HOT Banget

Friday 21 December 2018

Peluang Bisnis Saat Musim Liburan Tiba, Menggiurkan dan Mudah Dijalankan

Advertisement
.
Peluang Bisnis Saat Musim Liburan Tiba, Menggiurkan dan Mudah Dijalankan – Musim liburan memang selalu ditunggu oleh banyak kalangan, baik anak sekolahan, kuliah, karyawan, dan tentunya para pebisnis itu sendiri. Ketika liburan tiba, semua orang akan keluar dari aktivitas yang menjadi kebiasaannya, termasuk beberapa pebisnis yang memanfaatkan peluang.

Bisnis di musim liburan memang sebuah bisnis musiman, artinya akan meledak pada waktu liburan saja. Tapi, saya kira peluang ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Ini bisa dijalankan oleh siapapun sebenarnya, yang penting memiliki jiwa pebisnis maka saat liburan akan menjadi berkah tersendiri.

Tidak ada salahnya meraup keuntungan saat liburan, tidak ada ruginya pula mengorbankan masa liburan kalian untuk berbisnis. Ketika liburan tiba, kamu bisa memulai bisnis dengan apa yang sudah kalian miliki, tinggal pintar-pintar kalian aja untuk membaca peluang. Nah, kalau menurut saya sendiri, ada beberapa peluang bisnis saat musim liburan tiba yang cukup potensial untuk dijalankan. Apa sajakah itu, simak ulasannya berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Peluang bisnis di tahun 2019, prediksi yang tambah booming.
Peluang Bisnis Saat Musim Liburan Tiba, Menggiurkan dan Mudah Dijalankan
Rental Kendaraan dan Layanan Homestay
Saat musim liburan tiba tentu akan banyak wisatawan yang datang, apalagi jika daerah kalian terkenal dengan destinasi wisatanya. Kendaraan dan homestay ini akan menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Kita ambil contoh di sekitaran gunung bromo, di sana akan kalian jumpai penyedia sewa kendaraan khususnya motor trail. Motor trail menjadi favorit di sana ketika wisatawan hanya berdua atau sendiri, simple dan mudah dibawa kemana-mana alasannya.

Begitu juga dengan homestay, jika kalian memiliki banyak kamar kosong dan di daerah yang strategis, kenapa tidak membuka homestay? Homestay akan menjadi pilihan wisatawan karena lebih murah dan kadang karena letak homestay dekat dengan destinasi mereka.

Homestay selalu dibutuhkan, contohnya di Jogja yangmerupakan kota wisata, di sana walaupun sudah banyak hotel namun karena banyak wisatawan yang datang, kapasitas hotel tidak mampu memenuhinya, apalagi letak hotel yang kebanyakan di pusat kota sedangkan destinasi wisata di jogja banyak berada di pelosok.

Membuka Lapak dan Menyediakan Barang Oleh-oleh
Tentu berbeda antara membuka lapak ketika musim liburan dengan hari biasa. Membuka lapak ketika musim liburan harus kamu lakukan di tempat yang strategis, bisa di tempat wisata atau di jalur menuju tempat wisata. Apa saja yang akan dijual? Saya rekomendasikan untuk menjual barang-barang yang dibutuhkan sesuai tempat wisata, misalnya kacamata renang jika di tempat wisata kolam renang, sunblock jika di pantai, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan menjual makanan dan minuman? Bisa saja kalian lakukan, dan itu juga baik. Tapi pertimbangkan pula untuk tidak sekedar menjual makanan dan minuman biasa, coba jual kuliner yang menjadi ciri khas di daerah tersebut, jualan seperti itu tentu lebih menarik bagi wisatawan karena bisa dijadikan oleh-oleh.

Travel Agen
Tidak hanya menyewakan kendaraan saja, kalian juga bisa sekalian menjadi agen travel. Tidak sedikit lho, wisatawan yang akan nanya-nanya seputar destinasi wisata, penginapan, dan lain sebagainya kepada para penyewa kendaraan. Jadi, ketika mereka nanya, kenapa kalian tidak menawarkan diri untuk jadi pemandu, sopir, sekaligus memenuhi semua akomodasi mereka?
Advertisement

Memang, di sini sangat dibutuhkan pemahaman terkait tempat wisata. Tapi jika kalian merasa memang kurang info terkait destinasi wisata, penginapan, dan lain-lain, jangan keburu mengurungkan niat, coba cari solusinya. Kalian bisa melakukan kerjasama dengan orang lain yang lebih paham, coba belajar membangun koneksi. Merepotkan memang, tapi kalau sekedar menyewakan kendaraan saja rasanya ada peluang yang disia-siakan, padahal sebenarnya kalian bisa menawarkan layanan lainnya.

Jasa Penitipan Hewan Peliharaan
Jangan hanya fokus kepada para wisatawan, coba fokus juga kepada para pendatang yang mudik ketika musim liburan tiba. Ketika para pendatang beramai-ramai kembali ke kampung halaman, apa yang kira-kira akan mereka tinggalkan? Ada banyak, tapi ada satu yang cukup riskan jika ditinggalkan begitu saja, yaitu hewan peliharaan. Jika ditinggal beberapa hari tanpa makan minum, tanpa perawatan yang cukup, tentu hewan peliharaan akan mati, jika dibawa mudik akan lebih merepotkan. Jadi jawabannya adalah dengan menitipkannya.

Saya kira ini adalah peluang bisnis di musim liburan yang sangat potensial, khususnya jika di daerah kalian memang kota yang banyak pendatang, seperti jakarta (rata-rata para pekerja), dan jogja (rata-rata para mahasiswa).

Dalam bisnis ini, target kalian adalah para pendatang yang mencintai hewan peliharaannya, jadi mereka tidak akan main-main menitipkannya, tidak akan main-main dengan menitipkannya ke orang yang bukan ahlinya. Jadi, pastikan kamu ahli dalam merawat binatang ya, kalian juga bisa memilih binatang apa saja yang bisa dititipkan.

Membuka Kursus Keahlian
Jika kalian punya keahlian khusus, manfaatkan masa liburan untuk meraih keuntungan semaksimal mungkin. Di sini kursus seperti kursus bahasa asing, komputer, dan lain-lain mungkin akan sama saja di semua musim. Yang saya maksud adalah kursus yang mungkin akan banyak peserta kesulitan jika dilakukan ketika musim kerja atau sekolah, misalnya kursus memasak, kursus tenaga dalam yang harus dilakukan di tempat tertentu, kursus bisnis online yang dilaksanakan secara rapelan, kursus bercocok tanam, kursus keagamaan.

Ini memang tidak semua orang bisa menjalankan, tapi jika kebetulan kalian punya keahliannya, kenapa tidak? Tapi jika keahlian kalian bisa dilakukan tidak saat musim liburan, boleh juga dicoba, toh saya katakan bahwa menurut saya peluangnya sama saja.

Memaksimalkan Potensi Wisata Di Daerah Sekitar
Memaksimalkan potensi wisata tidak dengan menaikkan harga ya kawan, sangat tidak direkomendasikan. Tapi, cobalah memaksimalkan dengan menambah sarana dan prasarananya, misalnya menambah hiburannya, memperbaiki fasilitasnya, dan meningkatkan pelayanannya. Dengan begitu, saya yakin ekonomi di daerah wisata akan ikut terdongkrak karena banyak wisatawan yang akan betah berlama-lama.

Ada beberapa upaya memaksimalkan potensi yang bisa menjadi ladang bisnis baru, misalnya spot selfie, cobalah sediakan spot foto yang baik, atau bisa juga mempermudah akses ke tempat selfie yang keren. Tentu, untuk memanfaatkan fasilitas ini bisa kalian kenakan tarif kepada para pengunjung, tidak perlu dikenakan tarif mahal, cukup seiklasnya, toh pengunjung nanti bisa tahu diri kok.

Sesuaikan Kebutuhan Di Musim Liburan
Musim liburan itu ada banyak, kayak liburan natal dan tahun baru, liburan ramadhan, dan lain-lain. Di setiap musim liburan itu juga muncul berbagai peluang bisnis yang berbeda-beda. Misalnya menjelang libur natal, untuk umat kristiani apa yang kira-kira dibutuhkan? Pohon natal, penak pernik natal, atau sajian kuliner saat natal? Semua itu bisa kalian manfaatkan.

Di sini tinggal kejelian kalian saja dalam membaca peluang, coba gunakan kreatifitas kalian untuk memunculkan ide-ide bisnis yang cemerlang.

Selanjutnya: Tips memilih waralaba, yang laris belum tentu laba.
----
Oke ya, itulah beberapa peluang bisnis saat musim liburan tiba yang bisa kalian pertimbangkan untuk dijalankan. Saya kira semua peluang bisnis di atas cukup menggiurkan dan akan mudah dijalankan jika kalian serius. Semoga ulasan di atas bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.