Peluang Usaha Laundry! Cara Memulai Bisnis Laundry

Advertisement
Peluang Usaha Laundry! Cara Memulai Bisnis Laundry – Usaha bisnis laundry merupakan suatu bisnis yang bergerak dalam bidang jasa layanan cuci, baik itu cuci baju, celana, sprai, dan jasa layanan cuci lainnya. Usaha laundry kini tidak hanya dijalankan di daerah perkotaan saja, di pelosok-pelosok desa pun kini bisnis laundry mulai banyak bertebaran. Hal ini tidak mengherankan karena di jaman sekarang banyak masyarakat yang membutuhkan suatu kemudahan, salah satunya adalah kemudahan dalam mencuci pakaiannya. Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan suatu kemudahan dalam mencuci pakaian, juga menyebabkan meningkatnya peluang usaha laundry.

Bisnis laundry sangat cocok di jalankan di daerah yang masyarakatnya cenderung memiliki tingkat kesibukan yang tinggi, dan tidak hanya di perkotaan saja yang memiliki masyarakat dengan kesibukan yang tinggi, namun masyarakat di pedesaan pun juga banyak yang memiliki kesibukan yang tinggi, sehingga bisnis laundry juga cocok di jalankan di daerah pedesaan. Hal ini terbukti, karena pada kenyataannya juga banyak usaha laundry yang sudah di jalankan di daerah pedesaan.

Peluang Usaha Laundry
Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa bisnis laundry ini dapat di jalankan di daerah perkotaan maupun pedesaan, luasnya pangsa pasar inilah yang menyebabkan tingginya peluang usaha laundry saat ini. Ambillah contoh di perkotaan, ada berapa orang di kota yang membutuhkan jasa ini? Tentulah banyak sekali, karena suatu kesibukan yang padat dan melelahkan, masyarakat kota lebih cenderung memilih jasa laundry untuk mencuci pakaiannya, termasuk juga para mahasiswa, karyawan kantor, dan juga para pasangan mudah yang baru menikah. Belum lagi pihak hotel dan restoran, mereka juga sering menggunakan jasa laundry untuk mencuci perlengkapan mereka, seperti sprai, taplak, sarung bantal & guling, dan perlengkapan lainnya. Tentu ini menjadi peluang yang cukup besar, pasalnya walaupun pangsa pasar yang luas, namun belum terlalu banyak pelaku yang terjun di jasa cuci pakaian ini.

Peluang Usaha Laundry! Cara Memulai Bisnis Laundry

Selain karena alasan-alasan tersebut, alasan lain yang menyebabkan usaha laundry ini banyak di lirik oleh banyak orang adalah karena kemudahan dalam menjalankan operasi bisnisnya. Operasional usaha laundry terbilang tidak terlalu sulit, operasionalnya seperti halnya anda mencuci pakaian anda sendiri, mudah bukan?

Dari segi biaya, untuk memulai bisnis laundry dengan modal awal sebesar 8 juta pun sudah dapat di jalankan, modal sebesar 8 juta tersebut sudah termasuk 2 mesin cuci, setrika, keranjang, alat jemur, bahan-bahan awal seperti pewangi, pelican, serta alat-alat lainnya yang di perlukan dalam bisnis laundry. Selanjutnya anda tinggal megeluarkan biaya operasional perbulannya, besaran jumlahnya tergantung dengan kapasitas bisnis laundry yang anda jalankan. Lihat perhitungan sederhana usaha laundry pada bagian bawah artikel ini.

Cara Memulai Bisnis Laundry
Untuk memulai bisnis laundry, proses yang harus anda lakukan seperti halnya anda membuka usaha pada umumnya, beberapa langkah harus anda tempuh, berikut langkah-langkahnya:

1. Analisis Usaha
Sebelum anda melangkah lebih jauh, alangkah baiknya anda melakukan analisis usaha terlebih dahulu, analisis ini bertujuan untuk melihat apakah bisnis yang akan anda rintis pantas untuk di jalankan atau tidak. Hal pertama yang harus anda analisis adalah analisis kelayakan usaha dari segi biaya, ada beberapa aspek yang harus anda perhatikan, yaitu biaya investasi, biaya modal kerja, dan juga prediksi kas masuk. Lihat contoh analisis kelayakan usaha dari segi biaya pada artikel ini: Analisis Kelayakan Usaha.

Kemudian analisis yang kedua adalah analisis dari segi pangsa pasar dan pesaing, walaupun pangsa pasar bisnis laundry terbilang luas, dan juga pesaing yang relative masih mudah, namun ada beberapa hal yang perlu anda pastikan untuk dapat bersaing dalam menjalankan usaha anda. Yang pertama, anda harus melihat apakah masyarakat memungkinkan untuk memakai jasa anda? Ini penting untuk di lakukan karena setiap daerah memiliki ciri khas masyarakat yang berbeda-beda. Yang kedua, jika di satu titik masyarakat tidak memungkinkan memakai jasa anda, apakah di titik lain memungkinkan? Yang ketiga, bagaimana dengan pesaing? Mungkinkah anda bersaing dengan mereka? Seberapa besar pangsa pasar pesaing? Sekiranya anda ingin bersaing dengan mereka, apa strategi anda? Mungkinkah strategi anda dapat mengalahkan pesaing?
Advertisement


2. Mencari Modal
Setelah anda melakukan analisis di atas, langkah selanjutnya dalam memulai bisnis laundry adalah dengan mencari modal, banyak pihak yang mengaku kesulitan mencari modal, karena memang mencari modal membutuhkan kerja yang ekstra. Ada beberapa cara mendapatkan modal usaha yang bisa anda coba, cara-cara tersebut sudah pernah saya posting pada artikel sebelumnya. Baca sekarang: Cara mendapatkan modal usaha.

3. Menentukan Lokasi Usaha
Lokasi usaha yang baik dan strategis akan dapat mendorong kesuksesan usaha anda, jadi pastikan bahwa lokasi yang nantinya akan anda jadikan tempat operasi bisnis laundry adalah tempat yang baik dan strategis. Bagaimana menentukan lokasi bisnis yang baik dan strategis? Salah satu kriteria tempat yang baik dan strategis adalah tempat yang mudah di jangkau oleh pelanggan, akses jalan mudah, tata letak yang baik, dekat dengan pangsa pasar, dan keterlihatan. Ini sangat penting karena nantinya akan memberikan kesan nyaman kepada pelanggan anda.

4. Memasarkan Produk
Langkah yang selanjutnya adalah dengan memasarkan produk anda, yaitu produk jasa pencucian. Memasarkan produk ini sangat penting, memasarkan dapat di ibaratkan dengan perkenalan, jadi jika anda memasarkan produk sama halnya anda memperkenalkan produk. Ada banyak cara yang dapat anda lakukan dalam memperkenalkan jasa anda. Sebelumnya saya juga sudah memposting artikel cara memasarkan produk, anda dapat membacanya pada artikel ini: Cara memasarkan produk.

Di atas adalah cara memulai bisnis laundry dari nol, sebenarnya masih ada cara lain yang lebih mudah, yaitu dengan waralaba. Biasanya dengan waralaba kita akan di latih bagaimana mengelola usaha yang yang baik, termasuk juga pemasaran, belum lagi kita boleh memakai nama perusahaan sebagai nama usaha kita sehingga reputasi bisnis laundry anda dapat terdongkrak seketika. Namun satu kelemahannya, biaya yang di keluarkan relative sedikit lebih tinggi.

Sedikit tips untuk anda, jika nantinya bisnis laundry anda sudah mulai dapat beroperasi, tingkatkanlah kualitas layanan anda. Kualitas layanan merupakan suatu hal yang sensitive sekali. Jadi nanti pastikan pelayanan anda sopan, murah senyum, dan tidak angkuh, juga pastikan bahwa pakaian yang anda cuci bersih, wangi, rapi, tidak rusak, tidak hilang. Khususnya untuk pewanginya, kadang kala orang-orang tidak ingin wangi dengan aroma yang “pasaran”, jadi usahakan cari pewangi dengan aroma yang unik “tidak pasaran” namun tetap maknyus aromanya.

Perhitungan Sederhana Usaha Bisnis Laundry
Asumsikan bahwa anda memiliki usaha laundry dengan nama Happy Laundry, laundry anda dalam satu bulan beroperasi selama 26 hari (4 hari libur – asumsi 1 bulan = 30 hari), anda memiliki 2 orang karyawan, dan setiap hari Happy Laundry melayani 70 kg pakaian dengan harga per kg sebesar Rp. 5.000.
Pemasukan
Pendapatan jasa (70 x 5.000 x 26)9.100.000
Pengeluaran
Gaji karyawan (2 x 900.000)1.800.000
Sewa tempat1.000.000
Listrik, air dan telepon1.000.000
Pewangi, pelembut, detergen1.200.000
Pemasaran1.000.000
Lain-lain300.000
Total pengeluaran6.300.000
Laba2.800.000
Setiap bulan anda mendapatkan laba sebesar Rp. 2.800.000, Jika saja modal awal anda adalah sebesar Rp. 10.000.000, maka payback period dari usaha laundry yang anda jalankan adalah selama 3.57 bulan – 4 bulan (10.000.000 : 2.800.000 = 3.57).
*Perhitungan di atas hanyalah simulasi.
----
Oke, di atas adalah sedikit ulasan seputar peluang usaha laundry dan juga cara memulai bisnis laundry. Semoga ulasan peluang usaha laundry dan cara memulai bisnis laundry di atas dapat bermanfaat dan membantu anda dalam upaya merintis usaha jasa pencucian laundry. Semoga usaha dan bisnis anda sukses.
Advertisement
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon