit sulit, akan jauh lebih mudah jika kamu mengajak seorang investor amatir.

Sebelum pembahasan masuk pada intinya, saya ingin memberikan gambaran terlebih dahulu tentang investor professional VS investor amatir. Berikut sedikit gambaran tentang kedua kelas investor tersebut:

Sebelumnya, baca juga: Cara-cara mendapatkan modal usaha.

Cara Mencari Investor Untuk Memodali Usaha/Bisnis Kita

Investor Profesional VS Investor Amatir
Yang dimaksud dengan investor professional adalah investor yang benar-benar sudah terlatih dalam menginvestasikan modalnya untuk sebuah usaha, mereka siap rugi dan siap untung karena bagi mereka hal tersebut sudah biasa, tapi jangan dikira kamu bisa menipu mereka, jelas mereka memiliki analisis yang tajam dan mendalam sebelum memutuskan untuk menginvestasikan dananya, walaupun siap rugi tentu saja mereka memprioritaskan keuntungan. Jika suatu usaha dinilai tidak berpotensi memberikan keuntungan yang besar, mereka tidak akan memberikan dananya. Selain itu, kemampuan modalnya pun sudah sangat besar, jadi investor macam ini sangat cocok kamu incar jika kebutuhan modalmu cukup besar.

Sedangkan investor amatiran adalah investor yang belum terlatih, ini banyak kamu temui di lingkungan sekitar, bisa teman, keluarga, tetangga, dan sebagainya. Biasanya mereka tidak memiliki dana yang besar alias kecil-kecilan namun sangat cocok jika kamu sedang ingin memulai usaha dan jumlah modalnya tidak terlalu besar. Tapi ingat pula, terkadang investor amatir tidak siap rugi, jadi pastikan bahwa mereka paham akan resiko investasi agar dikemudian hari tidak timbul masalah rumit.

Nah itulah sedikit gambaran tentang investor pro VS investor amatir, semuanya baik tinggal disesuaikan dengan kebutuhan modal kamu saja. Setelah paham akan dua kelas investor di atas, lalu bagaimana cara mencari investor untuk memodali usaha? Oke oke, ini yang ditunggu-tunggu, langsung saja berikut ulasannya.

Mengajak Investor Amatir Dengan Cara Aman
Seperti yang saya sebut di atas, investor amatir seringkali tidak siap rugi dan hanya ingin mendapatkan untung saja karena dana mereka terbatas, sehingga sekali modal mereka keluar maka inginnya mendapat keuntungan. Padahal kita tahu, dunia investasi dan bisnis dipenuhi risiko yang begitu besar, hari ini untung besok pagi pun kita bisa bangkrut.
Advertisement


Nah, untuk mengakali kondisi seperti ini, kamu cukup memberikan pemahaman yang memadai serta buatlah perjanjian bisnis untuk mengikat persetujuannya. Pastikan bahwa semua risiko dan potensi keuntungannya kamu jelaskan sedetail mungkin, dan tuangkan ke dalam kontrak bisnis bermaterai 6000 yang memiliki kekuatan hukum.

Baca: Tips membuat kontrak bisnis.

Tapi bagaimanapun, kamu juga tidak boleh asal mengajak teman untuk menjadi investor, bukan berarti teman dekat lalu diajak berinvestasi, tapi akan lebih baik jika kamu mengajak teman atau orang disekitarmu yang menyukai dunia investasi dan bisnis, terutama jika kamu menginginkan investor tersebut ikut mengelola bisnis, maka sangat lebih baik mengajak orang yang memiliki minat berbisnis.

Ada dua pilihan sih sebenarnya dalam mengelola usaha ketika kamu memiliki investor, yaitu ingin si investor tersebut ikut mengelola bisnis atau tidak. Kalau kamu perlu bantuan maka cukup ajak si investor tersebut ikut mengelola (jika mau, tergantung perjanjian di awal), tapi kalau kamu suka sendiri dan lebih merasa leluasa, maka lakukanlah sendiri dan buat perjanjian bahwa investor tidak ikut mengelola. Ingat, mengelola bukan berarti menentukan kebijakan perusahaan, ini tergantung berapa besar persentase kepemilikanmu dan investor, untuk lebih jelasnya silahkan baca “Cara mendapatkan modal” pada link di atas (Berlaku untuk investor amatir dan investor professional).

Ikut Dalam Pameran dan Lomba Bisnis
Nah, cara ini merupakan cara yang ampuh dalam mencari investor untuk memodali usahamu. Ketika bisnismu sudah berjalan cukup lama dan perlu modal untuk mengembangkannya, maka ikutlah dalam event pameran bisnis, di event seperti ini banyak ditemui investor yang sedang mencari konsep bisnis untuk digelontori dana. Selain itu, di pameran bisnis kamu juga dapat menjalin kerjasama-kerjasama bisnis dan menjalin network. Untuk biaya ikut pameran sendiri sangat bervariasi, ada yang gratis adapula yang harus membayar bahkan samapi jutaan.

Jika kamu baru aja akan memulai usaha, walaupun mungkin bisa juga ikut pameran tapi mungkin akan sedikit kesulitan, nah alternatifnya adalah dengan mengikuti lomba-lomba bisnis. Lomba seperti ini sering banget diadakan oleh kampus-kampus, pemerintah daerah, dan bahkan oleh perusahaan-perusahaan nasional, jadi ini merupakan kesempatan yang baik untuk memperkenalkan konsep bisnismu kepada para investor. Biasanya, juri dari lomba merupakan investor, atau setidaknya memiliki network antar investor, maka di sinilah kesempatanmu membuka akses kepada mereka. Selain itu, para investor sendiri juga sering terjun langsung untuk ikut mengamati jalannya lomba guna mencari konsep bisnis yang mereka anggap potensial.

Gabung di Komunitas Bisnis
Ketika kamu mengikuti pameran dan lomba bisnis, sangat mungkin bagimu untuk bertemu dengan sebuah komunitas dengan industry yang sama, atau setidaknya industry yang berkaitan. Ikut aja komunitas tersebut untuk memperluas jaringan, jaringan itu sangat penting dalam dunia bisnis, enggak hanya untuk mencari investor, tapi juga untuk mencari supplier, perbandingan kualitas, dan sebagainya.

Untuk gabung di komunitas enggak harus melalui pameran dan lomba, bisa juga kamu mencarinya sendiri di kotamu, cobalah untuk searching di Google komunitas di industry tertentu, atau bisa juga melalui media social seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Promosikan Bisnismu di Blog Ini, Gratis!!!
Blog ini perhari dikunjungi oleh ribuan peselancar internet yang membutuhkan referensi bisnis dan investasi, bukan robot tapi real manusia, jadi blog ini patut kamu coba sebagai media promosi. Kebetulan saya lagi baik nih, kalau kamu berminat, kamu bisa mempromosikan bisnismu di sini. Tapi, saya hanya menerima promosi dalam bentuk artikel, bukan banner dan sebagainya.

Jadi kalau kamu berminat mencari investor dengan promosi melalui blog saya ini, silahkan buat gambaran dan konsep bisnismu dalam artikel, sedetail mungkin termasuk potensi keuntungan, risiko rugi, persaingan pasar, rencana pemasaran, gambaran produksi, perencanaan biaya, dan sebagainya. Setelah artikel jadi, silahkan hubungi saya melalui form kontak di menu atas, akan saya respon secepat mungkin, dan ini saya jamin gratis-tis-tis. Minat?

Selanjutnya: 5 cara berjualan dan marketing yang salah serta tidak profesional, hindari ini!
----
Oke ya, itulah beberapa cara mencari investor untuk memodali usaha/bisnis kamu. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan saya harap usaha kalian segera mendapatkan investor yang diinginkan. Salam sukses dan sampai jumpa.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Anna Iliana
AUTHOR
31 July 2017 at 08:36 delete

Sangat membantu.trimakasih

Reply
avatar

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon