HOT Banget

Sunday 19 May 2019

Pengalaman Ikut Seleksi Tes Kerja di PT. Indaco Warna Dunia

Advertisement
.

Pengalaman Ikut Seleksi Tes Kerja di PT. Indaco Warna Dunia

– Dulu ketika jamannya cari kerja, saya pernah 2 kali ikut seleksi tes kerja di perusahaan cat yang ada di Karanganyar ini. Dari dua kesempatan itu, saya tidak lolos alias gagal. Tulisan ini saya buat untuk berbagi pengalaman saja, siapa tahu pengalaman saya bisa membantu kalian yang akan mengikuti seleksi di PT. Indaco Warna Dunia.

Tulisan ini pun saya tulis dengan sebenar-benarnya, jujur sesuai apa yang saya lihat dan apa yang saya simpulkan. Jika seandainya tulisan ini terkesan menjelek-jelekkan atau semacamnya, ketahuilah kalau itu bukan maksud saya.

Oke, berhubung saya pernah 2x ikut tes dan pengalaman yang saya rasakan di 2 kali ikut tes bisa dibilang berlawanan, maka tulisan ini akan saya pisah menjadi dua bagian. Silahkan simak berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Kriteria pelamar yang paling banyak dicari oleh perusahaan besar.

Pengalaman Ikut Seleksi Tes Kerja di PT. Indaco Warna Dunia

Pengalaman Pertama

Tahapan Tes

Di pengalaman pertama saya ikut seleksi tes kerja di PT. Indaco Warna Dunia, saya gagal di ujian komputer. Secara total, ada 3 tahapan yang saya lalui yaitu ujian psikotest, wawancara HRD, dan ujian komputer. Dari perbincangan saya dengan orang yang lolos ujian komputer, akan ada wawancara dengan kepala divisi. Jadi bisa disimpulkan kalau dalam 1 hari ada 4 tahapan ujian.

Untuk ujian psikotest, saya kira tidak terlalu sulit. Beberapa materi psikotes yang diujikan seingat saya adalah tes kepribadian seperti kemampuan kontrol emosi, kejujuran, dan lain-lain. Ada pula materi tes koran atau biasa disebut tes kraeplin. Selain itu, entah benar atau tidak tapi sepertinya peserta secara tidak langsung diuji mentalnya dengan sengaja membuat ruangan sangat dingin karena AC.

Untuk wawancara HRD, pertanyaannya masih sangat umum seperti pertanyaan tentang diri sendiri, kekurangan dan kelebihan, alasan melamar, dan semacamnya. Di wawancara ini, sama sekali tidak disinggung masalah gaji.

Sedangkan tes komputer, materi yang diujikan adalah teknis Excel seperti rumus IF, OR, AND, dan lain sebagainya. Sulitkah? Sebenarnya sangat mudah karena materi basic, tapi karena dulu saya payah banget jadinya gagal deh. Untuk tahap setelah tes komputer, ada wawancara divisi. Tapi seperti yang saya jelaskan di atas, saya udah gagal jadi tidak bisa berbagi pengalaman di tahap selanjutnya.

HRD Yang Luar Biasa

Jika saya jadi juri di kompetisi HRD terbaik, saya pasti akan memilih HRD PT. Indaco Warna Dunia sebagai pemenangnya. Selama saya berkelana melamar sana-sini di puluhan perusahaan, baik perusahaan lokal maupun interlokal, HRD PT. Indaco Warna Dunia lah yang terbaik. Dulu nama HRDnya adalah Ryan atau Rian, nama lengkapnya saya tidak tahu, dia cewek dan cantik banget.

Tapi yang bikin luar biasa itu tidak hanya karena cantik saja, tapi karena sikap dan cara bicara yang sopan santun, lembut, dan orangnya sangat menyenangkan. Kalau biasanya HRD itu judes, sok-sokan, dan sedikit sombong, kalau mbk Rian ini sama sekali tidak seperti itu.

Jika fisik yang cantik rupawan dan sikapnya yang baik digabung, semua pria pasti klepek-klepek sama mbk Rian. Ketika menulis tulisan ini dan mengingat kembali mbk Rian, entah kenapa saya jadi deg-degan. Saya harap sih dia membaca tulisan ini, siapa tahu saya bisa kenal lebih dekat lagi, hehehe.
Advertisement


Satpam Kurang Ramah Namun Profesional

Satpamnya gahar-gahar, tidak ada yang murah senyum. Tapi saya berpikir, mungkin satpam ada positifnya dengan tidak murah senyum seperti itu, setidaknya bisa membuat orang luar agar tidak macam-macam di lingkungan kantor. Kalau menurut saya sih, satpam di PT. Indaco Warna Dunia bukan satpam yang ecek-ecek, memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan bisa memberi instruksi dengan baik dan jelas.

Lingkungan Kantor

Untuk lingkungan kantor sangat bersih dari sampah, rapi dan tertata dengan baik. Tapi sayang, di depan ruang ujian di mana para pelamar menunggu, ada banyak sekali nyamuk. Tempat tunggu yang awalnya sejuk karena banyak pepohonan berubah menjadi panas karena peserta memilih memakai jaket agar tidak digigit nyamuk.

Tapi secara keseluruhan, dari pengalaman pertama saya mengikuti seleksi tes kerja di PT. Indaco Warna Dunia, walau gagal namun saya tetap puas. Puas karena proses rekrutmen yang mereka lakukan sangat baik dan profesional.

Pengalaman Kedua

Jarak waktu antara pengalaman pertama dan kedua ini cukup jauh, mungkin 1.5 tahun atau 2 tahunan. Dan ternyata, pengalaman kedua ini tidak seindah pengalaman pertama.

Tahapan Tes

Saya tidak tahu sebenarnya proses rekrutmen macam apa yang di lakukan PT. Indaco Warna Dunia kali ini. Ketika sampai di kantornya, saya kaget karena agenda rekrutmen di hari itu hanya wawancara dengan HRD. Kok tidak ada psikotes? Kok langsung wawancara? Dan sayangnya, saya tidak tahu tahapan apa selanjutnya karena saya gagal di tahap awal tersebut.

HRDnya Beda Banget

Selain tahapan tes yang amat berbeda dengan pengalaman pertama, ternyata HRDnya pun sangat berbeda. Masih cewek, tapi kepribadiannya menurut saya sangat berbeda. Saya tidak akan panjang lebar membandingkan secara fisik dengan mbk Rian, saya tidak tega. Saya akan menyoroti kepribadiannya saja meliputi cara bicara, sopan santun, dan rasa hormat kepada orang lain.

Kalau harus merating kepribadiannya dari 1-10, mungkin saya harus memberi rating tidak lebih dari 3. Jika harus saya bandingkan dengan HRD yang pernah saya jumpai, mungkin ini merupakan salah satu HRD yang paling tidak saya sukai. Memangnya seperti apa sih dia? Hmn, gimana ya menjelaskannya, yang jelas bahkan untuk seorang HRD pun sikapnya itu kurang pantas menurutku.

Satpam Masih Sama Aja

Ternyata satpam yang dulu saya lihat masih bekerja di perusahaan ini, dan tetap aja kurang murah senyum, gahar, tapi sedikit lebih baik karena mau mengajak bicara walau hanya sepatah dua patah kata. Tapi, profesionalitasnya masih terjaga.

Lingkungan Kantor Yang Lebih Baik

Lingkungan kantor masih bersih dari sampah, rapi, dan tertata dengan baik. Design kantornya sedikit berubah, dan kali ini ruang tunggunya tidak berada di luar ruangan seperti pada pengalaman pertama. Kalau saya sejenak keluar ruangan, nampaknya masalah nyamuk sudah tidak ada. Ruangannya juga sejuk tidak panas, kursi juga nyaman.

Selanjutnya: Tips mengatasi lingkungan kerja yang tidak nyaman.
----
Oke ya teman-teman, itulah pengalaman saya 2 kali ikut seleksi tes kerja di PT. Indaco Warna Dunia. Semoga pengalaman saya di atas bermanfaat dan membantu kalian jika akan mengikuti tes kerja juga di sana. Jangan lupa untuk share artikel ini ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.