Menakar Resiko dan Keuntungan Investasi Saham

Advertisement
Menakar Resiko dan Keuntungan Investasi Saham – Pada dasarnya setiap investasi itu memiliki resiko, apapun itu investasinya tetap saja memiliki resiko walaupun sedikit, jadi bisa kita simpulkan bahwa tidak ada investasi yang tidak memiliki resiko. Sedangkan untuk masalah keuntungan, tentu saja setiap investasi juga memilikinya, besarnya keuntungan bervariasi tergantung dengan investasi yang di lakukan. Hanya saja, untuk masalah resiko dan keuntungan investasi, harus dengan baik-baik kita perhatikan, karena pada dasarnya saat akan melakukan investasi kedua hal tersebutlah yang perlu kita kaji dan analisis.

Banyak orang yang hanya memperhatikan keuntungannya saja ketika melakukan investasi, hingga resikonya tidak di perhatikan atau di sepelekan, alhasil investasi yang di lakukan pun gagal. Sebaliknya, banyak orang pula yang hanya memperhatikan resikonya saja tanpa mempertimbangkan keuntungan yang mungkin akan di dapatkan ketika akan melakukan investasi, alhasil mereka mengurungkan niat untuk investasi karena terlalu takut dengan resiko investasi yang di hadapinya. Inilah kesalahan yang mendasar dari para investor pemula, termasuk juga para investor saham yang tidak memperhatikan dan mempertimbangkan resiko dan keuntungan investasi saham ketika akan membelinya.

Saya katakan sekali lagi bahwa setiap investasi itu pasti terdapat resiko dan keuntungannya masing-masing, jadi jangan terlalu khawatir ataupun terobsesi sebelum anda memperhatikan dan mempertimbangkannya, intinya anda harus memperhatikan dan mempertimbangkan rasio antara resiko yang di hadapi dengan keuntungan yang di dapatkan. Tentu saja ini juga berlaku untuk investasi yang akan kita bahas kali ini, yaitu investasi saham, sebelum anda melakukan investasi dalam saham, perhatikan terlebih dahulu hal-hal yang menjadi resiko dan keuntungan investasi saham agar anda dapat mengetahui rasio dari resiko yang di hadapi dengan keuntungan yang mungkin di dapatkan. Mungkin ulasah di bawah ini dapat membantu anda, berikut ulasan mengenai resiko dan keuntungan dari investasi saham.

Baca juga: Tips cara memilih saham yang menguntungkan.

Menakar Resiko dan Keuntungan Investasi Saham
Keuntungan Investasi Saham
 Mendapatkan dividen dan hak klaim kepemilikan perusahaan
Hal utama yang tentu saja kita dapatkan dari investasi saham adalah dividen dan juga kita berhak mengklaim bahwa kita adalah pemilik dari perusahaan. Dividen adalah bagian keuntungan yang kita dapatkan dari investasi saham yang kita lakukan, besarnya dividen tergantung dengan berapa persen saham perusahaan yang kita beli, semisal kita membeli 25% saham perusahaan maka ketika ada pembagian dividen, kita akan mendapatkan 25% dividen yang di bagikan.

Ada atau tidaknya pembagian dividen serta berapa jumlah dividen yang akan di bagikan sendiri akan di tentukan dalam RUPS (rapat umum pemegang saham), anda sebagai pemegang saham tentu saja akan mengikuti rapat ini, jika anda berkeinginan adanya pembagian dividen, maka anda memiliki hak suara untuk mendorong adanya pembagaian dividen, besarnya suara anda tergantung dengan besarnya jumlah saham yang anda beli.

Capital gain
Salah satu keuntungan yang di dapat dari investasi saham adalah capital gain, capital gain sendiri merupakan istilah yang menggambarkan selisih dari harga jual saham dengan harga beli saham, jika harga jual lebih tinggi dari harga beli, maka terjadilah capital gain. Capital gain ini selalu di cari-cari oleh para spekulan yang menginginkan keuntungan secepat mungkin, mereka memilih suatu saham dan berspekulasi bahwa harga akan naik, kemudian setelah harga naik saham pun akan mereka jual.

Mendapatkan saham bonus
Terkadang perusahaan akan membagikan saham bonus kepada para pemegang sahamnya, saham bonus ini di bagikan oleh perusahaan dari agio saham yang di terimanya. Agio saham sendiri merupakan selisih antara harga jual dengan harga nominal (harga yang tertera di lembar saham), di mana harga jual lebih tinggi dari harga nominal.

Potensi return yang tinggi
Salah satu daya tarik dari investasi saham adalah karena saham menawarkan return (tingkat pengembalian modal) yang relative tinggi. Tidak hanya return yang tinggi, namun saham seringkali memberikan return yang berkesinambungan pula.

Tingkat likuiditas yang tinggi
Tingkat likuiditas yang tinggi artinya sangat likuid, berarti saham sangat mudah di cairkan menjadi kas (uang tunai). Jika di bandingkan dengan investasi lainnya, investasi saham lebih mudah untuk dijadikan uang lagi karena saham cenderung memiliki lebih banyak calon pembeli daripada investasi lainnya, hal ini juga di sebabkan oleh faktor mudahnya dalam jual-beli saham, ketika akan menjual atau membeli saham tidak memerlukan proses yang rumit dan ribet.
Advertisement


Cocok untuk investasi jangka panjang
Jika anda menginginkannya, saham juga cocok untuk investasi jangka panjang, bahkan bisa di bilang sangat cocok karena pada kenyataanya saham lebih menguntungkan jika di jadikan sebagai investasi jangka panjang. Capital gain memang cukup menguntungkan, namun tidak selamanya saham mengalami kenaikan harga dalam waktu dekat, bisa saja malah mengalami penurunan yang mengakibatkan kerugian. Berbeda jika anda memperlakukan saham sebagai investasi jangka panjang, selain mendapatkan dividen, jika anda ingin menjualnya suatu saat nanti, anda hanya tinggal menunggu waktu yang tepat untuk menjualnya, tak perlu tergesa-gesa, tunggulah hingga saham menyentuh harga yang sekiranya tidak membuat anda merugi.

Monitoring yang mudah
Keuntungan lainnya yang anda dapat dari investasi saham adalah mendapat kemudahan dalam monitoring saham yang anda miliki, seperti yang anda ketahui bahwa saat ini sudah sangat banyak media-media yang menyediakan informasi seputar pergerakan harga saham, baik media cetak maupun media digital.

Resiko Investasi Saham
Sangat di pengaruhi oleh kondisi ekonomi
Kondisi ekonomi sangat berpengaruh pada pergerakan harga saham, sedangkan kondisi ekonomi suatu daerah dapat di pengaruhi oleh banyak hal seperti kondisi social budaya, politik, dan lainnya.

Dividen tidak di bagikan
Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa pembagian dividen tergantung pada rapat umum pemegang saham (RUPS), jika anda mengikuti rapat ini dan jika anda mendorong adanya pembagian dividen, tidak semerta-merta keinginan anda tersebut dapat di penuhi karena pemegang saham bukanlah anda seorang, jika mayoritas pemegang saham yang menginginkan di tundanya pembagian dividen maka dividen tidak akan di bagikan, karena pada dasarnya pembagian dividen membutuhkan pertimbangan yang kuat, apakah laba akan di bagikan sebagai dividen atau akan digunakan untuk memperluas bisnis.

Terjadi capital loss
Di atas juga di jelaskan salah satu dari keuntungan investasi saham yaitu capital gain, namun dalam resiko investasi saham ini adalah kebalikan dari capital gain yaitu capital loss, capital loss terjadi jika harga beli lebih tinggi di bandingkan harga jual, sehingga mengalami kerugian.

Perusahaan bangkrut/pailit
Kebangkrutan dari perusahaan juga merupakan salah satu dari resiko investasi saham yang perlu di perhatikan, selain karena perusahaan tidak dapat lagi beroperasi, nantinya setelah bangkrut perusahaan akan menjual asset yang dimilikinya untuk menutup utang, hasil dari penjualan tersebut akan di berikan kepada para kreditur dan pemegang obligasi terlebih dahulu, nanti jika ada sisa, barulah di berikan kepada para pemegang saham, ini dilakukan karena posisi pemegang saham lebih rendah dari para kreditur dan pemegang obligasi, hal ini adalah prosedur sesuai hukum yang dijalankan oleh perusahaan yang mengalami kebangkrutan/pailit.

Terjadi delisting saham
Delisting adalah kondisi di mana saham suatu perusahaan di keluarkan dari bursa efek/pasar saham, artinya saham tersebut sudah tidak tercatat lagi di pasar saham, hal ini dapat terjadi jika kinerja perusahaan tidak baik, contoh bentuk dari kinerja yang buruk tersebut seperti dividen yang sangat jarang di bagikan oleh perusahaan, saham yang tidak pernah di perdagangkan (tidak laku), perusahaan tidak dapat menghasilkan laba dalam kurun waktu beberapa tahun, dan sebab-sebab lainnya.

Saham di suspend
Saham perusahaan di suspend yang artinya diberhentikan perdagangannya di bursa efek untuk sementara waktu, hal ini dapat terjadi yang disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya karena adanya kreditur yang menganggap perusahaan tidak dapat membayar hutangnya, perusahaan mengalami musibah yang luar biasa seperti kebakaran atau musibah luar biasa lainnya. Saham perusahaan tersebut akan terus di suspend oleh otoritas bursa hingga ada informasi yang sudah jelas mengenai masalah-masalah yang di alami oleh perusahaan.

Selanjutnya, pelajari bagaimana cara membeli saham
----
Oke, itulah beberapa resiko dan keuntungan investasi saham yang patut anda perhatikan dan pertimbangkan ketika akan membeli saham, semoga ulasan mengenai resiko dan keuntungan investasi saham di atas dapat membantu anda dalam mengkaji dan menganalisis saham yang akan anda pilih nantinya. Salam sukses.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon