HOT Banget

Friday, 26 June 2015

Peluang Usaha Kuliner Modal Kecil dan Menjanjikan

Advertisement
.
Peluang Usaha Kuliner Modal Kecil dan Menjanjikan – Salah satu jenis usaha dan bisnis yang saat ini sedang marak dan menggeliat adalah bisnis di bidang kuliner, lebih tepatnya usaha makanan dan minuman. Usaha di bidang kuliner ini dinilai sebagai bisnis yang cukup menjanjikan, selain karena kebutuhan modal yang relative lebih kecil dibandingkan dengan bidang bisnis lainnya, usaha kuliner dikenal sebagai bisnis yang memiliki pangsa pasar luas, mudah dijalankan, serta dapat memberikan keuntungan yang besar. Jadi tidak heran lagi jika banyak pebisnis yang tertarik untuk ikut menjalankan bisnis ini.

Bisa anda perhatikan di daerah tempat tinggal anda, pasti usaha kuliner ini juga marak sekali, mulai dari bisnis kuliner jajanan pinggir jalan hingga restaurant dan café mewah bertebaran dimana-mana.

Walaupun sudah banyak pebisnis yang terjun di bidang kuliner, artinya persaingan yang juga semakin ketat, namun peluang usaha kuliner dinilai masih memiliki prospek yang cukup besar, hal ini disebabkan karena makanan dan minuman merupakan konsumsi dan kebutuhan primer masyarakat, sehingga permintaan akan terus ada.

Apalagi jika cita rasa kuliner yang anda ciptakan unik, menarik, dan lezat, hal ini tentu akan menjadi senjata anda untuk menguasai pangsa pasar yang ada. Coba saja perhatikan lebih teliti restaurant, café, warung kuliner di daerah anda, rasanya kok tidak pernah sepi, malahan lebih rame. Ini tentu membuktikan bahwa peluang usaha kuliner masih sangat terbuka untuk anda.

Baca juga: Cara memulai bisnis kuliner.

Peluang Usaha Kuliner Modal Kecil dan Menjanjikan

Jenis Kuliner Yang Kurang Di Minati
Pada dasarnya hampir semua jenis kuliner itu memiliki prospek yang bagus, namun dari pengamatan saya ada juga kuliner yang kurang menjual, artinya kurang diminati oleh konsumen karena suatu hal tertentu. Beberapa kriteria jenis kuliner yang kurang diminati adalah sebagai berikut:

Makanan tradisional dengan cita rasa yang tidak dikembangkan (kecuali makanan tradisional dari daerah lain yang dijual di kota anda). Kota anda pasti memiliki makanan tradisional, sama dengan kota saya yaitu Yogyakarta. Di Yogyakarta makanan tradisional yang terkenal adalah gudeg, gudeg sangat sulit dikembangkan di Yogyakarta (walaupun masih ada yang sangat menyukainya, termasuk Ibu saya) entah kenapa, mungkin karena sudah bosan dengan cita rasa yang tidak berubah dari dahulu kala, sehingga gudeg saat ini sangat tidak popular.

Makanan dan minuman yang dilarang. Misalkan alcohol, atau makanan yang dilarang oleh agama tertentu. Hal ini jelas akan mengurangi pangsa pasar, walaupun masih ada saja yang mengkonsumsinya namun tidak mengubah kenyataan bahwa pangsa pasar yang dimiliki kuliner ini sangat kecil.

Makanan dan minuman yang tidak sesuai dengan situasi dan kondisi. Salah satu yang menyebabkan makanan dan minuman diminati oleh konsumen adalah karena situasi dan kondisi yang mendukung, contohnya situasi panas maka sop buah sangat menggiurkan. Jadi, ada baiknya anda pertimbangkan seksama jenis kuliner yang akan anda kembangkan. Usaha musiman selalu saja menghasilkan pendapatan yang tidak stabil.

Dalam membangun usaha kuliner atau usaha lainnya, perhatikan juga salah satu point kritis yaitu lokasi usaha. Dalam bisnis kuliner, mungkin usaha anda akan menjadi kurang diminati jika di lokasi anda sudah terlalu banyak pebisnis dengan jenis kuliner yang sama. Mungkin akan lebih baik jika anda berperan sebagai pelengkap (pervariasi). Contohnya, dilokasi tertentu sudah terdapat usaha kuliner KFC atau Popeye, dengan begitu bisnis ayam bakar, bebek bakar, dan sebagainya mungkin dapat menjadi alternative bagi para konsumen, sehingga hal ini akan lebih potensial.

Jenis Kuliner Yang Di Minati
Setelah pembahasan diatas, pasti muncul pertanyaan seperti ini “lalu kuliner yang seperti apa yang di minati oleh konsumen?”. Untuk yang satu ini ada banyak sekali, pada dasarnya jenis kuliner yang tidak termasuk pada kriteria diatas bisa dipastikan memiliki prospek yang bagus jika dikelola dengan baik dan tepat. Lebih spesifik, beberapa jenis kuliner yang memiliki prospek bagus serta memiliki peminat yang banyak adalah sebagai berikut:

Usaha gorengan. Kalau anda dibilang sebagai “pengusaha gorengan” mungkin akan terdengar kurang keren, bahkan anda bisa saja merasa tersinggung atau marah. Tapi jangan salah, usaha gorengan malah memiliki peminat dan daya tarik yang luar biasa, hampir semua kalangan menyukai gorengan entah itu orang kaya, miskin, berpendidikan atau tidak, anak-anak atau dewasa semuanya menyukainya. Dari segi modal juga tidak memerlukan biaya yang terlalu tinggi, mudah dijalankan serta sangat potensial untuk memberikan keuntungan yang tinggi.
Advertisement


Warung makan skala kecil menengah. Nah warung dengan skala kecil menengah ini sering sekali anda jumpai diberbagai tempat seperti di kawasan kampus, sekolah, perkantoran, kost-kosan, dan banyak bertebaran pula di pinggir jalan. Kalau dikawasan kampus dan kost-kosan dijogja warung seperti ini sering disebut “burjo’ atau “burjoan”, tempatnya enak, makanannya juga enak, dan yang pasti murah meriah sesuai kantong mahasiswa. Dipinggir-pinggir jalan, warung seperti ini sering menyediakan makanan dan minuman yang memiliki peminat banyak, seperti pecel lele, ayam, bebek, belut, bakmi, dan sebagainya. Apalagi jika ada tempat untuk lesehan (duduk tidak menggunakan kursi, namun beralas tikar dan sebagainya), suasana seperti itu sangat cocok sekali untuk kebanyakan masyarakat, baik anak muda ataupun keluarga.

Café dan Restaurant. Ini seperti halnya warung skala kecil menengah namun dengan skala yang lebih besar, modal yang dibutuhkan tentunya juga lebih besar. Kalau warung skala kecil menengah bisa menjangkau hampir semua target, orang kaya, miskin, anak-anak, dewasa, dan sebagainya, namun jika usaha kuliner berbentuk café dan restaurant sangat sulit untuk menjangkau semua target, khususunya orang yang tidak mampu atau orang yang tidak biasa dengan hingar bingar kemewahan. Tentu hal ini akan mengurangi pangsa pasar, tapi pangsa pasar tersebut dapat diatasi dengan harga yang lebih mahal. Menu apa yang disajikan di café dan restaurant tidak jauh berbeda dengan warung skala kecil menengah, namun biasanya disajikan dengan konsep yang lebih menarik, mewah, dan dengan cita rasa yang lebih unik dan WAHH.

Makanan ringan. Makanan ringan bisa beraneka macam, mulai dari makanan ringan berbentuk kripik, snack, kue, dan sebagainya. Dari segi rasa juga cukup menarik, mulai dari rasa pedas, gurih, manis, semuanya memiliki peminat yang banyak. Kalau anda bisa melakukan inovasi dan kreatif, mungkin makanan ringan ini bisa sangat menjanjikan, buatlah produk yang unik yang dapat menarik perhatian konsumen. Saya sendiri sering tertarik dengan makanan ringan, karena bisa menemani saya ketika banyak kerjaan, nonton hiburan, dan sebagainya, apalagi jika cita rasa yang ditawarkan lezat dan beraneka ragam, tentunya akan menambah daya tarik yang luar biasa.

Nah, itulah beberapa peluang usaha kuliner yang memiliki potensi untuk dapat berkembang di masa yang akan datang. Anda tertarik?

Artikel lainnya: Daftar waralaba makanan dan minuman.

Risiko dan Keuntungan Bisnis Kuliner
Seperti halnya bisnis-bisnis lainnya, tentu setiap bisnis itu memiliki risikonya tersendiri, termasuk juga usaha kuliner ini yang juga memiliki risiko dan keuntungannya tersendiri.

Risiko Bisnis Kuliner
  1. Cita rasa kuliner dipengaruhi banyak faktor, sehingga jika tidak dikelola dengan baik akan menyebabkan cita rasa yang kurang pas atau bahkan kurang layak.
  2. Jumlah pebisnis kuliner selalu meningkat, ini tentu menjadi tantangan tersendiri untuk anda para pengusaha kuliner karena tiap tahun demi tahun jumlah persaingan selalu saja meningkat.
  3. Bahan-bahan pokok yang rawan mengalami kenaikan harga, bahan pokok seperti beras, cabai, gula, garam, dan sebagainya sangat rawan untuk mengalami kenaikan, jadi anda harus pintar-pintar mengelolanya karena ini akan berkaitan dengan HPP (Harga Pokok Penjualan).
  4. Adanya isu yang sering menerpa, isu seperti kandungan makanan sering menjadi isu tersendiri bagi para pebisnis kuliner, seperti formalin, bahan haram (daging babi, tikus), bahan basi, dan sebagainya. Jangan sampai usaha kuliner anda terkena isu ini, karena sulit untuk memulihkannya. Kalau perlu sengajalah perlihatkan kepada para konsumen bahan-bahan terbaik yang anda pakai.
Keuntungan Bisnis Kuliner
  1. Modal yang relative lebih kecil jika dibandingkan dengan bisnis lainnya.
  2. Potensi pangsa pasar yang sangat luas.
  3. Potensi keuntungan yang besar.
  4. Banyaknya jenis kuliner yang bisa di maksimalkan.
  5. Operasi usaha yang relative mudah dijalankan.
  6. Pemasaran yang mudah.

Oke, itulah ulasan tentang peluang usaha kuliner modal kecil dan menjanjikan yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga ulasan tentang peluang usaha kuliner diatas dapat membantu dan menambah wawasan serta pengetahuan anda. Semoga bisnis kuliner anda sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.