Panduan Cara Investasi Dengan Membeli Saham

Advertisement
Cara Investasi Dengan Membeli Saham – Ngomong masalah investasi, terdapat banyak jalan yang dapat ditempuh, salah satunya adalah investasi dengan membeli saham. Saham sendiri merupakan tanda kepemilikan terhadap suatu perusahaan, jika anda memiliki saham perusahaan tertentu maka anda berhak mengklaim kepemilikan dari perusahaan tersebut, dan juga anda berhak mengklaim kekayaan dan laba yang dimiliki oleh perusahaan.

Karena anda adalah bagian dari pemilik, maka anda juga memiliki hak suara untuk mengatur arah kebijakan perusahaan. Namun sebelum anda merasakan asyiknya menjadi pemilik perusahaan, tentunya anda harus menginvestasikan dana dengan membeli saham suatu perusahaan terlebih dahulu, dan banyaknya saham yang anda beli menentukan seberapa besar anda memiliki perusahaan. Semakin banyak saham yang anda beli, maka semakin besar pula kepemilikan anda terhadap perusahaan.

Untuk cara investasi dengan membeli saham sendiri sangat mudah, secara sederhana cara membeli saham hanya mencakup langkah-langkah berikut ini :
  1. Menentukan dan memilih perusahaan sekuritas (Pialang/broker)
  2. Membuat rekening saham
  3. Memilih saham yang akan dibeli
  4. Transaksi.
Menentukan dan Memilih Perusahaan Sekuritas
Perusahaan sekuritas atau sering disebut pialang dan broker saham adalah pihak yang akan membantu anda dalam membeli saham. Ketika anda akan berinvestasi dengan membeli saham, anda wajib untuk melibatkan suatu perusahaan sekuritas yang nantinya akan menghubungkan anda ke dalam pasar saham (bursa efek Indonesia).

Cara Investasi Dengan Membeli Saham
Perusahaan sekuritas sendiri terdapat banyak sekali, mulai dari BUMN, swasta atau bahkan dari luar negeri. Contoh perusahaan sekuritas milik BUMN adalah BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Danareksa Sekuritas. Untuk swasta sendiri seperti Sinarmas Sekuritas, Panin Sekuritas, Trust Sekuritas. Sedangkan contoh perusahaan sekuritas asing seperti Phillips Securities, CLSA Securities, UBS Securities, dan lain-lain.

Karena saking banyaknya pialang saham yang ada, sebaiknya sebelum anda memutuskan ingin memakai jasa pialang, alangkah baiknya bandingkan terlebih dahulu mana pialang yang memberikan pelayanan dan biaya yang menurut anda adalah yang terbaik.

Pelajari terlebih dahulu resiko dan keuntungan investasi saham

Membuat Rekening Saham
Setelah anda memilih pialang, langkah selanjutnya dalam membeli saham adalah dengan membuat rekening saham. Misalkan anda telah memilih pialang A, maka nantinya anda akan dimintai data diri anda untuk dibukakan rekening saham. Prosesnya sangat mudah, anda hanya perlu menyerahkan data diri anda yang sebenar-benarnya dan juga menyetor sejumlah uang untuk digunakan sebagai saldo awal, besaran saldo awal berbeda-beda tergantung dengan pialang yang dipakai, beberapa pialang saham hanya sebesar lima juta saja. Sampai proses selesai, anda hanya tinggal menunggu.
Advertisement


Namun selain itu, anda juga akan dimintai menandatangani sebuah new account agreement. Dokumen ini berisi hak dan kewajiban anda selaku pemilik rekening saham. Sebelum menandatangani dokumen ini, anda harus membacanya dengan teliti, agar di kemudian hari tidak menyebabkan masalah, karena dokumen ini berisi hak dan kewajiban anda.

Memilih Saham dan Membelinya
Setelah anda memiliki sebuah rekening saham, maka sekarang ada telah dapat memilih dan membeli saham. Jika anda tidak mahir atau takut salah dalam memilih saham, anda dapat meminta pialang untuk memilihkan saham yang terbaik buat anda.

Memilih saham memerlukan suatu analisis, analisis laporan keuangan perusahaan, kesehatan dan perkembangan perusahaan, butuh suatu keterampilan dan pengalaman untuk menganalisisnya. Dan jika anda adalah pemula, mungkin lebih baik anda memakai jasa pialang untuk menentukan saham yang akan anda beli. Walaupun tidak ada jaminan bahwa saham yang dipilih oleh pialang akan menguntungkan, namun pialang tentu saja telah memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih dari cukup, sehingga lebih dari cukup untuk dapat dipercaya.

Kemudian setelah anda memilih saham, baik berdasarkan pilihan anda sendiri atau berdasarkan nasihat pialang, kini anda tinggal mengeksekusinya saja.

Sebuah perusahaan sekuritas/efek (pialang/broker) juga dapat mengelola investasi saham anda, jadi jika anda tidak mau di repotkan oleh segala hal tentang investasi dengan membeli saham, maka anda dapat meminta kepada perusahaan efek untuk mengelolanya, anda hanya perlu santai dengan menunggu keuntungan yang akan didapat – atau kerugian.

Baca juga: Tips memilih saham
---
Panduan cara investasi dengan membeli saham di atas adalah cara yang umum digunakan di bursa efek Indonesia, dan jika anda akan membeli saham di perusahaan yang tidak terdaftar di bursa efek, mungkin cara yang digunakan akan sedikit berbeda.

Yuph, sekian panduan cara investasi dengan membeli saham pada artikel kali ini, semoga panduan cara membeli saham di atas dapat membantu anda dalam investasi saham yang akan dilakukan.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon