HOT Banget

Wednesday 13 March 2019

7 Bank Syariah Terbaik Di Indonesia, Untuk Tabungan dan Pinjaman

Advertisement
.

7 Bank Syariah Terbaik Di Indonesia, Untuk Tabungan dan Pinjaman

– Bank syariah merupakan salah satu lembaga keuangan yang sistem operasinya sesuai dengan syariat Islam. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali bank-bank syariah yang telah beroperasi sampai saat ini.

Dari tahun ke tahun, kepopulerannya juga terasa semakin meningkat, mungkin karena sudah semakin banyak pula masyarakat yang menyadari betapa hebat kelebihan dari bank syariah. Kalau menurut saya pribadi, jika dibandingkan dengan bank konvensional, bank syariah lebih unggul dari semua sisi mulai dari peraturannya, untung ruginya, kenyamanannya, dan lain sebagainya.

Nah, apakah kalian juga tertarik dengan bank syariah? Entah mau nabung atau mau meminjam dana? Sudah tepat jika kalian mempertimbangkan. Dan apakah kalian juga sudah menentukan bank syariah mana yang akan kalian gunakan? Belum dan masih bingung? Jangan khawatir, dalam artikel ini akan saya rekomendasikan beberapa bank syariah terbaik di Indonesia yang saya himpun dari berbagai sumber, berikut daftarnya:

Sebelumnya, baca juga: Apa bedanya tabungan dan deposito? Lebih untung mana?
7 Bank Syariah Terbaik Di Indonesia, Untuk Tabungan dan Pinjaman

1. Bank Syariah Mandiri

Saya kira bank syariah mandiri (BSM) memang pantas untuk menduduki peringkat 1 sebagai bank syariah terbaik di Indonesia. Saya sendiri juga merupakan nasabah di BSM, tapi ini bukan alasan kenapa saya memberikan peringkat 1 namun karena memang saya sudah merasakan sendiri bagaimana pelayanan dan fasilitas yang diberikannya.

BSM sudah memiliki banyak cabang, walau belum sebanyak bank mandiri konvensional namun jika dibandingkan dengan bank syariah lain, dari sisi jumlah cabang BSM masih unggul. Penggunaan ATM juga bisa menggunakan ATM Mandiri konvensional dan ATM bersama. Untuk aplikasi seperti Mobile Banking dan Internet Banking juga tidak masalah, lancar jaya ketika penggunaan.

Untuk jenis tabungannya, ada banyak sekali sesuai dengan setiap macam kebutuhan, mulai dari tabungan mudharabah, tabungan berencana, wadiah, pensiun, tabungan mabrur, tabungan saham syariah, dan masih banyak lagi. Selain itu, jenis pembiayaan yang disediakan juga termasuk komplit, mulai dari pembiayaan modal kerja, kendaraan bermotor, mikro umrah, pembiayaan investasi, dan lain sebagainya sesuai dengan kelas kebutuhan dan besar kecilnya skala pinjaman.

Info lebih lanjut: www.syariahmandiri.co.id

2. Bank Muamalat

Nama bank ini mungkin tidak terlalu familiar untuk sebagian orang, karena memang bank ini tidak memiliki bank konvensional seperti bank-bank syariah lain yang umumnya memiliki versi konvensionalnya. Artinya, bank muamalat sejak berdiri hingga sekarang sudah merupakan bank syariah, alias murni syariah sejak awal. Dan inilah kenapa Bank Muamalat pantas menduduki peringkat 2 sebagai bank syariah terbaik di Indonesia.

Sebagai bank yang selalu konsisten menerapkan syariat Islam di dalam operasinya, tentu Bank Muamalat sudah bisa diandalkan dalam hal pelayanan berbasis syariah, hal ini dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang diperolehnya sebagai bank syariah terbaik dari Global Finance pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014, 2017, 2018.

Dari segi konsistensinya dalam menerapkan sistem syariah, menurut saya Bank Muamalat ini bisa mengungguli Bank Syariah Mandiri, namun sayang Bank Muamalat masih kalah jika dilihat dari fasilitas, sarana dan prasarana yang disediakan.

Info lengkap: www.bankmuamalat.co.id

3. Bank BRI Syariah

Bank BRI Syariah juga merupakan salah satu pilar dalam pengembangan bank syariah di Indonesia, dan merupakan salah satu yang terbaik di bidang ini. Dari sisi fasilitas dan sarana prasarana, BRI Syariah juga cukup unggul walau jumlah cabangnya tidak sebanyak BSM, tapi sudah banyak kemudahan yang diberikan. Mulai dari banyaknya ATM yang bisa menggunakan ATM BRI konvensional, tersedia SMS, Internet, dan Mobile Banking, serta ada pula program Laku Pandai seperti pada konvensionalnya.
Advertisement

Dari sisi produk yang disediakan, BRI Syariah membagi menjadi beberapa kelompok, mulai dari Perbankan Personal yang dikhususkan untuk tabungan dan pinjaman personal, Perbankan Bisnis yang diperuntukkan untuk kalangan pebisnis, Jasa Perbankan Lain seperti sukuk tabungan, sukuk ritel, dan lain-lain.

Info lengkap: www.brisyariah.co.id

4. Bank BNI Syariah

Dilihat dari sisi konsistensi penerapannya menggunakan sistem syariah, Bank BNI Syariah tidak akan kalah dari BSM maupun BRI Syariah. Namun jika dilihat dari fasilitas dan sarana prasarananya, BNI Syariah nampaknya sedikit tertinggal, terutama dari jumlah cabang dan kemudahan dalam menemukan ATM. Walau begitu, kalian jika tertarik dengan bank ini tak perlu kuatir, untuk masalah internet dan Mobile banking tentu sama hebatnya dengan bank-bank di atas.

Dilihat dari produknya, bank ini menawarkan produk yang juga sangat menarik, tidak kalah dari bank syariah di atas. Seperti pada bank umumnya, produk BNI Syariah juga terbagi menjadi beberapa golongan, yaitu personal dan bisnis. Setiap golongan tersebut juga ada banyak macamnya disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah.

Info lengkap: www.bnisyariah.co.id

5. Bank Mega Syariah

Menurut saya pribadi bank Mega justru bisa mempopulerkan brandnya melalui nama Bank Mega Syariah ketimbang bank konvensionalnya. Dengan penerapannya menggunakan sistem syariah, Bank Mega mampu menjangkau lebih banyak nasabah, salah satu produk yang paling populer adalah Tabungan Haji. Walaupun dari segi fasilitas dan sarana prasarana masih pas-pasan, namun konsistensi penerapan sistem syariahnya dapat diandalkan.

Seperti halnya bank syariah lainnya, Bank Mega Syariah juga menawarkan berbagai macam produk tabungan dan pembiayaan sesuai dengan masing-masing nasabah.

Info lengkap: www.megasyariah.co.id

6. Bank BCA Syariah

Menduduki peringkat 6 bank syariah terbaik di Indonesia adalah Bank BCA Syariah. Berbeda dengan bank konvensionalnya yang lebih populer, bank syariah masih kurang populer dan masih kalah dengan bank syariah lain di atas. Mengingat bank ini sebelumnya bernama Bank Utama Internasional dan baru diakuisisi oleh Bank BCA pada tahun 2009 silam.

Berada di bawah naungan Bank BCA masih tergolong belum lama untuk ukuran lembaga keuangan, sehingga hal ini mungkin menjadi penyebab kenapa Bank BCA Syariah masih kalah dengan bank lain. Tapi jika kita lihat induk dari bank ini yaitu Bank BCA, dengan nama besarnya saya yakin hanya menunggu waktu saja untuk Bank BCA Syariah menyusul kepopuleran Bank Syariah di atas.

Info lengkap: www.bcasyariah.co.id

7. Bank Panin Syariah

Yang terakhir adalah Bank Panin Syariah. Nampaknya ini masih harus menjadi PR besar bagi Bank Panin, baik konvensional maupun syariah masih terbilang kalah jauh dari bank-bank di atas. Saya pribadi berharap kedepannya Bank Panin Syariah mampu menghadirkan layanan dan produk lain yang bisa menyaingi bank lain, dan tentunya bank-bank syariah lainnya juga agar implementasi sistem syariah bisa lebih populer lagi, khususnya di Indonesia yang Notabene merupakan negara dengan umat Islam terbesar di Dunia.

Info lengkap: www.paninbanksyariah.co.id

Selanjutnya: Tips agar pengajuan kredit kamu diterima oleh bank.
----
Oke ya kawan-kawan, itulah beberapa bank syariah terbaik di Indonesia, baik untuk tabungan maupun pinjaman. Semoga artikel di atas bermanfaat, jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.