Tips Membeli Emas Batangan dan Perhiasan Yang Bernilai Tinggi

Advertisement
Tips Membeli Emas Batangan dan Perhiasan Yang Bernilai Tinggi – Emas merupakan logam mulia yang sangat indah, saking indahnya hingga tak terhitung banyaknya orang yang memburu emas. Daya pikat emas ini seperti tak ada habisnya saja, setiap tahun peminatnya selalu saja bertambah, begitu juga dengan frekuensi produksi emas yang juga selalu meningkat setiap tahunnya. Hal ini wajar, karena selain di gunakan untuk mempercantik diri, emas juga di manfaatkan sebagai alat investasi. Investasi emas sendiri saat ini sudah berkembang begitu pesat, mulai dari investor menengah hingga investor kelas kakap sudah terlibat dalam dunia investasi berupa emas.

Investasi emas di nilai memiliki resiko yang lebih kecil di bandingkan dengan investasi lainnya, selain karena perawatannya yang mudah, emas cenderung tahan terhadap terjadinya inflasi. Selain itu, return yang di peroleh dari investasi logam mulia ini terbilang cukup tinggi pula, jadi tidak heran jika setiap tahun penjualan emas selalu saja meningkat, baik di gunakan untuk investasi maupun di pakai untuk memperindah diri.

Biasanya emas yang di gunakan untuk investasi adalah emas batangan atau dalam bentuk koin karena dapat memberikan keuntungan yang lebih besar. Sedangkan emas untuk mempercantik diri, lebih cocok penggunakan emas perhiasan, emas perhiasan di nilai kurang cocok untuk investasi karena mahalnya biaya-biaya yang terjadi seperti pajak, biaya pembuatan, dan biaya-biaya lainnya.

Terlepas dari kepopuleran emas tersebut, ada satu hal yang patut anda perhatikan ketika anda akan membeli emas, yaitu kecermatan dalam memilih, baik dalam membeli emas batangan maupun emas perhiasan. Perlu di ketahui bahwa kualitas emas yang di jual dapat berbeda-beda, ketika akan membelinya pun kita juga harus lihat-lihat situasi dan kondisi, belum lagi anda juga harus waspada terhadap penipuan. Namun jangan terlalu merisaukan hal tersebut, karena ada beberapa tips membeli emas untuk anda yang akan saya ulas. Oke, untuk anda yang akan membeli emas, mungkin tips membeli emas batangan dan perhiasan di bawah ini dapat membantu.

Baca juga: Resiko dan keuntungan investasi emas.

Tips Membeli Emas Batangan dan Perhiasan Yang Bernilai Tinggi

Tentukan Tujuan Anda Dalam Membeli Emas
Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa ada dua tujuan anda membeli emas, yang pertama adalah untuk mempercantik diri, dan yang kedua adalah untuk investasi. Tujuan ini sangat berkaitan dengan emas apa yang nanti akan anda beli, jika tujuannya adalah untuk investasi maka emas batangan lebih cocok, sedangkan untuk mempercantik diri maka tentu saja yang harus anda beli adalah emas perhiasan. Bayangkan jika anda membeli emas batangan untuk mempercantik diri, kemudian anda harus membentuk sendiri perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, anting-anting, dan lain sebagainya, selain karena repot tentu saja akan menambah pengeluaran anda.

Selanjutnya, kenapa emas batangan lebih cocok untuk investasi? Alasan yang pertama, karena emas batangan di anggap sebagai bahan baku sehingga tidak di kenai pajak, sedangkan emas perhiasan di anggap sebagai barang mewah sehingga di kenai pajak PpnBM (Pajak pertambahan nilai barang mewah). Di kenai pajak artinya akan menambah biaya yang menyebabkan penurunan keuntungan. Kita tidak menolak atau menyalahkan pajak di sini, namaun perlu di akui bahwa pajak cukup memberatkan.

Alasan yang kedua, harga beli emas batangan termasuk ada biaya pembuatan, sedangkan harga jualnya tidak memasukkan biaya pembuatannya. Jadi jika anda membeli emas dengan harga tertentu, di dalam harga tersebut terdapat biaya pembuatan yang telah di bebankan, namun ketika ada menjual emas perhiasannya, biaya pembuatan tidak dapat di bebankan, sehingga nilainya berkurang.

Pelajari: Pilih emas kuning atau emas putih untuk investasi?

Harga Emas Yang Berlaku Saat Ini
Penting juga untuk mengetahui harga emas yang berlaku saat ini sebelum anda membelinya. Akan lebih menguntungkan jika anda membeli ketika harga emas sedang turun. Sedangkan harga emas itu berubah-ubah tiap saat, dan untuk mengetahui harga emas yang sedang berlaku, anda dapat mengecek di surat kabar yang memuatnya, atau bisa juga cek di PT. Logam Mulia, pegadaian, atau bisa Tanya langsung di toko-toko emas terdekat.
Advertisement


Tempat Membeli Emas
Ada banyak sekali tempat yang dapat anda datangi untuk membeli logam mulia emas, namun sayangnya tidak semua tempat memiliki reputasi yang baik, bahkan terkadang ada juga tempat jual-beli emas yang berusaha untuk melakukan penipuan. Jadi anda harus hati-hati dalam memilih tempat, pastikan bahwa tempat tersebut memang sudah terbukti dapat di percaya, pastikan juga bahwa tempat tersebut memberikan harga beli dan harga jual yang layak serta wajar. Atau anda dapat membeli langsung emas di PT. Antam atau PT. Logam Mulia serta di pegadaian-pegadaian untuk jaminan keamanan serta emas yang bersertifikat resmi.

Keadaan dan Kondisi Emas
Ketika anda akan membeli emas, usahakan emas yang anda beli dalam kondisi dan keadaan yang mulus, kinclong, serta tanpa cacat sedikitpun, karena kondisi yang seperti itu akan sangat menguntungkan anda. Emas dalam keadaan tidak bagus, tidak mulus, ada goresan, cacat, tentu akan mengurangi nilai, sehingga jika suatu hari nanti anda akan menjual kembali maka harga akan turun signifikan. Berbeda jika emas anda dalam keadaan sempurna, seiring dengan kenaikan harga maka jika nanti anda ingin menjual kembali alhasil nilai dari emas tersebut pun juga akan sempurna.

Kondisi lain yang perlu anda perhatikan juga adalah apakah terdapat warna kehijauan pada emas? Sebaiknya anda menghindari emas yang memiliki warna kehijauan, karena emas tersebut adalah emas yang kurang sempurna pemrosesannya, warna hijau tersebut di sebabkan oleh kandungan kimia yang masih tertinggal, sehingga jika nanti terkena kulit secara terus menerus akan menyebabkan gatal-gatal, bahkan lebih parahnya lagi malah akan merusak kulit.

Kadar Kemurnian Emas
Arti kata “kadar” adalah tingkat keaslian emas, atau bisa di bilang tingkat kemurnian emas yang terkandung, sedangkan kadar emas sendiri di nyatakan dalam “karat”. Kadar emas ini ada standarnya tersendiri, mulai dari emas 24 karat, 23 karat, 22 karat, 21 karat, dan seterusnya.
Kadar EmasKemurnian Emas
24 karat99,00 - 99,99%
23 karat94,80 - 98,89%
22 karat90,60 - 94,79%
21 karat86,50 - 90,59%
20 karat82,30 - 86,49%
19 karat78,20 - 82,29%
18 karat75,40 - 78,19%
16 karat66.6%
14 karat58.5%
9 karat37.5%

Table di atas adalah kadar emas standar internasional yang sebenarnya telah di akui dan di gunakan oleh pemerintah Indonesia sebagai Standar Nasional Indonesia (SNI). Tapi sayang sekali, dalam prakteknya toko-toko emas tidak menerapkan standar di atas. Di toko emas di Indonesia, kadar emas 80% kandungan emas murni dapat di akui 22 karat atau 23 karat, ini tentu tidak sesuai dengan standar yang telah di tetapkan. Oleh karena itu, jangan hanya terpaku dengan karat yang di tawarkan oleh toko emas, tanyakan langsung kadar kandungan emas dalam persen, karena itulah sebenarnya yang terpenting.

Simpanlah Dengan Baik Berkas Pembelian Emas
Ketika anda telah membeli emas, nantinya anda juga akan dapat nota pembelian, kuitansi, dan sertifikat. Jika nanti anda akan menjual kembali emas tersebut, anda akan membutuhkan berkas-berkas di atas, seandainya berkas tersebut hilang maka nilai dari emas yang anda miliki akan turun drastic. Jadi penting kiranya untuk menjaga dengan baik berkas-berkas tersebut, anda akan rugi jika berkas hilang, sayang bukan?

Jangan lupa baca juga: Tips investasi dengan metode “berkebun emas”.
---
Sekian tips membeli emas batangan dan emas perhiasan yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga ulasan tentang tips membeli emas batangan dan emas perhiasan di atas dapat membantu anda ketika anda memutuskan untuk membeli logam mulia yang begitu popular ini.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon