HOT Banget

Thursday 17 January 2019

7 Bisnis Tanpa Modal Yang Paling Mudah Dijalankan, Halal dan Minim Risiko

Advertisement
.

7 Bisnis Tanpa Modal Yang Paling Mudah Dijalankan, Halal dan Minim Risiko

– Walaupun saya kategorikan sebagai bisnis tanpa modal, kalau dipikir-pikir pasti akan ada modalnya juga untuk menjalankan, setidaknya modal pikiran, tenaga, peralatan, internet, dan hal kecil lainnya. Walaupun demikian, modalnya sangat kecil dan tidak akan terasa, oleh karena itu kita bisa menyebutnya sebagai bisnis tanpa modal.

Ada banyak bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal yang besar, kalau saat ini kalian punya gadget dan bisa akses internet maka kalian sudah bisa memulainya. Yups, dijaman modern seperti saat ini, peran internet dan gadget sangat luar biasa, memudahkan banyak pengguna dalam melakukan segalanya, salah satunya dalam mencari keuntungan.

Dengan adanya internet, sangat memungkin bagi siapa saja untuk memulai berbisnis dan mencari keuntungan tanpa modal yang berarti, alias minim modal. Lalu bentuk bisnisnya seperti apa yang bisa dilakukan tanpa modal? Ada beberapa, dibawah ini akan saya ulas, silahkan disimak:

Sebelumnya, baca juga: 7 Bisnis yang tidak akan ada matinya.
7 Bisnis Tanpa Modal Yang Paling Mudah Dijalankan, Halal dan Minim Risiko

Bisnis Dropship

Yang paling mudah dan memiliki potensi paling besar menurut saya adalah bisnis dropship. Bisnis dropship merupakan bisnis dimana kalian menjual barang tanpa harus memiliki stok barang, tanpa repot mengurus packing dan pengiriman, tugas utama kalian hanyalah memasarkan barang. Untuk memulainya, kalian harus mencari supplier yang mau diajak kerjasama (cari di internet, ada banyak sekali).

Jika kalian tertarik dengan bisnis pakaian, kalian bisa menjadi dropshipper produk pakaian, tinggal cari suppliernya. Begitu juga jika kalian minat dengan produk elektronik, kalian bisa menjadi dropshipper elektronik.

Untuk memasarkannya sendiri, sudah ada banyak media yang bisa digunakan secara gratis, sebut saja Instagram, Facebook, Blog, Whatsapps, dan lain sebagainya. Kalian juga bisa masuk di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan marketplace lainnya. Di bisnis dropship ini, kalian hanya butuh peralatan gadget dan koneksi internet saja.

Jual Foto Di Internet

Kalian hobi foto? Jika kalian punya foto yang bagus, unik, lain dari yang lain, foto kalian pasti laku jika dijual, kan mending daripada membusuk di folder. Alih-alih hanya dipamerin di media sosial, mending dipamerin di situs-situs yang memang tempatnya jual-beli foto. Hanya modal gadget yang memiliki kamera cukup bagus dan koneksi internet, kalian sudah bisa memulai bisnis di bidang ini.

Dimana kalian bisa menjual foto? Ada banyak situs terkenal dan terpercaya yang bisa kalian gunakan, beberapa diantaranya adalah di Fotolia.com, Shutterstock.com, Dreamstime.com, iStockphoto.com, FreeDigitalPhotos.net, Bigstockphoto.com, Shutterfly.com, serta masih banyak lagi.

Yang jelas di bisnis bidang ini, kalian perlu kreativitas untuk memotret foto yang unik dan menakjubkan. Selain itu, semua foto yang kalian jual harus bebes hak cipta, artinya kalianlah pemegang hak cipta dan hak penggunaan, jika itu terpenuhi maka kalian bebas menjualnya.

Makelar Properti

Mendengar kata properti mungkin cukup bikin merinding karena identik dengan harga yang mahal dan aspek yang terlihat ekslusive, tapi tahukah kamu sebenarnya untuk memulai bisnis properti ini bisa dilakukan tanpa modal lho? Caranya adalah dengan menjadi makelar. Menjadi makelar artinya kamu menjembatani antara pembeli dan penjual.
Advertisement


Sebenarnya kata makelar ini bisa disamakan seperti halnya penjual lainnya, kulakan dan jualan. Bedanya properti tidak bisa kalian tenteng dan hanya pelu kalian tawarkan lewat informasi, selain itu menjadi makelar properti tidak perlu kulakan, hanya butuh mencari orang yang mencoba menjual propertinya dan kalian mencari calon pembelinya, pertemukan mereka dan kalian mendapat komisinya.

Untuk memulai bisnis ini memang perlu pembelajaran, tapi kalian bisa memulai dengan mencoba di lingkungan sekitar kalian dulu. Cari-cari siapa yang mau menjual dan membeli properti, cobalah untuk memfasilitasi mereka. Manfaatkan pula situs-situs online sebagai marketplace properti seperti rumah.com, rumah123.com, lamudi.com, urbanindo.com, dan situs-situs lainnya, dari situs tersebut kalian bisa mulai membangun koneksi terlebih dahulu guna menemukan penjual dan pembeli.

Jasa Content Writer

Pernah denger freelancer? Salah satu jasa yang kerap ditawarkan oleh para freelancer adalah jasa content writer atau penulis artikel. Jika kalian suka menulis, bisnis tanpa modal ini sangat cocok bagi kalian. Di luar sana, ada banyak sekali pihak yang membutuhkan artikel untuk berbagai macam kebutuhan namun tidak bisa memenuhi kebutuhan yang diperlukannya, sehingga mereka kerap mencari freelancer untuk menambah dan memenuhi artikel yang dibutuhkan, dulu saya sendiri sering menggunakan jasa freelancer untuk membuat artikel guna memenuhi artikel di beberapa blog saya.

Semakin tinggi kualitas artikel yang diminta, biasanya semakin tinggi pula komisi yang ditawarkan. Artikel yang diminta bisa beraneka macam jenis, bisa artikel review, tutorial, atau bisa juga artikel berdasarkan pengalaman. Untuk memulai bisnis ini, kalian bisa bergabung di situs pencari freelancer seperti Projects.co.id dan sribulancer.com. kalau saya dulu sering menggunakan projects.co.id karena bagus, silahkan jika kalian ingin mendaftar melalui link berikut: Daftar projects.co.id.

Jasa Desain Grafis

Sama seperti halnya jasa content writer, jasa desain juga banyak dibutuhkan. Bedanya, jasa ini lebih banyak membutuhkan kreativitas. Untuk memulai bisnis di bidang ini, kalian juga bisa gabung di projects.co.id dan sribulancer.com.

Jasa Penerjemah

Bisnis tanpa modal di bidang ini juga bisa memanfaatkan projects.co.id dan sribulancer.com untuk memulainya, ada banyak juga yang membutuhkannya. Kebanyakan yang dicari adalah menerjemahkan artikel bahasa indonesia-inggris atau sebaliknya, tapi akan bagus dan unik juga jika kalian mempunyai kemampuan bahasa lain, seperti mandarin, jerman, atau spanyol. Jasa penerjemah kadang dihargai cukup mahal jika diminta menerjemahkan karya ilmiah, itu karena kemampuan bahasa yang dibutuhkan tentu tidak sembarangan.

Jasa Les Privat

Untuk memulai bisnis les privat tidak perlu tempat yang ekslusive, sederhana pun bisa bahkan les di alam pun terlihat menyenangkan untuk semua umur. Untuk merintis, tidak perlu muluk-muluk, mulai dulu dari tetangga dan kerabat yang membutuhkan mentor untuk anak atau adiknya. Jika sudah mulai berkembang atau kalian punya tempat yang oke, cobalah memasarkan lewat online seperti media sosial. Atau jika peralatan kalian memadai, kalian juga bisa membuat kelas online dimana tidak perlu tatap muka langsung dalam proses belajar mengajar.

Dari pengamatan saya, les atau kursus yang paling banyak dibutuhkan adalah les bahasa inggris, matematika, dan les yang melibatkan komputer seperti les pembuatan website, keahlian microsoft office, dan lain sebagainya. Jika kalian punya keahlian salah satunya, tunggu apalagi silahkan mencobanya.

Selanjutnya: 7 Bisnis yang cocok untuk mahasiswa dan pelajar.
----
Oke ya, itulah beberapa bisnis tanpa modal yang mudah dijalankan dan tentunya halal. Semoga ulasan bisnis di atas bermanfaat dan menambah inspirasi kalian. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.