Inilah Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Advertisement
Cara Mendapatkan Modal Usaha – Salam sejahtera para pengusaha! Pembahasan kita kali ini mungkin adalah suatu isu yang sangat sensitive untuk para kalangan pengusaha dan calon pengusaha. Dalam mendirikan suatu usaha atau mengembangkan usaha, hal yang sangat penting adalah modal. Terlepas dari modal waktu dan tenaga, modal yang begitu penting adalah modal uang.

Tidak sedikit kalangan yang dipusingkan dengan modal, mendapatkan modal tentu butuh suatu pengorbanan dan analisis apakah modal yang didapat dengan segenap pengorbanan tersebut akan membuahkan hasil terhadap usaha kita secara maksimal. Memang harus hati-hati dalam mencari modal, pastikan bahwa modal yang diperoleh dapat kita gunakan secara maksimal, dan pastikan bahwa usaha yang kita jalankan dapat mengembalikan modal yang telah digunakan.

Intinya adalah analisislah bagaimana kalian mendapatkan modal usaha, bagaimana kalian memanfaatkan modal yang telah diperoleh sehingga apa yang telah dikorbankan akan kembali. Mungkin beberapa tips cara mendapatkan modal usaha dibawah ini dapat dijadikan pertimbangan dalam mencari modal.

Sebelumnya, baca juga: Cara membangun mental bisnis yang kuat.

Cara Mendapatkan Modal Usaha

Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mengeluarkan Saham
Eittts, jangan mlinder dulu mendengar kata saham, yang saya maksud dengan mengeluarkan saham bukan berarti mengeluarkan saham melalui bursa efek. Kita posisikan diri kita sebagai calon pengusaha atau pengusaha yang masih baru, kita mengeluarkan saham dengan memanfaatkan orang-orang yang ada disekitar kita, bisa teman, tetangga, atau bahkan keluarga. Tekniknya, kita tawari mereka untuk berinvestasi di usaha yang akan kita rintis, kita tarik sejumlah uang dari mereka yang kemudian kita kumpulkan menjadi satu.

Sebagai contoh :
Asumsi bahwa kalian akan mendirikan usaha dengan membutuhkan modal 10 juta. Saat ini Anda hanya memiliki uang (modal) sebesar 6 juta, berarti kurang 4 juta. Karena modal yang diperlukan masih belum cukup, kalian memutuskan untuk mengajak beberapa teman untuk berinvestasi di usaha yang akan dirintih. 4 teman tertarik untuk berinvestasi, kemudian teman-teman Anda sepakat untuk menyetor modal masing-masing sebesar 1 juta, dengan begitu modal yang diperlukan sudah tercukupi.

Kemudian langkah selanjutnya adalah menentukan presentase kepemilikan dan keuntungan/kerugian, cara menentukannya sebagai berikut :
6.000.000/10.000.000 x 100% = 60%Artinya anda memiliki presentase kepemilikan dan keuntungan/kerugian sebesar 60%
1.000.000/10.000.000 x 100% = 10%Artinya masing-masing teman Anda memiliki presentase kepemilikan dan keuntungan/kerugian sebesar 10%

Kegunaan presentase sendiri adalah untuk menentukan seberapa besar kalian dan teman kalian memiliki usaha (kepemilikan atas usaha) yang akan dirintis, dan seberapa besar pembagian laba atau rugi dari usaha yang dirintis. 
Advertisement


Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mengeluarkan Obligasi
Seperti halnya memperoleh modal usaha dengan mengeluarkan saham, cara ini juga bukan berarti harus melalui pasar modal, cukup kepada orang-orang terdekat kita saja. Obligasi sendiri hanyalah bahasa kerennya dari hutang, jadi inti dari cara ini adalah kita harus hutang sejumlah uang kepada teman, saudara, atau kepada tetangga dan orang lain. Tapi pastikan bahwa hutang tersebut kita catat dan juga kita kembalikan.

Dalam hal hutang, saya sarankan menggunakan metode syariah, karena metode syariah lebih realistis dan adil ketimbang metode konvensional. Metode syariah menggunakan sistem bagi hasil, sedangkan konvensional menggunakan sistem bunga. Kalau menggunakan system bunga, walaupun dalam suatu bulan kalian mengalami rugi, kalian tetap diharuskan membayar bunga+pinjaman pokok, berbeda dengan system bagi hasil, jika kalian rugi maka tidak perlu membayar fee bagi hasil, jadi hanya membayar pinjaman pokok saja. Karena itulah saya sarankan kepada kalian untuk menggunakan metode syariah (system bagi hasil) ketika kalian akan melakukan perjanjian hutang-piutang dengan teman atau orang lain. 

Mendapatkan Modal Usaha Dari Kegiatan Akademis
Saat ini pemerintah sangat mendorong masyarakat untuk berwirausaha, hal ini terbukti dari peluang-peluang yang diberikan oleh Dikti yang selalu memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengajukan proposal usaha yang akan dirintisnya. Jika memang usaha kalian layak untuk dijalankan, pemerintah melalui Dikti akan memberikan sejumlah modal. Tidak hanya Dikti saja, saat ini pemerintah tingkat provinsi pun sudah mulai gemar untuk mendorong masyarakat berwirausaha, hal ini tentu saja menjadi sebuah kesempatan buat para mahasiswa yang ingin memperoleh modal usaha.

Tidak hanya pemerintah pusat dan daerah, sebuah universitas pun juga sangat gemar mendorong mahasiswanya berwirausaha, kebanyakan universitas tiap tahun mengadakan sebuah lomba kewirausahaan. Yang perlu dilakukan oleh mahasiswa adalah membuat proposal usahanya, kemudian diajukan ke universitas, jika nantinya menang pastilah mendapatkan sejumlah modal, dan tidak jarang mendapatkan bimbingan dalam menjalankan usaha yang telah diajukan tersebut. Tentu ini menjadi kesempatan yang sangat besar buat kalian para mahasiswa, alangkah baiknya jika dicoba. 

Mendapatkan Modal Usaha Dengan Melakukan Pinjaman di Bank
Tentu cara ini merupakan cara yang sangat umum untuk memperoleh modal, cara ini sedikit sulit dilakukan jika kalian belum memiliki sebuah usaha, biasanya bank mensyaratkan bahwa sebuah usaha harus sudah jalan setidaknya tiga bulan. Tapi seandainya kalian telah memiliki usaha dan akan melakukan pinjaman di bank, saya sarankan melakukan pinjaman di bank syariah, seperti yang saya sarankan diatas, bukan apa-apa hanya saja system syariah yang menggunakan system bagi hasil sangat realistis dan adil, tidak memberatkan si peminjam. Jadi pikirkanlah matang-matang sebelum melakukan pinjaman modal di bank, apakah di bank konvensional atau syariah. 

Baca selengkapnya: Syarat dan cara meminjam uang di Bank.

Mendapatkan Modal Usaha Dari Tabungan dan Hasil Penjualan Barang
Jika memang kalian memiliki tabungan, kenapa tidak dijadikan modal usaha? Investasikanlah tabungan yang kalian miliki untuk usaha Anda, jangan takut untuk menggunakan tabungan. Tapi perlu untuk diingat, sisakanlah tabungan untuk hidup kalian selama masa perkiraan usaha Anda bisa konsisten menghasilkan laba yang cukup, jangan sampai tabungan anda habis sedangkan usaha yang dirintis belum bisa menghasilkan laba, kalau hal itu terjadi, terus mau makan apa?

Memang tidak semua orang memiliki tabungan, tapi kan setidaknya pasti memiliki barang-barang yang cukup berharga, barang apa saja, bisa motor, laptop, smartphone, atau barang lainnya. Mencari modal itu susah-susah gampang, namun jika kalian mau berkorban seperti merelakan untuk menjual barang kesayangan, modal akan mudah didapat. 

Modal Yang Tak Kalah Penting, Siapkah Anda Menjadi Pengusaha?
Modal itu bukan hanya modal berupa uang saja, tapi juga modal berupa tenaga, pikiran, dan waktu. Percuma saja jika kalian berhasil memperoleh modal namun usaha tidak dijalankan dengan serius, artinya kalian masih minim dalam memberikan modal tenaga, pikiran, dan waktu. Keberhasilan itu terletak pada keseriusan kalian, tunjukkan keseriusan kalian, berikan tenaga, pikiran, dan waktu semaksimal mungkin. Saya yakin, jika kalian memberikan yang terbaik yang kalian bisa, usaha yang akan dirintis dapat berjalan dengan baik, karena pada dasarnya pengorbanan tidak akan pernah memberikan hasil yang sia-sia!

Oke, sekian cara-cara dalam mendapatkan modal usaha yang patut kalian coba, semoga upaya kalian dalam mencari modal usaha dapat berjalan lancar, serta usaha yang dirintis mampu berjalan lancar pula. Semangat!
Advertisement
First

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon