HOT Banget

Monday 18 September 2017

Zahir Accounting: Software Akuntansi Terbaik Untuk Bisnis UMKM

Advertisement
.
Zahir Accounting: Software Akuntansi Terbaik Untuk Bisnis UMKM – Pencatatan adalah suatu aktivitas vital dalam kegiatan bisnis. Pencatatan yang menghasilkan laporan keuangan merupakan alat utama untuk setiap perusahaan dalam menilai kinerjanya. Lebih jauh lagi, laporan keuangan digunakan untuk menilai kinerja dan aktivitas bisnis dalam rangka pengambilan keputusan. Tanpa laporan keuangan yang baik, tentu sangat memungkinkan bahwa keputusan yang diambil juga tidak baik.

Di dalam perusahaan besar, laporan keuangan sudah pasti dapat disusun dengan baik karena adanya sumber daya yang mumpuni. Lalu bagaimana dengan para pelaku UMKM, yang notabene tidak semua memiliki latarbelakang akuntansi? Saya yakin laporan keuangannya belum disusun dengan rapi, tepat dan akurat, padahal laporan keuangan yang rapi, tepat dan akurat ini sangat penting untuk mengembangkan bisnis.

Nah, bagi pelaku UMKM untuk mengatasi permasalahan pencatatan keuangan ini, ada solusinya yaitu dengan menggunakan software akuntansi. Jumlah dan merk software akuntansi yang ada di indonesia sangat banyak, namun dari berbagai pertimbangan maka saya memiliki rekomendasi terbaik untuk mengatasi permasalahan pencatatan keuangan UMKM, software tersebut adalah Zahir Accounting.

Bukan bermaksud untuk promosi atau semacamnya, tapi saya hanya ingin share pengalaman saja dalam menggunakan Zahir Accounting, di mana menurut saya merupakan software akuntansi terbaik di indonesia yang saat ini beredar. Nah, bagi kalian yang memiliki bisnis dan masih bingung bagaimana mencatat keuangannya, silahkan simak beberapa alasan kenapa Zahir Accounting ini saya rekomendasikan kepada kalian. Berikut ulasannya:

Sebelumnya, baca juga: Pentingnya pembukuan akuntansi untuk bisnis UMKM.
Zahir Accounting: Software Akuntansi Terbaik Untuk Bisnis UMKM
Banyak Fitur Yang Bisa disesuaikan Kebutuhan Bisnis
Alasan pertama kenapa Zahir Accounting saya rekomendasikan sebagai software akuntansi terbaik adalah karena banyaknya fitur yang mampu mengatasi segala aktivitas transaksi. Ya, di dunia bisnis tentu terdapat beraneka ragam transaksi yang membutuhkan pencatatan dengan perlakuan yang khusus, misalnya retur, konsinyasi, perakitan, giro, stok opname, perubahan mata uang asing, dan lain sebagainya. Semua transaksi dan aktivitas bisnis tersebut bisa diatasi pencatatannya dengan Zahir Accounting.

Kalau pencatatan secara manual, apapun aktivitas bisnis pasti mudah dilakukan. Tapi kalau menggunakan software, belum tentu semua software akuntansi bisa melakukannya. Dan selama saya menggunakan Zahir Accounting ini, saya belum pernah menemukan jenis transaksi dan aktivitas bisnis yang tidak bisa dicatat di Zahir Accounting.

Mudah Dalam Penggunaan
Alasan kedua, adalah karena software ini sangat mudah dalam penggunaannya, bahkan yang tidak memiliki basic akuntansi atau keuangan pun akan terasa mudah menggunakannya. Hanya beberapa jam saja kalian mempelajarinya, saya yakin kalian sudah lancar mengoperasikan karena Zahir Accounting ini di design begitu mudah dan tidak ribet, hanya tinggal klik dan klik maka laporaan keuangan dapat tersajikan dengan baik dan akurat.

Tapi semudah apapun penggunaannya, kalian pasti membutuhkan proses belajar. Oleh karena itu, pihak Zahir sendiri telah menyediakan trainer-trainer handal untuk membimbing kalian dalam menggunakan software mereka. Ketika kalian membeli software akuntansi Zahir Accounting, kalian akan mendapatkan sesi training gratis dengan trainer dari Zahir, waktu lamanya training tergantung paket Zahir yang kalian beli. Semakin bagus paket yang kalian beli (artinya lebih banyak fitur), maka akan semakin lama pula trainingnya, dan kalian bebas memilih waktu asalkan dalam jam kerja.

Selain ada sesi training di awal pembelian paket secara gratis, kalau dirasa perlu maka kalian bisa meminta waktu tambahan dengan biaya yang cukup terjangkau, kalau tidak salah sekitar 100 ribuan per jamnya. Selain itu, kalau ada masalah apapun sewaktu-waktu, ada CS yang siap membantu menyelesaikan masalah via WA atau email. Kalian juga bisa mengunjungi zahir.info untuk mendapatkan solusi-solusi atas permasalahan yang kalian alami.

Aplikasi Ringan dan Aman
Yang tidak kalah mengesankan dari Zahir Accounting adalah karena aplikasi ini sangat ringan, bahkan untuk versi 5, cukup membutuhkan low spek komputer, 1GB ram sudah bisa jalan dan lancar jaya. Untuk versi 6, hanya membutuhkan 2 GB ram. Untuk saat ini, penjualan versi 5 sudah tidak dilayani, jadi kalian membutuhkan komputer atau laptop dengan miniml 2GB RAM. Untuk aplikasi sekomplit ini dengan minimal spek komputer segitu, menurut saya ini adalah bukti ringanya aplikasi Zahir Accounting.
Advertisement


Selain ringan, Zahir Accounting juga terbukti sangat aman. Ada fitur password untuk mengamankan akun, dan ada alat yang dinamakan Dongle untuk mengamankan aplikasi dari pihak yang tidak diinginkan.

Dongle dari Zahir berbentuk seperti Flashdisk, ketika kalian akan menggunakan Zahir Accounting untuk menginput transaksi, kalian harus menancapkan dongle tersebut di port layaknya flashdisk seperti biasa. Tanpa dongle, maka transaksi yang kalian input, edit, hapus dan sebagainya, tidak akan berpengaruh dan akan kembali seperti semula.

Bagaimana kalau Dongle rusak atau hilang? Kalau ini sampai terjadi, untuk sementar Zahir Accounting tidak bisa digunakan, dan kalian perlu mengirimkan ke pihak Zahir untuk diperbaiki. Setau saya, kalau perbaiki tanpa mengganti Dongle, maka tidak ada biaya yang harus kalian keluarkan. Tapi jika Dongle harus diganti, kalian perlu mengeluarkan biaya kalau tidak salah sekitar 300-500 ribu.

Analisis dan Aspek Laporan Yang Lengkap
Selain alasan-alasan di atas, alasan lain yang membuat Zahir Accounting menjadi software akuntansi terbaik untuk bisnis UMKM adalah karena Zahir mampu memberikan analisis bisnis serta jenis laporan yang sangat komplit. Bahkan, Zahir secara otomatis akan membuatkan analisis dan laporan yang mungkin tidak pernah kita pikirkan sama sekali. Contohnya adalah laporan hutang piutang, laporan laba rugi per departemen, laporan per project, laporan aktiva, laporan mutasi, produk paling laku dan tidak laku, serta analisi dan laporan lainnya.

Dengan adanya analisis dan laporan yang lebih dari yang dibutuhkan ini, tentu akan membuat semakin mudah kalian dalam mengambil keputusan bisnis. Tidak perlu membuang-buang waktu membuat analisis dan laporan ini itu, siapa tau analisis dan laporan yang kalian inginkan memang sudah dibuatkan secara otomatis oleh Zahir Accounting ini.

Kelemahan Zahir Accounting
Tidak ada yang sempurna di dunia ini, begitu juga dengan Zahir Accounting yang oleh banyak orang termasuk diri saya dinobatkan sebagai software akuntansi terbaik untuk bisnis UMKM. Nah, selain keunggulannya, saya juga akan memberikan beberapa kelemahan dari Zahir Accounting yang saya alami, berikut ulasannya:

Harga yang Sedikit Lebih Mahal
Kelemahan dari Zahir Accounting yang sangat jelas adalah dari sisi harga yang cukup mahal. Untuk Zahir versi desktop, paling murah itu sekitar 2.5 jutaan. Dengan harga 2 jutaan baru mendapatkan fitur standar seperti input kas & bank, penjualan & pembelian, dan laporan standar. Untuk menambah fitur, dibutuhkan biaya yang cukup besar, misalnya tambah fitur retur, giro, perakitan, aset tetap, dan sebagainya. Kalau di kantor saya, dengan biaya sekitar 10 jutaan, baru bisa mendapatkan Zahir Accounting yang cukup hebat dengan fitur yang terbilang komplit.

Beberapa Kali, Aplikasi Mengalami Force Close
Kejadian ini beberapa kali saya alami, dimana Zahir Accounting ini tiba-tiba keluar sendiri tanpa alasan yang bisa saya pahami. Tapi tenang, kejadian ini tidak sering terjadi kok, hanya beberapa kali saja.

Selanjutnya, baca juga: Cara membuat laporan keuangan UMKM.
-----
Oke ya, itulah beberapa ulasan terkait Zahir Accounting sebagai software akuntansi terbaik untuk bisnis UMKM di Indonesia. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan mampu memberikan kalian bantun dalam memutuskan software apa yang akan kalian gunakan. Jangan lupa share juga artikel ini ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.