Tips Cara Memilih Saham Yang Menguntungkan

Advertisement
Tips Cara Memilih Saham Yang Menguntungkan – Saham merupakan bentuk investasi yang sangat pupuler di masyarakat, namun begitu tidak sedikit masyarakat yang masih enggan terhadap saham. Hal ini disebabkan karena investasi saham pada umumnya cenderung membutuhkan dana yang tidak sedikit, serta karena sulitnya mengambil keputusan investasi saham.

Harga saham selalu berubah-ubah setiap saat karena sangat sensitive terhadap kondisi social ekonomi yang terjadi, oleh sebab itu investasi saham jangka pendek lebih beresiko daripada investasi saham jangka panjang. Banyak pihak mengatakan bahwa investasi saham jangka pendek akan sangat beresiko, jika salah memilih saham maka bukannya harga naik tapi malah akan anjlok.

Kebanyakan calon pembeli saham tidak menganalisis secara mendalam suatu saham milik perusahaan tertentu, mereka kebanyakan hanya mencari celah keuntungan dari fluktuasinya harga saham, hal ini sangatlah beresiko.

Oleh karena itu, ketika anda memutuskan ingin berinvestasi dalam saham, anda harus benar-benar jeli dalam memilih, mungkin tips cara memilih saham yang menguntungkan berikut ini dapat menjadi pertimbangan anda.
Cara Memilih Saham Yang Menguntungkan

Kenali Perusahaan Yang Sahamnya Akan Anda Beli

Sebelum anda membeli saham pada perusahaan tertentu, anda wajib mengorek informasi seputar perusahaan tersebut. Kenalilah produk dari perusahaan, dan juga lihatlah apakah perusahaan itu sehat dan berkembang. Dalam hal ini anda dalam melakukan analisis terhadap laporan keuangan, atau analisis lainnya yang dianggap perlu, analisis ini memang memerlukan keahlian khusus. Jika anda kurang menguasai hal ini, anda dapat meminta bantuan dari broker anda.

Selain hal-hal di atas, anda sebaiknya juga mencari informasi dan berita dari kondisi sosial ekonomi yang sedang terjadi, mungkin kondisi terkini akan berdampak pada perusahaan untuk saat ini atau untuk masa yang akan datang.
Advertisement


Dalam memilih saham yang menguntungkan yang akan anda beli, sebaiknya anda berpikir rasional dan logis, jangan terlalu berspekulasi, jangan memaksakan hal yang mungkin akan merugikan anda. Lebih baik memilih investasi saham jangka panjang, investasi jangka pendek memang berpotensi sangat menguntungkan, namun juga diikuti dengan resiko yang begitu besar pula.

Baca juga: Resiko dan keuntungan investasi saham

Pilihlah Perusahaan Yang Sering Membagikan Dividen
Dividen adalah bagian anda atas laba perusahaan dari penanaman saham yang telah dilakukan. Jika perusahaan melakukan pembagian dividen kepada para pemegang saham, hal tersebut merupakan hal yang baik, terlebih jika pembagian dividen dilakukan secara rutin, ini menandakan bahwa perusahaan bekerja dengan baik.

Baca: Pengertian dan jenis-jenis dividen.

Dalam memilih saham yang menguntungkan yang akan anda beli, carilah informasi perusahaan mana yang memiliki catatan pembagian dividen yang tinggi. Setelah anda menemukan beberapa perusahaan (jangan hanya mencari 1, tapi carilah beberapa perusahaan untuk perbandingan), maka lakukanlah hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu kenali produk perusahaan apakah memiliki prospek yang bagus ke depannya, lakukanlah analisis yang di perlukan.

Kemudian anda pantau dari waktu ke waktu perusahaan-perusahaan tersebut selama waktu yang dirasa cukup (jangan hanya 1, 2 hari, namun lakukan pantauan selama setidaknya 1 bulan), pantaulah perkembangan dari perusahaan tersebut, pantaulah bagaimana kondisi sosial ekonomi mempengaruhi perusahaan, apakah perusahaan memiliki daya prospek ke depannya. Hal ini memang cukup memakan waktu, namun demikian ini adalah cara yang cukup logis dan rasional dalam memilih saham yang diharapkan akan memberi keuntungan ke depannya.

Perhatikan Kantong Anda
Dalam investasi saham tentu saja memerlukan sejumlah dana, pastikan bahwa dana yang digunakan tidak akan digunakan untuk yang lain, maksudnya ketika anda menggunakan dana yang anda punya untuk membeli saham, ternyata ditengah-tengah jalan anda kehabisan dana karena hutang atau karena sebab lainnya, sehingga memaksa anda untuk menjual saham, padahal jika anda menjual saham keuntungannya belum didapatkan.

Untuk mengatasi masalah ini, anda membutuhkan perencanaan keuangan yang benar-benar matang, jangan memaksakan penggunaan dana jika nantinya hanya akan merugikan, jangan terlalu yakin pula menggunakan seluruh dana anda untuk berinvestasi saham di suatu perusahaan, pastikan anda memiliki cadangan dana untuk berjaga-jaga jika rencana investasi anda gagal.

Baca juga: Cara investasi dengan membeli saham
---
Sekian tips cara memilih saham yang menguntungkan kali ini, semoga tips cara memilih saham di atas dapat anda jadikan pertimbangan dalam membeli saham. Salam sukses.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon