HOT Banget

Sunday 9 December 2018

Peluang Bisnis di Tahun 2019! Prediksi Yang Bakal Tambah Booming

Advertisement
.
Peluang Bisnis di Tahun 2019! Prediksi Yang Bakal Tambah Booming – Hallo kawan-kawan semuanya, gak terasa ya tahun 2018 akan segera berakhir (ketika artikel ini ditulis), dan tinggal menunggu beberapa hari lagi kita akan memasuki tahun baru, 2019. Di tahun baru yang akan segera datang ini, saya yakin akan ada gelombang bisnis, baik bisnis yang benar-benar baru atau mungkin bisnis lama yang akan semakin booming.

Untuk bisnis yang benar-benar baru, jujur saja saya hanya ada ide liar yang belum saya uji dari beberapa aspek, hanya sebuah ide bisnis yang benar-benar mentah. Tapi dalam artikel ini, saya tidak akan membahas itu, saya akan membahas bisnis yang sudah ada dan di tahun 2019 nanti saya prediksi akan tambah meriah.

Yups tambah meriah, dalam artian akan semakin banyak pelakunya, baik pihak sebagai penawar maupun peminatnya. Penilaian dari prediksi bisnis 2019 ini saya dasari dari tren di tahun 2018 dimana bisnisnya belum mencapai klimaks, yang masih ada kemungkinan besar untuk terus tumbuh dan berkembang.

Peluang bisnis apa sajakah itu? Silahan simak, berikut prediksi peluang bisnis di taun 2019 yang akan tambah booming:

Sebelumnya, baca juga: Ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga.
Peluang Bisnis di Tahun 2019! Prediksi Yang Bakal Tambah Booming
Pengembangan Aplikasi Gadget Yang Kreatif dan Inovatif
Saat ini memang sudah banyak aplikasi dari sistem android maupun sistem lainnya, dimana banyak aplikasi yang tersedia, baik gratis maupun berbayar. Maraknya aplikasi ini bisa berbagai macam jenis, mulai dari game, aplikasi harian, dan bahkan ada aplikasi buku serta berita. Ini merupakan tools dikehidupan modern ini, dan saya prediksi tools ini akan semakin ramai di tahun 2019.

Bagi kalian yang merupakan seorang developer, atau saat ini sedang menempuh pendidikan untuk menjadi developer, ini adalah kesempatan emas bagi kalian untuk mendapatkan pangsa pasar yang begitu besar. Seperti yang kita tahu, saat ini semua orang hampir semuanya memiliki smartphone, dan smartphone pasti bisa di install aplikasi. Jadi tunggu apa lagi, ayo buat aplikasi bermanfaat kalian!

Aplikasi seperti apa yang bisa kalian buat? Ini bebas sesuai keahlian dan kemauan kalian, bahkan kalian bisa meniru aplikasi yang sudah ada jika menurut kalian aplikasi yang sudah ada tersebut akan kalah dengan aplikasi buatan kalian yang lebih baik. Buat inovasi baru yang memungkinkan orang akan membutuhkannya.

Dengan membuat aplikasi, dari mana kita akan mendapat keuntungan? Banyak cara untuk mendapat keuntungan dengan aplikasi, salah satunya dengan membuat aplikasi yang berbayar. Selain itu, bisa juga menggratiskan aplikasi, namun di dalam aplikasi kalian isi dengan iklan, kalian bisa gabung dengan jaringan iklan milik Google, yaitu AdMob.
Advertisement

Toko Barang Gadget, Komputer, dan Komponennya
Barang-barang elektronik di tahun 2019 saya prediksi akan menjadi salah satu peluang bisnis yang paling menjanjikan. Bagaimana tidak, dikuartal 1 tahun 2018 saja penjualan smartphone mencapai 334 juta unit lebih di seluruh dunia, sedangkan penjualan komputer di kuartal 2 tahun 2018 mencapai 62 juta unit lebih, itu baru di kuartal 1 dan 2, berapa kalo di semua kuartal, pastinya akan banyak sekali. Itu saja belum termasuk komponennya lho.

Bayangkan jika kalian bisa berpartisipasi di dalamnya, dengan pangsa pasar yang begitu luas serta ada berbagai macam dan pembaruan dari barang-barang elektronik tersebut, yang akan membuat konsumen ingin memperbarui barang yang sudah mereka miliki.

Saya kira masyarakat di indonesia ini tingkat konsumtifnya cukup tinggi, banyak yang ingin mengganti smartphone jika ada model terbaru yang keluar, ingin mengganti komputer dengan spesifikasi yang lebih tinggi, apalagi dengan komponen-komponennya yang semakin lama semakin beraneka macam.

Bisnis Kuliner Yang Semakin Menjadi-jadi
Sampai saat ini, saya masih berpikiran bahwa bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Ya, dari dulu saya berpikiran seperti itu karena memang bisnis kuliner selalu dibutuhkan orang yang tidak sempat memasak. Selain karena tidak ada waktu, alasan lainnya adalah karena tidak semua orang mampu memasak, apalagi yang selezat rumah makan yang populer.

Selain dua alasan tersebut, ada lagi alasan lainnya, apa itu? Well, tempat makan sering dijadikan tempat nongkrong, baik dengan teman maupun dengan belahan jiwanya, baik itu tempat makan kaki lima hingga yang super mewah. Jadi menurut saya, di tahun 2019 nanti bisnis kuliner masih dan bahkan akan tambah ramai.

Baca: Bisnis kuliner modal kecil dan menjanjikan.

Bisnis Fashion Juga Memiliki Potensi Besar
Beberapa waktu lalu, entah kenapa saya tidak pernah berpikiran bahwa fashion akan menjadi bisnis dengan potensi besar. Tapi setelah saya terjun langsung dalam bisnis fashion, saya seketika merubah penilaian saya bahwa bisnis fashion ternyata memiliki peluang yang cukup besar, dan saya prediksi di tahun 2019 masih akan eksis dan tambah ramai.

Sebelum saya terjun langsung di dunia fashion, hal itu mengharuskan saya untuk sedikit berpikir apakah bisnis fashion punya peluang yang bagus, saya pun harus mempelajari berbagai macam mulai dari target pasar, memilah supplier, dan belajar mengenali kualitas sebuah kain. Dan taraa, saya berkesimpulan bahwa bisnis fashion cukup bagus. Tapi dengan syarat.

Syarat apa? Saya berpikiran bahwa fashion harus terus up to date untuk bertahan. Ya, up to date, selama seorang penjual bisa melakukannya maka dia akan bisa bertahan, ikuti berkembangan tren, prediksi tren seperti apa yang akan booming kedepannya.

Design dan Web Programming
Selanjutnya, prediksi peluang bisnis di tahun 2019 yang bakal booming adalah bisnis design dan web programming. Design bisa design apa saja, mulai dari design web, baju, rumah, dan lain sebagainya. Saya kira ini akan tambah menggeliat di tahun 2019 karena saat ini banyak dibutuhkan sesuatu yang kreatif dan inovasif, sehingga jika kamu mampu menciptakan design yang oke, sangat mungkin banyak orang akan menginginkannya. Perlu kamu tahu, salah satu yang palin sulit untuk menciptakan produk baru adalah tampilan yang beda, ini jelas.

Begitu juga dengan web programming, saat ini sangat dibutuhkan programmer yang handal untuk menciptakan layout web yang simpel, keren, elegan, namun juga responsif. Ini berhubungan dengan design di atas, jika kamu mampu menciptakan design web yang bagus lalu mampu menciptakannya dengan ilmu pemrograman yang kamu miliki, tidak heran jika akan ada banyak orang yang meminta jasamu untuk membangun sebuah web.
Advertisement

Bisnis Jasa Bersih-bersih
Pernah bayangin enggak sih kalau kedepannya semua orang akan semakin sibuk, kecuali orang malas? Pernah mungkin ya, atau bahkan kalian punya rencana untuk lebih sibuk di tahun mendatang? Itu bagus. Dengan semakin sibuknya orang-orang dengan masih memiliki 2 tangan dan 2 kaki, tentu akan ada pekerjaan yang tidak bisa mereka lakukan sendiri, salah satunya adalah bersih-bersih.

Bersih-bersih bisa berupa cuci pakaian, sepatu, rumah, atau mobil. Ini semua menurutku adalah peluang usaha yang cukup prospek. Selain memanfaatkan kesibukan orang lain, jasa bersih-bersih akan dibutuhkan karena tidak semua orang memiliki ilmu dalam membersihkan secara benar. Misalnya, mencuci pakaian agar kain tidak mudah rusak, cuci mobil dan motor agar cat tidak mudah luntur.

Bisnis E-learning 
e-learning tidak harus belajar secara streaming, tapi bisa dalam bentuk ebook, artikel di blog/web, atau belajar via chatting menggunakan layanan pesan yang sudah canggih itu. Tentu saya tidak mengatakan bahwa buku atau belajar secara konvensional akan mati, tetapi di sini saya Cuma memprediksikan bahwa E-learning akan semakin tumbuh di tahun 2019.

Kenapa saya bisa berpikiran seperti itu? Menurut saya, saat ini banyak orang berilmu namun tidak bisa membagikan ilmunya secara penuh, seperti mencetak buku. Alhasil, banyak yang akan memilih untuk menjual ilmunya lewat ebook atau layanan konsultasi online. Atau bahkan akan ada semakin banyak orang yang membagi ilmunya secara gratis dengan menuliskan di blog/web, dengan keuntungan memasang iklan.

Tunggu, kalian tidak meremehkan iklan’kan? Perlu kamu tahu, diluar sana banyak sekali lho orang yang mendapatkan puluhan juta atau bahkan ratusan juta hanya dari iklan di blog/web mereka. Tanpa iklan, mungkin jumlah blogger tidak akan sebanyak sekarang. Tidak hanya blogger aja yang mengandalkan iklan sebenarnya, contoh perusahaan besar yang mengandalkan iklan seperti Google, Facebook, Youtube, Instagram, Kompas, Tribun, dan masih banyak lagi.

Baca: Peluang bisnis online.
----
Oke, itulah beberapa prediksi saya terkait peluang bisnis di tahun 2019 yang akan tambah ramai dan booming. Ada pendapat lain? Silahkan tulis via komentar di bawah ya. Jangan lupa untuk share artikel ini juga. Thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.