HOT Banget

Friday 6 September 2019

Ide Video Youtube! Konten Channel Potensial Menghasilkan Banyak Uang

Advertisement
.
Ide video Youtube perlu kalian pikirkan dengan matang sebelum memutuskan untuk membuat suatu video di Youtube.

Tema video Youtube penting sekali, kalian perlu mempertimbangkan dari berbagai sisi. Karena jika kalian salah memilih jenis video, bisa jadi channel kalian akan sulit berkembang.

Menentukan konten channel Youtube itu susah-susah gampang, kalian perlu memperhatikan beberapa hal terutama tingkat persaingan dan kemampuan kalian sendiri.

Jika kalian masih bingung dengan ide konten video Youtube, tidak tahu mau mengisi channel dengan jenis video seperti apa, mungkin beberapa ide tema video berikut ini akan membantu:

Sebelumnya, baca juga:
- Cara mendapatkan uang dari Youtube dengan mudah.
- Cara mendapatkan uang dari hobi jalan-jalan.
Ide Video Youtube! Konten Channel Potensial Menghasilkan Banyak Uang

A. Ide Video Youtube Yang Potensial

Ide video Youtube yang potensial ini bukan hanya saya nilai dari banyaknya pencarian, namun saya pertimbangkan tingkat persaingannya juga.

Akan jadi sulit jika kalian hanya mempertimbangkan berapa banyak pencariannya tanpa mempertimbangkan persaingan.

Mengabaikan persaingan justru akan membuat channel Youtube yang kalian buat menjadi tidak potensial karena tidak bisa atau kesulitan menembus persaingan.

Nah, tema atau konten video Youtube berikut ini menurut saya yang paling potensial saat ini, pencariannya cukup banyak namun persaingan di Indonesia masih sedikit.

1. Video Kegiatan Outdoor

Di luar negeri, tema video kegiatan outdoor sudah cukup ramai. Tapi untuk di Indonesia, walaupun ada beberapa channel yang sudah mulai menggarap tema ini, namun potensinya masih cukup baik.

Kebanyakan video kegiatan outdoor asal Indonesia belum digarap secara serius, kebanyakan asal-asalan, tidak disetting secara baik, atau apa adanya.

Atau bisa dibilang, belum banyak video yang kualitasnya baik. Ini bisa dilihat dari resolusi videonya, angle pengambilan video, dan cerita dalam video itu sendiri masih “waton mlaku” alias asal jadi.

Maksud dari cerita video adalah nuansa temanya, misal orang buat video bertahan hidup di hutan, tapi bawa Pop Mie, roti, kopi, dan lain-lain lalu memakannya, kan lucu?

Nah, jika kebetulan kalian suka kegiatan outdoor, ada beberapa tema video Youtube yang potensial, coba lihat berikut ini:

a. Camping, Hiking, Bushcraft, & Survival

Pertama, ide video di Youtube yang menurut saya potensinya baik adalah video camping, hiking, bushcraft atau survival.
Advertisement


Jenis video seperti di atas banyak banget di tonton baik di luar negeri maupun di Indonesia. Bedanya, kreator di Indonesia masih sedikit, jadi kesempatan untuk kalian membuat channel cukup besar.

Untuk proses pembuatan videonya saya kira tidak terlalu sulit, di luar negeri untuk video survival bahkan kebanyaka dilakukan tanpa bicara.

Namun kelemahannya, jika kalian aslinya tidak suka kegiatan ini, mungkin akan repot menyiapkan peralatan, bahkan melakukannya saja mungkin takut.

Itu juga mungkin alasannya kenapa di Indonesia channel seperti ini belum banyak, ya karena repot dan membutuhkan keberanian. Tapi jika dilihat potensinya, konten channel Youtube jenis ini luar biasa.

b. Video Masak di Alam

Video Youtube yang menyajikan cara masak di dapur, memberikan resep, tips dan trik, itu sudah biasa dan ada banyak channel yang menyajikannya.

Tapi jika kalian memodifikasinya dan memadukan antara memasak dan petualangan, ini akan menarik. Ya, masak di alam ada nuansa kealaman yang memberikan hiburan berbeda.

Ada dua pilihan yang bisa kalian lakukan, memasak di alam pakai cara tradisional, artinya api pakai kayu, wajan dari batu dan semacamnya.

Atau kalian bisa menggunakan cara semi modern, alat masak seperti wajan sudah modern, pisau modern, tapi apinya masih tradisional dan semacamnya.

Di luar negeri sudah ada beberapa channel Youtube yang menyajikan konten video seperti ini secara serius, tapi kalau di Indonesia belum pernah nemuin channel seperti ini yang digarap serius.

c. Olahraga Ekstrim

Ada banyak olahraga ekstrim yang akan sangat menarik kalau di video, dan jenis video seperti ini masih jarang banget di temukan. Khususnya di Indonesia, kalau di luar negeri ya seperti biasa, sudah banyak.

Nah beberapa olahraga ekstrim yang paling menarik menurut saya adalah sepeda downhill, motor cross, terjun payung, panjat tebing, atau bahkan video yang bersifat jelajah alam liar.

Jenis video Youtube ini sedikit sulit dilakukan, juga butuh tidak sekedar keberanian biasa, tapi wajib berani banget. Tapi ingat ini, semakin sulit suatu video dibuat, saya jamin semakin potensial videonya.

2. Video Budidaya, Pertanian, dan Peternakan

Video yang menampilkan segala hal tentang budidaya, pertanian, dan peternakan menjadi salah satu jenis konten video Youtube yang sangat potensial menurutku.

Kalau saya lihat, baik di luar negeri maupun di Indonesia masih sedikit channel yang menggarap jenis video ini secara serius.

Kalian tidak perlu menguasai ilmu budidaya, pertanian, dan peternakan, masih ada banyak cara untuk membuat video dengan tema seperti itu tanpa harus menguasai ilmunya.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan wawancara kepada praktisinya secara langsung. Datang saja ke tempat mereka, lalu lakukan wawancara yang bermanfaat untuk para viewers.

Budidaya, pertanian, dan peternakan apa yang potensial? Hmmn, saya kira semuanya, hampir selalu video Youtube yang saya temui yang membahas hal ini selalu banyak yang menonton.

Nah, karena di luar negeri sendiri juga masih jarang, ini kesempatan kalian untuk unjuk gigi. Saran saya, di setiap video jangan lupa diberikan subtitle Bahasa Inggris biar orang luar mengerti.

3. Video Prank dan Social Experiment

Ide channel Youtube ini sangat menarik dan banyak sekali yang mencarinya, yaitu prank atau ngerjain/menjaili orang lain dan social experiment.

Di Indonesia sendiri ada beberapa channel yang mulai serius menyajikan konten seperti ini, tapi belum banyak dan persaingannya juga belum terlalu tinggi.

Jika kamu kreatif, masih terbuka banget kesempatan untuk ikut membuat video Youtube jenis ini. Hanya saja, untuk video prank perlu dilakukan lebih hati-hati.

Ada risiko karena sifatnya yang mengganggu orang lain, kalian perlu pintar menilai prank seperti apa yang bisa diimplementasikan, jenis orang seperti apa yang bisa dan boleh diprank.

Lebih minim risiko kalau social experiment karena sifatnya yang “mengetest” reaksi orang lain, misalnya gimana reaksi orang kalau ada orang buta yang jatuh dan sebagainya.

4. Cover Musik

Orang sering bosen dengan lagu asli dari penyanyi, sehingga banyak banget yang mencari coveran lagu di Youtube. Dan kadang, coveran lagu itu justru dinilai lebih baik dari lagu aslinya.

Untuk konten video Youtube ini sebenarnya sudah cukup banyak channel yang menyajikan, namun mempertimbangkan banyaknya lagu yang bisa dicover dan bisa dimodifikasi, maka jenis channel Youtube ini menurutku cukup potensial.

Apa maksudnya memodifikasi? Ya kalian bisa merubah musiknya, nadanya, atau yang lain. Misal dari lagu pop jadi metal, lagu pop jadi reggee, atau sebaliknya.

5. Video Film Pendek

Film pendek nampaknya juga merupakan salah satu ide konten Youtube yang perlu kalian pertimbangkan, pasalnya jenis video ini cukup banyak pula peminatnya.
Advertisement


Jika kamu orang yang kreatif, mampu mengarang cerita yang baik, paham apa yang dirasakan audience, channel Youtube bisa kalian isi dengan konten video semacam ini.

Persaingannya juga belum terlalu ketat, masih sangat terbuka lebar. Di Indonesia, hanya segelintir channel yang menyajikan konten film pendek berkualitas.

Hanya saja, perlu diakui kalau membuat film pendek tidak semudah membuat video jenis lainnya, ada banyak hal yang perlu kalian siapkan untuk menciptakan karya yang baik.

Tapi jika kamu punya teman atau tim yang solid, apapun kesulitannya pasti bisa diatasi. Pikirkan bersama dialognya, alur cerita, tempat, dan lain-lain.

Untuk peralatannya pun tidak perlu yang mahal, cukup memanfaatkan Smartphone aja sebenarnya sudah bisa. Jangan gagal hanya karena minder dengan peralatan!

6. Video Tentang Hobimu

Konten channel Youtube yang paling mudah direalisasikan sebenarnya berasal dari hobi kamu, apapun hobimu pasti bisa divideo’in.

Dari sisi keahlian, karena ini hobimu pasti kalian sudah ahli di bidangnya. Tinggal pikirkan apakah hobimu itu masih potensial untuk mengisi channel Youtube atau tidak?

B. Konten Video Youtube Yang Perlu Dihindari

Ada beberapa ide konten Youtube yang terlihat potensial, tapi kalau dipikir kembali dengan mempertimbangkan banyak hal, menurut saya justru perlu dihindari.

Alasannya karena persaingan terlalu ketat, sudah terlalu banyak yang membuat channel serupa, hingga jenis video Youtube yang dilarang.

1. Video Terlarang

Sebelum membuat channel dan mengisinya dengan video, kalian perlu paham betul apa saja jenis video yang diperbolehkan dan dilarang oleh Youtube.

Beberapa contoh jenis video yang dilarang:
  • Konten pornografi
  • Narkotika
  • Video SARA dan diskriminatif
  • Konten yang melanggar privasi orang lain
  • Konten berhak cipta milik pihak lain
Youtube saat ini semakin pintar, kedepannya saya yakin sistem deteksi Youtube juga akan semakin pintar dan canggih. Jadi, percuma kalian ingin mengakali Youtube.

Lebih baik sedari awal membuat video yang memang bermanfaat positif, daripada cuman mencari celah yang lama kelamaan pasti ketahuan juga.

2. Video Dengan Persaingan Terlalu Ketat

Konten video Youtube yang banyak dicari tapi proses pembuatan videonya mudah, pasti persaingannya ketat banget. Contoh, vlog kuliner, vlog kegiatan sehari-hari, game, dan tutorial sederhana.

Memang, jenis video seperti itu dari sisi hiburannya sangat potensial, tapi jangan hanya terjebak pada fakta tersebut. Coba pikirkan persaingannya, kamu yakin bisa bersaing?

Jika yakin, apa yang akan membuat channelmu bisa bersaing? Pikirkan ini dulu sebelum benar-benar memutuskan untuk membuat.

Saya khawatir kalian hanya memikirkan popularitas saja, lalu mengabaikan pertimbangan lain. Ingat, kita bukan artis yang punya fans base yang akan dengan mudah memviralkan video.

Kita harus mulai dari nol dan membangun popularitas sendiri, dan ini akan makan banyak waktu, tenaga, dan kreatifitas!

3. Tema Video Yang Bukan Keahlianmu

Video yang paling sulit dibuat adalah video dengan tema yang memang bukan keahlianmu, atau tema video yang sebenarnya tidak kamu sukai.

Jika kamu sudah nemu ide video Youtube yang potensial namun kamu sendiri tidak menguasai atau menyukainya, pikir lagi! Karena takutnya kamu tidak bisa memahami keinginan dari penonton.

Gampangnya, bisa-bisa kalian menampilkan hal yang tidak membuat menarik dan justru tidak menampilkan yang diinginkan penonton, pasti ini fatal akibatnya.
----
Gimana, sudah nemu ide video Youtube yang menurutmu oke? Jika sudah dan mantap, segera eksekusi ya, semakin lama tidak dieksekusi nanti keburu didahului orang lain lho!

Selanjutnya:
- Cara mendapatkan uang dari blog, gratis dan mudah.
- Cara mendapatkan uang dengan bermain game online.
- Berbagai peluang bisnis online.
-----
Oke ya gaes, itulah beberapa ide video Youtube yang menurut saya sangat potensial banget untuk digarap. Semoga ide konten Youtube di atas bermanfaat dan membantu kalian menemukan tema video yang terbaik. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.