HOT Banget

Wednesday 27 March 2019

5 Asuransi Pendidikan Terbaik Untuk Anak Di Indonesia Saat Ini

Advertisement
.

5 Asuransi Pendidikan Terbaik Untuk Anak Di Indonesia Saat Ini

– Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan seseorang. Sebagai orang tua, kita wajib memastikan pendidikan anak-anak kita di masa depan. Salah satu cara untuk memastikan pendidikan anak di masa depan adalah dengan mengikuti program asuransi pendidikan untuk anak.

Cara itu terbukti efektif, walaupun sebagai pihak tertanggung nantinya akan terbebani karena wajib membayar premi, tapi kedepannya kita akan ringan membayar pendidikan yang setiap tahunnya selalu meningkat.

Saat ini saja biaya pendidikan sangat mahal, berapa juta hanya untuk masuk SD? Apalagi untuk lanjut ke perguruan tinggi? Sangat-sangat mahal. Coba sekarang diperkirakan 10 tahun mendatang, biaya pendidikan akan naik berkali-kali lipatnya dari biaya sekarang. Pertanyaannya, sudah yakinkah kalian membiaya pendidikan anak 10 sampai 20 tahun mendatang?

Nah, jika kalian sendiri tidak yakin, atau ingin strategi yang tepat untuk mensiasati mahalnya biaya pendidikan, maka salah satu jawabannya adalah dengan mengikuti program asuransi pendidikan untuk anak. Dimana harus mengikuti program asuransi pendidikan anak? Saya punya 5 rekomendasi untuk kalian, silahkaan pilih salah satu dari 5 asuransi pendidikan terbaik berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: 8 perusahaan asuransi syariah terbaik di Indonesia saat ini.
5 Asuransi Pendidikan Terbaik Untuk Anak Di Indonesia Saat Ini

1. Asuransi Pendidikan Prudential Indonesia

Siapa yang belum pernah dengar perusahaan prudential? Semua orang saya yakin sudah pernah mendengarnya, perusahaan ini memang konsisten dalam memasarkan produk asuransinya. Salah satu produk yang diunggulkan dari perusahaan ini adalah asuransi pendidikan. Prudential memiliki 3 jenis asuransi pendidikan, yaitu PRUmy child, PRUedu protection, dan PRUlink syariah edu protection.

PRUmy child merupakan asuransi pendidikan yang bisa dimulai dari sejak anak masih dalam kandungan hingga anak mencapai umur 99 tahun. Kalian bisa mulai mengasuransikan pendidikan anak kalian ketika usia kehamilan istri berumur 20 minggu atau sekitar 4 bulan. Dengan asuransi ini, ada manfaat tambahan yang bisa didapat, yaitu manfaat kesehatan dan financial. Minimum premi yang harus dibayarkan perbulan adalah sebesar Rp. 400.000.

PRUedu protection, manfaat dari asuransi ini selain untuk menjaga pendidikan anak juga untuk investasi. Jadi premi yang kalian bayar nanti juga akan aktif digunakan untuk melakukan investasi oleh pengelola. Kalian bisa mengasuransikan anak mulai dari usia 1 hari hingga 15 tahun, minimum premi yang harus dibayar adalah sebesar Rp. 500.000 perbulan. Setiap 3 tahun, manfaat asuransi akan mengalami kenaikan sebesar 15%.

Sedangkan PRUlink syariah edu protection adalah asuransi pendidikan dengan sistem syariah, dalam artian dijalankan sesuai dengan prinsip Islam. Seperti halnya PRUedu protection, asuransi pendidikan ini juga ada manfaat investasinya. Serta, untuk mengasuransikan pendidikan anak, kalian bisa mulai ketika anak berumur 1 hari hingga 15 tahun, dan minimum premi sebesar Rp. 500.000 perbulan.

Info lengkap: www.prudential.co.id

2. Asuransi Pendidikan AJB Bumiputera

Mungkin tidak banyak yang tahu perusahaan Bumiputera sebagai perusahaan asuransi, padahal perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan asuransi terbaik, khususnya untuk asuransi pendidikan. Dalam asuransi pendidikan, Bumiputera memiliki 2 produk, yaitu asuransi Mitra Beasiswa dan Mitra Cerdas.
Advertisement

Mitra Beasiswa merupakan program asuransi pendidikan yang memberikan manfaat jaminan keberlangsungan pendidikan anak mulai dari Taman Kanak-kanak hingga pendidikan perguruan tinggi sampai anak lulus walau tertanggung (pembayar premi) meninggal dunia. Di setiap tahap sesuai tingkat usia anak, nantinya akan diberikan dana untuk memastikan proses belajar dari si anak berjalan lancar.

Jika kalian sebagai tertanggung meninggal dunia, pemegang polis atau si anak akan dibebaskan dari premi, jadi pendidikannya akan tetap terjamin hingga lulus. Untuk masa pertanggungan dari asuransi pendidikan ini minimal 2 tahun dan maksimal 17 tahun, premi dapat dibayar sekaligus, tahunan, 6 bulanan, atau bulanan.

Sedangkan untuk Mitra Cerdas merupakan asuransi pendidikan yang disertai dengan manfaat investasi. Jadi dana yang kalian bayarkan untuk merencanakan pendidikan anak tersebut akan naik sejalan dengan hasil dari investasi, perolehan minimal dari investasi adalah sebesar 4.5% dari akumulasi premi, dan akan meningkat jika investasi memberikan hasil yang melebihi. Seperti halnya Mitra Beasiswa di atas, nanti juga ada dana bertahap untuk kelangsungan pendidikan buah hati, masa tanggungan dan pembayaran premi juga sama dengan Mitra Beasiswa.

Info lengkap: www.ajb.bumiputera.com

3. Asuransi Pendidikan Manulife

Manulife juga merupakan salah satu perusahaan asuransi terkenal dan populer di Indonesia. Untuk asuransi pendidikan sendiri, Manulife memiliki produk yaitu ProGraduate. Produk tersebut merupakan produk pendidikan anak untuk mempersiapkan dana masuk perguruan tinggi hingga si anak berusia 23 tahun. Hebatnya, dana pendidikan bisa mencapai 250% dari nilai pertanggungan, dan jangka waktu pembayaran premi juga sangat flexible disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kalian, bisa 5, 10, dan 15 tahun.

Selain itu, untuk mengikuti program asuransi pendidikan dari Manulife ini tidak ada pemeriksaan kesehatan, dan kalian juga bisa mendapatkan manfaat investasi jika dana tidak digunakan dengan adanya bunga yang perhitungannya ditentukan oleh Manulife.

Kalian juga bisa menambah manfaat pada ProGraduate ini, yaitu perlindungan biaya rumah sakit jika terjadi kecelakaan atau terkena penyakit, perlindungan berupa santunan meninggal dunia atau cacat tetap sebagian atau total, dan perlindungan pembebasan premi jika tertanggung mengalami ketidakmampuan total hingga berusia 70 tahun.

Info lengkap: www.manulife-indonesia.com

4. Asuransi Pendidikan Sinarmas

Melalui PT. Bank Sinarmas dan PT. Asuransi Jiwa Sinarmas, perusahaan group Sinarmas mengeluarkan produk asuransi pendidikan dengan nama Simas KID. Produk ini memberikan perlindungan pendidikan anak kalian mulai dari SD sampai dengan tingkat perguruan tinggi. Dana asuransi juga akan diberikan secara bertahap sesuai umur dan tingkat pendidikan anak. Ada banyak pilihan rencana pendidikan yang bisa diambil, ini menentukan berapa besar dana yang tersalurkan di setiap tahapan.

Misalnya memilih Plan B di mana penyaluran tahapan dana sebagai berikut: anak umur 12 tahun, penyaluran dana sebesar 10% dari uang pertanggungan, 15 tahun sebesar 20%, 18 tahun sebesar 50%, dan umur 22 tahun sebesar 20%.

Info lengkap: www.sinarmasmsiglife.co.id

5. Asuransi Pendidikan Panin Dai-ichi Life

Yang terakhir ada asuransi pendidikan dari Panin dengan produknya bernama Kids Edu Plan. Produk ini memberikan manfaat perencanaan pendidikan sekaligus perlindungan jiwa. Namun Kids Edu Plan terbatas fokus untuk Sekolah Menengah Atas dan Universitas saja, usia anak dapat diikutkan ketika sudah 14 tahun dan 17 tahun. Untuk frekuensi pembayaran premi bisa bulanan, triwulanan, semesteran, dan tahunan.

Info lengkap: www.panindai-ichilife.co.id

Oh iya, saya sarankan juga untuk mendahulukan menggunakan produk syariah jika tersedia ya kawan-kawan. Bukan hanya karena sesuai dengan syariat Islam, tapi produk asuransi syariah bisa lebih menguntungkan untuk kalian juga. Produk syariah tidak terbatas untuk umat Islam, tapi bisa digunakan oleh semua umat beragama.

Selanjutnya: Perbedaan asuransi syariah dan konvensional, pilih mana?
----
Oke ya kawan-kawan, itulah 5 asuransi pendidikan anak terbaik saat ini menurut saya. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu kalian menemukan asuransi pendidikan anak yang sesuai kebutuhan dan kemampuan. Jangan lupa share juga artikel ini ya, thanks dan salam sukses selalu.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.