HOT Banget

Thursday 27 June 2019

Apa Itu Rekening Giro? Fungsi, Manfaat, dan Jenis-jenisnya

Advertisement
.

Apa Itu Rekening Giro? Fungsi, Manfaat, dan Jenis-jenisnya

– Saya yakin kalian pastinya udah sering dengar istilah rekening giro. Kalau kalian mau buat rekening di suatu bank, kalian juga akan sering ditanyai apakah ingin membuka rekening tabungan atau rekening giro. Memang, keduanya sama-sama produk andalan dari perbankan, tapi cara penggunaannya cukup berbeda.

Untuk pemegang rekeningnya juga berbeda, kalau tabungan siapa saja bisa memegang dan memikinya, tapi kalau rekening giro lebih sering dipegang dan dimiliki oleh para pelaku usaha. Kenapa bisa begitu? Karena memang cara penggunaan dan tujuannya lebih cocok untuk pebisnis.

Lalu apa itu rekening giro sebenarnya? Apa aja fungsi, manfaat, dan jenis-jenisnya? Oke, untuk memahaminya silahkan simak penjelasan berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Apa bedanya rekening tabungan dan deposito?
Apa Itu Rekening Giro? Fungsi, Manfaat, dan Jenis-jenisnya

Apa Itu Rekening Giro

Rekening giro adalah rekening yang hanya bisa dilakukan penarikan uang melalui cek atau bilyet giro saja, jadi uang yang ada di rekening giro tidak bisa ditarik melalui ATM seperti rekening tabungan. Fungsi dasarnya memang sama dengan tabungan yaitu sama-sama untuk menyimpan uang, tapi cara penarikan atau penggunaan uangnya berbeda.

Pernah dengar cek dan bilyet giro kan? Kalau ada orang yang membayar sejumlah uang besar dengan cek atau bilyet giro, maka udah pasti rekening yang digunakan orang tersebut adalah rekening giro. Terus kenapa giro lebih cocok untuk pebisnis? Ya karena cara penarikan uangnya hanya bisa dilakukan melalui alat bayar cek dan bilyet giro.

Alat bayar cek dan bilyet giro ini biasanya digunakan untuk pembayaran dengan jumlah yang besar, jadi lebih efektif ketimbang harus membawa uang jumlah besar kemana-mana. Cukup pakai secarik kertas, dan si penerima tinggal mencairkan secarik kertas tersebut di bank, beres.

Kenapa tidak transfer saja? hmmn, karena tabungan kan ada limit transfernya perhari, apalagi penarikan tunai. Kalau pengen menarik uang atau transfer dalam jumlah besar, harus ke teller bank. Beda dengan giro, tidak ada batasan apapun selama uang yang tersimpan di rekening giro mencukupi.

Fungsi Rekening Giro

Fungsi dasarnya seperti rekening tabungan yaitu untuk menyimpan uang. Lebih lanjut, rekening giro memiliki fungsi sebagai alat bayar dengan jumlah yang tidak terbatas melalui cek atau bilyet giro. Oh iya, sebenarnya untuk memiliki rekening ini tidak ada kewajiban sebagai pebisnis, siapa saja yang sering memindahtangankan uang dalam jumlah besar bisa memiliki rekening giro, misalnya untuk beli rumah atau mobil yang harganya ratusan juta atau milyaran.

Namun demikian, dalam prakteknya pebisnis lebih cocok karena sering melakukan transaksi berkali-kali dalam satu hari, dan jumlahnya juga cukup besar. Jika tidak digunakan untuk pebisnis, dan hanya sekali-kali melakukan transaksi dengan jumlah besar, mungkin sedikit mubazir untuk membuka rekening giro karena fitur seperti suku bunga sangat kecil, lebih menguntungkan rekening tabungan.
Advertisement

Manfaat Rekening Giro

Dengan adanya cek dan bilyet giro, nasabah rekening giro akan merasakan manfaat dengan kemudahan pembayaran dalam jumlah besar tanpa batas. Tinggal tulis nominal dan hal lain yang diperlukan, nasabah bisa membeli barang atau melakukan transaksi ratusan atau milyaran dalam 1 kali pembayaran. Tentu cara ini lebih aman ketimbang menenten tumpukan uang kemana-mana.

Dan perlu diingat, karena rekening ini menggunakan cek dan bilyet giro, maka ketika kalian membuatnya tidak akan mendapatkan kartu ATM seperti rekening tabungan. Sebagai gantinya, kalian akan mendapatkan cek atau bilyet giro yang bisa kalian gunakan kapan saja.

Selain itu, pemilik rekening giro juga akan mendapat laporan bulanan tentang penggunaan dana. Sering disebut sebagai “rekening koran”, laporan ini bisa diberikan dengan cara dikirim secara langsung ke alamat nasabah atau bisa melalu email. Beda dengan tabungan, kalau pengen tahu laporan detail penggunaan dana harus datang ke bank untuk mencetaknya di buku tabungan.

Jenis-jenis Rekening Giro

Berdasarkan Jenis Usaha

Berdasarkan jenis usahanya, rekening giro dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:

Rekening Giro Perorangan

Rekening ini merupakan rekening giro dengan atas nama perorangan, biasanya karena memiliki usaha yang belum berbadan usaha alias usaha perorangan kecil menengah, seperti toko klontong, pertanian, perikanan, dan usaha lain.

Rekening Giro Badan Usaha

Sebaliknya, rekening ini adalah rekening giro dengan atas nama badan usaha, bisa badan usaha swasta maupun badan pemerintahan seperti BUMN, BUMD, yayasan, CV, PT, dan lain-lain. Oh iya, badan usaha tidak melulu harus beroperasi dengan melakukan kegiatan usaha ya, tapi bisa juga badan hukum seperti lembaga pemerintah atau kementerian.

Berdasarkan Mata Uang

Berdasarkan mata uangnya, rekening giro juga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu: Giro rupiah yang merupakan giro bermatauangkan rupiah, serta giro valas yang menggunakan mata uang asing. Untuk giro valas, tiap bank mungkin akan menyediakan mata uang yang berbeda-beda, bisa Dollar Amerika, Euro, Poundsterling, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Rekening Giro

Cara membuka rekening giro sangat mudah, caranya tidak berbeda dengan membuka rekening tabungan. Cukup datang dan bilang kalau mau membuka rekening giro, maka akan diarahkan ke CS yang berwenang, isi formulir lalu penuhi semua persyaratannya.

Untuk persyaratan, umumnya sebagai berikut (Tiap bank bisa beda-beda):
  • Tidak termasuk daftar hitam Bank Indonesia
  • Minimal 21 tahun atau sudah menikah untuk perorangan
  • Menyerahkan fotokopi identitas diri berupa KTP (WNI) atau Paspor dan KIMS/KITAS (WNA) dan NPWP untuk perorangan.
  • Menyerahkan fotokopi identitas diri berupa KTP (WNI) atau Paspor dan KIMS/KITAS (WNA) pejabat yang berwenang, NPWP, TDP, SIUP, dan Akte Pendirian Perusahaan untuk badan.
  • 1 lembar pas foto 4x6 untuk perorangan
  • Mengisi dan menandatangani formulir permohonan beserta pendukungnya
  • Membayar setoran awal minimal
  • Bersedia membayar biaya administrasi bulanan yang berlaku

Selanjutnya:
- 7 Bank syariah terbaik di Indonesia saat ini.
- Darimana Bank mendapat keuntungan? Inilah sumber pendapatannya.
----
Oke ya teman-teman semuanya, itulah penjelasan tentang apa itu rekening giro dan apa saja fungsi, manfaat, serta jenis-jenisnya. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.