HOT Banget

Thursday 16 July 2015

Tips Cara Menguntungkan Memilih Tanah Untuk Investasi

Advertisement
.
Tips Cara Menguntungkan Memilih Tanah Untuk Investasi – Investasi properti merupakan investasi yang dinilai memiliki potensi laba yang begitu besar. Salah satu jenis investasi properti yang paling digemari saat ini adalah investasi properti yang berupa tanah. Tanah merupakan sumber ekonomi yang terbatas karena jumlahnya tidak bisa bertambah, sedangkan pihak yang membutuhkannya malah semakin meningkat, karena inilah harga tanah bisa dipastikan selalu meningkat.

Kenaikan harga tanah ini dapat bervariasi, seperti halnya harga tanah saat ini yang bervariasi pula diberbagai daerah. Banyak faktor yang menjadi penyebab tinggi rendahnya kenaikan harga tanah, diantaranya adalah faktor lokasi, keadaan tanah, kepadatan penduduk, faktor ekonomi, dan lain sebagainya. Selain itu, investasi tanah juga dinilai sebagai investasi properti yang paling mudah dijalankan yang dapat memberikan keuntungan yang tidak kalah dari investasi properti lainnya seperti rumah dan apartemen.

Tapi yang perlu diingat, walaupun tanah memiliki berbagai keuntungan yang menggiurkan diatas, terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan pertimbangkan dengan seksama ketika memilih tanah untuk investasi, karena bukan tidak mungkin hal ini malah akan menjadi senjata makan tuan bagi anda. Nah, apa sajakah hal-hal tersebut? Simak ulasan tentang tips cara menguntungkan memilih tanah untuk investasi yang akan saya berikan berikut ini.

Sebelumnya, pahami juga: Resiko dan keuntungan bisnis investasi properti.

Tips Cara Menguntungkan Memilih Tanah Untuk Investasi
Lokasi Tanah
Menentukan lokasi tanah ini merupakan hal yang sangat penting sekali, dalam hal ini anda harus benar-benar jeli dalam memperkirakan tanah mana yang berpotensi mengalami kenaikan harga yang tinggi. Umumnya tanah yang berlokasikan di pusat-pusat bisnis dan industry berpotensi mengalami kenaikan harga yang tajam, begitu juga dengan lokasi yang merupakan kawasan pemukiman. Selain itu, kawasan yang sedang dikembangkan juga memiliki prospek yang cukup bagus, seperti lokasi yang sedang dikembangkan untuk pusat pendidikan, bisnis dan industry baru, proyek-proyek pemerintah, dan lain sebagainya. Tanah yang berlokasi dikawasan yang sedang dikembangkan ini sering disebut sebagai tanah setengah matang, maksudnya tanah yang siap dimasak untuk mendatangkan keuntungan yang tinggi.

Dalam menentukan lokasi tanah, anda juga harus mempertimbangkan apakah dilokasi tertentu sering dilanda bencana atau tidak, misalkan banjir, tanah longsor, dan lain-lain. Dan juga, biasanya orang-orang tidak suka lokasi tanah yang dekat dengan sesuatu yang tidak nyaman, misalnya limbah pembuangan sampah, banyak preman, angker, dekat makam (kuburan). Nah, disini anda harus benar-benar jeli ya memilihnya! Ada baiknya anda terlebih dahulu melakukan komunikasi dengan warga atau notaris yang ada disekitar lokasi tanah, mereka tentu lebih tahu ketimbang anda tentang bagaimana sebenarnya kenyamanan dilokasi tanah tersebut.

Selengkapnya: Tips memilih lokasi tanah/rumah/bangunan.

Kondisi Tanah
Yang saya maksud dengan kondisi tanah ini meliputi banyak hal, diantaranya adalah bentuk tanah, kerataan dan kepadatan tanah, ukuran tanah, dan hadap tanah, semua hal ini sangat penting anda pertimbangkan.  Untuk masalah bentuk tanah, biasanya pembeli lebih menyukai tanah yang memiliki bentuk persegi dan juga trapesium. Tapi kadang pembeli merasa enggan juga dengan bentuk persegi panjang yang lebar mukanya kurang bagus, khusus persegi panjang biasanya masih diminati selama lebar mukanya 40-75% dari total panjang tanah tersebut. Untuk kerataan dan kepadatan tanah, ini juga akan menjadi masalah tersendiri bagi anda karena pembeli lebih menyukai tanah yang rata dan juga padat, tanah yang tidak rata dan tidak padat tentu membutuhkan biaya untuk memperbaikinya, dan hal ini akan menjadi kelemahan dalam proses negosiasi, imbasnya adalah pembeli akan meminta potongan harga kepada anda.
Advertisement


Untuk ukuran tanah, ini akan lebih baik jika anda sesuaikan dengan lokasi tanah tersebut. Misalkan, jika anda menemukan tanah dilokasi elite yang mayoritas adalah orang berduit, maka ukuran tanah yang lebih lebar akan lebih disukai karena orang berduit tentu memiliki keinginan membangun rumah mewah besar sesuai dengan impian mereka, dalam hal ini usahakan ukuran minimal tanah adalah 400m2. Dan untuk lokasi yang mayoritas berkemampuan menengah kebawah, usahakan ukuran maksimal tanah adalah 200m2, ukuran ini lebih banyak diminati oleh kalangan menengah kebawah karena harga yang lebih murah. Untuk hadap tanah, biasanya lebih disukai tanah yang hadap utara dan selatan karena pencahayaan matahari yang merata, selain itu pembeli terkadang juga suka dengan tanah yang menghadap ke timur karena penyinaran matahari pagi.

Negosiasi Harga Tanah
Dalam melakukan negosiasi harga tanah, tentu yang kita harapkan adalah pembeli setuju dengan harga yang kita tawarkan. Nah, untuk mewujudkan apa yang kita inginkan ini, sebenarnya kita hanya butuh sebuah alasan yang kuat kenapa kita menawarkan harga tersebut kepada pembeli, jika kita dapat memberikan alasan yang kuat kepada pembeli maka pembeli nantinya akan terpengaruh dengan alasan-alasan tersebut. Lalu, apa saja yang dapat kita jadikan alasan? Ada banyak, contohnya adalah semua keunggulan yang dimiliki tanah tersebut, dengan keunggulan yang dimilikinya maka sebuah tanah harus dijual dengan harga yang pantas, itu jika anda berperan sebagai penjualnya.

Kemudian, jika anda berperan sebagai pembeli dan sedang mencari sebuah tanah, ketika menemukannya maka carilah kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh tanah tersebut, bisa dari segi lokasi, bentuk, ukuran, atau segi lainnya. Hal ini anda lakukan agar dalam negosiasi nantinya anda memiliki alasan yang kuat agar tanah tersebut boleh dibeli dengan harga yang lebih murah. Selama anda tidak menipu, ini akan menjadi hal yang bagus untuk anda lakukan.

Legalitas dan Kelengkapan Surat Tanah
Dalam kaitannya legalitas tanah, maka ini berkaitan dengan ha katas tanah tertentu, dan hak atas tanah ini bisa bermacam-macam, diantaranya hak sewa, hak pakai, hak milik, dan sebagainya. Kalau anda membeli tanah tersebut bertujuan untuk memilikinya, maka pastikan bahwa hak yang anda dapat merupakan hak milik atas tanah tersebut, dan pastikan bahwa surat-surat dari tanah tersebut (sertifikat hak milik) lengkap dan keabsahan yang sudah jelas.

Kestabilan Keuangan
Investasi tanah ini akan dapat memberikan keuntungan yang lebih besar dalam jangka waktu yang lebih lama. Dibandingkan dengan dua tahun, tanah akan lebih menguntungkan jika anda jual ketika sudah lima tahun, hal ini seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa harga tanah setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan. Dalam masa tunggu ini, anda harus benar-benar memperhatikan keuangan anda agar tidak kolep, kenapa? Bisa dibayangkan jika ditengah-tengah masa tunggu anda kesulitan uang, apa yang anda lakukan? Tentu saja terpaksa menjual tanah yang anda miliki, kalau tingkat keuntungan yang anda harapkan sudah tercapai sih tidak masalah, tapi jika masa tunggu tanah baru 1 atau dua tahun, tentu saja hal ini akan jauh menurunkan tingkat keuntungan yang akan anda dapatkan.

Pada dasarnya masa tunggu 1 atau 2 tahun pun sudah mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dengan harga jual, tapi apakah selisih tersebut sudah dapat menutupi biaya-biaya lain yang telah anda keluarkan, seperti biaya balik nama, pajak, biaya mengurus surat-surat, serta biaya-biaya lainnya. Bisa jadi selisih harga beli dengan harga jual tersebut habis hanya untuk menutupi biaya-biaya tersebut, lalu apa untungnya? Padahal disini anda sudah mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran. Karena alasan inilah anda harus menjaga kestabilan keuangan.

Baca juga: Cara memulai bisnis properti tanpa modal.
----
Oke, mungkin hanya itu saja ulasan tentang tips cara menguntungkan memilih tanah untuk investasi yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga ulasan tentang cara menguntungkan memilih tanah diatas dapat memberikan manfaat dan menambah pemahaman, pengetahuan, serta wawasan anda semuanya. Saya berharap investasi tanah yang akan anda lakukan dapat sukses dan memberikan keuntungan tinggi seperti yang anda harapkan. Thanks.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.