HOT Banget

Tuesday 20 November 2018

Cara Pasang Iklan Di Instagram! Mudah dan Tidak Harus Pakai Kartu Kredit

Advertisement
.
Cara Pasang Iklan Di Instagram! Mudah dan Tidak Harus Pakai Kartu Kredit – Instagram sebagai salah satu media sosial paling populer di dunia saat ini memiliki jumlah pengguna ratusan juta. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna Instagram tidak kurang dari 50 juta, dan ada puluhan juta akun aktif yang setiap hari menggunakan media sosial yang satu ini.

Ini tentu jumlah yang luar biasa banyak, dari segi pemasaran sudah jelas bahwa Instagram merupakan salah satu media yang patut digunakan untuk mempromosikan barang dan atau jasa. Ditambah lagi, biaya iklannya sangat murah dan cara pasang iklannya pun juga mudah.

Nah, lalu bagaimana cara pasang iklan di Instagram? Mudah banget, ikuti langkahnya sebagai berikut:

Sebelumnya, baca juga: Tips jualan di Instagram agar laris manis.

Cara Pasang Iklan Di Instagram! Mudah dan Tidak Harus Pakai Kartu Kredit
Ubah Menjadi Akun Bisnis
Untuk dapat beriklan secara resmi di Instagram, akun kalian harus akun bisnis. Jika saat ini akun kalian sudah akun bisnis, maka kamu bisa melewati langkah ini. Jika masih belum, langkah pertama adalah dengan mengubah ke akun bisnis terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut:

1. Pada halaman profil Instagram, klik gambar tiga garis di pojok kanan atas.
2. Klik Pengaturan (Setting) di bagian bawah.
3. Scroll ke bawah dan cari tulisan Beralih ke Akun Bisnis. Klik tulisan tersebut.
4. Akan muncul halaman yang berisi keunggulan akun bisnis, cermati. Jika sudah, klik Lanjutkan dan ikuti langkah selanjutnya (Seperti isi alamat, email, halaman Facebook, dll).
5. Selesai, akun kalian sudah menjadi akun bisnis.

Perlu di perhatikan di sini, pada akun bisnis pengaturan private akun tidak bisa diterapkan, jadi postingan kamu bisa dilihat oleh semua orang. Tapi, jika kamu tidak berkenan bisa mengembalikan seperti semula dengan langkah yang sama seperti di atas, walaupun hal tersebut membuatmu tidak bisa beriklan secara resmi di Instagram tapi masih bisa endorse ke jasa lainnya.

Selain itu, pada akun bisnis Instagram kamu perlu menautkan akun bisnis Instagram dengan Halaman Facebook. Jika kalian punya Halaman Facebook, segera tautkan! Jika belum memiliki, Instagram akan secara otomatis membuatkan Halaman Facebook untukmu, kalian bisa melakukan klaim dengan cara buka Pengaturan, cari tulisan Klaim Halaman Facebook dan klik, maka kalian akan diarahkan untuk klaim halaman, ikuti saja langkahnya.

Buat apa Klaim halaman Facebook? Nah, ini berguna bagi kalian yang tidak memiliki kartu kredit ketika pembayaran nanti. Selain itu, ada baiknya juga memiliki halaman Facebook untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Isi Saldo
Sebelum pasang iklan di Instagram, kamu perlu isi saldo dulu. Berapa banyak? Ini tergantung budget kalian, yang jelas minimal iklan di Instagram itu perhari Rp. 10.000. Jika kalian ingin promosi selama 10 hari, berarti minimal isi saldo Rp. 100.000. Dalam satu kali iklan, jumlah hari maksimal adalah 30 hari. Silahkan tentukan sendiri anggaran kalian.

Nah, untuk isi saldo ada dua cara, pertama langsung lewat Instagram (hanya pakai kartu kredit), yang kedua bisa lewat halaman Facebook (bisa pakai transfer Bank lokal) yang sudah ditautkan ke akun Instagram. Karena saya sendiri tidak punya kartu kredit, saya selalu menggunakan halaman Facebook untuk mengisi saldo. Caranya sebagai berikut:
1. Buka halaman Facebook kalian, klik tombol promosi yang ada dimana saja, bebas. Setelah muncul halaman promosi, scroll ke bawah dan cari tulisan Tambah Uang ke Akun.

2. Isi jumlah uang sesuai anggaran kalian, pilih metode pembayaran ATM dan Bank Transfer. Klik Selanjutnya di pojok kanan atas.

3. Isi nama depan, nama belakang, dan email. Klik Lanjutkan.

4. Muncul halaman rincian pembayaran, klik Lanjutkan.

5. Akan muncul halaman perintah pembayaran. Cermati, catat atau screenshot halaman tersebut. Payment code adalah nomor rekening tujuan (nama tujuan akan otomatis menggunakan nama kamu sesuai pengaturan pada point 3 di atas), amount jumlah yang harus dibayar. Lihat spoiler dibawah, yang saya kotak merah adalah bank tujuan.
6. Segera lakukan pembayaran sesuai perintah pembayaran tersebut.

Tidak perlu menunggu lama, dari pengalaman saya (pembayaran lewat mobile banking) hanya butuh waktu beberapa detik saja saldo sudah berhasil masuk di akun Facebook. Gimana cara ceknya? Seperti pada langkah 1 di atas, refresh halaman, dan di atas tulisan Tambah Uang ke Akun akan ada jumlah uang yang tersedia sesuai jumlah yang kalian transfer.
Advertisement

Pilih Gambar/Video Yang Akan di Promosikan
Setelah saldo terisi, silahkan siapkan kumpulan gambar terbaik atau video yang akan di promosikan di Instagram. Ini bisa gambar/video yang sudah terupload lama sebelumnya, atau gambar/video yang baru akan di upload, yang jelas harus di upload dulu. Perlu diperhatikan, gambar/video dan caption perlu disiapkan matang-matang karena nanti kalau sudah dipromosikan tidak akan bisa di edit.

1. Setelah gambar/video yang akan dipromosikan sudah siap, selanjutnya klik gambar/video tersebut, lalu klik tombol Promosikan yang ada di kanan bawah.

2. Kalian akan dibawa pada halaman untuk memilih tujuan promosi. Ada 4 pilihan (lihat spoiler), yang pertama promosi ditujukan agar masyarakat mengunjungi profil Instagram kalian, ini bisa untuk menambah follower dan memperkenalkan produk-produk yang ada di akun Instagram kalian. Kedua, adalah tujuan promosi untuk langsung mengarah ke website kalian. Ketiga, bertujuan untuk mengarahkan orang menelpon atau mendapatkan petunjuk arah ke bisnis kalian. Yang terakhir bertujuan agar orang langsung bisa mengirim pesan ke akun Instagram kalian. Silahkan pilih mana saja yang sesuai dengan keinginan kalian, setelah sudah menentukan pilihan maka klik tanda panah di kanan atas.

3. Selanjutnya adalah memilih target pasar kalian (orang yang kalian kehendaki untuk melihat iklan kalian). Ketika kalian baru pertama pasang iklan di Instagram, akan ada 2 pilihan yaitu 1. otomatis (Instagram akan menargetkan orang dengan minat kurang lebih mirip seperti pengikut kalian), 2. Membuat sendiri.

Ketika kalian ingin menentukan target sendiri, kalian perlu mengisi beberapa datat seperti pada spoiler dibawah. Nama pemirsa silahkan isi bebas. Lokasi di isi dimana kalian ingin iklan ditampilkan, bisa sesuai daerah tertentu, atau bisa sesuai negara. Minat kalian isi dengan hal-hal yang berkaitan, misalnya jika bisnis kalian adalah bimbingan belajar maka bisa kalian isi dengan kata-kata seperti ujian, tes, belajar, bimbingan online, buku online, dll.

Kemudian usia juga kalian isi sesuai dengan target kalian. Di sini perlu kalian cermati juga ya, misal kalian menjual produk bayi, tidak mungkin kan kalian mengisi dengan usia bayi? Yang ada kalian harus mengisi dengan usia ibu-ibu, misal usia 20 sampai 40. Jika sudah selesai, klik tanda panah.

4. Setelah sampai di sini, silahkan isi anggaran perhari dan durasi iklan. Jika sudah, klik tanda panah.

5. Akan muncul halaman tinjauan, kalian bisa melihat contoh tampilan dengan mengklik Tampilkan Contoh Promosi. Jika semuanya sudah sesuai, klik Buat Promosi di bagian bawah.

6. Selesai.

Menunggu Persetujuan
Setelah kalian selesai membuat iklan di Instagram, kalian hanya perlu menunggu persetujuan. Iklan yang kalian buat perlu disetujui terlebih dahulu sebelum tayang. Dari pengalaman saya, proses persetujuan ini tidak lama kok, kurang dari 1 jam iklan sudah disetujui dan mulai tayang. Nanti kalau sudah disetujui akan ada notifikasi dari Instagram, atau bisa kalian cek dengan cara membuka gambar/video yang kalian buat iklan tadi, jika tulisan Menunggu Persetujuan sudah hilang dan ada tulisan Lihat Insight pada bagian bawah, maka iklan sudah disetujui.

Selanjutnya: Tips jualan di Facebook agar laris manis.
----
Oke ya, itulah panduan cara pasang iklan di Instagram. Semoga panduan yang saya berikan di atas bermanfaat dan membantu kalian memasarkan produk di Instagram. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah, jangan lupa untuk share artikel ini juga ya. Thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.