Ketahui Resiko dan Keuntungan Investasi Emas

Advertisement
Resiko dan Keuntungan Investasi Emas – Investasi emas merupakan investasi yang hampir sempurna, investasi emas memiliki resiko yang sangat minim, sedangkan keuntungannya sangat besar. Hal ini menyebabkan banyaknya para pemodal yang berbondong-bondong menginvestasikan dananya dalam logam mulia emas. Walaupun secara fisik emas tidak sepraktis surat-surat berharga, namun emas tidak kalah mempesona dari surat-surat berharga, karena investasi dalam logam mulia ini memiliki keuntungan yang cukup menjanjikan.

Anda mungkin juga tertarik untuk investasi dalam emas, sebelum menginvestasikan dana kalian, untuk bahan pertimbangan ketahui dahulu resiko dan keuntungan investasi emas berikut ini.

Keuntungan Investasi Emas
1. Tahan Terhadap Inflasi
Hal yang sangat menggembirakan buat para pemodal untuk investasi emas adalah karena tahan terhadap terjadinya inflasi. Di setiap terjadinya inflasi, inflasi tersebut tidak bisa mengalahkan kenaikan nilai dari emas, sehingga bukannya menurun, malah akan tetap mengalami kenaikan. Tentu hal ini akan tetap melindungi kekayaan anda jika anda telah menginvestasikan dana ke dalam emas.

Semisal saat ini anda memiliki uang 20 juta, 10 tahun mendatang nilai uang tersebut hanya akan tergerus oleh kejamnya sang inflasi, mungkin uang 20 juta hanya akan senilai 15-17 juta untuk 10 tahun mendatang. Bandingkan dengan keuntungan investasi emas, emas senilai 20 juta saat ini untuk 10 mendatang mungkin akan senilai 25-27 juta atau lebih, karena kenaikan harga emas cenderung selalu diatas rata-rata inflasi yang terjadi.

2. Liquid
Salah satu hal yang membuat emas banyak lirik adalah karena emas cukup liquid, artinya emas cukup mudah untuk diubah menjadi kas/uang tunai ketika anda membutuhkan uang tunai untuk keperluan yang mendesak. Terkadang kita memang memiliki urusan dan masalah yang mendesak, semisal masalah kesehatan yang memerlukan biaya pengobatan yang tidak sedikit.

Jika kita bandingkan dengan investasi lainnya, semisal investasi saham atau tanah dan property. Emas lebih liquid, kita hanya tinggal menjualnya ke toko-toko emas, atau bisa juga menggadaikannya di perusahaan penggadaian. Berbeda dengan saham atau tanah dan property yang harus melalui serangkaian proses yang cukup memakan waktu anda.

3. Terhindar Dari Pajak
Berdasarkan peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 15/Pj/2011 Tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-57/Pj/2010 Tentang Tata Cara Dan Prosedur Pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 Sehubungan Dengan Pembayaran Atas Penyerahan Barang Dan Kegiatan Di Bidang Impor Atau Kegiatan Usaha Di Bidang Lain, jika kalian memiliki emas berapapun jumlah dan beratnya maka tidak akan dikenai pajak, sehingga anda dapat menghemat pengeluaran.

Terhindar dari pajak memang cukup menguntungkan, karena beban pajak yang cukup tinggi tentu akan berdampak pada keuangan kita. Tapi karena investasi emas dapat terhindar dari monster pajak, menyebabkan investasi ini sangat menguntungkan. Patut dicoba!

4. Dijadikan Sebagai Modal Usaha
Salah satu keuntungan investasi emas lainnya adalah emas dapat dijadikan modal dalam merintis usaha, seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa emas cukup liquid sehingga mudah untuk diubah menjadi uang. Bukan hanya itu, karena sejuta keuntungan dalam investasi emas, perusahaan penggadaian seringkali mudah memberikan kita dana, sehingga dana tersebut dapat kita jadikan modal usaha.

Baca juga: Cara mendapatkan modal usaha

5. Awet dan Tahan Lama
Emas merupakan logam mulia yang sangat awet dan tahan lama, karena emas tahan terhadap proses pengaratan, dan tidak mudah rusak. Jika kita bandingkan dengan uang atau investasi surat-surat berharga, tentu emas lebih unggul. Uang dan surat berharga sangat mudah rusak, bahkan hanya terkena air pun sudah rusak, apalagi termakan rayap dan mengalami keusangan.
Advertisement


Walaupun emas tetap memerlukan sedikit perawatan agar tetap kinclong, namun sejatinya emas tidak mudah termakan oleh rayap ataupun mengalami keusangan. Bahkan emas yang pecah karena terbantingpun masih memiliki harga jual yang cukup tinggi.

6. Memberikan Hasil Yang Memuaskan
Karena harga emas yang selalu saja mengalami kenaikan tiap tahun, membuat peluang untuk meraup keuntungan yang besar atas investasi emas semakin terbuka lebar, belum lagi emas awet dan tahan lama sehingga anda tidak perlu khawatir jika kekayaan anda akan mudah rusak.

Jika anda saat ini memiliki emas senilai 50 juta, 10 tahun kemudian mungkin nilainya menjadi 60 juta, 20 tahun kemudian akan menjadi 70 juta atau bahkan lebih, dengan catatan tidak ada krisis ekonomi yang luar biasa, maka keinginan anda untuk menyimpan kekayaan akan terwujud.

Jangan lupa baca juga: Tips membeli emas batangan dan perhiasan.

Resiko dan Keuntungan Investasi Emas
Resiko Investasi Emas
Investasi emas memang memiliki segudang keuntungan yang menggiurkan, namun demikian investasi emas bukanlah suatu investasi yang sempurna tanpa kelemahan dan resiko, ada hal-hal yang perlu kalian perhatikan. Mungkin resiko investasi emas berikut ini dapat anda jadikan sebuah pertimbangan.

1. Warna Emas Yang Memudar
Warna emas dapat memudar jika anda tidak merawat dengan sebaik-baiknya, pemudaran warna tentu akan berdampak pada harga jual yang menurun. Jika hal ini terjadi maka keuntungan yang didapat pun otomatis juga akan mengalami penurunan. Maka jika anda telah memiliki emas atau akan berinvestasi emas, alangkah baiknya jika emas dirawat dengan baik agar nilai jual tetap tinggi.

2. Bentuk Fisik Yang Kurang Praktis
Walau kilauan emas sangat indah nan menawan, untuk tujuan investasi emas dinilai kurang praktis karena fisiknya yang memerlukan tempat dan keamanan yang ekstra. Jika anda memiliki emas berkilo-kilo maka tidak cukup jika hanya disimpan di brankas yang kecil, sehingga memerlukan tempat yang lebih besar. Belum lagi soal keamanan, emas yang banyak tentu akan mencolok, hal ini diperlukan keamanan yang baik.

Mungkin cara yang cukup aman adalah menyewa safety box dibank, walau dikenakan biaya sewa, namun cara ini cukup efektif untuk mengatasi resiko investasi emas yang satu ini.

3. Masalah Teknis
Dalam praktik realnya, sering kali para penjual emas tidak atau kurang memahami tentang standar harga dan perhitungan emas yang berlaku, sehingga hasil yang didapatkan kurang maksimal. Belum lagi dari sisi si pembeli (toko emas), toko emas seringkali memanfaatkan para penjual yang tidak atau kurang memahami tentang perhitungan emas, sehingga terkesan tidak transparan, bahkan seringkali memberikan arahan atau penjelasan yang kurang memadai. Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah ini, anda lebih baik memahami standar harga dan perhitungan emas agar anda dapat yakin akan proses jual-beli emas yang anda lakukan, dan tentu saja agar tidak tertipu.

Selanjutnya, pelajari bagaimana cara investasi emas
---
Memang tidak terlalu banyak hal-hal yang menjadi resiko investasi emas, hanya masalah mendasar saja. Namun demikian, sekecil apapun resiko yang ada haruslah menjadi perhatian kita, seperti pepatah jepang yang mengatakan bahwa sebuah paku pun akan menyebabkan kekalahan dalam perang.

Mungkin hanya itu saja info seputar resiko dan keuntungan investasi emas yang dapat saya berikan, semoga anda sukses dengan investasi emasnya. Oh ya, jika ada tambahan tentang resiko dan keuntungan investasi emas lainnya, silahkan dishare lewat kotak komentar dibawah ya. Terimakasih.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Anggi
AUTHOR
28 December 2014 at 19:36 delete

Oh gitu ya pak, jadi tahu ini, jadi pengen juga investasi emas.
makasih infonya. :)

Reply
avatar
Siti Mursilah
AUTHOR
29 December 2014 at 17:00 delete

Iya, semoga resiko dan keuntungan investasi emas yang diuraikan diatas dapat dijadikan pertimbangan jika akan melakukan investasi emas. semoga sukses.

Reply
avatar

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon