Pilih Emas Kuning, Emas Putih, Atau Platinum Untuk Investasi?

Advertisement
Pilih Emas Kuning, Emas Putih, Atau Platinum Untuk Investasi? – Logam mulia emas dan platinum memang merupakan salah satu alat investasi yang sangat digemari oleh masyarakat. Selain karena dapat memberikan keuntungan yang tinggi, emas dan platinum juga dinilai memiliki risiko yang sangat rendah. Khususnya emas, walaupun emas ini memang sudah sangat favorit untuk investasi, tapi disini ada banyak pilihan emas, sebut saja emas kuning atau emas putih, emas batangan, emas perhiasan, atau dinar. Jadi untuk investasi dalam emas harus memilih emas yang paling tepat untuk menghindari kerugian, bahkan jika anda dapat memilih emas yang tepat untuk investasi maka potensi keuntungannya pun tidak main-main.

Untuk membuat pilihan yang tepat, disini anda perlu memahami seluk beluk dari setiap macam emas, nah sebelum anda membuat keputusan investasi ada baiknya pelajari terlebih dahulu perbedaan dari setiap macam emas dan platinum berikut ini.

Pelajari juga: Resiko dan keuntungan investasi emas.

Perbedaan Emas Kuning, Emas Putih, dan Platinum
Emas kuning dan emas putih merupakan logam yang terbuat dari logam yang sama, namun dalam proses pembuatannya emas kuning dan emas putih menggunakan campuran yang berbeda. Anda tentu sudah tahu akan tingkat kadar emas, 24 karat, 20 karat, 18 karat, dan sebagainya. Pada dasarnya logam emas itu merupakan logam yang tergolong sebagai logam lunak (tidak terlalu keras), sehingga jarang sekali ada emas yang diproses tanpa adanya campuran (emas murni). Umumnya, untuk meningkatkan daya tahan emas, seringkali emas diproses menggunakan campuran-campuran logam lainnya seperti tembaga, seng, perak, dan paladium.

Pilih Emas Kuning, Emas Putih, Atau Platinum Untuk Investasi?
Nah, disini yang membedakan antara emas kuning dan emas putih adalah campurannya tersebut. Emas kuning biasa dicampur dengan tembaga dan atau seng, sedangkan emas putih dicampur dengan menggunakan perak dan atau paladium. Dalam proses pencampuran ini akan menentukan tingkat kadar kemurnian emas, misalkan saja emas kuning yang terbuat dari 80% logam emas, dan sisanya terdiri dari tembaga dan atau seng, sedangkan emas putih juga bisa diproses dengan menggunakan 80% logam emas, dan 20% dari perak atau paladium, emas putih ini juga seringkali dilapisi dengan rhodium agar emas putih tampak lebih berkilau.

Logam rhodium ini hanya untuk melapisi emas putih saja, bukan digunakan dalam pembuatannya. Dan logam rhodium ini akan memberikan efek yang lebih berkilau karena emas putih tanpa lapisan rhodium akan terlihat lebih kusam. Tapi yang perlu diingat, lapisan rhodium ini tidak bertahan selamanya, lama-kelamaan lapisannya akan luntur juga, sehingga disini anda perlu perawatan yang extra. Anda dapat melapisi dan memoles emas putih dengan rhodium setidaknya setahun sekali, agar dapat mempertahankan kilauannya.

Sedangkan yang dimaksud dengan platinum adalah sebuah logam mulia yang memiliki warna putih berkilau. Tidak seperti emas, platinum dapat dibuat tanpa menggunakan campuran sama sekali karena logam ini tergolong sebagai logam yang kuat. Platinum ini sudah sangat berkilau tanpa ada lapisan rhodium, tidak seperti halnya emas putih.
Advertisement


Antara platinum dan emas putih seringkali sulit dibedakan, tapi jika anda perhatikan lebih seksama, emas putih akan tampak lebih putih berkilau, sedangkan platinum tampak berkilau keabu-abuan. Walaupun platinum ini lebih berat daripada emas, tapi harganya lebih mahal, bahkan bisa 2 hingga 3 kali lipat dari harga emas. Dan hebatnya, harga platinum ini juga seperti halnya harga emas yang selalu saja mengalami kenaikan, sehingga wajar jika para investor cukup menggemarinya.

Mana Yang Paling Cocok Untuk Investasi?
Sebelum anda memilih emas kuning atau emas putih, anda juga harus menganalisis dulu antara emas batangan atau emas perhiasan. Pemilihan antara emas batangan dan perhiasan ini juga menentukan dalam investasi, setiap bentuk tersebut memiliki kelebihan-kelebihannya sendiri. Misalkan saja emas perhiasan, emas ini sebenarnya dibuat untuk tujuan penampilan saja, tapi karena ada beberapa pihak yang ingin meningkatkan penampilan serta dapat investasi, maka emas perhiasan ini cenderung lebih dipilih, padahal jika dipelajari lebih dalam, emas perhiasan kurang menguntungkan, bahkan sering juga malah merugikan.

Lain halnya jika emas batangan yang memang ada untuk tujuan investasi, dengan harga beli yang lebih murah, emas batangan malah memiliki nilai jual yang sangat tinggi, jadi wajar jika emas batangan menjadi favorit para investor.

Baca selengkapnya: Pilih emas batangan, perhiasan, atau dinar untuk investasi?

Setelah anda menentukan bentuk emas seperti apa yang akan anda gunakan untuk investasi, kini waktunya bagi anda untuk menganalisis warna emas yang akan anda beli, emas kuning atau emas putih? Pertama, baik emas kuning maupun emas putih, keduanya sama-sama terbuat dari logam yang sama, walaupun campurannya berbeda tapi hal tersebut tidak berpengaruh pada kemurnian emas (asumsi dengan kadar yang sama) sehingga nilainya akan sama.

Tapi, disini yang perlu anda perhatikan adalah dipakainya logam rhodium sebagai pelapis emas putih, seperti yang saya jelaskan diatas bahwa lapisan rhodium ini akan luntur juga dan perlu dipoles lagi setidaknya 1 tahun sekali untuk mempertahankan kilauannya agar tetap memiliki nilai sama, sehingga setiap tahun anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memolesnya.

Dari segi harga, seringkali harga emas putih lebih mahal daripada emas kuning, hal ini karena adanya rhodium tersebut, mengingat rhodium ini harganya sendiri juga sangat mahal, bahkan jauh lebih mahal daripada emas. Bahkan ada yang bilang, andai saja rhodium mudah diolah, mungkin logam ini akan mengalahkan popularitas emas.

Sedangkan untuk platinum, akhir-akhir ini platinum menjadi primadona bagi para investor, hal ini wajar karena platinum memiliki keunggulan-keunggulan yang luar biasa, sebut saja kilauan yang alami tanpa lapisan logam lain, sehingga tidak perlu memoles ulang. Selain itu, platinum juga memiliki harga tinggi yang selalu saja naik, hal ini jelas akan menguntungkan untuk investasi.

Bagaimana dengan anda, pilih yang mana?

Selanjutnya: Cara investasi emas – Berkebun emas.
----
Itulah sedikit ulasan tentang emas kuning, emas putih, dan platinum yang dapat saya berikan kepada anda semuanya. Semoga ulasan tentang emas kuning, emas putih, dan platinum diatas dapat membantu dan dapat anda jadikan bahan pertimbangan ketika akan investasi. Saya harap investasi anda dapat sukses dan memberikan keuntungan seperti yang anda harapkan.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon